Connect with us
Air Tajin, Manfaat Air Tajin, Khasiat Air Tajin

Minuman

34 Manfaat dan Khasiat Air Tajin untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Air TajinAir tajin adalah sebuah cairan berwarna putih yang didapat dari hasil memasak beras. Memasak beras memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mungkin kebanyakan dari kita sekarang ini memasak nasi dengan cara yang instan menggunakan rice cooker. Namun tentunya masih ada yang memasak nasi secara tradisional dengan memakai dandang. Bagi anda yang mungkin masih atau pernah memasak nasi secara tradisional tentunya tahu yang namanya air tajin. Air tersebut didapatkan dari air beras yang sudah mendidih dan berwarna putih.

Air Tajin, Manfaat Air Tajin, Khasiat Air Tajin

Air tajin yang memiliki warna putih seperti susu ini tidak hanya memiliki rasa yang enak, namun banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Bahkan air tajin ini juga banyak dimanfaatkan para orang tua untuk diberikan kepada bayinya. Hal ini karena air tajin dianggap mudah dicerna dalam sistem cerna si kecil. Air ini biasanya dikonsumsi dengan menambahkan gula jawa dan garam agar terasa gurih dan manis.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Air Tajin :

  • Energi 43 kalori
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Enzim
  • Lemak
  • Mineral
  • Vitamin B1
  • Antioksidan
  • Kalsium (Ca)
  • Vitamin E
  • Glukosa
  • 2 macam poliglukosa
  • Mikro selenium
  • Magnesium (Mg)

Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan :

1. Mengobati masalah pencernaan

Manfaat air tajin yang pertama adalah membantu mengobati masalah pencernaan seperti sembelit ataupun maag. Penyakit gasroentritis atau maag diakibatkan oleh produksi asam lambung secara berlebih. Mengkonsumsi air rebusan beras ini dipercaya mampu menetralkan asam lambung. Dengan demikian bagi anda yang mungkin menderita penyakit lambung seperti contohnya sakit maag maka anda bisa mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi air tajin.

Selain itu, air beras ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan gangguan pencernaan yang lain seperti sembelit dan juga diare. Air rebusan ini berfungsi sebagai elektrolit yang efektif dalam menyembuhkan diare. Bahkan beberapa riset telah membuktikan bahwa air rebusa beras ini lebih efektif dalam mengobati gejala diare dibandingkan dengan jenis elektrolit lain yang biasa dimanfaatkan sebagai obat diare.

Loading...

2. Menyehatkan organ jantung serta menjaga kadar kolesterol

Gangguan jantung merupakan salah satu penyakit kronis yang kian lama kian banyak diderita oleh masyarakat luas. Jika gejala jantung tidak segera ditangani maka dapat memicu hal-hal yang tidak diinginkan bahkan dapat berujung pada kematian. Mengkonsumsi air tajin terutama rebusan beras merah menjadi salah satu solusi tepat yang dapat dilakukan sebagai upaya pengobatan sakit jantung. Hal ini karena air rebusan beras tersebut mengandung magnesium dan juga vitamin E yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung. Jika jantung kita sehat maka hal ini tentunya dapat meminimalisir resiko serangan jantung di masa depan.

Selain efektif untuk menyehatkan jantung, air tajin juga bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol agar selalu dalam keadaan stabil. Mengkonsumsi air rebusan beras ini secara teratur mampu menstabilkan kolesterol darah di dalam tubuh secara alami tanpa efek samping.

Air tajin yang berasal dari rebusan beras merah mengandung kandungan zat dan nutrisi penting bagi tubuh kecuali laktosa. Oleh sebab itu, saat anda memasak beras merah tidak ada salahnya jika anda mengambil air tajinnya dan dikonsumsi untuk merasakan khasiatnya yang bagus untuk kesehatan.

3. Membantu meningkatkan energi

Air tajin mengandung karbohidrat yang tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Dengan mengkonsumsi air tajin maka energi dalam tubuh akan bertambah dengan aman karena berasal dari bahan alami tanpa zat kimia. Air rebusan beras ini bisa dikonsumsi oleh segala usia mulai dari bayi hingga dewasa. Air ini bisa diminum sebelum anda melakukan aktivitas harian sehingga dapat dijadikan sebagai bahan cadangan energi ketika melakukan berbagai kegiatan.

4. Mencegah reziko alzheimer/pikun

Penyakit pikun atau sering disebut dengan alzheimer merupakan salah satu kondisi gangguan kesehatan yang diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia. Penyakit ini biasanya terjadi karena kesahatan otan mengalami penurunan serta syaraf-syaraf otak mengalami gangguan. Selain itu alzheimer juga bisa dipicu karena kurangnya melatih fungsi kerja otak.

Air tajin mengandung nutrisi yang bagus untuk mengembangkan neurotransmitter sehingga mampu mencegah terjadinya resiko alzheimer. Bagi keluarga yang mungkin mengalami gejala penyakit pikun ini disarankan untuk mengkonsumsi air rebusan beras di pagi hari disertai dengan melatih aktivitas otak agar lebih seimbang.

5. Mencegah resiko penyakit kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang amat dihindari oleh semua orang. Para ahli pengobatan berusaha untuk mencari solusi tepat sebagai obat kanker baru baik yang alami maupun secara kimia. Karena termasuk penyakit yang mematikan maka sebisa mungkin kita harus menghindarinya dengan cara menjaga kesehatan setiap saat. Mengkonsumsi air rebusan beras diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit termasuk salah satunya mencegah resiko munculnya sel kanker di dalam tubuh.

Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu mengatasi panas dalam

7. Mengurangi resiko obesitas

8. Melindungi kulit dari bahaya sinar UV

9. Bagus untuk menu diet

10. Mengobati penyakit infeksi viral

11. Sebagai pelengkap nutrisi bayi

12. Meningkatkan sistem imun

Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan Bayi :

Di dalam air tajin terdapat kandungan zat pati yang dibentuk sebelum nasi mulai matang. Kandungan pati ini sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan bayi. Selain itu, air rebusan beras ini juga sangat ekonomis dan mudah sekali membuatnya. Beberapa manfaat yang didapatkan saat memberikan air tajin pada bayi antara lain :

1. Menyembuhkan eksim atau ruam pada kulit si kecil

2. Meredakan diare

3. Menjadikan bayi lebih aktif dan berenergi

4. Menurunkan demam pada bayi

5. Membantu menambah berat badan

6. Memperkuat tulang si kecil

Namun yang harus diingat, pemberian air tajin ini hanya boleh dilakukan pada bayi yang sudah berumur diatas 6 bulan. Anda bisa memperkenalkan air rebusan beras ini secara bertahap dengan mencampurkannya pada susu formula bagi anak yang meminum susu formula. Atau bisa juga dengan menambahkannya pada menu MPASI si kecil.

Cara Mengolah Air Tajin untuk Kesehatan :

  • Sediakan kurang lebih 1 genggam beras bersih dan juga 2 gelas air
  • Setelah itu, rebus air di dalam panci
  • Sambil menunggu air mendidih anda bisa mencuci beras sampai bersih
  • Kemudian masukkan beras didalam air yang sudah mendidih
  • Aduk beras hingga mengental
  • Angkat beras tersebut lalu saring air tajinnya
  • Air rebusan beras siap untuk diminum selagi hangat atau bisa juga didinginkan terlebih dahulu
  • Bagi yang suka manis anda bisa menambahkan gula jawa didalamnya
  • Anda juga bisa menambahkan sedikit garam halus untuk memberikan rasa gurih pada air rebusan beras tersebut
  • Bagi yang terbiasa memasak dengan rice cooker maka anda juga bisa mengambil air tajinnya namun tambahkan takaran airnya agar bisa diambil air rebusannya.
  • Kekentalan tajin bisa anda sesuaikan dengan selera anda. Air rebusan beras yang kental akan memberikan efek kenyang sehingga anda mungkin tidak perlu mengkonsumsi nasi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Cucian Beras untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan :

1. Membantu menghilangkan noda hitam di wajah

Flek atau noda hitam pada wajah memang akan sangat mengganggu penampilan terutama bagi para wanita. Salah satu manfaat air tajin untuk kecantikan adalah untuk menghilangkan flek hitam yang mengganggu di wajah dengan mencampurkannya pada bubuk kunyit. Kedua  bahan alami tersebut dapat dikombinasikan lalu diaplikasikan pada area wajah secara merata agar flek hitam berangsur hilang.

2. Mencerahkan bibir

Memiliki bibir yang cerah menjadi salah satu impian setiap wanita. Namun beberapa wanita mungkin memiliki bibir yang terlihat gelap karena beberapa sebab. Mungkin karena faktor keturunan, pengaruh penggunaan obat-obatan, terkena polusi dan juga faktor yang lainnya. Mengoleskan air tajin pada area bibir diyakini dapat membantu mencerahkan bibir. Anda bisa melakukan treatment ini secara rutin agar bibir anda nampak lebih cerah dan terlihat cantik.

3. Membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru

Sel-sel kulit mati dapat digantikan dengan sel-sel baru dengan cara mengkonsumsi air tajin secara rutin. Cara melakukan treatment khusus untuk pertumbuhan sel ini pun cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan kapas lalu dicelupkan pada air tajin dan diaplikasikan langsung pada kulit wajah.

Toner alami ini sama seperti toner pada umumnya yang sangat bagus untuk membantu merangsang menggantikan sel kulit mati.

4. Mengatasi masalah komedo

Manfaat air tajin untuk kecantikan berikutnya adalah untuk mengatasi masalah komedo. Kandungan nutrisi penting dalam air rebusan beras ini mampu mengangkat kotoran yang menyebabkan komedo menumpuk terutama yang terdapat pada area hidung.

5. Mengatasi masalah jerawat

Jerawat merupakan masalah pelik yang banyak dialami oleh para wanita. Jerawat bisa muncul karena beberapa faktor salah satunya saat sedang mengalami perubahan hormon atau tiba waktunya datang bulan. Jika setiap mau datang bulan muncul masalah jerawat maka para wanita akan sangat bingung dan mencari berbagai cara untuk mencegah munculnya masalah jerawat tersebut.

Saat ini memang sudah banyak sekali produk perawatan wajah yang dijual dengan berbagai kegunaan salah satunya untuk menghilangkan jerawat. Namun yang harus kita ketahui bahwa tidak semua produk yang dijual dipasaran tersebut bagus dan aman untuk kulit kita. Alih-alih ingin mendapatkan wajah yang bebas jerawat ternyata malah memberikan efek samping jika kita tidak teliti dalam memilih produk yang tepat.

Air tajin merupakan bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi masalah jerawat. Selain aman, air rebusan beras ini juga sangat murah dan mudah dibuat. Namun anda juga harus rutin menggunakan pelembab wajah setelah melakukan treatment air tajin karena sering menggunakan air rebusan beras untuk wajah dapat menjadikan kulit wajah terasa kering dan kaku.

Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menjadikan wajah semakin cerah

7. Melancarkan aliran darah pada wajah

8. Membantu menghaluskan kulit wajah

9. Mengatasi iritasi pada kulit

10. Membantu mengontrol kadar minyak berlebih pada wajah

11. Melembutkan kulit wajah

12. Mencegah kerutan pada wajah

13. Membantu mengecilkan pori-pori

14. Menjaga kesehatan rambut

Cara Memanfaatkan Air Tajin untuk Kecantikan :

Air tajin untuk kecantikan bisa anda lakukan dengan mengaplikasikan air rebusan beras tersebut pada seluruh area wajah secara merata. Tunggu hingga beberapa saat sampai terasa mengering lalu lakukan pemijatan lembut terutama pada area yang berjerawat atau berkomedo. Jika sudah maka anda tinggal membasuh wajah dan keringkan dengan handuk bersih.

Efek Samping Air Tajin :

Pada dasarnya tidak ada efek samping negatif dari konsumsi air tajin yang sesuai dengan aturan dosisnya. Namun air rebusan beras ini tidak bagus diberikan pada bayi dibawah umur 6 bulan. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi diantaranya :

1. Perkembangan otak si kecil menjadi kurang maksimal

2. Menghambat tumbuh kembang si kecil

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Nasi Putih untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Memang terlihat mudah cara membuat air tajin, namun ketika anda ingin mengambil khasiat atau manfaatnya, terlebih dahulu pahami efek samping dan dampak buruk. Memang manfaat air tajin untuk payudara, lambung, kesuburan dan ibu hamil sangat banyak.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top