Connect with us

25 Manfaat dan Khasiat Jus Mangga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minuman

25 Manfaat dan Khasiat Jus Mangga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jus mangga merupakan olahan minuman atau jus yang berasal dari buah mangga. Buah mangga merupakan salah satu dari sekian banyak jenis buah-buahan yang memiliki ratusan penggemar. Daging buahnya yang terasa manis, menyegarkan dan bertekstur lembut menjadikan buah mangga ini selalu diminati banyak kalangan. Jus mangga biasanya menjadi minuman favorit disaat dahaga.

Jus Mangga, Jus Buah Mangga

Dibalik manisnya rasa buah mangga ini, ternyata jus buah ini memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal tersebut karena kandungan gizi yang cukup tinggi di dalam buah mangga.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Mangga :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Mangga

Buah mangga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak seperti vitamin, protein, mineral dan lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan tubuh. Tentu saja manfaat dan khasiat ini akan dirasakan oleh tubuh jika kita mengkonsumsi mangga secara teratur. Berikut beberapa kandungan dari buah mangga.

Loading...
  • Protein
  • Air
  • Lemak
  • Gula
  • Kapur
  • Serat
  • Mineral
  • Fosfor
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Asam nicotinat
  • Besi
  • Kalori

Manfaat Jus Mangga untuk Kesehatan :

Mangga bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun matang. Bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat berbagai menu olahan salah satunya menu minuman menyegarkan yakni jus mangga. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi jus mangga:

1. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Mengkonsumsi mangga dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Jus mangga yang diminum secara teratur dapat menjadikan kita terhindar dari gangguan pencernaan seperti sakit perut dan sembelit. Mengkonsumsi jus mangga bisa dicampur dengan jus nanas atau jus jeruk bali. Peringatan bagi anda yang mengalami masalah radang usus besar sebaiknya tidak mengkonsumsi mangga agar kondisi anda tidak semakin memburuk.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Mangga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. Vitamin C dan Pektin yang terdapat didalam mangga juga berperan penting untuk mengurangi kadar kolesterol terutama kekurangan zat lipoprotein.

3. Membantu mengobati anemia

Anemia disebabkan karena tubuh kekurangan asupan zat besi. Mengkonsumsi jus mangga setiap hati dapat memenuhi asupan zat besi dalam tubuh. Oleh sebab itu, jus buah segar ini baik untuk diminum siapa saja yang menderita anemia bahkan bagus juga untuk ibu hamil yang memerlukan asupan zat besi berkualitas sebagai nutrisi ibu serta calon bayi.

4. Membanyu menstabilkan tekanan darah

Jus mangga mengandung mineralyang bermanfaat untuk menyeimbangkan cairan dan tekanan darah dalam tubuh. Nutrisi penting yang terkandung di dalam mangga salah satunya potassium, memiliki peranan penting untuk meningkatkan fungsi otot, syaraf dan jantung.

5. Baik untuk masa kehamilan

Buah mangga juga sangat berkhasiat sebagai tubuh kembang bayi. Kandungan berbagai macam vitamin, kalori, zat besi dan serat dalam mangga sangat bagus untuk menunjang perkembangan mental dan fisik janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, jus mangga juga memiliki kandungan betakaroten yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung sang ibu beserta janin.

6. Membantu mencegah resiko kanker

Sifat antioksidan dalam mangga dan juga kandungan berbagai senyawa seperti astragalin, methylgallat, quertin, isoquercitrin, asam gallic dan fisetin bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis serangan kanker. Serat pektin dalam mangga juga bermanfaat dalam mencegah kanker prostat, usu besar, leukimia dan juga kanker payudara. Pada sebuah penelitian disebutkan bahwa pektin memilikiperanan penting dalam mematahkan elemen pembentuk kanker yang disebut “galectin 9”. Disamping itu, kandungan lupeol pada mangga juga bermanfaat untuk menekan sel kanker terutama kanker prostat.

7. Melancarkan sirkulasi darah

Kandungan mineral dan potassium dalam jus mangga berkhasiat untuk memperlancar aliran darah. Selain itu, jus buah segar ini juga baik untuk melancarkan aliran darah pada sel kulit luar dan membuat kulit kita tampak lebih segar.

8. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Jus mangga mengandung karotenoid, vitamin A, dan vitamin C yang bagus untuk meningkatkan sistem imun agar tubuh selalu kuat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

9. Meringankan penderita kardiovaskular

Kandungan kalsium dan kalium pada jus buah mangga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot jantung. Dalam segelas jus mangga terdapat sekitar 300 mg potassium. Dengan demikian, jus buah ini sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi sistem saraf dan menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

10. Membantu meningkatkan berat badan

Pada segelas jus buah mangga memiliki kandungan sekitar 86 kalori dan pati yang mudah diserap tubuh untuk membantu meningkatkan berat badan.Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menambah berat badan anda, maka anda bisa menjalani pola hidup sehat diiringi dengan meminum jus buah mangga secara rutin.

Manfaat Jus Mangga untuk Kesehatan Lainnya :

11. Menyehatkan mata

12. Membantu menyembuhkan diabetes

13. Menambah semangat

14. Membantu menjaga kesehatan kulit

15. Menyehatkan Otak

16. Membantu menambah energi

17. Meningkatkan vitalitas

Cara Memanfaatkan Jus Mangga untuk Kesehatan :

Resep Membuat Jus Mangga :

Bahan :

  • Mangga segar (150 gr)
  • Gula putih (2 sdm)
  • Garam secukupnya
  • Perasan air jeruk nipis (2 sdm)
  • Air dingin (3/4 cangkir)
  • Es balok

Cara Membuat :

1. Masukan buah mangga yang sudah dipotong dadu ke dalam blender

2. Tambahkan bahan-bahan lain dan blender hingga merata selama lima menit

3. Tuangkan ke dalam gelas saji dan jus mangga segar siap untuk dinikmati

Manfaat Jus Mangga untuk Kecantikan :

1. Menjadikan awet muda

Semua orang memang akan menjadi tua seiring dengan bertambahnya usia. Namun memiliki wajah yang terlihat tua sebelum waktunya akan sangat mengganggu penampilan. Masalah yang sering disebut dengan istilah penuaan dini ini dapat disiasati dengan menggunakan berbagai kosmetik alami. Salah satu bahan alami yang bisa anda coba adalam menggunakan masker mangga serta rutin meminumnya. Dengan meminum dan menggunakan masker jus buah ini maka anda akan memiliki wajah yang nampak awet muda serta terhindar dari resiko penuaan dini.

2. Mengatasi masalah komedo

Merasa pusing dengan adanya komedi di wajah? Tenang, ada solusi tepat untuk anda. Jus mangga sangat disarankan untuk mengatasi masalah komedo yang mengganggu penampilan anda.

3. Membasmi jerawat

Nutrisi penting yang terdapat pada jus mangga sanga bagus untuk merawat kecantikan kulit salah satunya untuk membasmi jerawat dengan alami.

4. Menghilangkan masalah mata panda

Kebiasaan wanita yang menggunakan make up sepanjang hari akan menjadikan lingkaran hitam di bawah mata. Namun anda tidak perlu khawatir karena jus mangga dapat menghilangkan masalah mata panda tersebut secara perlahan. Protein serta nutrisi penting lainnya dalam mangga mampu menghilangkan lingkaran hitam pada mata atau yang sering disebut mata panda. Disamping itu, jus buah segar ini juga bagus untuk menyehatkan penglihatan kita.

Manfaat Jus Mangga untuk Kecantikan Lainnya :

5. Menyegargank kulit

6. Mencegah kulit dari kerutan

Cara Memanfaatkan Jus Mangga untuk Kecantikan :

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, jus mangga juga dapat dijadikan masker alami untuk memaksimalkan kecantikan kulit kita.

Caranya :

  1. Campurkan jus mangga kental dengan minyak zaitun atau madu murni hingga berbentuk pasta.
  2. Oleskan masker alami tersebut di seluruh area wajah dan juga leher.
  3. Diamkan hingga mengering sekitar 10 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Efek Samping Jus Mangga :

Efek Samping Jus Mangga

Mengkonsumsi jus mangga yang dibuat dengan tambahan gula dapat menyebabkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Kadar gula dalam tubuh bisa saja akan meningkat dan menjadikan resiko diabetes. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin meminum jus buah ini dalam jangka panjang secara rutin pastikan bahwa anda membuat jus buah ini tanpa tambahan gula agar aman dari gejala diabetes. Jika anda merasa kurang manis maka anda bisa menggunakan gula khusus yang aman untuk penyakit diabetes.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jus Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Selain nikmat dan mudah cara membuatnya, jus mangga ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun kita juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi jus buah ini, disarankan agar jus buah segar ini diminum tanpa tambahan gula. Kandungan gula alami pada buah mangga sudah mampu menjadikan jus ini terasa manis dan segar.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top