Connect with us
Air Mawar, Manfaat Air Mawar, Khasiat Air Mawar

Minuman

55 Manfaat dan Khasiat Air Mawar untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Air Mawar – Mawar merupakan bunga yang banyak digemari kaum wanita. Bukan hanya karena kecantikannya saja sebagai buket bunga, melainkan bunga mawar bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Tentunya sudah banyak manfaat dan khasiat air mawar dalam membuat kulit para kaum hawa menjadi lebih halus dan segar.

Air Mawar, Manfaat Air Mawar, Khasiat Air Mawar

Khasiat air mawar untuk memutihkan wajah sudah tidak diragukan lagi karena kandungan gizi di dalamnya memang sangat baik sekali untuk mengangkat sel kulit mati yang seringkali menjadi penyebab kusam di wajah. Air ini banyak digunakan dalam produk kosmetik karena memang khasiatnya yang bisa membuat kulit wajah Anda bisa terlihat lebih putih dan cerah akibat dari proses regenerasi sel kulit yang berjalan dengan lancar.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Air Mawar :

Zat antibacteri dan antiseptic, kedua zat ini yang terdapat dalam air mawar yang bisa menjaga kulit Anda dari iritasi yang disebabkan sinar matahari ataupun debu lainnya. Anti inflamasi yang ada dalam air bunga mawar, mampu meredakan kemerahan pada wajah Anda karena terlalu sering terkena sinar matahari.

Roses Hip Seeds, zat ini sebagai antioksidan yang dapat menghambat proses penuaan pada kulit. Banyak vitamin yang terkandung seperti Vitamin A, C, dan E, tentunya fungsi vitamin tersebut dapat membantu merawat kulit Anda.

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan :

1. Menjadi Aromaterapi

Khasiat air mawar bagus sekali sebagai aromaterapi yang dapat menyembuhkan pikiran dari rasa stress yang melanda. Cocok bagi mereka yang senang dengan harum-haruman minyak atau parfum yang dapat menenangkan pikiran. Aromaterapi ini secara sistemik sangat bagus bagi tubuh karena bisa membuat badan jadi rileks.

2. Melancarkan Regenerasi Sel

Kemudian, manfaat air mawar juga baik sekali dalam meregenerasi sel-sel tubuh. Semua lini sel akan mengalami siklus hidup dan mati secara normal dan sehat. Tubuh tidak kena penyakit kanker yang biasanya disebabkan karena sistem regenerasi berjalan buruk, sehingga sel justru bermutasi secara berlebihan.

3. Menguatkan Otot

Ternyata air mawar juga bagus sekali buat menguatkan otot. Manfaat air bunga mawar yang dioleskan ke persendian dan dibalurkan ke bagian-bagian yang sedang nyeri otot, terbukti efektif bisa mengurangi rasa nyeri. Setelah nyerinya hilang, otot pun akan terasa jauh lebih kuat dari sebelumnya.

4. Mencegah Masuk Angin

Manfaat air mawar bisa untuk mencegah dan mengobati masuk angin. Fungsinya mirip dengan minyak pada umumnya. Sebab air bunga mawar ini memang mampu menangkal masuknya energi negatif dan udara kotor yang kerap menjadi penyebab seseorang kena masuk angin parah, bahkan sampai kena angina pectoris alias angin duduk.

5. Mengobati Peradangan

Khasiat air mawar bagus pula untuk mengobati peradangan. Ini membuat air bunga mawar memang dinobatkan sebagai anti inflamasi alami yang murah. Bayangkan saja, daripada menggunakan obat-obatan NSAID yang kerap menimbulkan efek samping parah, lebih baik pakai air bunga mawar saja, selama penggunaannya masih sebatas pada luar tubuh yang tidak mengalami luka terbuka.

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menghilangkan nyeri
7. Meringankan panas dalam
8. Meningkatkan keseimbangan tubuh
9. Mencegah radikal bebas
10. Mencegah penyakit kanker
11. Melancarkan pencernaan
12. Membuat badan terasa enteng
13. Meningkatkan hormon rasa senang
14. Menghilangkan nyeri tulang
15. Meluruhkan kolesterol
16. Mencegah kegemukan
17. Mengatasi gangguan jantung
18. Menyembuhkan gangguan paru-paru
19. Melancarkan buang air kecil
20. Meningkatkan vitalitas

Cara Memanfaatkan Air Mawar untuk Kesehatan :

Bagaimana cara memanfaatkan air mawar untuk kesehatan? Ternayta untuk menggunakannya amat mudah. Tapi ada yang perlu diketahui bahwa penggunaan air bunga mawar ini hanya untuk luar tubuh saja. Jadi tidak disarankan buat diminum atau dimakan.

Cara membuat ekstraknya sangat mudah, bisa dengan cukup mencelupkan beberapa lembar mahkota bunga mawar ke dalam sebaskom air, kemudian diaduk-aduk. Lalu air ini bisa dipakai untuk membasuh badan. Bisa pula dengan teknik penyulingan untuk mendapatkan uap bahkan minyak bunga mawar yang tentunya bisa lebih praktis lagi karena dapat dijadikan obat gosok.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Garam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Air Mawar Untuk Kecantikan :

1. Sebagai Masker

Manfaat air mawar untuk wajah sangatlah banyak. Air bunga mawar tentu sangat efektif dalam penggunaan masker untuk wajah. Caranya dengan mengunakan kapas yang dibasahi dengan air mawar lalu aplikasikan pada seluruh wajah Anda. Setelah rata, baru Anda oleskan masker yang ingin Anda gunakan keseluruh bagian wajah, dan diamkan beberapa saat, kemudian dibilas hingga bersih. Tentunya pengunaan air bunga mawar ini akan membuat kinerja masker Anda lebih maksimal.

2. Toner

Air bunga mawar yang digunakan sebagai toner memiliki kandungan antibacterial, kita dapat memanfaatkan khasiat air mawar sebagai toner wajah. Caranya bersihkan wajah Anda dengan sabun pembersih muka, kemudian keringkan dengan handuk, dan oleskan toner air mawar untuk wajah Anda mengunakan kapas. Ini akan membantu menjaga kelembaban kulit wajah Anda, mencegah timbulnya iritasi dan jerawat pada kulit wajah.

3. Penyegar Setelah Dirias

Manfaat air mawar untuk mempercantik riasan wajah Anda. Dengan cara menyemprotkan air bunga mawar pada wajah Anda sesudah menggunakan make up, dan biarkan mengering dengan sendirinya. Ini bisa membuat wajah Anda terlihat jadi lebih bercahaya dan segar.

4. Campuran Crem Pencerah Kulit

Tahukah Anda air mawar juga dapat Anda digunakan sebagai bahan campuran cream yang bisa menjaga kelembaban kulit. Caranya dengan mencampurkan air bunga mawar pada krim pelembab dan lalu oleskan pada kulit wajah Anda. Ini akan mencerahkan dan melembabkan kulit, dapat juga mencegah bintik-bintik gelap dan keriput pada wajah.

5. Pengusir Jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu terlebih yang sedang mengalami peradangan, ini bisa Anda atasi dengan penggunaan masker yang dibuat dari air bunga mawar dan jus lemon. Caranya dengan mencampurkan lima sendok makan air mawar dan dua sendok makan jus lemon, kemudian aplikasikan ke wajah Anda dengan menggunakan kapas, dan diamkan sekitar lima menit dan bilas wajah Anda dengan menggunakan air hangat.

6. Mengatasi Kulit Kering

Banyak sekali manfaat yang bisa dihasilkan oleh air bunga mawar untuk Anda yang mempunyai problem kulit kering. Air mawar bisa Anda gunakan sebagai pelembab kulit karena memiliki kandungan air yang yang cukup bagus mampu meresap ke dalam kulit, sehingga membuat kulit Anda lembab dan sehat. Anda bisa mengAplikasikan dalam toner dan Anda basuhkan pada wajah mengunakan kapas saat pagi dan malam hari.

7. Mencerahkan Kulit Wajah

Air bunga mawar untuk kesehatan yang mempunyai fungsi sebagai zat anti-inflamasi dan juga kaya akan antioksidan dan dapat mencerahkan kulit wajah Anda jika dicampurkan dengan madu atau yougurt. Selain dapat mencerahkan dan memutihkan wajah, air mawar tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kecantikan.

Bunga mawar tentunya mempunyai aroma dan ciri khas tersendiri, selain itu aroma dari air mawar tbisa dijadikan sebagai aroma terapi. Tentunya Anda dapat merasakan lebih tenang dan rileks, serta mampu meningkatkan libido Anda.

8. Menyegarkan Kulit

Kulit yang segar menjadi impian bagi para wanita, terutama wanita sendiri sangat ingin tampil cantik di depan umum, salah satunya dengan memanfaatkan air mawar, dan di percaya memang untuk menyegarkan kulit.

9. Mencerahkan Wajah

Air bunga mawar dapat mencerahkan wajah Anda secara herbal, penggunaannya mudah, setiap hari Anda bisa mempergunakan air mawar sebagai pembilas wajah Anda. Manfaat air mawar suda di percaya sejak dahulu, dengan cara alami akan dapat mencerahkan wajah yang kusam.

10. Mencegah Penuaan Dini

Air bunga mawar juga dapat mencegah penuaan dini, dan menjadikan kulit Anda menjadi lebih sehat serta tampak awet muda, dengan memanfaatkannya wajah anda kini akan telihat lebih segar dan nampak cantik alami.

11. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat memang sering kali membuat kita merasa terganggu, dan cara mengatasinya adalah dengan menggunakan air mawar, agar dapat menghilangkan jerawat serta bekas jerawat pada wajah. Cara ini lebih efektif dibandingkan obat-obatan yang mungkin sering Anda gunakan, khasiat air bunga mawar sangat alami tentunya dan bisa Anda gunakan setiap saat.

Manfaat Air Mawar Untuk Kecantikan Lainnya :

12. Menjaga kesehatan kulit
13. Menjaga kecantikan mata
14. Mengatasi pembengkakan Pada Mata
15. Mencegah iritasi pada mata
16. Membuat rambut menjadi kuat
17. Menghilangkan bau mulut
18. Mengatasi gusi bengkak
19. Mengatasi gusi Berdarah
20. Rambut menjadi lebih lembab
21. Membuat rambut tampak berkilau
22. Menghilangkan flek hitam pada wajah
23. Membuat wajah awet muda
24. Mencegah iritasi kulit
25. Menghilangkan gatal-gatal pada kulit
26. Membuat kulit kusam menjadi segar

Cara Memanfaatkan Air Mawar Sebagai Campuran Masker :

Penggunaan air mawar secara rutin dan teratur akan mendapatkan hasil yang memuaskan baik untuk kesehatan kulit wajah, dan tentu membuat warna kulit lebih cerah dan putih. Perpaduan berbagai bahan masker yang dicampur tetesan ekstrak mawar ini pun amat berkhasiat, seperti:

  1. Masker Air Bunga Mawar, Pisang dan Tepung Besan, berfungsi untuk mencerahkan dan memuluskan kulit wajah.
  2. Masker Air Bunga Mawar dan Pisang untuk kulit kering, berfungsi untuk membantu melembabkan kulit.
  3. Masker Air Bunga Mawar, Putih Telur dan Madu untuk kulit berminyak, berfungsi untuk mengurangi minyak pada wajah.
  4. Masker Air Bunga Mawar, Yogurt dan Madu, berfungsi untuk memutihkan wajah.
  5. Masker Air Bunga Mawar dan Beras, untuk kulit normal, berfungsi untuk mencerahkan dan memutihkan wajah.
  6. Masker Air Bunga Mawar, Madu, Minyak Zaitun Yogurt, dan Kelopak Bunga Mawar, berfungsi sebagai anti- inflamasi pada wajah.
  7. Masker Air Bunga Mawar, Tomat, Minyak Zaitun, berfungsi untuk mengencangkan kulit.
  8. Masker Air Bunga Mawar, kunyit, Lidah buaya, susu dan madu, berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah.

Efek Samping Air Mawar :

Apa sajakah efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian air bunga mawar dalam jangka waktu pendek maupun panjang? Ternyata selain manfaatnya yang banyak seperti di atas, ekstrak bunga mawar ini bisa memicu dampak-dampak di bawah ini:

1. Lesu
2. Pusing
3. Muntah
4. Sesak Nafas
5. Sakit Kepala
6. Mual
7. Iritasi Kulit
8. Gangguan Makhluk Halus

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bunga Mawar untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk menghindari hal-hal buruk di atas, tentunya mesti diperhatikan sejak dini melalui tes sensitivitas tubuh. Apakah tubuh memang mampu menerima bahan ini atau tidak. Jika memang mampu menerimanya, maka penggunaan air mawar selama-lamanya hanyalah selama 3 bulan saja, jangan lebih dari ini agar tidak ketergantungan.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top