Connect with us
Jus Alpukat, Manfaat Jus Alpukat, Khasiat Jus Alpukat

Minuman

55 Manfaat dan Khasiat Jus Alpukat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jus alpukat merupakan minuman terkenal karena sifat-sifatnya yang mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh yang berbahan utama buah alpukat. Salah satu cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan menjadikannya sebagai jus. Selain lebih lezat dalam dikonsumsi, manfaat jus alpukat begitu besar baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Jenis jus ini dapat menyediakan kadar asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

Jus Alpukat, Manfaat Jus Alpukat, Khasiat Jus Alpukat

Banyak orang cenderung berhenti makan alpukat karena kandungan kalori yang tinggi, berpikir bahwa itu dapat menambah berat badan. Namun, kandungan kalorinya lebih sedikit bila dibandingkan dengan mentega dan jenis makanan berkalori tinggi lainnya. Khasiat jus alpukat tak lepas dari kandungan gizi dan nutrisi. Walaupun begitu, kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping atau dampak buruk.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Jus Alpukat :

Jus apokat adalah minuman yang padat nutrisi alami dan mengandung hampir 20 vitamin dan mineral. Nutrisi dan vitaminnya inilah yang memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan bagi anda, jadi cukup penting untuk mengetahuinya. Inilah nilai kandungan gizi dan nutrisi dalam 150 g jus alpukat:

  • Air : 73,23 g
  • Energi : 160 kkal
  • Protein : 2 g
  • Lemak total : 14,66 g
  • Karbohidrat : 8,53 g
  • Serat total : 6,7 g
  • Gula total : 0,66 g
  • Kalsium : 12 mg
  • Magnesium : 29 mg
  • Besi : 0,55 mg
  • Phosphorus : 52 mg
  • Pottasium : 485 mg
  • Sodium : 7 mg
  • Zinc : 0,64
  • Vitamin C : 10 mg
  • Thiamin : 0,067 mg
  • Riboflavin : 0,13 mg
  • Niacin : 1,736 mg
  • Vitamin A : 7 µg
  • Vitamin A, IU : 146 µg
  • Vitamin B6 : 0,257 mg
  • Folate : 81 µg
  • Vitamin E 2,07 mg
  • Vitamin K : 21 µg
  • Asam lemak, total saturated : 2,126 g
  • Asam lemak, total polyunsaturated : 1,816 g
  • Asam lemak, total monounsaturated : 9,799 g

Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan :

Dari rangkuman tentang kandungan nutrisi dan gizi avokado, dimana terdapat vitamin C, E, K, dan B6. Selain itu juga ada riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Bahkan buah alpukat mengandung lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3. Sehingga, khasiat jus alpukat sudah jelas bisa dirasakan untuk kesehatan dan kecantikan. Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, tapi itu lemak sehat.

1. Perawatan Hati

Alpukat sangat bagus untuk mengurangi kerusakan hati. Kerusakan hati biasanya disebabkan karena Hepatitis C. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pir buaya ini dapat menguatkan dan melindungi hati anda dari berbagai kondisi. Jika ingin organ hati anda sehat selalu, maka ambillah manfaat jus alpukat.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Jus avokad dapat membantu menjaga kesehatan mata. Sebab, mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin, yang membantu melindungi mata terhadap katarak, penyakit mata yang berkaitan dengan usia, dan degenerasi makula. Kondisi ini sering disebabkan oleh radikal bebas yang menumpuk di jaringan mata. Aktivitas antioksidan dari karotenoid khusus ini dalam alpukat menetralkan efek dari radikal bebas berbahaya tersebut.

3. Mempromosikan Jantung yang Sehat

Khasiat jus alpukat selanjutnya adalah menjaga jantung agar tetap sehat. Beta sitosterol, yang ditemukan dalam alpukat, membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat. Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan apokat dapat meningkatkan sifat antiatherogenic kolesterol HDL. Itu berarti membantu dalam melindungi jantung dari aterosklerosis, juga dikenal sebagai penyakit pembuluh darah arteriosklerotik.

4. Pencegahan Osteoporosis

Vitamin K juga salah satu nutrisi yang berperan dalam manfaat jus alpukat sangat penting untuk kesehatan tulang. Setengah buah avokado menyediakan sekitar 25 persen dari asupan vitamin K yang direkomendasikan setiap hari. Nutrisi ini sering diabaikan, tetapi sangat penting untuk kesehatan tulang. Jadi, mulailah untuk mengambil manfaat jus alpukat.

5. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Kanker

Asupan folat yang cukup dari jus alpukat telah menunjukkan harapan dalam melindungi terhadap kanker usus besar, perut, pankreas, dan serviks. Para peneliti percaya bahwa folat melindungi terhadap mutasi yang tidak diinginkan dalam DNA dan RNA selama pembelahan sel. Avokad dapat berperan dalam pengobatan kanker.

Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

7. Sebagai nutrisi yang tepat selama masa kehamilan

8. Meredakan morning sickness

9. Bagus untuk kesehatan bayi

10. Menurunkan resiko depresi

11. Memaksimalkan fungsi organ pencernaan

12. Sebagai bahan alami untuk detoksifikasi

13. Sebagai antimikroba

14. Melindungi dari penyakit kronis

15. Menyehatkan ginjal

16. Dapat mengatasi kekurangan vitamin K

17. Membantu mengobati arthritis

18. Sebagai antioksidan untuk tubuh

19. Membantu program diet atau penurunan berat badan

20. Mengurangi resiko stroke

21. Menurunkan tekanan darah tinggi

22. Baik untuk kesehatan gigi

23. Anti peradangan

24. Dapat membantu pengobatan diabetes

25. Mengobati sariawan

Cara Memanfaatkan Jus Alpukat untuk Kesehatan :

Untuk menggunakan jus avokad sebagai pencegahan dan pengobatan anda bisa memilih buah apokat segar. Cuci dan keruk daging buahnya, lalu masukkan ke dalam blender dan tambahkan madu murni sebagai pengganti gula. Tambahkan air putih secukupnya dan blender. Setelah itu minum secara rutin jika untuk menyembuhkan penyakit. Kalau untuk pencegahan, minum jus apokat 3 kali dalam seminggu untuk memperoleh manfaat alpukat.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jus Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Jus Alpukat untuk Kecantikan :

Buah yang mempunyai nama lain pir buaya ini mempunyai efek terhadap kecantikan pula. Ada banyak khasiat jus alpukat yang dapat anda rasakan. Tidak hanya untuk wajah, kulit melainkan juga untuk rambut. Jika ingin tahu lebih lengkap, simak ulasan berikut ini!

1. Anti Penuaan

Mengkonsumsi jus alpukat juga dikaitkan dengan anti penuaan dini. Sebab, bahan alami ini mengandung senyawa seperti xanthophyll, yang memiliki sifat antioksidan. Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan xanthophyll menjadikan manfaat jus alpukat dapat mengurangi tanda-tanda penuaan di berbagai bagian tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Jus avokad mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu menjaga kesehatan kulit. Karotenoid yang ditemukan dalam apokat dikaitkan dengan mengurangi peradangan kulit yang disebabkan oleh sinar UV akibat paparan matahari. Minyak yang terbuat dari buah ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Tingginya kadar betakaroten didalamnya juga dapat secara enzimatik dipecah menjadi provitamin A, yang bisa melindungi kulit dari berbagai kondisi dan efek merusak dari matahari.

3. Meredakan Psoriasis

Mengkonsumsi jus apokat bisa meredakan gatal yang disebabkan oleh psoriasis. Sifat anti-inflamasinya dengan cepat menyembuhkan kulit dengan menghilangkan bekasnya secara perlahan. Dengan demikian, mengurangi ketidaknyamanan atas gejala dengan penyakit ini.

4. Mengobati Jerawat

Selain itu, khasiat jus alpukat dirasakan untuk mmembuat wajah terhindar dari jerawat. Sifat anti-inflamasi yang dikandungnya mampu mengurangi peradangan kelenjar sebaceous penyebab utama jerawat.

5. Mencegah Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut biasanya merupakan akibat dari kekurangan vitamin. Avokado kaya vitamin E dan B, dan itulah yang membuatnya menjadi obat rumah yang sempurna untuk mencegah kerontokan rambut. Manfaat alpukat mampu memperbaiki kulit kepala yang teriritasi dan memperkuat helai rambut.

Manfaat Jus Alpukat untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencerahkan kulit

7. Menjaga kelembaban kulit

8. Membersihkan kulit

9. Sebagai kondisioner yang baik

10. Anti ketombe

11. Membuat rambut berkilau

12. Meningkatkan pertumbuhan rambut

13. Menyehatkan kuku

14. Mengurangi bau mulut

15. Sebagai lotion tubuh yang baik

16. Menyegarkan kulit wajah

Cara Memanfaatkan Jus Alpukat untuk Kecantikan :

Jika ingin mendapatkan khasiat jus alpukat untuk kecantikan anda, maka buatlah jus alpukat dan minum 3 kali dalam seminggu. Selain diminum, anda bisa menerapkan jus alpukat yang dicampur dengan madu atau minyak zaitun, tanpa air ke wajah atau area kulit yang ingin diperbaiki kesehatannya. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkian manfaat jus alpukat.

Efek Samping Jus Alpukat :

Memang apokat dikenal sebagai buah-buahan alami sebagai penjaga kesehatan tubuh. Buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan tetapi dapat berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Nah, dibawah ini efek samping jus alpukat yang dikonsumsi secara berlebihan :

  • Menyebabkan kerusakan pada kelenjar air susu
  • Mengakibatkan alergi
  • Menimbulkan reaksi mual dan muntah
  • Mengganggu saluran pencernaan
  • Demam
  • Migrain
  • Menyebabkan asma
  • Menyebabkan kerusakan hati
  • Membuat tingkat kolesterol tubuh terlalu rendah
  • Dapat mengakibatkan obesitas
  • Membuat alergi di mulut
  • Iritasi pada gastrointestinal

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jus Mangga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat dan khasiat jus alpukat untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak, namun jangan berlebihan meminum karena ada efek sampingnya. Setelah mengetahuinya kegunakan jus buah ini dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya, maka konsultasikan kepada dokter jika ingin meminum bersamaan dengan obat.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top