Connect with us
Kopi Hitam, Manfaat Kopi Hitam, Khasiat Kopi Hitam

Minuman

100 Manfaat dan Khasiat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kopi Hitam adalah kopi yang memberikan kenikmatan tersendiri bagi para pecinta kopi. Baik pria maupun wanita bisa merasakan manfaat kopi hitam ini. Secangkir kopi hitam di pagi hari akan membuat kamu lebih berenergi dan bersemangat dalam memulai hari. Sebelum menikmati kopi, para pecinta kopi biasanya akan menghirup aroma kopi yang sangat harum itu. Di Indonesia sendiri banyak dibuka gerai-gerai kopi dengan berbagai rasa dan aroma.

Kopi Hitam, Manfaat Kopi Hitam, Khasiat Kopi Hitam

Berbagai merek pun beredar, bahkan di Indonesia ada kopi yang harganya paling mahal di dunia. Sebelum menjadi kopi, bijih kopi lebih dulu diekstrak. Ada beragam cara ekstrak dan itu mempengaruhi aroma dan rasa kopi. Beberapa orang mungkin mengatakan kalau kopi itu tidak bagus, tapi sebagian lagi berkata kalau kopi memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Lantas mana yang harus dipercaya?

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kopi Hitam :

 Kandungan Gizi dan Nutrisi Kopi Hitam

Semua tentu tahu kalau kopi mengandung kafein tinggi. Selain kafein, kopi hitam ternyata juga mengandung air, quinic acid yakni rasa asam dan berbeda pada setiap jenis kopi. Tak hanya itu di dalam kopi hitam pun ada zat putrescine yakni sebagai pembasmi bakteri, ethyphenol (aroma kopi) dan Acerylmethylcarbino (rasa gurih). Niacin, trigonelline, dimethyl disulfide dan dicaffeolyquinic acid yakni antioksidan tinggi juga terkandung dalam kopi.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan :

1. Sebagai Antioksidan Pada Tubuh

Kandungan dicaffeolyquinic acid dalam kopi ini bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan ini mempunyai banyak manfaat bagus untuk tubuh. Mulai dari mencegah penuaan dini, menangkal radikal bebas sampai menambah kekebalan tubuh. Jika kamu secara teratur mengkonsumsi kopi tanpa gula bisa mengurangi resiko terbentuknya penyakit akut pada tubuh.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kopi hitam berikutnya adalah sebagai pengontrol kadar gula darah berkat kandungan kromiumnya. Tapi, perhatikan cara minumnya juga, kalau kamu menambahkan begitu banyak gula pastilah manfaat tersebut tidak akan didapatkan. Kopi akan bekerja dengan melancarkan metabolisme tubuh, sehingga produksi insulin dilakukan sesuai kebutuhan tubuh.

3. Mengurangi resiko kolesterol tinggi

Jangan hanya memandang kafein saja dalam kopi, tapi juga zat magnesium dan kromium didalamnya. Kedua zat tersebut mampu menurunkan resiko kolesterol tinggi dengan menghilangkan kolesterol jahat dalam darah.

4. Menurunkan Resiko Kerusakan Fungsi Kognitif

Bagi kamu yang suka minum kopi pahitan tanpa gula, maka bisa merasakan manfaat kopi hitam yang sangat berharga. Salah satunya adalah menurunkan resiko kerusakan fungsi kognitif saat usia lanjut. Penelitan membuktikan bahwa kopi bisa mengurangi berbagai resiko penuaan yang berkaitan dengan syaraf.

5. Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Jika kamu mempunyai resiko tinggi terhadap kanker karena keturunanan dapat mencoba mengambil manfaat kopi hitam. Minum kopi pahit tanpa gula secara rutin, maka resiko terkena kanker bisa diturunkan. Kopi bisa memerangi zat asing pembentuk sel-sel kanker. Adapun resiko yang bisa diturunkan adalah jenis kanker usus besar, kanker prostat, kanker hati hingga kanker payudara.

6. Menjadikan Tubuh Lebih Bugar

Pakar kopi, Ory Hofmekler mengatakan bahwa kalau minum kopi  dengan cara benar akan menjadikan tubuh lebih bugar. Manfaat kopi hitam ini didapat karena adanya kandungan kafein. Minum kopi tanpa gula secara rutin bisa membuat otot lebih kuat. Tapi, ingat harus tanpa gula atau kopu rendah gula.

7. Mendukung Proses Diet

Kamu sedang menurunkan berat badan, minum kopi untuk mendukung langkahmu itu. Kopi tanpa gula merupakan minuman rendah kalori. Jadi, bisa mengurangi berat badan kamu secara efektif.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Selama ini mungkin kamu tak pernah menyangka, kalau sebenarnya manfaat kopi hitam ini bisa menjaga kesehatan tulang. Penyakit tulang biasa dialami wanita yang sudah memasuki masa menopouse. Karena pada masa itu, kalsium tidak dapat diserap tulah dengan baik. Nah, kalsium itu bisa didapatkan dari kopi. Kalau orang tua kamu ada yang mengeluhkan soal tulangnya, berikan minuman kopi hitam tanpa gula.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan Lainnya :

9. Menjaga Kesehatan Jantung

10. Menjadikan Tubuh Tetap Aktif dan Tidak Mudah Lelah

11. Meningkatkan Produktifitas

12. Mencegah dan Mengatasi Depresi

13. Meningkatkan Memori Otak

14. Mencegah Resiko Penyakit Parkinson

15. Menurunkan Resiko Alzheimer

16. Mengurangi Resiko Stroke

17. Mencegah Gigi Berlubang

18. Menurunkan Resiko terkena Encok

19. Mencegah Penyakit Batu Empedu

20. Menjaga Kesehatan Mulut

Cara Memanfaatkan Kopi Hitam Untuk Kesehatan :

Sudah tahukan berbagai manfaat kopi hitam bagi kesehatan. Selanjutnya, kamu juga harus tahu cara memanfaatkan kopi hitam untuk kesehatan. Ambillah satu setengah sendok teh kopi hitam dengan segelas air panas. Jangan tambahkan gula, nikmati selagi hangat. Minumlah di pagi hari sebelum beraktivitas. Jika terlalu pahit, kamu bisa menambahkan sedikit gula saja. Sebagai alternatif gula, kamu bisa memilih madu murni agar lebih menambah manfaatnya bagi tubuh.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan :

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Wajah kamu nampak kusam dan membuatmu kurang percaya diri? Sebelum melakukan perawatan mahal, kenapa tidak mencoba menggunakan kopi saja. Aplikasikan kopi hitam pada wajah kamu secara teratur atau bagian kulit lainnya yang ingin dicerahkan secara rutin. Kopi akan mengangkat debu dan kotoran yang terdapat pada kulit.

2. Mengurasi Resiko Kanker Kulit

Kanker kulit adalah masalah kulit yang sangat berbahaya. Kanker kulit bisa disebabkan karena kulit sering terpapar sinar matahari dan polusi dalam jangka waktu lama. Kamu bisa mencegahnya dengan mengambil manfaat kopi hitam untuk kecantikan. Caranya terapkan masker kopi secara rutin 2 kali dalam seminggu.

3. Menghilangkan Bintik Hitam

Bubuk kopi hitam mampu menghilangkan bintik hitam bekar jerawat bila diaplikasikan secara rutin. Secara perlahan bubuk kopi akan mengangkat flek  hitam dan wajahpun menjadi bersih.

Manfaat Kopi Hitam untuk Kecantikan Lainnya :

4. Sebagai Antiinflamasi Pada Kulit

5. Mencegah Penuaan Dini

7. Mencegah Penyakit Rosacea

8. Menghilangkan Lingkaran Mata Panda

9. Melembutkan Kulit

10. Menghidrasi Kulit

11. Merevitalisasi Kulit

12. Menghilangkan Jerawat

13. Menyuburkan Rambut

14. Mengatasi Rambut

15. Memanjangkan Rambut

16. Mengatasi Ketombe

17. Menghitamkan Rambut

18. Membuat Rambut Berkilau

Cara Memanfaatkan Kopi Hitam Untuk Kecantikan :

Cara menggunakan kopi untuk menghilangkan bintik hitam akibat jerawat, kamu bisa mengambil bubuk kopi secukupnya dan campurlah dengan baby oil secukupnya. Kemudian, terapkan pada wajah kamu, lakukan secara rutin. Sedangkan memanfatkan kopi untuk rambut adalah dengan mencampur bubuk kopi ke dalam baskom air panas secukupnya untuk semua rambut, aduk. Celupkan seluruh rambut ke baskom dan diamkan sejenak. Kemudian, angkat rambut dan gulung rambut, gunakan tudung kepala. Biarkan selama 15 menit, lalu buka dan bilas sampai bersih.

Efek Samping Kopi Hitam :

Efek Samping Kopi Hitam

Selain banyak manfaat kopi hitam bagi tubuh, tapi ada pula efek samping atau bahayanya. Jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan, kopi hitam bisa menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala dan sebagainya. Sementara bagi wanita hamil yang suka minum kopi bisa berpengaruh buruk pada janin yang dikandungnya. Kopi hitam yang dikonsumsi secara berlebihan juga menimbulkan penyakit maag, daya tahan tubuh menurun, serangan jantung dan bahkan stroke.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itulah ulasan tentang manfaat kopi hitam untuk kesehatan dan kecantikan. Semua yang ada di bumi ini pasti memiliki manfaat, tapi jangan lupa ada resiko buruknya pula. Jangan gunakan secara berlebihan ya, selalu konsultasikan pada dokter jika mengalami gangguan kesehatan. Update terus informasi tentang manfaat minuman lainnya agar banyak ilmu yang kamu dapatkan.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top