Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Jus Wortel untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minuman

100 Manfaat dan Khasiat Jus Wortel untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jus wortel merupakan minuman yang berasal dari olahan tanaman maupun umbi wortel. Wortel merupakan sayuran yang sangat di gemari di semua kalangan usia. Wortel juga sudah terkenal di seluruh penjuru dunia akan kandungan gizi di dalamnya. Yang salah satunya kandungan vitamin Atau yang sangat tinggi. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam pengolahan wortel. Salah satu cara untuk memperoleh manfaatnya yaitu dengan cara dijadikan jus. Manfaat jus wortel sangat banyak sekali dari segi kesehatan dan kecantikan.

Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jus Wortel :

Dalam satu gelas jus wortel sendiri mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan dalam jumlah 100 gram jus wortel sudah mampu memenuhi nutrisi baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Dalam satu gelas jus wortel mengandung 80 kalori. Sebagai mana yang kita ketahui bahwa tubuh kita memerlukan 2000 kalori.

Kandungan Jus Wortel

Satu gelas jus wortel mengandung vitamin A 340%, dapat memenuhi kalium sebesar 18% dan zat besi 1,1 atau setara dengan 14%, hanya mengandung 0,7 gram saja, mengandung 1,3 gram yang memberikan sumber kalori rendah yang baik untuk tubuh, juga mengandung karbohidrat sebanyak 19 gram. Dan dalam 100 gram jus wortel mengandung 0,01 miligram Vitamin B, 100 gram mengandung 3 miligram vitamin C, 100 gram mengandung 0,3 miligram vitamin E.

Loading...

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan :

Selain harganya yang ekonomis wortel juga baik untuk kesehatan. Selain itu juga bisa di jadikan kuliner. Apa saja manfaat minuman jus wortel bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Penglihatan

Semua orang tahu jika wortel sangat baik untuk penglihatan, hal itu disebabkan karena wortel mengandung karoten dan Lutein. Yaitu senyawa yang melindungi penglihatan, khususnya pada malam hari.

2. Mencegah Kanker

Dari beberapa studi jus wortel mampu menurunkan 50% risiko terjadinya kanker. Di antaranya seperti ; kanker usus besar, prostat, leher rahim , dan juga kantung kemih. Para peneliti juga menunjukkan bahwa hasil yang sangat dengan kanker paru-paru. Sehingga para peneliti percaya kalau gamma-karoten, Likopen dan alpha karoten ada pada wortel.

3. Mengatur Gula Darah

Selain itu kandungan karotenoid yang ada pada wortel mampu mengatur gula darah. Mak dari itu rutinlah meminum jus wortel.

4. Menyehatkan Paru-paru

Jus wortel juga sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Terutama melindungi sistem pernafasan dari risiko infeksi dan membantu mengurangi efek samping dari polusi udara yang disebabkan asap rokok. Hal itu sebabkan karena jus wortel mengandung vitamin A.

5. Memperkaya Laktasi

Jus wortel juga sangat berguna untuk ibu menyusui. Karena mampu memperkaya jumlah keluaran ASI. Bukan hanya itu, jus wortel juga mampu memenuhi kebutuhan kalsium selama masa kehamilan.

Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah Aktivitas Degenerasi Makula
7. Membantu Jaga Kesehatan Kandung Kemih
8. Sebagai Pencegahan Sembelit
9. Mencegah Terhadap Serangan Stroke
10. Membantu Mengobati Penyakit Cacingan
11. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
12. Membantu Meningkatkan Produksi Asi
13. Menjadikan Hormon Tubuh Tetap Sehat
14. Membantu Memelihara Kesehatan Janin
15. Membantu Menyembuhkan Luka dan Radang
16. Meningkatkan Kesehatan dan Kepadatan Tulang
17. Membantu Memelihara Pencernaan
18. Bantu Pertajam Daya Ingat
19. Bantu Penuhi Kebutuhan Kalsium Untuk Ibu Hamil
20. Mampu Mengobati Anemia
21. Bantu Mengontrol Denyut Jantung
22. Bantu Menyehatkan Katup Jantung
23. Menstabilkan Metabolisme Substrat
24. Membantu Menjaga Jaringan Ikat
25. Menolak Sel Kanker Pada Paru-paru Saat Hamil

Cara Memanfaatkan Jus Wortel Untuk Kesehatan:

Tentu bukan hal yang sulit lagi untuk membuat jus wortel. Anda cukup mengambil wortel secukupnya, lalu blender. Anda juga bisa menambahkan madu agar khasiat yang dihasilkan lebih maksimal.

Manfaat Jus Wortel Untuk Kecantikan :

1. Bantu Jaga Kesehatan Kulit

Jus wortel mampu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit akan tampak lebih segar.

2. Bantu Kurangi Flek Hitam

Nutrisi yang terkandung dalam wortel mampu mengurangi bekas luka dan bekas jerawat pada kulit yang bisa menghasilkan flek hitam.

3. Menghaluskan Kulit

Wortel mengandung kalium yang sangat tinggi yang mampu mencegah kulit kering sehingga dapat terhindar dari kulit kasar dan kusam.

4. Menjadikan Kulit Selalu Segar

Vitamin A yang ada pada wortel sangat mendukung untuk pertumbuhan jaringan kulit. Sehingga kulit akan terlihat lebih segar, halus , dan sehat.

5. Membantu Penyembuhan Penyakit Kulit

Zat antioksidan terdapat pada wortel mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit seperti halnya eksim dan dermatitis. Penyakit yang berbahaya bagi kulit jika tidak di perhatikan secara ekstra.

Manfaat Jus Wortel Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Kandungan Vitamin C Mampu Menjaga Kulit Tampak Lebih Muda
7. Mampu Lancarkan Pencernaan Sehingga Tubuh Bersih dan Terhindar Dari Jerawat
8. Sebagai Anti Anging Yang Sangat Efektif

Cara Memanfaatkan Jus Wortel Untuk Kecantikan :

Hal di atas dapat dilakukan dengan beberapa metode. Yaitu dengan mengonsumsi langsung dengan cara di jus dan juga dapat dengan cara di masak atau dengan cara di jadikan masker untuk wajah. Dapat juga di kombinasikan wortel dengan bahan-bahan alami. Berikut yang dapat di lihat salah satunya;

1. Masker wortel

Saat Anda ingin membuat jus wortel, sisakanlah sedikit untuk di jadikan masker. Hal ini sangat lah mudah dengan cara bersihkan wortel dengan air bersih dan pisahkan dengan kulitnya. Selesai di cucu rebuslah sampai wortel lunak selanjutnya haluskan wortel dan diamkan sampai wortel dingin. Pakailah wortel yang sudah dihaluskan sebagai masker dan biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Wortel dengan madu

Selain dengan direbus saja wortel juga dapat di aplikasikan dengan madu murni. Hal itu dikarenakan madu mengandung anti bakteri yang dapat mengatasi jerawat dan panu juga dapat menutrisi kulit agar lebih lembut.

Cara pengaplikasiannya pun juga mudah. Dengan mencampurkan setengah cangkir jus wortel dengan madu aduk hingga rata. Luluran jus wortel dan madu yang telah di siapkan. Diamkan kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Wortel dengan susu

Wortel yang di kombinasikan dengan susu bisa di katakan hal yang sempurna dalam urusan kecantikan secara alami. Kedua bahan ini di perkasa Dengan vitamin, sehingga mampu membuat kulit terhindar dari penuaan dini.

Cara pembuatannya Anda dapat memilih susu sapi, hal itu disebabkan karena susu sapi lebih murni dibandingkan dengan susu dalam kemasan yang mengandung zat adiktif. Langkah pertama rebus terlebih dahulu susu sapi hingga mendidih, ambil seperempat cangkir, campurkan dengan jus wortel satu sendok makan, aduk hingga merata dan oleskan pada wajah tunggu hingga 30 menit. Basuh dengan air bersih.

4. Wortel dengan putih telur

Wortel dan putih telur sangat efektif untuk membuat kulit lebih kenyal, putih, dan cerah. Tetapi juga perlu memilih telur yang baik.

Proses penyiapannya sendiri pun cukup dengan mencampurkan setengah cangkir jus wortel dengan satu sendok makan putih telur. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah tunggu 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Efek Samping Pengonsumsian Jus Wortel :

Efek Samping Jus Wortel

Meskipun wortel memiliki banyak manfaat tetapi jangan terlalu sering mengonsumsinya karena juga memiliki efek samping.

1. Penyebab carotenemia

Penyakit ini di sebabkan karena banyaknya betakaroten yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan perubahan warna kulit.

2. Berbahaya bagi perokok

Bagi perokok berat hal ini sangat berbahaya karena dapat menumbuhkan sel-sel kanker.

3. Diare

Wortel mengandung banyak serat yang berguna melancarkan sistem pencernaan. Sehingga jika di konsumsi secara berlebih akan mengakibatkan diare berkepanjangan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jus Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia manfaat jus wortel untuk kesehatan dan kecantikan beserta efek samping yang bisa ditimbulkan. Minumlah  jus tanaman wortel dengan tidak berlebihan agar tak mengakibatkan efek samping pada tubuh Anda. Rata-rata orang memanfaatkan jus tumbuhan wortel untuk menyehatkan tubuh.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top