Connect with us
Jus Tomat, Manfaat Jus Tomat, Khasiat Jus Tomat, Jenis Jus, Jenis Minuman

Minuman

100 Manfaat dan Khasiat Jus Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jus tomat merupakan minuman yang berasal dari salah satu olahan buah tomat. Tomat sendiri termasuk dalam kategori sayuran maupun buah, karena tomat bisa diaplikasikan untuk dimasak bersama sayuran yang lain maupun dikonsumsi dengan cara di jus. Jus buah tomat adalah minuman yang dapat dijadikan alternatif untuk seseorang agar menambah energi dan kebugaran tubuhnya setiap hari. Kandungan air yang melimpah di dalamnya membuat manfaat jus tomat terasa banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Jus Tomat, Manfaat Jus Tomat, Khasiat Jus Tomat, Jenis Jus, Jenis Minuman

Mengkonsumsi jus buah ini sama halnya mengkonsumsi minuman sehat tanpa takut bahaya atau kandungan kimia di dalamnya karena mengandung rendah kalori. Banyak yang berasumsi bahwa mengkonsumsi tomat dengan cara di jus lebih enak dibanding dikonsumsi secara mentah.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jus Tomat :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jus Tomat

Tomat memiliki kandungan zat likopen yang merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan kanker. Menurut penelitian, zat ini baik untuk pria karena dapat digunakan untuk melawan kanker prostat. Tomat yang telah diolah seperti di jus ini kandungan zat likopennya akan lebih banyak keluar dibanding dikonsumsi saat masih mentah maupun dimasak seperti biasa, karena wujud zat ini seperti lemak.

Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan :

1. Mengontol kolesterol

Menurut beebrapa penelitian kesehatan, pengkonsumsian jus tomat secara rutin dipercaya mampu menormalkan kolesterol pada tubuh. Selain itu konsumsi jus ini bahkan bisa menurunkan hingga 10%. Sebaiknya jus tomat dikonsumsi setiap hari satu kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengontrol gula darah

Kandungan karbohidrat yang rendah di dalam bahan makanan ini ternyata sangat baik untuk membantu proses diet bagi penderita diabetes dan mengontrol gula darah. Jadi pengkonsumsian jus tomat bisa dijadikan solusi bagi penderita diabetes setiap hari satu cangkir.

3. Mengontrol tekanan darah

Jus tomat yang dikonsumsi juga dapat digunakan untuk mengontrol tekanan darah seseorang. Jika seseorang mengidap hipertensi, sebaiknya mengonsumsi jus tomat rutin namun tomat bukan menjadi obat satu-satunya untuk mengurunkan hipertensi, karena hanya berfungsi mengontrol saja.

4. Mengurangi resiko terkena stroke

Menurut penelitian kandungan zat likopen di dalam setiap satu buah berkhasiat ini mengandung 65% zat yang dapat menangkal resiko terkena stroke. Sehingga sangat disarankan terutama bagi yang berketurunan penyakit stroke untuk mengonumsinya.

5. Mengurangi resiko terkena kanker prostat

Zat likopen yang terdapat di dalam tomat mampu mengurangi resiko terkena kanker prostat sebanyak 18%. Zat ini bisa menjadi antioksidan untuk melindungi sel tubuh manusia dari kerusakan, terutama oleh para pria. Sebaiknya dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi jus tomat dan diiringi dengan hidup sehat sehari-hari.

Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung
7. Membantu pembentukan otot
8. Mencegah radikal bebas
9. Menjaga gigi agar tetap kuat
10. Pembentukan tulang kuat
11. Bagus untuk kesehatan mata
12. Menyembuhkan nyeri punggung
13. Mencegah kerusakan sel tubuh
14. Mencegah kulit terbakar
15. Dapat dijadikan conditioner alami
16. Membersihkan kotoran di rambut
17. Menghilangkan bau tidak sedap di kepala
18. Membuat kuat akar rambut
19. Mencegah adanya ketombe
20. Memberi efek kilau pada rambut
21. Bagus untuk system imun
22. Meningkatkan kesuburan pada wanita
23. Melawan segala tumor berbahaya

Cara Memanfaatkan Jus Tomat Untuk Kesehatan :

Cara membuat jus tomat cukup mudah dan sederhana. Cukup bersihkan tomat segar dengan air bersih dan potong-potong menjadi bagian kecil-kecil. Lalu masukkan ke dalam blender, dan tambahkan gula jika diinginkan. Apabila ingin tidak memakai gula, langsung mulai diblender saja hingga halus. Tuang ke dalam gelas dan tambahkan es batu jika ingin jus tomat yang dingin. Sebaiknya jus tomat dikonsumsi secara rutin minimal satu hari sekali sebelum beraktivitas untuk menambah energi.

Manfaat Jus Tomat Untuk Kecantikan :

1. Mencerahkan kulit

Vitamin C yang terkandung di dalam buah yang menyegarkan ini memiliki kemampuan untuk membuat kulit wajah menjadi lebih berseri. Cara memanfaatkannya cukup mudah, potong buah tersebut menjadi dua bagian kemudian gosokkan ke bagian wajah sebelum tidur dan lakukan secara rutin.

2. Mengatasi jerawat

Menghilangkan jerawat yang membandel tidak perlu menggunakan salep atau perawatan yang mahal, karena kandungan Vitamin A dan C di dalam buah tropis ini mampu menghilangkan jerawat sedikit demi sedikit.

3. Mengurangi minyak pada wajah

Kulit wajah berminyak adalah cikal bakal munculnya jerawat, komedo, maupun flek hitam yang tentunya sangat mengganggu penampilan. Untuk mengantisipasi banyaknya minyak pada kulit wajah, cukup oleskan tomat yang telah diblender dan usapkan pada wajah. Kemudian bersihkan dari masker jika dirasa telah mengering (kurang lebih 10-15 menit). Gunakan masker alami ini secara rutin yaitu sebanyak satu hari satu kali.

4. Melindungi dari ultra violet

Sinar UV dirasa musuh paling jahat bagi kulit, jika tidak dilindungi kulit akan mengalami beberapa masalah. Masalah tersebut yaitu seperti kulit menjadi kusam, bersisik, dan memberikan efek kasar jika disentuh. Kandungan tomat di dalamnya mampu meregenerasi kulit dan melindungi dari sengatan sinar UV di siang hari secara langsung.

5. Menutrisi Wajah agar Terhindar dari Fek Hitam

Buah yang memiliki rasa kecut dan manis ini juga dapat membuat wajah anda terhindar dari flek hitam. Khasiat ini didapat dari kandungan likopen yang sangat kaya sehingga sangat cocok dijadikan sebagai masker alami tanpa efek samping. Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu dengan memotong buah ini menjadi beberapa bagian kemudian di tempelkan di wajah.

Manfaat Jus Tomat Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membuat awet muda dan terbebas dari keriput
7. Mengecilkan pori-pori pada wajah
8. Sebagai perawatan kulit wajah
9. Menghilangkan kemerahan karena iritasi wajah
10. Membuat wajah tetap kenyal
11. Meminimalisir komedo pada wajah
12. Menghaluskan kulit yang kasar
13. Menghidrasi kulit yang kekurangan cairan
14. Membuat kulit wajah tampak lebih awet muda
15. Membuat rambut lebih bersinar
16. Menyembuhkan kulit yang terbakar karena sinar matahari
17. Membantu mengangkat kotoran berlebih
18. Membantu mengatasi kekusaman wajah
19. Membantu dalam meratakan kulit
20. Dapat menyembuhkan bekas jerawat di muka
21. Menciptakan rambut yang halus
22. Membantu mencegah timbulnya jerawat baru
23. Meningkatkan kelembapan alami kulit

Cara Memanfaatkan Jus Tomat untuk Kecantikan :

Cukup mudah cara memanfaatkan jus buah ini. Caranya bersihkan tomat segar dengan air bersih, tambahkan sedikit air, dan blender hingga halus. Gunakan tomat yang telah diblender ini sebagai pengganti milk cleanser untuk membersihkan wajah dengan kapas. Namun sebaiknya sebelum membersihkan wajah dengan tomat ini, wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan facial foam. Lalu pijat wajah selama 15-20 menit secara perlahan, dan lakukan sebelum tidur atau setelah beraktivitas.

Efek Samping Jus Tomat :

Efek Samping Jus Tomat

Semua hal yang berlebihan adalah tidak baik, begitu juga dengan mengonsumsi jus buah tropi satu ini dengan berlebihan. Dibalik manfaat yang diberikan oleh jus tomat tersebut, terdapat beberapa efek samping yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, di antaranya yaitu :

1. Menurunnya sistem imun dalam tubuh
2. Memicu pembentukan batu ginjal
3. Vitamin berlebihan yang menumpuk pada tubuh
4. Saluran pencernaan bermasalah
5. Munculnya Irritable Bowel Syndrome atau IBS

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehata, Kecantikan dan Efek Samping

Itu dia manfaat jus tomat untuk kesehatan dan kecantikan beserta efek samping yang bisa ditimbulkan. Minumlah  jus tomat dengan tidak berlebihan agar tak mengakibatkan efek samping pada tubuh Anda. Rata-rata orang memanfaatkan jus buah tomat untuk menyehatkan tubuh. Update terus informasi tentang manfaat minuman  lainnya agar banyak ilmu yang kamu dapatkan.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top