Connect with us

52 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minuman

52 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Air putih merupakan minuman yang biasanya dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit  atau mencegah masuknya penyakit dalam tubuh. Air merupakan kebutuhan utama tidak hanya manusia, tapi juga seluruh mahluk di muka bumi. Air memiliki berbagai macam penggunaan. Ada yang memiliki kegunaan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari manusia ada pula air yang berguna untuk dikonsumsi oleh manusia. Air putih, air yang mempunyai warnabening dan dapat dikonsumsi manusia. Salah satu manfaat air putih yang cukup penting adalah membantu pada metabolisme tubuh.

Air Putih, Manfaat Air Putih, Khasiat Air Putih

Tidak sembarangan air dapat dijadikan minuman yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Air putih memiliki beberapa kriteria yang cukup krusial. Beberapa kriteria tersebut adalah tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau, tidak mengandung mengandung logam berat, dan tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya. Air juga harus terbebas dari bakteri. Untuk mendapatkan air bebas bakteri, air harus dipanaskan dulu pada suhu minimal 100 °C.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Air Putih :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Air Putih

Air secara keseluruhan mengandung banyak mineral yang berguna untuk tubuh. Zat mineral tersebut adalah kalsium, sodium, magnesium, kalium, bikarbonat, fluorida, natrium, silica, dan zinc. Air putih tidak mengandung kalori, lemak, atau pun zat penambah tenaga untuk tubuh lainnya. Air  juga tidak mengandung gula dan vitamin.

Loading...

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan :

1. Pemasok Mineral dalam Tubuh

Mineral adalah sebuah zat yang berasal dari luar tubuh. Meskipun berasal dari luar tubuh, mineral sangat dibutuhkan bagi kelangsungan metabolisme. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi mineral dengan sendirinya. Maka dari itu asupan mineral sangatlah dibutuhkan demi memenuhi tuntutan metabolisme. Air dapat menjadi salah satu pemasok mineral dalam tubuh mengingat jumlah kandungan mineral yang cukup banyak.

2. Menyeimbangkan Kebutuhan Zat Cair tubuh

Tubuh manusia terdiri dari enam puluh persen adalah cairan. Maka dari itu, cairan dalam tubuh harus selalu terpenuhi. Jika cairan dalam tubuh tidak seimbang atau tidak terpenuhi dengan baik, akan mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme. Meminum air putih secara rutin dan cukup akan menyeimbangkan dan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

3. Mencegah dan Menurunkan Resiko Penyakit Baru Ginjal

Penyakit batu ginjal adalah saat adanya batu-batu kecil dalam ginjal yang mengganggu kinerja ginjal. Salah satu penyebab dari terjadinya penyakit batu ginjal adalah kurang cairan dalam tubuh atau bisa disebut kekurangan air putih. Ketika mengkonsumsi air, maka senyawa H2O ini akan berperan sebagai cairan digunakan dalam ginjal dalam menjalankan metabolisme tubuh.

4. Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Otak adalah sebagai pengatur segala sesuatu yang terjadi pada tubuh sekaligus organ yang digunakan untuk menjalankan pikiran kita. Dalam berpikir, otak dapat mengalami penurunan konsentrasi akibat kurangnya asupan cairan ke otak. Hal ini bisa diselesaikan dengan meminum air putih. Air dapat menjaga kebutuhan cairan otak sehingga dapat meningkatkan fungsi kerja otak manusia.

5. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Air menjadi salah satu alat bantu bagi tubuh untuk mengeluarkan racunnya. Racun ini dikeluarkan melalui kelenjar keringat dan saat kita buang air kecil. Jika konsumsi air putih manusia tidak mencukupi maka pengeluaran racun oleh tubuh tidak akan maksimal. Dengan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, akan dapat membantu menghindari dari resiko terserang berbagai penyakit.

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Lainnya:

6. Penghilang dehidrasi dan haus
7. Mengontrol kalori dan menurunkan berat badan
8. Meningkatkan energi
9. Meningkatkan produktivitas
10. Mencegah penyakit demam
11. Melawan sariawan
12. Melawan panas dalam
13. Melawan sakit tenggorokan
14. Menjadi obat demam secara alami
15. Meningkatkan sistem peredaran darah
16. Mengobati sakit kepala
17. Mengobati Migran
18. Membantu memelihara keseimbangan asam dan basa
19. Menyokong proses pencernaan dalam perut
20. Membantu pembentukan sel
21. Membantu pembentukan jaringan
22. Membantu proses pencernaan protein
23. Membantu memelihara kesehatan otot
24. Menopang transmisi saraf
25. Membantu absorpsi gula
26. Menjadi alat angkut gizi melalui membrane sel
27. Menjaga kesehatan gigi dan tulang
28. Membantu mempercepat pembekuan darah
29. Menunjang imunitas tubuh
30. Membantu kontraksi otot

Cara Memanfaatkan Air Putih untuk Kesehatan :

Air putih dalam pemanfaatannya hanya bisa dijadikan sebagai konsumsi tunggal. Hal ini karena jika air minum diolah dengan bahan lain atau diolah dengan cara lain, maka air tersebut tidak akan bisa disebut air putih dan khasiat yang dimiliki juga akan berkurang atau malah hilang. Dalam perawatan kesehatan air hanya dapat digunakan sebagai zat pembantu dari dalam dengan cara dikonsumsi.

Manfaat Air Putih Untuk Kecantikan:

1. Membuat Kulit Bercahaya

Mempunyai kulit cerah bercahaya adalah impian banyak wanita. Sehingga banyak digunakan skincare untuk mendapatkan kulit tersebut. Namun terdapat cara alami lain yaitu dengan air putih. Hal ini karena air dapat berperan sebagai zat yang membantu mengeluarkan racun secara alami. Dengan racun yang keluar secara efisien dapat membuat kulit terlihat lebih segar dan bercahaya.

2. Menjaga Kelembaban kulit

Salah satu masalah lain yang dihadapi kulit masyarakat daerah tropis adalah kulit kering. Banyak digunakan lotion untuk membantu melembabkan kulit. Untuk melembabkan kulit secara alami dapat dengan cara meminum air putih. Hal ini dikarenakan kandungan didalamnya dapat menutrisi sel-sel kulit yang kering.

3. Menghambat penuaan dini

Kunci dari penuaan dini atau munculnya keriput di kulit wajah kita adalah hilangnya elastisitas dan kelenturan kulit. Dengan meminum air secara teratur, dapat mengembalikan kelenturan dan elastisitas kulit secara alami.

4. Menjaga Kesehatan dan Keindahan rambut

Kecantikan tidak akan lengkap tanpa rambut yang indah dan sehat. Salah satu cara menjaga kesehatan dan keindahan rambut secara alami adalah dengan meminum air secara cukup. Hal ini karena air putih menjadi konsumsi vitamin rambut.

5. Melembabkan bibir

Salah satu manfaat air putih yang lain adalah melembapkan bibir. Bibir yang lembab dan kemerahan akan mengeluarkan aura kecantikan pada wanita dan akan memperindah tampilan pria.

Manfaat Air Putih Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Terapi
7. Mengatasi masalah kulit
8. Membantu menghaluskan kulit
9. Mencegah kerusakan sel kulit
10. Mencegah jerawat
11. Membantu menyamarkan kemerahan pada kulit
12. Menghilangkan lingkar hitam pada mata
13. Melembapkan rambut
14. Menghilangkan ketombe
15. Mengkuatkan akar rambut

Cara Memanfaatkan Air Putih untuk Kecantikan :

Pemanfaatan air putih untuk kecantikan bisa dilakukan dengan membasuhkannya pada muka. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi air secara rutin juga dipercaya akan membuat kulit lebih cerah, bibir tidak pecah-pecah, dan lain-lain. Anda juga bisa mencampurkan air dengan masker jenis bubuk untuk merasakan manfaatnya pada segi kecantikan.

Efek Samping Air Putih :

Efek Samping Air Putih

Seluruh hal yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan dampak buruk. Hukum ini juga berlaku untuk air putih, Jika kita meminum air secara berlebihan, manfaat air putih akan hilang dan tergantikan oleh efek samping yang dapat mengganggu kerja sistem tubuh manusia. Berikut adalah beberapa efek samping dari terlalu banyak meminum air:
1. Darah terlalu cair
2. Menurunkan elektrolit tubuh
3. Sel-sel tubuh membengkak
4. Dapat mendorong batang-batang otak bergeser
5. Merusak komposisi darah
6. Tubuh mengalami hiponatreamia
7. Intoksi air

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan, serta Efek Samping

Jadi, marilah kita hidup sehat dengan mengkonsumsi air putih secara teratur, jangan berlebihan dan jangan kekurangan jika tidak ingin mendapat efek samping tertentu. Karena air putih mengandung ion yang sangat di butuhkan untuk kesehatan tubuh.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top