Connect with us

30 Manfaat dan Khasiat Es Batu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minuman

30 Manfaat dan Khasiat Es Batu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Es batu atau air batu adalah air yang dibekukan atau membeku. Es batu sering kali digunakan sebagai alat pendingin karena sifatnya memang dinging. Penggunaan es batu pada umumnya dimanfaatkan dalam kulkas, manfaatnya pun tidak hanya dirasakan dalam kehidupan sehari-hari tapi manfaat es batu untuk kesehatan dan kecantikan ternyata ada, beberapa manfaatnya bahkan sangat berguna. Meski begitu, penggunaan es batu secara berlebihan sangat tidak disarankan karena diketahui dalam sebuah studi kandungan dalam es batu adalah bakteri.

Es batu, Air Batu, Ais Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu

Meski begitu, jika penggunaannya benar-benar tepat maka tak perlu yang ada dikhawatirkan secara berlebihan. Selain itu, es batu juga berfungsi sebagai alat pengawet makanan dan mendingin minuman. Pembuatannya pun cukup mudah, bahan utamanya adalah air yang ditempatkan pada suatu tempat dengan suhu di bawah 0 derajat celsius. Dalam hal ini, tempat yang dimaksud bisa berarti kulkas.

Kandungan Dalam Es Batu :

Secara umum, kandungan dalam es batu hanyalah air. Tapi tergantung dari air apa yang dibekukan. Air mineral bersih pada dasarnya mengandung zat mineral seperti zat besi dan lainnya sehingga bermanfaat juga untuk mengatasi penghambatan sel darah merah. Karena mengandung air, es batu juga bisa membantu dalam mengatasi dehidrasi pada seseorang.

Manfaat Es Batu Untuk Kesehatan :

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Untuk membantu dalam sitem pencernaan tidak dengan cara es batu dimakan atau sejenisnya, melainkan cukup dieksekusi di luar tubuh. Penggunaan yang baik adalah dengan meletakkan es batu pada bagian perut. Manfaatnya bisa membantu dalam mengatasi masalah pencernaan dan menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh Anda. Metode ini sering disebut sebagai terapi es batu pada perut.

Loading...

2. Mengatasi Kram Karena Menstruasi

Sebagai seorang wanita, sering kali mereka mengeluh dengan sakit pada tubuh mereka berupa kram pada perut. Untuk mengatasi sakit dengan es batu, tidak perlu dimakan atau diminum melainkan cukup letakkan es batu kepada daerah perut yang terasa kram. Selain sisi perut, Anda juga bisa memaksimalkan dengan menaruh pada bagian punggung Anda. Cara ini dipercaya banyak orang mampu mengatasi sakit kram akibat menstruasi.

3. Mengatasi Imsomnia

Penyakit ini juga disebut sebagai susah tidur. Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor dalam dan luar. Faktor luar bisa saja terjadi ketikan Anda sering begadang sehingga mengalami imsomnia sedangkan dari dalam tubuh, gangguan syaraf dan kejiwaan bisa menyebabkan imsomnia bersifat kronis. Es batu dipercaya mampu mengatasi imsomnia karena membantu dalam menurunkan stres dan faktor lainnya. Pengguna biasanya meletekkan es pada bagian belakang kepala, leher, pundak, atau di muka.

4. Atasi nyeri pada tubuh

Rasa nyeri terjadi karena terjadi masalah dengan otot Anda. Biasanya diakibatkan oleh otot tegang, kram, peradangan, dan sejenisnya. Es batu memiliki sifat dingin yang sangat berguna dalam mengatasi nyeri. Untuk memaksimalkan, lebih baik hentikan rutinitas harian Anda yang memakan banyak tenaga dari otot-otot Anda. Jika terlalu berlebihan dalam beraktivitas, bisa menyebabkan nyeri otot dan pegal-pegal di seluruh badan.

5. Membantu kurangi suhu demam

Saat seseorang sedang demam, suhu tubuh akan meningkat sehingga menghasilkan panas tubuh bahkan bisa mencapai angka 50 derajat celsius. Untuk mengatasinya, kompres kepala orang yang sedang demam menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin. Tapi cara ini tidak terlalu efektif jika dibandingkan dengan kantong plastik yang diisikan beberapa butir es batu kemudian diletakkan pada bagian kepala korban.

Manfaat Es Batu Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menjaga kesehatan jantung

7. Membantu dalam membuat suana hati tetap tenang

8. Baik untuk pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut

9. Menjaga kesehatan mata

10. Menjaga kstabilan dalam darah tubuh

Cara Penggunaan Es Batu Untuk Kesehatan :

Pada umumnya es tidak dimakan langsung, es ini hanya berfungsi untuk mendinginkan minuman atau semacamnya. Sedangkan untuk penggunaan dalam kesehatan, bisa diterapkan dengan cara pengobatan dari luar tubuh seperti menempelkan pada bagian tubuh yang bermasalah. Penggunaan seperti ini tidak ada batasan bahkan lebih sering lebih baik karena es batu membantu kesehatan dari luar. Tapi ingat jangan gunakan es batu jika memang hal itu tak perlu dilakukan.

Manfaat Es Batu Untuk Kecantikan :

1. Atasi Mata Merah

Mata merah biasanya disebabkan karena beberapa faktor seperti debu yang masuk ke dalam mata atau bisa juga terjadi karena mata terlalu lelah. Jika Anda bekerja selalu menghadap ke layar monitor, sebaiknya beberapa kali dalam beberapa menit Anda menutup mata untuk membuat mata tak cepat rusak. Untuk memberikan hasil yang benar-benar segar, cobalah untuk menggunakan es yang ditempelkan pada mata dan rasakan kesegarannya.

2. Atasi Bibir Kering

Bibir kering bisa sangat mengganggu penampilan seseorang karena terlihat aneh ketika orang menatap Anda dengan bibir ang kulitnya sedikit terkelupas akibat kekeringan. Karena kandungan utama dari es adalah air, bibir kering bisa diatasi dengan cara rutin menempelkan es pada bibir Anda. Anda juga bisa rutin mengkonsumsi es batu dengan minuman segar agar kandungan air dalam tubuh tetap terjaga, pastikan juga untuk menjaga asupan vitamin C.

3. Mengatais Kulit Berminyak Pada Wajah

Minyak pada dasarnya mengendap ke pori-pori wajah. Kandungan minyak ini akan mengganggu rutinitas harian Anda dan penampilan Anda. Karena mengandung air, es dapat membantu dalam mengangat minyak pada wajah. Namun penggunaan es ini sebaiknya dilakukan dengan cara bersih karena bakteri bisa sangat mudah menempel pada es. Jika hal itu terjadi, bisa menyebabkan masalah pada kulit.

4. Mengatasi Bekas jerawat

Bekas saat jerawat sudah sembuh pasti terjadi, meski bekas tersebut tidak terlalu jelas. Tapi tetap saja bisa mengganggu penampilan ketika seseorang menatap muka Anda dari jarak yang dekat. Es batu bisa membantu dalam mengatasi bekas jerawat, bahkan bekas jerawat yang sudah sangat lama dan susah untuk dihilangkan.

5. Mengecilkan Pori-Pori

Pori yang besar bisa membuat kulit pada tubuh menjadi sangat tidak tampak halus. Es memiliki sifat dingin sehingga sangat membantu dalam mengatasi pori besar pada kulit. Pori kecil akan membantu dalam menghaluskan kulit karena pori akan memadat. Penggunaannya bisa dengan cara dioleskan pada kulit.

Manfaat Es Batu Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi jerawat

7. Mengatasi kulit merah/ruam

8. Menyegarkan kulit kepala

9. Mencegah penuaan dini

10. Mencerahkan kulit tubuh

11. Mengangkat sel kulit mati

Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Kecantikan :

Tidak untuk dimakan, melainkan diaplikasikan langsung ke tubuh dengan cara dioleskan pada bagian kulit yang bermasalah seperti masalah panu, jerawat, bekas jerawat, kutil, ruam, dan lainnya.

Efek Samping Es Batu :

Beberapa efek samping dari es batu bisa terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan seperti:

1. Sumber bakteri

2. Sumber kapang

3. Tidak baik untuk tulang

4. Tidak baik untuk sistem metabolisme tubuh

5. Gigi terasa linu

6. Membuat perut buncit

7. Membuat pusing kepala

8. Merusak kekuatan gigi, atau cepat keropos

Baca Juga:  Manfaat dan Khasiat Air Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping 

Itu dia manfaat es batu untuk kesehatan dan kecantikan yang belum banyak orang ketahui. Akan tetapi yang perlu anda pahami yaitu jangan mengonsumsi terlalu banyak karena menyebabkan kerusakan pada gigi.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top