Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Jus Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minuman

100 Manfaat dan Khasiat Jus Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jus nanas merupakan minuman yang dibuat dari buah nanas atau nama ilmiah Ananas Comosus. Minuman jus nanas banyak digemari orang karena memiliki manfaat dan khasiat banyak. Awal mulanya buah nanas berasal dari Paraguay. Lalu dibawa ke negara Spanyol pada tahun 1493. Di abad ke-15 dan ke-16 pelaut dari Eropa membawa buah nanas dan memakannya untuk menghindari penyakit scurvy atau penyakit yang disebabkan kurangnya vitamin C. Hingga akhirnya buah nanas menyebar ke penjuru dunia sampai saat ini.

Jus Nanas, Manfaat Jus Nanas, Khasiat Jus Nanas

Di Indonesia, jus buah nanas banyak dijual di supermarket, pasar tradisional, bahkan di pinggir jalan. Karena bahan pembuatan jus nanas tersebut banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis ini mempunyai rasa yang segar. Selain itu juga terkandung manfaat jus nanas yang sangat banyak. Maka tidak heran jika buah nanas banyak digemari oleh masyarakat. Cara mengonsumsinya pun beragam, ada yang memakannya secara langsung, dijadikan selai, asinan, dan salah satu cara mengonsumi paling praktis adalah dengan membuat jus.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jus Nanas :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jus Nanas

Jus nanas kaya akan vitamin C, vitamin B kompleks seperti pyridoxine, thiamin, folat, riboflavin, mineral, dan antioksidan. Vitamin sangat berperan untuk sintesis kolagen di dalam tubuh. Buah nanas dapat mencegah radikal bebas pro-inflamasi dan meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi. 100 gram buah nanas mengandung sekitar 50 kalori. Jenis jus ini pun tidak mengandung lemak jenuh. Dengan mengonsumsi jus nanas secara teratur dapat mencegah penyakit scurvy.

Loading...

Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan :

1. Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula merupakan kondisi dimana orang dewasa mengalami hilangnya penglihatan. Hal tersebut mengakibatkan sulitnya membaca dan mengenali sesuatu dengan benar. Nanas juga mengandung zat beta karoten yang berfungsi untuk memberdayakan penglihatan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat meningkat dengan mengkonsumsi jus buah satu ini karena nanas mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup kuat. Selain itu, nanas juga kaya akan zat asam amino yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga pasokan energi agar tubuh tidak mudah lelah.

3. Melancarkan Pencernaan

Nanas ternyata juga mengandung serat yang berperan untuk menjaga kesehatan usus. Buah nanas juga mengandung bromelain yang merupakan enzim campuran dari enzim proteolitik yang membantu usus lebih banyak menyerap dan memecah protein. Selain itu juga mampu meringankan sakit pada perut dan diare.

4. Menghilangkan Mual

Jika anda sedang merasakan mual, anda dapat minum jus nanas untuk meredakan mual tersebut. Jus buah nanas dikenal dapat diminum saat dalam perjalanan jarak jauh untuk mencegah mabuk saat di perjalanan.Disarankan untuk anda agar meminum jus buah nanas setelah makan makanan berat seperti nasi agar asam lambung tidak naik.

5. Menguatkan Tulang

Nanas mengandung banyak zat mangan yang terbukti dapat membantu menguatkan tulang, gigi, dan juga jaringan ikat. Secangkir jus buah nanas tersebut mengandung sekitar 73% zat mangan. Menurut sebuah studi, zat mangan dengan mineral yang lain mampu mencegah osteoporosis pada perempuan setelah menopause.

Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah resiko gondok
7. Mengurangi bengkaknya tenggorokan karena asma dan bronkitis
8. Menurunkan hipertensi
9. Mengeluarkan parasit dari usus dan hati
10. Mengandung pektin tinggi untuk mengeluarkan racun dan logam berat dalam tubuh
11. Mengandung agen anti pembekuan darah
12. Mengandung fosfor untuk kekuatan tulang dan gigi
13. Mengurangi nyeri
14. Menyehatkan jantung
15. Menyegarkan badan
16. Mencegah katarak
17. Mencegah penyakit sinusitis
18. Mengubah gula darah menjadi energi
19. Mencegah penyakit kudis
20. Mencegah kanker rongga paru dan mulut
21. Meningkatkan kualitas sperma pria
22. Pertumbuhan tulang
23. Mengobati penyakit beri-beri
24. Mengobati demam dan batuk
25. Mengurangi penggumpalan darah

Cara Memanfaatkan Jus Nanas untuk Kesehatan :

Untuk menjaga kesehatan, anda dapat membuat jus di rumah. Langkah pertama kupas 1 buah nanas dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Masukkan ke dalam blender. Tambahkan dua sendok teh gula pasir atau madu, 3 cangkir air, tambahkan es jika perlu. Kemudian blender bahan-bahan tersebut selama 10 menit atau hingga nanasnya hancur. Tuangkan ke dalam gelas dan jus nanas siap untuk diminum.

Manfaat Jus Nanas Untuk Kecantikan :

1. Menjaga Kulit Tetap Elastis

Semakin tinggi sintesis kolagen dalam tubuh, dapat menjadikan kulit lebih elastis. Jus nanas memberi dukungan terhadap sintesis kolagen tersebut. Vitamin C dan asam amino juga terkandung dalam jus nanas yang dapat memperbaiki dengan cepat sel-sel yang rusak.

2. Menghaluskan kaki

Buah nanas yang diolah menjadi jus bisa dijadikan scrub untuk menghilangkan kaki bersisik, kapalan, dan menghaluskan kulit. Buah nanas ini juga dapat mengobati pembengkakan dan peradangan pada kulit kaki karena pecah-pecah.

3. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Buah nanas dapat dicampur dengan minyak kelapa untuk mengobati bibir pecah-pecah dan menghaluskan bibir. Campuran nanas dan minyak kelapa ini mampu memberi kilau yang natural pada bibir anda.

4. Melembutkan dan Memperkuat Kuku

Mengonsumsi jus nanas secara teratur dapat mencegah kuku rapuh, retak, dan terbelah. Perawatan dari luar dan dari dalam dapat meringankan infeksi, memperkuat, dan melembutkan kuku.

5. Melembabkan Kulit

Jus nanas memiliki kandungan tertentu sehingga dapat membantu dalam mengatasi kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi dan kulit serta memberikan efek hidrasi pada kulit. Sehingga dengan mengonsumsi jus nanas, kulit anda akan terasa lebih lembab.

Manfaat Jus Nanas untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menyuburkan rambut
7. Mencegah penuaan dini
8. Menurunkan berat badan
9. Menghilangkan ketombe
10. Mencegah jerawat
11. Melembabkan wajah
12. Mengatasi peradangan wajah
13. Memutihkan wajah
14. Menghilangkan bintik-bintik di wajah
15. Mengecilkan pori-pori di wajah
16. Mencegah keriput
17. Menghaluskan wajah
18. Menghilangkan flek hitam
19. Membuat wajah lebih bersinar

Cara Memanfaatkan Jus Nanas untuk Kecantikan :

Buah nanas dapat digunakan sebagai krim alami untuk memutihkan kulit. Caranya adalah dengan menghaluskan buah nanas, bisa menggunakan blender. Kemudian ambil sebanyak empat sendok makan nanas yang telah halus tadi. Campurlan dengan tiga sendok makan gula pasir. Aduk hingga rata, kemudian oleskan pada kulit tubuh. Pijatlah dan tunggu 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

Efek Samping Jus Nanas :

Efek Samping Jus Nanas

Jus nanas memang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun jika dikonsumsi secara berlebih, jus buah nanas akan mendatangkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh anda. Diantaranya dapat memicu reumatik, meningkatkan sel gula darah, asam lambung, overdosis vitamin C, alergi, dan mempunyai efek buruk dengan obat-obatan tertentu.

Sementara bagi ibu hamil, kandungan bromelain yang berlebih dapat mengakibatkan kontraksi rahim dan berpotensi terjadinya keguguran. Bromelain yang dikatakan dalam level bahaya ini jika anda mengonsumsi dua buah nanas sekaligus. Namun bukan berarti nanas tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Bagi ibu hamil tetap diperbolehkan mengonsumsi buah nanas asal tidak berlebihan dan sesuai dengan porsinya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jus Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah beberapa kandungan gizi, manfaat dan cara penggunaan, serta efek samping dari jus nanas. Dalam mengonsumsi jus nanas harus sesuai dengan porsinya, jangan berlebihan agar terhindar dari dampak buruk bagi tubuh kita.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top