Connect with us
Kopi Hijau, Manfaat Kopi Hijau, Khasiat Kopi Hijau

Minuman

45 Manfaat dan Khasiat Kopi Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kopi Hijau memiliki nama lain Green Coffee merupakan biji kopi dari buah coffee yang belum masuk proses pemanggangan. Belakangan popularitasnya meledak sejak maraknya iklan di internet yang mengatakan bahwa minuman kopi ini bisa menguruskan badan hingga puluhan kg. Manfaat Green Coffee akan mampu meluruhkan lemak jahat penyebab obesitas.

Kopi Hijau, Manfaat Kopi Hijau, Khasiat Kopi Hijau

Sebelum menjawab pertanyaan itu, tentu saja mesti mengetahui dulu berbagai kandungan gizi dan seluk-beluk sejarah mengenai green coffee. Manfaat kopi hijau dirasakannya pun tidak langsung instant cepat, namun harus melalui proses dulu. Jadi tiap orang yang sedang berusaha diet dengan minum kopi ini, maka harus bisa secara simultan meminumnya terus. Agar berat badan tak kembali naik seperti semula.

Sejarah green coffee sebetulnya belum lama meledak di pasaran. Popularitasnya kira-kira meledak belakangan, di tahun 2014. Semenjak banyaknya iklan-iklan yang menayangkan betapa berkhasiatnya kopi hijau ini untuk menurunkan berat badan. Adapun sebelum itu, tayangan TV Dr. Oz juga sudah turut mempopulerkannya di tahun 2012.

Sedangkan sejarah kopi hijau di dunia sebenarnya sudah dikenal di Arab sejak dulu. Peradaban Arab tempo dulu telah menggunakan bubuk kopi hijau pada sajian kopi-kopi tradisionalnya. Kemudian, di Eropa, biji kopi ini juga lebih duluan populer dibandingkan Indonesia. Namun tentu saja budidaya green coffee pun ada di Indonesia.

Kopi hijau memang berbeda dengan kopi hitam, di mana biji kopinya didapatkan tanpa melalui proses roasting atau pemanggangan. Dinamakan hijau karena memang biji-biji kopinya berwarna hijau. Proses non-roasting ini membuat kandungan asam klorogenatnya tinggi. Di mana asam inilah yang dipercaya ampuh dalam meluruhkan lemak dan melangsingkan tubuh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kopi Hijau :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kopi Hijau

Tidak ada pembeda jauh antara kopi hitam dengan green coffee. Perbedaan hanya seputar jenis (bibit) dan proses pembuatan bubuknya saja, dipanggang atau tidak. Ada dua zat yang sangat penting yang mesti diketahui saat membahas mengenai kandungan gizi dan nutrisi green coffee ini, yaitu:

• Kafein
• Asam Klorogenat

Meskipun namanya dan penampakkannya terkesan alami, namun jelaslah green coffee ini adalah kopi yang otomatis mengandung zat kafein. Di mana kafein memiliki beberapa sisi positif sekaligus sisi negatif. Positifnya, bisa untuk meningkatkan mood dan konsentrasi. Sedangkan negatifnya bisa memicu asam lambung dan jantung berdebar.

Kemudian zat asam klorogenat ini yang digadang-gadang ampuh buat menurunkan berat badan. Pada dasarnya, asam klorogenat memang terkandung dalam semua biji kopi, hanya saja pada jenis kopi hijau yang tanpa roasting begini kadarnya lebih tinggi.

Sisi positifnya asam klorogenat ini memang cukup ampuh menurunkan berat badan, namun negatifnya, bisa meningkatkan asam lambung pada penderita maag.

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan :

1. Membuang Lemak Jahat LDL

Meminum kopi hijau ampuh buat membuang lemak jahat LDL yang memicu kegemukan. Secara perlahan dan simultan lemak perut bisa tersingkirkan jika rutin meminum green coffee ini.

2. Mencegah Obesitas

Selain meluruhkan lemak yang sudah kadung bikin obesitas, ternyata manfaat kopi hijau juga akan mencegah obesitas itu terjadi. Jadi badan selalu berada pada kisaran berat yang ideal dan sehat.

3. Membantu Penyerapan Gizi

Selain itu, rupanya manfaat kopi hijau juga bagus banget buat membantu penyerapan gizi. Orang yang meminum kopi ini bisa memiliki sistem pencernaan makanan jauh lebih baik. Metabolisme zat-zat makanan berjalan dengan lancar.

4. Membuat Tidur Nyenyak

Kopi memang identik dengan mengatasi rasa kantuk. Orang yang minum kopi bisa melek terus tanpa merasa mengantuk. Namun jangan salah, berbeda dengan kopi hijau ini. Yang mana green coffee pun bisa membuat tidur jadi nyenyak. Sebab pikiran bawah sadar direset dalam mode ketenangan terdalamnya.

5. Menenangkan Pikiran

Pikiran bawah sadar dan pikiran sadar memang bisa distimulus dengan makanan dan minuman tertentu. Seperti manfaat kopi hijau ini yang sungguh bikin pikiran jadi tenang. Depresi dan stress bisa hilang seketika.

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membuat badan ideal
7. Meningkatkan stamina
8. Mengatasi sakit kepala
9. Menyembuhkan migrain
10. Meningkatkan gairah
11. Meningkatkan adrenalin
12. Menyehatkan jantung
13. Memperbaiki metabolisme tubuh
14. Mengatasi lemas
15. Stabilkan tekanan darah
16. Menghentikan pendarahan
17. Mengatasi nyeri
18. Mencegah nyeri haid
19. Obat sakit kepala
20. Mengatasi nyeri sendi

Cara Memanfaatkan Kopi Hijau untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan green coffee mudah saja. Tinggal langsung menyeduh bubuk kopi hijau yang sudah dijual dalam kemasan-kemasan. Harganya memang jauh lebih tinggi 5-10 kali lipat dari kopi hitam biasa, namun manfaatnya jauh lebih besar.

Sebelum populer dijadikan minuman kopi seperti sekarang, sebenarnya di dunia farmasi, green coffee ini sudah diproduksi dalam kapsul-kapsul suplemen yang dosis penggunaannya antara 50-180 mg/hari.

Manfaat Kopi Hijau untuk Kecantikan :

1. Memutihkan Kulit

Khasiat kopi hijau ampuh buat putihkan kulit. Yang memiliki kulit kusam, pelan-pelan akan terkelupas dan tergantikan dengan kulit putih.

2. Menghaluskan Wajah

Selain itu, kulit wajah juga jadi lebih halus. Jika dielus rasanya seperti sedang mengelus sutra.

3. Mencerahkan Wajah

Wajah yang cerah bisa didapatkan dengan rutin meminum ekstrak kopi hijau ini. Dosisnya maksimal 2 kali sehari saja, di pagi dan malam hari.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain itu, manfaat kopi hijau pun bisa mengangkat sel kulit mati. Cocok buat yang memiliki penumpukkan kulit mati dan kering di wajah dan tubuhnya.

5. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Ternyata kulit yang elastis atau kenyal menjadi salah indikator kesehatan kulit. Orang yang kulitnya lembut dan kenyal diraba, itu artinya kesehatan kulitnya di atas rata-rata. Kondisi kulit yang begini biasanya tidak gampang ditumbuhi jerawat.

Manfaat Kopi Hijau untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melembabkan kulit
7. Meremajakan kulit
8. Melembabkan bibir
9. Mencegah kanker kulit
10. Mengatasi minyak berlebih
11. Menghilangkan selulit
12. Mengatasi kerutan
13. Menghilangkan komedo
14. Memudarkan bekas luka
15. Menyamarkan flek hitam
16. Mengecilkan pori-pori
17. Membuat wajah bersih
18. Melembutkan wajah
19. Mencegah penuaan dini
20. Membuat badan fresh

Cara Memanfaatkan Kopi Hijau untuk Kecantikan :

Berbeda dengan pemanfaatan untuk kesehatan, kalau untuk kecantikan ini bisa lebih variatif. Selain meminum green coffee atau memakan kapsulnya, seseorang juga bisa berinovasi dengan membuat masker dan lulur green coffee.

Manfaat masker kopi hijau ampuh buat meremajakan dan memutihkan kulit wajah. Sedangkan lulurnya buat memperbaiki kualitas kulit tubuh seutuhnya. Efek yang ditimbulkan relatif cepat, jadi sesaat setelah selesai maskeran dan luluran, kulit berasa langsung kesat, kenyal, bersih dan cerah.

Efek Samping Kopi Hijau :

Efek Samping Kopi Hijau

Namun ada beberapa efek samping yang juga mesti dipahami dan diantisipasi. Untuk mereka yang menderita penyakit maag disarankan buat sama sekali tidak meminum green coffee. Apalagi kalau maag-nya sudah kronis seperti pada tahapan GERD.

Efek samping buruk yang akan terjadi bila minum kopi hijau adalah sebagai berikut :

1. Kecanduan
2. Peningkatan Asam Lambung
3. Nyeri Diafragma
4. Jantung Berdebar
5. Gigi Menjadi Kusam

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai manfaat, khasiat, sejarah dan kandungan gizi serta nutrisi kopi hijau, maka kini saatnya menyantapnya. Kreasikan green coffee ini menjadi aneka minuman yang menggugah selera, sebagaimana berbagai kreasi kopi pada umumnya. Namun jangan lupa uji coba dulu dampak kopi ini bagi tubuh, siapa tahu malah alergi.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top