Connect with us
Beras Kencur, Manfaat Beras Kencur, Khasiat Beras Kencur, Jamu Beras Kencur, Ramuan Beras Kencur

Minuman

45 Manfaat dan Khasiat Beras Kencur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Beras Kencur adalah minuman herbal yang terbuat dari bahan utama beras dan kencur. Biasanya hanya digunakan tepung berasnya saja yang dicampur kencur. Manfaat beras kencur sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu obat herbal paling ampuh. Istilah herbal ini bisa merujuk kepada jamu atau lulur. Dalam arti, manfaat beras kencur ini bisa dijadikan minuman jamu yang menyehatkan atau kosmetik berupa lulur untuk kulit.

Beras Kencur, Manfaat Beras Kencur, Khasiat Beras Kencur, Jamu Beras Kencur, Ramuan Beras Kencur

Sesuai dengan namanya, maka beras kencur ini perpaduan antara 2 bahan utama, berupa beras dengan kencur. Sudah sejak lama masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai obat herbal untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk itu, resep herbal ini sudah tidak asing lagi dan lazim digunakan.

Sejak dulu ramuan beras kencur sudah jadi kepercayaan masyarakat tradisional untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan. Minum jamu beras kencur bisa mengobati batuk dan masuk angin. Selain itu, juga ampuh sekali untuk menghaluskan kulit, memutihkan dan mengangkat sel kulit mati jika dijadikan lulur atau masker wajah. Cara mengolahnya pun amat mudah dengan bahan-bahan yang harganya murah pula. Sehingga terjangkau oleh seluruh kalangan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Beras Kencur :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Beras Kencur

Oleh karena merupakan perpaduan dua spesies, sudah tentu beras kencur ini mengandung gizi dan nutrisi yang kompleks. Yang merupakan perpaduan antara kandungan vitamin, mineral dan zat-zat yang ada di dalam kencur serta berasnya. Berikut adalah rinciannya:

• Karbohidrat
• Kalori
• Protein
• Serat Pangan
• Omega 3
• Omega 6
• Magnesium
• Mangan
• Fosfor
• Lemak
• Tiamin
• Ribovlavin
• Niacin
• Potassium
• Zink
• Vitamin B6
• Vitamin E
• Zat Besi
• Kalsium
• Pati
• Minyak Atsiri
• Asam Cinnamic
• Asam Anisic
• Alkaloid
• Gom
• Borneol
• Khampene
• Asam Metil Kanil
• Penta Dekaan
• Ethyl Aster
• Paraeumarin
• Ineol

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan :

1. Melancarkan Haid

Manfaat beras dan kencur begitu efektif buat melancarkan haid. Sama seperti minum jamu kunyit, ramuan perpaduan beras dengan kancur ini juga kerap dibikin jamu khusus buat perempuan. Efeknya sangat baik buat membantu meluruhkan darah di dinding rahim sehingga tidak menimbulkan penggumpalan.

2. Membuat Badan Bugar

Meminum ramuan beras kencur bagus sekali buat kebugaran. Racikan minuman tradisional ini memang mengandung energi yang melimpah. Stamina melejit seketika usai meminumnya, cocok buat para atlet atau mereka yang sedang beraktivitas padat dan butuh tenaga ekstra.

3. Mencegah Gangguan Ginjal

Ramuan beras kencur bagus sekali mencegah gangguan ginjal. Sehingga cocok diminum orang tua yang memiliki resiko penyakit ginjal. Namun perlu hati-hati buat pengidap diabetes sebaiknya tidak meminumnya, kecuali jika dokter memperbolehkan.

4. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat beras dan kencur juga bisa buat mengatasi nyeri sendi. Sakit pada persendian sangatlah mengganggu dan selayaknya segera disembuhkan. Jika sedang mencari obat herbal apa yang cocok, silahkan langsung saja meminum ramuan tradisional ini.

5. Mengobati Batuk

Kencur sejak dulu terkenal sebagai obat batuk alami. Supaya rasanya enak, lezat dan manis, memang alangkah baiknya dicampur dengan beras dan dijadikan minuman beras kencur. Batuk kronis yang tak kunjung sembuh bakalan sembuh segera.

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan pilek
7. Mengatasi demam
8. Menghilangkan rasa kantuk
9. Menghangatkan tubuh
10. Melegakan tenggorokan
11. Mengatasi batuk kering
12. Menyembuhkan radang tenggorokan
13. Mencegah panas dalam
14. Mengatasi gangguan pernapasan
15. Mencegah gangguan paru-paru
16. Mencegah sinusitis
17. Meringankan migrain
18. Mengatasi sariawan
19. Mencegah bau mulut
20. Menghilangkan bau badan

Cara Memanfaatkan Beras Kencur untuk Kesehatan :

Untuk kesehatan, tentu saja beras kencur ini diolah jadi minuman herbal, seperti jamu. Diminum rutin tiap hari maksimal 3 gelas/hari. Jamu ini memiliki berbagai khasiat seperti yang sudah disebutkan dan dijelaskan di atas.

Namun ada yang perlu diperhatikan bahwa meminum herbal ini sama sekali tidak boleh menggantikan fungsi minum air putih dan makan makanan bergizi lainnya. Jadi meskipun sedang terapi dengan minuman herbal ini, misalnya buat menurunkan berat badan, maka tetap harus mencukupi kebutuhan dari makanan dan minuman lain.

Manfaat Beras Kencur untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan Kulit

Khasiat beras kencur ampuh buat haluskan kulit. Biasanya racikan herbal ini dibuat menjadi masker. Orang zaman dulu lebih memilih membuat masker sendiri secara alami. Namun di era modern seperti sekarang, masker instan sudah banyak dijual di toko-toko kosmetik.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat beras kencur bisa mengangkat sel kulit mati. Membuat kulit jadi cerah dan bebas dari kotoran, minyak dan kulit yang kering. Cara menggunakannya mudah saja, tinggal dijadikan masker dan dipakai selama 1-1,5 jam. Setelah itu bilas dengan air bersih dan lihat hasilnya.

3. Melembutkan Kulit Wajah

Rupanya beras kencur juga efektif buat melembutkan kulit. Kulit yang tadinya kasar dan bersisik bakalan berubah jadi lebih lembut dan kenyal. Cocok buat orang yang sudah memasuki masa dewasa.

4. Memutihkan Wajah

Manfaat beras kencur bisa memutihkan wajah. Namun efek ini tidak bisa cepat dirasakan, jadi harus rutin menggunakan masker dan lulurnya. Selain itu juga mesti didampingi dengan pola makan dan pikiran yang baik.

5. Membantu Regenerasi Sel Kulit

Khasiat beras kencur sangat ampuh buat regenerasi sel kulit. Artinya, ketika ada sel kulit yang rusak, maka cepat digantikan sel yang baru. Ini amat baik buat seringkali mengalami masalah sel kulit kusam. Cocok pula untuk para atlet yang tiap hari berpanasan di luar rumah, sehingga kulit bisa selalu dalam kondisi fresh, putih dan muda.

Manfaat Beras Kencur untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melembabkan kulit
7. Mengangkat komedo
8. Mencegah jerawat
9. Menyembuhkan jerawat
10. Mencerahkan kulit
11. Mencegah minyak berlebih
12. Membuat wajah jadi fresh
13. Memperbaiki kualitas kulit
14. Meremajakan kulit
15. Mencegah penuaan dini
16. Mengatasi kerutan
17. Menghilangkan selulit
18. Membuang noda hitam bekas jerawat
19. Menyamarkan bekas luka
20. Mencegah pertumbuhan bulu di tubuh

Cara Memanfaatkan Beras Kencur untuk Kecantikan :

Sedangkan untuk kecantikan, manfaat beras kencur bisa diperoleh dengan mengolahnya jadi masker wajah atau lulur badan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, maka sebaiknya membuat sendiri dari bahan alami.
Namun kalau mau cepat dan siap pakai, tentu lebih baik langsung beli produk masker dan lulur beras kencur. Banyak brand-brand skincare yang mengeluarkan produk dengan varian beras dan kencur ini.

Efek Samping Beras Kencur :

Efek Samping Beras Kencur , Dampak Negatif Mengonsumsi Beras Kencur Berlebihan

Dampak yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan, itulah pengertian dari efek samping ini. Meskipun menyehatkan dan terbuat dari bahan alami, namun beberapa orang mungkin saja bisa mengalami reaksi-reaksi seperti ini:

1. Mual
2. Muntah
3. Badan Terasa Panas
4. Pusing
5. Diare

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kunyit Asam untuk Kecantikan, Kesehatan Serta Efek Samping

Ternyata memang banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari beras kencur ini. Jangan ragu buat mengonsumsinya dan menjadikannya salah satu skincare alami yang ampuh buat mewujudkan kulit sehat dan cantik. Ramuan ini bisa dibuat sendiri di rumah, maupun dibeli di apotek dan toko kosmetik. Minum dan pakailah secara rutin buat mendapatkan hasil yang maksimal.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top