Connect with us
Air Lemon, Manfaat Air Lemon, Khasiat Air Lemon

Minuman

100 Manfaat dan Khasiat Air Lemon untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Air lemon memiliki rasa sangat masam dan segar berasal buah lemon yang mempunyai kandungan asam sitrat. Lemon merupakan jenis buah-buahan genus citrus yang berasal dari benua Asia bagian timur. Karena rasanya yang sangat masam, tidak banyak orang yang mampu langsung mengkonsumsi buah berwarna kuning cerah tersebut secara langsung. Namun dibalik rasanya yang masam, manfaat air lemon banyak digunakan untuk kecantikan, kesehatan, minuman atau bahan tambahan makanan.

Air Lemon, Manfaat Air Lemon, Khasiat Air Lemon

Rasa lemon yang yang tajam serta aroma yang khas menjadikan lemon sebagai perasa pada makan atau minuman dan bahan pengharum lainnya. Paling umum, orang mengkonsumsi bagian air lemon. Perasan air lemon selain mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin juga pengolahannya yang sangat gampang yaitu hanya dengan memerasnya saja.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Air Lemon :

Kandungan Air Lemon, Kandungan Gizi Air Lemon, Kandungan Nutrisi Air Lemon

Manfaat air lemon sudah tidak diragukan lagi bahkan hampir semua mengetahui kehebatannya tersebut.. Nutrisi dan vitamin yang terkandung pada lemon menjadikan air lemon sebagai alternatif pengobatan baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Itulah mengapa kita sering menemukan makanan, obat, dan kosmetik perawatan kecantikan yang mengandung ekstrak lemon.

Kandungan nutrisi kompleks pada perasan air lemon yakni gizi (sodium, karbohidrat, serat, gula dan protein), vitamin ( A, C, D, K, E, Thiamin, Ribovlafin, Niasin Folat, Asam pantotenat, dan Kolin), dan mineral (Kalsium, Besi, Magnesium, Potasium, Posfor, Zinc, Sodium, Tembaga, Mangan, Selenium, dan Flouride). Tentunya semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan butuh untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan :

1. Melancarkan sistem pencernaan

Masalah pada usubesar seperti penumpukan kotoran dan kurangnya serat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan pada manusia. Kondisi tersebut sangat mengganggu dan mengakibatkan rasa tidak nyaman. Kandungan serta pada air lemon berperaan dalam melancar sistem pencernaan dan membunuh bakteri terutama masalah dan bakteri pada usus manusia.

2. Mengontrol tekanan darah

Air lemon mengandung kalium yang berperan sebagai pengoontrol tekanan darah. Selain itu, kalium memberikan efek relaksasi sehingga mengurangi risiko terserang penyakit darah tinggi. Tekanan darah yang diabaikan akan berimplikasi pada penyakit kesehatan tubuh dan memicu penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, bahkan kematian.

3. Merangsang fungsi hati.

Kalium dalam air lemon juga bisa membantu memelihara fungsi hati. Para penderita gangguan fungsi hati sangat dianjurkan meminum perasan lemon di pagi hari sebelum sarapan. Selain memelihara, air perasannya juga mampu melarutkan racun berbahaya yang mengendap dalam organ hati manusia dimana racun tersebut memicu gangguan dan masalah pada organ hati.

4. Anti toksin pada tubuh

Manfaat ekstrak lemon selanjutnya yakni mampu membersihkan bakteri dan racun yang menumpuk pada tubuh. Selain membersihkan tubuh dari racun, juga mampu membersihkan tubuh dari lendir yang mengandung kotoran dan bakteri sehingga rutin mengkonsumsi air ini dapat memelihara kesehatan dan fungsi seluruh organ tubuh.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C yang tinggi pada air lemon melebihi kandungan vitamin C pada mangga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem imun yang kuat diperlukan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit dan kebal terhadap serangan virus maupun bakteri. Tubuh yang fit dan bugar merupakan representasi bahwa kekebalan tubuh manusia terjaga.

Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan Lainnya:

6. Mengobati sembelit.
7. Menurunkan risiko serangan jantung.
8. Menambah nafsu makan.
9. Menghilangkan rasa mual dan muntah.
10. Meringankan demam akibat malaria.
11. Membantu proses pemecahan batu empedu.
12. Mengurangi stres dan depresi.
13. Meredakan demam.
14. Memberikan efek relaksasi.
15. Sebagai anti radang.
16. Membantu perawatan gigi dan mulut.
17. Menjaga kesehatan otak.
18. Memelihara fungsi saraf.
19. Membantu menurunkan berat badan.
20. Mencegah bau mulut.
21. Merawat kesehatan gusi.
22. Mengobati infeksi.
23. Mencegah risiko terserang penyakit stroke.
24. Menyeimbangkan PH tubuh.
25. Meminimalisir risiko kanker.
26. Merangsang produksi cairan empedu.
27. Melindungi dari radikal bebas.
28. Meredakan nyeri.
29. Mengobati sesak napas dan asma.
30. Memengaruhi suasana hati.
31. Sebagai terapi kecanduan cafein.
32. Mencegah risiko penyakit batu ginjal.
33. Meningkatkan metabolisme.
34. Membersihkan usus
35. Mencegah risiko terserang kanker lambung.

Cara Memanfaatkan Air Lemon Untuk Kesehatan :

Mengolah air lemon sebagai pengobatan untuk kesehatan tubuh sangatlah mudah. Cukup dengan meminum perasan lemon yang campur air hangat pada pagi hari sebelum makan dan pada malam hari sebelum tidur. Bisa juga menggunakan irisan lemon yang direndam dalam air minum biasa.Manfaat Air Lemon Untuk Kecantikan :

1. Mencegah dan mengobati jerawat

Air lemon yang kaya akan asam sitrat mampu mengatasi masalah jerawat pada kulit. Selain itu, vitamin C berperan dalam membunuh kuman penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, mengobati jerawat dengan air lemon tidak akan meninggalkan bekas jerawat pada kulit justru akan membantu memulihkan tekstur dan warna kulit paska sembuhnya jerawat.

2. Mengangkat sel-sel kulit mati

Air lemon membantu dalam proses pengelupasan kulit mati. Sifat korosif air lemon berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam. Sel kulit mati memang sangat mengganggu penampilan dan menutupi kecantikan alami yang dimiliki wanita. Itulah sebabnya mengapa sel kulit mati tersebut perlu dibersihkan dari permukaan wajah.

3. Mengencangkan kulit

Anti oksidan yang tinggi pada air lemon tidak hanya mampu meredakan mengatasi berbagai macam masalah kesehatan tapi juga berperan dalam mengencangkan kulit. Kulit kendur biasanya disebabkan oleh faktor usia, faktor keturunan, paparan radikal dan sinar UV yang berlebihan sertagaya hidup yang tidak sehat. Selain mengencangkan, air lemon juga menjaga kulit tetap terlihat segar.

4. Mengeluarkan racun dalam kulit

Kandungan nitrat dalam setiap tetesan air lemon selain berperan dalam meningkatkan enzim juga sebagai detoks yang bisa mengeluarkan racun yang terdapat pada kulit manusia. Racun pada kulit akan berimplikasi pada penyakit kulit lainnya seperti infeksi kulit, ruam, radang, eskim dan sebagainya. Untuk mencegah penyakit yang lebih serius, dianjurkan untuk melakukan detoksifikasi menggunakan perasan lemon.

5. Penangkal radikal bebas peyebab kerusakan kulit

Anti oksidan memang sudah terbukti sebagai zat yang mampu menghindari serangan segala jenis radikal bebas. Tidak terkecuali zat antioksidan yang terdapat pada air lemon. Baik di konsumsi maupun di gunakan pada tubuh dari luar, anti oksidan pada perasan lemon sangat efektif sehingga banyak yang menjadikan air lemon sebagai makanan atau minuman yang wajib dikonsumsi setiap harinya.

Manfaat Air Lemon Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memutihkan gigi
7. Melembutkan kulit
8. Menjaga kesehatan alami kulit
9. Menyamarkan keriput
10. Menghilangkan bekas luka
11. Mencegah kulit menua sebelum waktunya.
12. Mencerahkan kulit
13. Mengecilkan pori-pori
14. Menyamarkan bintik hitam pada kulit
15. Memutihkan wajah dengan cepat
16. Mengurangi minyak pada kulit
17. Menghilangkan komedo
18. Menghaluskan kulit
19. Menghilangkan bintik hitam
20. Melembabkan kulit
21. Mengatasi kulit kering
22. Mencegah munculnya penyakit kulit
23. Mempertahankan zat kolagen pada kulit
24. Mengangkat kotoran yang menempel pada kulit
25. Menyegarkan kulit
26. Menjadigak wajah terlihat awet muda
27. Mengontrol kelebihan minyak
28. Mengurangi kulit mengerut
29. Melembabkan bibir
30. Memerahkan bibir
31. Mengatasi bibir pecah-pecah
32. Mengeringkan bekas jerawat atau luka pada wajah.
33. Menutrisi kulit wajah
34. Memudarkan bekas jerawat
35. Mencegah jerawat muncul lagi.

Cara Memanfaatkan Air Lemon Untuk Kecantikan :

Berbeda dengan penggunaannya untuk kesehatan, memanfaatkan air ini untuk kecantikan bisa dibilang tidak terlalu simpel. Anda bisa menggunakan perasan lemon tersebut pada bagian tubuh yang akan di treatmet , mengolahnya menjadi masker, dan lain-lain.

Efek Samping Air Lemon :

Efek Samping Air Lemon

1. Sakit perut
2. Naiknya asam perut ke kerongkongan
3. Batu empedu
4. Batu ginjal
5. Tukak lambung
6. Sering buang air keci
7. Migrain
8. Perih pada kulit

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Kelapa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat dan khasiat air lemon sudah kami jelaskan dengan lengkap, beserta dengan efek sampingnya. Tentunya efek negatif tersebut terjadi apabila dalam mengkonsumsi tidak berdasarkan anjuran atau berlebihan. Mengkonsumsi air lemon memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh asal jangan berlebihan dan untuk mendapatkan hasil yang optimal pastinya dengan mengkonsumsi dan menerapkan pada kulit secara teratur.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top