Connect with us

22 Manfaat dan Khasiat Ampas Teh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minuman

22 Manfaat dan Khasiat Ampas Teh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Ampas Teh – Mayoritas masyarakat membuang ampas teh begitu saja setelah mengambil sarinya. Apalagi jika ampas air dari seduhan teh tersebut sudah semalaman dibiarkan dan menjadi basi, maka akan langsung saja di masukkan ke tempat sampah. Padahal sebenarnya ampas teh masih bisa dimanfaatkan dari pada dibuang secara cuma-cuma. Kandungan zat yang terdapat pada ampas teh ternyata bisa kita gunakan untuk merawat kecantikan wajah dan juga sejumlah manfaat lainnya.

Ampas Teh, Manfaat Ampas Teh, Khasiat Ampas Teh

Sudah banyak dari kalangan wanita yang merasakan khasiat ampas teh bahkan yang sudah basi sekalipun. Treatment wajah sederhana menggunakan ampas teh ini mampu memberikan hasil luar biasa jika kita rutin mengaplikasikannya.  Wajah yang kusam akan berubah menjadi lebih bersih, cerah, putih merona dan bebas dari masalah kulit berminyak. Bukan hanya itu saja, masih banyak manfaat ampas teh lainnya yang terbukti alami untuk digunakan.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Ampas Teh :

  • Polifenol
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Air 8,8%
  • Protein kasar 29,36%
  • Abu 2,25%
  • Lemak 1,11%
  • Serat kasar 21,19%
  • Kalsium 0,891%
  • Tannin 0,19%
  • Fosfor 0,211%
  • Lisin 0,76%
  • Sistin 0,78%
  • Metionin 1,00%
  • Energy metabolisme 223 kkal/kg
  • Sistein 0,75%

Manfaat Ampas Teh untuk Kesehatan :

1. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dalam ampas teh memiliki khasiat penting untuk membantu menjaga sistem imun dalam tubuh. Jika daya tahan tubuh selalu bagus maka tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

2. Membantu menyehatkan mata

Ampas sisa teh memiliki kandungan vitamin A yang sudah kita ketahui sangat bagus untuk menyehatkan mata. Jika asupan vitamin A dalam tubuh terpenuhi maka penglihatan akan selalu cerah dan terhindar dari gangguan penyakit mata.

Loading...

3. Menangkal radikal bebas

Kandungan polienol di dalam teh memiliki senyawa katekin dan lafonol yang bermanfaat penting sebagai antioksidan untuk membantu menangkal bahaya radikal bebas.

4. Mengatasi rasa gatal akibat gigitan nyamuk

Ampas teh mengandung zat antihistamin yang bermanfaat untuk mengobati kulit kemerahan akibat digigit nyamuk. Saat anda tanpa sengaja digigit oleh nyamuk dan merasakan gatal maka anda bisa memanfaatkan ampas dari teh celup yang sudah anda gunakan untuk diusapkan pada area yang gatal. Usahakan untuk mengoleskan ampas tersebut selagi masih hangat. Dengan demikian rasa gatal pun akan segera hilang dan anda kembali merasa nyaman.

5. Membantu mengobati bisul

Penyakit bisul tidak hanya mengakibatkan rasa sakit dan perih namun juga sangat mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. Bagi anda yang mungkin menderita penyakit bisul maka anda bisa mencoba memanfaatkan ampas dari teh celup.

Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kesehatan :

Ampas dari teh yang sudah diambil sarinya bisa diaplikasikan pada area yang bermasalah dan dibiarkan selama 15 menit. Setelah ampas mengering maka anda bisa membilasnya dengan air bersih. Anda bisa melakukan treatment ini secara berulang sampai benar-benar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan :

1. Membantu mengatasi masalah jerawat

Masalah jerawat sangat mengganggu penampilan wajah dan membuat kita kehilangan rasa percaya diri. Bagi anda yang mungkin mengalami masalah jerawat dan sudah berusaha mengobatinya dengan berbagai jenis produk kosmetik namun jerawat tidak segera sembuh maka anda bisa mencoba khasiat dari ampas teh.

Selain efisien dan lebih ekonomis, ampas dari teh celup ataupun teh tubruk merupakan bahan yang alami dan aman dari efek samping. Anda tidak perlu takut kulit wajah anda akan bermasalah selagi anda menggunakannya sesuai dengan kadar dan kebutuhan kulit anda.

2. Mengencangkan kulit

Kulit wajah yang nampak kencang merupakan dambaan setiap wanita. Ampas teh ternyata bisa dimanfaatkan untuk membantu mengencangkan kulit dengan cara yang sederhana. Anda bisa mengaplikasikan ampas tersebut sebagai masker alami pada wajah secara rutin.

3. Menjadikan wajah nampak awet muda

Teh mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Dengan kandungan tersebut maka kita bisa terhindar dari resiko penuaan dini. Masker dari ampas teh bisa membantu menjaga keremajaan kulit sehingga kulit wajah kita bebas dari garis-garis halus tanda penuaan.

4. Membantu membasmi ketombe

Manfaat ampas teh yang juga penting bagi kecantikan lainnya adalah untuk mengatasi masalah ketombe. Saat anda mengalami masalah ketombe dan sudah mencoba berbagai produk shampo ataupun produk lain namun belum juga memperlihatkan hasil, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba memanfaatkan khasiat ampas teh tersebut.

5. Menghilangkan kantung mata

Kurangnya waktu tidur atau bahkan kelamaan tidur dapat mengakibatkan munculnya kantung mata. Selain itu, faktor penyebab lainnya juga memicu munculnya kantung mata seperti kurang minum air putih, terlalu lama berada di depan komputer dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin. Bagi anda yang mengalami keluhan karena munculnya kantung mata maka anda bisa memanfaatkan ampas teh untuk mengatasinya.

Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menjadikan rambut lebih berkilau

7. Sebagai lulur mandi

8. Membantu mencerahkan kulit

9. Memutihkan kulit yang terbakar sinar matahari

10. Membantu proses pengelupasan kulit

11. Dijadikan sebagai toner alami

12. Merangsang pertumbuhan rambut

Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan :

Cara 1:

Sediakan ampas teh celup lalu masukkan ke dalam air es sampai benar-benar dingin. Setelah itu, anda bisa mengkompreskan ampas dari teh celup tersebut pada area kelopak mata dan diamkan hingga beberapa menit. Anda bisa mengulangi treatment ini sampai masalah kantung mata yang anda alami segera hilang dan mata pun nampak semakin segar.

Cara 2 :

Ampas teh dijadikan sebagai masker lalu dibalurkan pada wajah sampai merata. Diamkan masker tersebut hingga kering atau semalaman agar nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa meresap pada kulit dengan sempurna. Keesokan harinya anda bisa membilas wajah dengan air dingin dan ulangi treatment ini secara berulang sampai anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Cara 3 :

Ampas teh bisa dicampurkan dengan air kemudian dimanfaatkan untuk membilas rambut. Lakukan pemijatan lembut pada kepala sekitar 10 menit lalu anda bisa keramas dengan menggunakan shampo untuk menghilangkan bau tehnya. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu agar masalah ketombe segera teratasi.

Efek Samping Ampas Teh :

1. Mengakibatkan anemia

Teh beserta ampasnya yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mempersulit tubuh untuk menontrol dan menyerap zat besi. Jika tidak segera dihentikan maka kondisi ini dapat memicu gejala anemia dimasa mendatang.

2. Gangguan dinding usus

Mengkonsumsi teh dengan ampasnya secara berlebihan juga memicu terjadinya luka atau iritasi pada dinding usus. Hal ini dapat menyebabkan gejala penyakit maag. Oleh sebab itu bagi penderita maag disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh beserta ampasnya secara berlebihan.

3. Demam tinggi

Zat theophyline yang ada pada ampas teh mengakibatkan suhu tubuh menjadi naik dan dapat mengganggu keseimbangan tubuh.

4. Asam lambung naik

Ampas teh yang sudah basi lalu diminum dapat membayahakan organ lambung karena perubahan zat kimia akibat penguapan udara pada teh tersebut. Saat kita mengkonsumsi teh terutama pada perut masih dalam keadaan kosong maka dapat mempercepat naiknya asam lambung pada tubuh.

5. Insomnia

Efek samping ampas teh berikutnya adalah mampu mengakibatkan susah tidur. Hal ini karena  teh mengandung kadar kafein yang lumayan tinggi seperti kadar kafein pada kopi hitam. Teh yang diminum beserta ampasnya lebih dari 3 gelas per hari dapat mengendalikan otak agar tetap terjaga. Hal ini tentunya akan membuat kita menjadi susah tidur dan mengakibatkan gejala insomnia jika dibiarkan terus menerus.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ampas Kopi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyak sekali manfaat ampas teh yang bisa anda olah menjadi obat herbal. Bahkan ampas yang dianggap orang tidak berguna ini bisa diolah menjadi masker dan bermanfaat untuk menghilangkan jerawat.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top