Connect with us
Jus Jambu Merah

Minuman

45 Manfaat dan Khasiat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jus Jambu Merah (Psidium guajava), Jambu Abang, Jambu Bangkok, Jambu Batu, Jambu Biji Merah, Jambu Klutuk Abang, Jambu Batu, Jambu Siki, atau Red Guava merupakan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Biasanya dijadikan bahan campuran membuat jus, ice cream maupun dimakan langsung sebagai buah potong. Manfaat jus jambu merah untuk kesehatan dan kecantikan amat baik untuk menyuplai vitamin C ke tubuh, sebab jambu ini punya kandungan vitamin C tertinggi di antara buah-buahan lainnya.

Jus Jambu Merah, Manfaat Jus Jambu Merah, Khasiat Jus Jambu Merah

Ukuran jambu ini memang cukup besar dengan kulit warna hijau muda hingga kekuningan. Kulitnya tidak begitu rata, jadi agak melekuk-lekuk. Semakin matang buahnya, maka warnanya menjadi semakin kuning. Namun rasa terbaik untuk memakan buah ini adalah saat belum terlalu matang, sehingga teksturnya tidak begitu lembek. Namun ketika dibuat jus, alangkah baiknya yang sudah masak.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jus Jambu Merah :

Untuk membuat jus jambu merah dengan ukuran gelas agak besar, kurang lebih membutuhkan jambu merah seberat 200 gram. Di dalam 200 gram jambu merah, terdapat kandungan vitamin dan mineral seperti yang disebutkan di bawah ini:

• Kalori: 120 kkal
• Protein: 5 gram
• Karbohidrat: 20 gram
• Gula: 20 gram
• Kalsium: 35 mg
• Zat Besi: 0,5 mg
• Magnesium: 40 mg
• Fosfor: 80 mg
• Potassium: 500 mg
• Sodium: 4 mg
• Zink: 0,4 mg
• Copper: 0,4 mg
• Mangan: 0,3 mg
• Selenium: 1 mg
• Vitamin C: 500 mg

Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Ketahanan Fisik dalam Melawan Penyakit

Jambu merah merupakan salah satu buah yang mengandung berbagai nutrisi, salah satunya adalah kandungan vitamin C. Vitamin C dapat menjaga sistem imun tubuh kita tetap kuat. Sehingga jika kita mengonsumsi jus jambu merah maka secara otomatis sistem ketahanan fisik kita meningkat dan kita bisa terbebas dari berbagai penyakit.

2. Mencegah Kanker

Jus jambu merah memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Mengapa bisa jambu merah bisa mencegah timbulnya kanker? Jambu merah mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan yang terkandung adalah flavonoid dan fitonutrien. Antioksidan itu bisa mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh yang menimbulkan kanker.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Vitamin C di dalam buah jambu biji dapat melancarkan sistem pencerjaan. Serta kandungan serat dalam jambu biji juga dapat malancarkan sistem pencernaan kita. Cara pengolahannya mudah yaitu cukup di buat jus saja.

4. Membuat Pikiran Fresh

Mengapa minum jus jambu merah misa membuat pikiran fresh? Alasannya adalah karena minum jus jambu membuat sensasi segar di tubuh kita. Sehingga saat kita minum jus jambu pikiran kita menjadi fresh dan segar. Jambu ini memang baik untuk kesehatan sehingga jika di minum dalam jangka panjang akan berefek baik untuk tubuh.

5. Mengatasi Anemia

Jambu merah memiliki memiliki kandungan yang sangat banyak seperti vitamin A, vitamkn B1, vitamin C, dan zat besi yang dapat membantu menambah sel darah merah. Sehingga bagi yang menderita anemia sangat di sarankan untuk minum jus jambu merah secara rutin.

Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membuat tidur nyenyak
7. Mengobati gangguan ginjal
8. Mengatasi nyeri perut
9. Mencegah gangguan lambung
10. Menghilangkan gas asam lambung
11. Meningkatan kecerdasan
12. Membuat badan kuat
13. Mengatasi nyeri tulang
14. Mengobati hipotensi
15. Mengatasi kekurangan zat besi
16. Membuat mata jernih
17. Mencegah mata rabun
18. Menyembuhkan sembelit
19. Membantu kerja jantung
20. Menyehatkan organ liver

Cara Memanfaatkan Jus Jambu Merah untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan jus jambu merah pun sangat mudah. Oleh karena ini akan diambil manfaat untuk kesehatannya, maka jus ini harus diminum secara rutin dua kali sehari. Selain itu, perhatikan baik-baik dalam memilih kualitas buah. Pilihlah hanya buah yang bagus, tidak busuk dan jangan terlalu matang supaya rasanya enak.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jus Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kecantikan :

1. Membuat Awet Muda

Menjadi awet muda adalah keinginan semua orang. Kita menjadi lebih fresh jika kita terlihat awet muda. Bagaimana cara membuat kita awet muda? Caranya mudah yaitu dengan minum jus jambu merah secara rutin. Jus ini akan memperbaiki kulit dari dalam.

2. Mengatasi Jerawat di Pipi

Jerawat memang masalah kulit yang sangat urgent, karena selain memang tidak sehat, jerawat membuat penampilan kita tidak sempurna, apalagi jika jerawat itu tumbuh di pipi. Bagaimana mengatasi masalah jerawat? Caranya mudah yaitu dengan menggunakan masker jus jambu merah atau minum jus itu secara langsung. Jika hal itu rutin di lakukan maka kita akan jauh dari masalah jerawat.

3. Memudarkan Flek Hitam

Jambu merah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini perlahan akan mencerahkan wajah kita. Sehingga lama kelamaan flek hitam di wajah akan memudar. Dengan ini bagi yang memiliki flek hitam bisa untuk mengonsumsi jus jambu merah secara rutin. Selain itu untuk pemakaian luar dapat gunakan masker jambu biji.

4. Memutihkan Kulit Wajah

Banyak orang yang menganggap bahwa putih adalah parameter kecantikan seseorang, maka dari itu banyak orang yang berbondong-bondong untuk membuat kulit menjadi putih. Bagaimana jambu merah dapat memutihkan kulit wajah? Caranya adalah dengan minum jus jambu merah secara rutin.

5. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering adalah masalah kulit yang selain muncul selain jerawat. Kulit kering ini bisa terjadi karena udara atau karena kita salah menggunakan produk kecantikan. Bagaimana cara mengatasi kulit kering? Caranya adalah dengan mengonsumsi jus jambu merah secara rutin. Selain itu juga gunakan maskernya.

Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegahkan wajah
7. Menghilangkan bau mulut
8. Melembabkan bibir
9. Memerahkan bibir
10. Mengatasi bibir pecah-pecah
11. Memudarkan kerutan di wajah
12. Mencegah munculnya urat di wajah
13. Menghambat pertumbuhan bulu di tubuh
14. Mencegah bau ketiak
15. Membantu mengangkat daki
16. Menghaluskan kulit
17. Membuat kulit jadi elastis
18. Memutihkan gigi
19. Menurunkan berat badan
20. Menunjang diet ketat

Cara Memanfaatkan Jus Jambu Merah untuk Kecantikan :

Memanfaatkan jus jambu merah untuk kecantikan amatlah mudah. Oleh karena ini merupakan minuman jus, maka alangkah baiknya bila langsung diminum saja. Hindari penggunaan gula berlebih saat membuat jus jambu ini. Selain itu, sebaiknya juga tidak dicampur dengan banyak air saat memblender.

Namun ada cara yang lebih praktis juga untuk menikmati khasiat jus jambu merah untuk kecantikan, yaitu dengan menjadikannya masker wajah. Cara membuatnya jambunya tinggal diblender tanpa tambahan gula maupun air. Tidak perlu sampai lembut sekali, asal hancur saja. Kemudian taroh di kulkas 30 menit hingga dingin. Jika sudah, tinggal dioleskan ke wajah sebagaimana memakai masker buah pada umumnnya.

Efek Samping Jus Jambu Merah :

Di bawah ini adalah efek sampingnya bila meminum jus jambu merah terlalu banyak atau terlalu sering. Selain itu kualitas jambu merah yang buruk juga memperburuk situasi. Misalnya jambu yang sudah busuk atau setengah busuk hingga ada belatungnya, ini tentu saja bahaya buat kesehatan dan bisa menimbulkan hal-hal di bawah ini:

1. Diare
2. Sakit Perut
3. Mual
4. Muntah
5. Disentri

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jus Mangga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Oleh karena banyaknya efek samping seperti di atas, maka harus berhati-hatilah dalam memilih kualitas jambu merah yang akan dibuat jusnya. Namun jangan takut buat mengonsumsi jambu ini sebagai minuman menyehatkan sehari-hari karena manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan sungguh terbukti nyata.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top