Connect with us
Green Coffee, Kopi Hijau, Manfaat Green Coffee, Khasiat Green Coffee

Minuman

100 Manfaat dan Khasiat Green Coffee Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Green coffee atau kopi hijau adalah kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang belum dipanggang. Sudah ditanam sejak 1100 SM di Kawasan Arab di Laut Merah dimana pada saat itu belum ada teknik pemanggangan kopi. Sehingga masyarakat umumnya meminum biji kopi yang masih berwarna hijau dengan hanya direbus sebagaimana cara menikmati secangkir teh. Kopi hijau atau disebut juga sebagai green coffee ini merupakan kopi tradisional Arab ini merupakan biji kopi yang berasal dari buah coffee.

Green Coffee, Kopi Hijau, Manfaat Green Coffee, Khasiat Green Coffee

Para pecinta kopi umumnya mampu memberikan kesan berbeda dari kopi hijau ini. Masyarakat Indonesia umumnya lebih familier dengan kopi Arabica yang mana kopi hijau merupakan salah satu dari jenis kopi tersebut. Selain nikmat, kopi ini juga tergolong murah, berkisar dari Rp. 60.000 hingga ratusan ribu. Kopi hijau tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan, namun juga untuk kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Green Coffee :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Green Coffee

Kopi hijau memiliki kadar asam klorogenat lebih tinggi disbanding kopi biasa karena pengolahannya yang tidak melalui proses pemanggangan. Selain itu, kopi hijau juga memiliki kandungan lain seperti kafein, antioksidan, asam klorogenat, asam kafeat, asam arachidonic, asam oleat, asam linoleat, mineral dan vitamin dengan 11% fiblovavin, 6% asam pantotenat, 3% mangan dan kalium serta 12% magnesium dan niacin.

Manfaat Green Coffee Untuk Kesehatan :

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Berdasarkan Hypertention Research, kandungan asam klorogenat di dalam kopi hijau terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan memberikan khasiat yang baik bagi tubuh. Penelitian ini dilakukan pada 117 pria yang dibagi menjadi dua. Masing-masing kelompok diberikan dua jenis kopi yang berbeda dimana salah satunya adalah kopi hijau. Koresponden yang meminum kopi hijau selama 28 hari terbukti lebih sehat.

2. Membantu menyembuhkan penyakit Alzheimer

Penelitian dari Nutritional Neuroscience pada 2012 menunjukkan bahwa ekstrak dari kopi hijau mampu membantu tubuh mencegah resistensi insulin. Namun disarankan bagi pengkonsumsi kopi hijau untuk pengobatan Alzheimer ini untuk tidak mengkonsumsi berlebihan karena justru akan meningkatkan kadar homosistein yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

3. Sebagai detoksifikasi alami

Selain dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer, ekstrak kopi hijau juga berfungsi sebagai pembentuk pendetoks alami bagi tubuh. Pendetoks ini bekerja untuk membersihkan racun yang terdapat dalam hati. Pendetoks juga mampu menghilangkan kolesterol jahat dan lemak yang tidak perlu di dalam tubuh.

4. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Kadar klorogenat dalam kopi hijau dimanfaatkan tubuh sebagai bahan dasar pembentuk antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal jahat dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Mengingat metabolisme merupakan suatu proses yang krusial dalam tubuh, tentu mengonsumsi green coffee ini bisa membantu kinerja tubuh menjadi lebih baik daripada biasanya.

5. Membantu mencegah kanker

Adanya Kandungan asam klorogenat dan antioksidan pada kopi hijau yang tinggi ini membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab kanker. Penelitian di Jepang, konsumsi kopi hijau dua kali sehari dapat menurunkan resiko kanker usus besar hingga 25%.

Manfaat Green Coffee Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu Mengatasi Diabetes
7. Meningkatkan kewapadaan
8. Memperkuat ketahanan tubuh
9. Memperbaiki kualitas kinerja kognitif
10. Membantu mengobati dimensia
11. Mencegah penyakit Parkinson
12. Menghilangkan stress dan depresi
13. Menyehatkan organ seksual
14. Memberikan efek tenang dan terjaga
15. Mengurangi sesak nafas
16. Mencegah kerusakan sel
17. Membantu menyembuhkan luka
18. Menyembuhkan infeksi mata
19. Menjaga kesehatan tulang
20. Membantu aktivasi enzim
21. Membantu fungsi kelenjar tiroid
22. Membantu mengurangi resiko epilepsy
23. Menyerap vitamin dengan cepat
24. Mencegah kram

Cara Memanfaatkan Daun Kersen Untuk Kesehatan :

Pemanfaatkan kopi hijau untuk kesehatan umumnya sama dengan meminum kopi biasa. Kopi hijau yang sudah ditumbuk halus diseduh menggunakan air panas. Disarankan untuk para peminum kopi hijau sebagai terapi kesehatan untuk tidak menambahkan gula, susu atau pun creamer berlebihan. Untuk pengkonsumsi biasa, tambahan gula, susu atau creamer tidak masalah sebagai penambah selera.

Manfaat Green Coffee Untuk Kecantikan :

1. Membantu melembabkan kulit

Kandungan dari tiga komponen utama yang dibutuhkan kulit terdapat dalam kopi hijau, diantaranya asam arachidonic, asam oleat, asam linoleat ini mengandung asam lemak dan asam ester yang berperan untuk menjaga kulit tetap kencang dan tidak kering sehingga anda bisa terlihat lebih awet muda.

2. Membantu mengurangi lemak pada tubuh

Kadar vitamin dan mineral dalam kopi hijau selain untuk meningkatkan metabolism juga membantu membakar lemak dalam tubuh yang mana lebih efektif disbanding dengan kopi jenis lain. Kopi Namun minum kopi hijau saja tidak cukup, dimana untuk proses diet juga harus diimbangi olahraga dan makan yang teratur.

3. Sebagai masker wajah

Residu yang dihasilkan kopi tidak selamanya menjadi sampah. Sisa kopi dapat dijadikan masker. Meskipun terdapat sensasi menusuk ketika mengoleskannya ke wajah, hasil dari pemakaian ini terbukti membantu mengencangkan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati.

4. Membantu program diet

Green coffee ternyata tidak hanya memberikan manfaat atau khasiat sebagai masker saja, namun bisa juga digunakan untuk progrm diet. Mengonsumsi jenis kopi ini dengan teratur dan tanpa berlebihan akan membantu menurunkan berat badan anda menuju berat yang ideal.

5. Sebagai perawatan pedicure dan manicure

Bubuk kopi hijau yang mengandung aroma terapi membantu membersihkan siku yang hitam dan tumit kaki yang retak-retak serta pewatan kuku agar terlihat mengkilap. Jadi, anda tidak perlu repot-repot mengunjungi salon kecantikan untuk merawat kuku. Hanya dengan mengonsumsi green coffee saja, anda sudah bisa melakukan perawatan sendiri yang alami.

Manfaat Green Coffee Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menyembuhkan gigi berlubang
7. Membersihkan plak hitam dan infeksi gusi
8. Mengencangkan kulit wajah
9. Mengencangkan kulit tubuh
10. Meningkatkan pertumbuhan rambut
11. Menghilangkan bekas jerawat
12. Menghilangkan komedo yang membandel
13. Menghaluskan kulit
14. Melembabkan kulit
15. Menjaga kulit agar tidak kering
16. Menjaga kulit agar tidak pecah-pecah

Cara Memanfaatkan Green Coffee Untuk Kecantikan :

Sama hal nya dengan pemanfaatan untuk kesehatan, penyeduhan kopi hijau untuk kecantikan sebaiknya tidak perlu gula secara berlebihan, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Namun sebagai penambah rasa, jeruk nipis madu dapat menjadi tambahan yang tepat dan berkhasiat.

Untuk diet, pemakaian kopi hijau adalah satu sendok teh dengan air panas satu gelas penuh atau apabila dikalkulasikan perbandingannya 1:3. Residu dari kopi hijau dapat dijadikan masker untuk memabantu megencangkn kulit.

Efek Samping Green Coffee :

Efek Samping Green Coffee

Konsumsi kopi hijau dalam takaran wajar yaitu maksimal 480 mg per hari tentu tidak menimbulkan masalah, namun berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan kafein di dalam kopi hijau dapat menyebabkan sakit perut, mual, muntah, insomnia, gugup, gelisah bahkan mempercepat detak jantung karena tubuh menerima terlalu banyak kafein.

Baca Juga: Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Efek lain dari konsumsi berlebihan kopi hijau yaitu dapat menyebabkan osteoporosis, homosistein tinggi, sindrom iritasi usus, glukoma dan gangguan peredaran darah. Meskipun memiliki beberapa manfaat, para dokter menyarankan para pecinta kopi untuk tidak sering mengkonsumsi kopi hijau. Jadi, selalu ingat bahwa dibalik adanya manfaat, selalu ada efek samping atau negatif jika dikonsumsi dengan tidak baik. Update terus informasi tentang manfaat minuman lainnya agar banyak ilmu yang kamu dapatkan.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top