Connect with us

60 Manfaat dan Khasiat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minuman

60 Manfaat dan Khasiat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Madu adalah sebuah cairan yang memiliki tekstur seperti sirup. Hanya saja, lebih kental dan juga lebih manis. Cairan ini dihasilkan atau dibuat oleh lebah dari nektar (sari bunga yang memiliki rasa manis karena mengandung gula). Sedangkan jenis lebah yang menghasilkan madu terbaik adalah spesies Apis dorsta, yang terkenal sebagai lebah penghasil madu paling jempolan di Asia.

Madu, Madu Murni, Madu Asli, Madu Hutan, Madu Hitam Pahit, Manfaat Madu, Khasiat Madu, Obat Herbal Madu

Tapi tahukah Anda jika madu bukan hanya sekedar lezat untuk dikonsumsi, sebab memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan, kecantikan dan masih banyak lainnya. Karena manfaat madu itu, maka tidak heran jika digunakan sebagai salah satu bahan baku farmasi yang paling laris di pasaran. Umumnya sebagai bahan membuat obat-obatan maupun produk kecantikan.

Daftar Isi Manfaat

Kandungan Gizi dan Nutrisi Madu :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Madu

Adanya khasiat dan manfaat pada cairan yang satu ini tentu disebabkan karena kandungan gizi didalamnya. Berikut beberapa kandungan gizi didalamnya dengan total jumlah per 100 gram.

Loading...
  • Kalori 304 kcal
  • Natrium 4 mg
  • Kalium 52 mg
  • Jumlah karbohidrat 82 mg
  • Serat pangan 0,2 g
  • Gula 82 g
  • Protein 0,3 g
  • Kalsium 6 mg
  • Vitamin C 0,5 mg
  • Zat besi 0,4 mg
  • Magnesium 2 mg

Manfaat Madu untuk Kesehatan :

1. Meredakan Radang pada Tenggorokan

Madu memiliki kemampuan untuk mengatasi radang yang terjadi di tenggorokan. Dengan mengkonsumsinya murni secara teratur (sesuai aturan pakai yang berlaku), maka dahak yang ada di area saluran pernafasan dapat dibersihkan. Selain itu, cairan madu ini juga bersifat sebagai disinfektan yang dapat meredakan radang pada tenggorokan.

2. Mengobati Luka

Kandungan senyawa yang ada pada madu berfungsi untuk menghambat perkembangan bakteri pada luka yang membuatnya menjadi lebih cepat sembuh. Hal ini disebabkan karena madu memiliki kemampuan untuk menyerap air yang menjadi cikal bakal terjadinya infeksi. Tidak hanya itu, cairan ini juga dapat membantu mengoptimalkan proses regenerasi sel jaringan yang rusak akibat luka.

3. Meningkatkan Stamina

Sebuah sumber menyebutkan, bahwa pada zaman dahulu kala madu digunakan sebagai dopping atau minuman penambah stamina oleh para atlit do Yunani. Biasanya, madu dikonsumsi bersamaan dengan telur saat bersiap untuk mengikuti sebuah kompetisi. Hal ini disinyalir dapat meningkatkan stamina dan juga energi. Ilmuwan akhirnya turun tangan untuk memastikan kebenarannya. Dan ternyata hasilnya sangat mengejutkan, para atlit yang diberi nutrisi madu memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan yang tidak mengkonsumsi.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol terbagi atas dua jenis, yaitu kelesterol baik atau HDL yang memang dibutuhkan oleh tubuh dan kolesterol jahat atau LDL yang bisa merusak fungsi organ tubuh. Seperti yang telah diketahui, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang menempati posisi tertinggi, sebagai negara dengan penduduk penderita kolesterol terbanyak. Umumnya faktor penyebab kolesterol yang dialami oleh masyarakat Indonesia adalah karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit kronis yang paling banyak menyebabkan kematian dunia. Faktor yang membuat seseorang terdiagnosis menderita penyakit jantung juga sangat beragam. Misalnya saja gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak sehat, merokok, mengonsumsi alkohol secara berlebihan, faktor keturunan dan lain sebagainya. Selain itu, juga memiliki kandungan zinc dan potasium yang memiliki kemampuan untuk mengatur detak jantung

6. Mengobati Arthritis

Arthritis merupakan penyakit nyeri otot dan sendi, akibat terjadinya peradangan pada sendi. Penyakit ini muncul ditandai dengan rasa sakit pada area sendi seperti pergelangan tangan, kaki dan lain sebagainya. Kandungan senyawa di dalam madu memiliki sifat sebagai anti inflammatori yang bukan saja berperan sebagai pencegah radang sendi, namun juga meredakan rasa sakit yang timbul saat arthritis ini kambuh. pain killer effect yang terkandung di dalam madu memiliki kemampuan yang sama dengan efek obat pereda rasa nyeri seperti aspirin.

7. Mencegah Tumor

Tumor muncul akibat dari pertumbuhan sel yang tidak. Setiap sel mengandung gen yang memiliki fungsi berbeda. Jika terjadi mutasi atau perubahan pada gen, maka proses tumbuh kembang sel bisa terhambat. Salah satu obat paling sederhana dan mudah didapatkan untuk mengatasi tumor ganas adalah madu. Mungkin masih banyak kalangan yang tidak mengetahuinya. Namun kandungan senyawa bernama antimutagenic yang ada pada madu berperan sebagai tameng untuk mencegah masuknya zat berbahaya ke dalam jaringan tubuh.

8. Mencegah Kerusakan Liver

Liver atau hati merupakan salah satu organ yang sangat vital (penting) bagi tubuh. Kerusakan pada liver dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi penyakit, dan bahkan kematian. Ada banyak faktor yang menjadi sumber kerusakan pada liver seperti konsumsi alkohol dan juga virus. Penelitian membuktikan, bahwa mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan tingkat kerusakan hingga 50% pada hati.

9. Meredakan Demam

Demam terjadi ketika kondisi suhu tubuh naik drastis di atas angka normal, yaitu 38°C. Demam adalah proses alami ketika sistem imun tubuh melawan serangan dari radikal bebas. Meskipun ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab demam. Salah satu obat demam yang bisa Anda sediakan sebagai stock di rumah adalah madu murni. Kandungan anti inflamasi atau anti radang yang dimiliki madu dapat membantu meredakan radang dan juga meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

10. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun atau yang lebih dikenal sebagai sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan yang berfungsi sebagai perlindungan bagi tubuh terhadap serangan dari radikal bebas seperti parasit, bakteri, virus dan lain sebagainya.
Abuharfeil et at, 1999 menyatakan, bahwa senyawa yang terkandung di dalam madu memiliki kemampuan untuk merangsang terbentuknya sel imun seperti sel limfosit T dan B yang berperan melawan serangan penyakit dan juga sel natural killer.

11. Memperbaiki Fungsi Saluran Pencernaan

Dalam sebuah sistem pencernaan, ada beberapa jenis bakteri baik yang berperan untuk membantu proses pencernaan makanan yang hidup di area usus besar. Dan madu memiliki kandungan bakteri baik seperti lactobacillus dan bifidobakteria yang dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri yang dibutuhkan oleh saluran pencernaan. Jika jumlah bakteri baik meningkat, maka otomatis proses pengolahan makanan di dalam saluran pencernaan bisa menjadi semakin lancar. Sehingga tubuh bisa menjadi sehat.

12. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis atau jangka panjang dengan kondisi dimana kadar glukosa atau gula darah melonjak drastis di atas angka normal. Hal ini bisa disebabkan oleh kekurangan insulin atau resistensi insulin. sebenarnya obat untuk meminimalisir resiko diabetes ini ada di sekitar Anda? Salah satunya adalah madu. Caranya mudah saja, Anda hanya perlu mengganti konsumsi gula pasir dengan madu murni.

13. Mengatasi Alergi

Alergi merupakan sebuah reaksi yang ditunjukkan oleh sistem kekebalan tubuh saat mengenali atau bersentuhan dengan sesuatu yang dianggap membahayakan. Sifat anti inflamasi yang terdapat pada madu bisa digunakan untuk mengatasi alergi. Beberapa peneliti telah membuktikan bahwa kandungan nektar serta paparan alergen yang menjadi bahan baku madu dapat membantu mengatasi reaksi yang ditimbulkan oleh alergi.

14. Mengatasi kadar alkohol yang berlebihan di tubuh

Jika tubuh mempunyai kadar atau jumlah alkohol yang berlebih di dalma tubuh, maka akan sangat berdampak pada kesehatan. Hal ini bisa diatasi dengan madu. Berdasarkan sebuah penelitian, cairan ini dapat meningkatkan kelancaran pada metabolisme alkohol di dalam tubuh. Sehingga dengan kata lain, anda bisa menggunakannya untuk menghidari resiko terjadinya keracunan alkohol.

15. Meningkatkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh

berdasarkan sebuah situs kesehatan terpercaya, madu ternyata berkhasiat dalam mencegah penuruan jumlah sel darah putih di dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan adanya perubahan positif dari pasien yang mengalami masalah tersebut setelah meminumnya secara teratur.

16. Mampu menjaga kesuburan suami serta istri

Masalah kesuburan menjadi momok yang tidak ingin didapat oleh semua pasangan suami istri, karena mempunyai anak adalah anugerah yang patut disyukuri. Namun masalah ini dapat diatasi dengan meminum bahan ini untuk meningkatkan kesuburan antara suam dan istri. Disarankan untuk terus mengkonsumsinya secara teratur dan terus menerus.

17. Sebagai zat anti bakteri

Bakteri ada yang jahat maupun baik. Bakteri jahat atau disebut pula dengan bateri patogen dapat menyebabkan berbagai penyakit yang menyerang saluran penceranaan dan bagian tubuh lainnya. Untuk mencegah adanya resiko penyerangan bakteri jahat, anda bisa dengan teratur mengkonsumsi minuman ini. Bisa juga madu ini dicampur dengan bahan makanan lain untuk menambah rasa.

18. Baik untuk Perkembangan Janin

Janin memerlukan berbagai gizi dan pula nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangan organ dan jaringan. Ibu hamil maupun ibu menyusui diharuskan mengkonsumsi cairan yang manis ini sebagai pelengkap nutrisi. Sehingga bayi dapat merasakan manfaatnya secara tidak langsung dari ibu. Dengan begitu janin maupun bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan sangat baik serta maksimal.

19. Mengurangi Rasa Mual yang Dialami Ibu Hamil

Seorang ibu yang sedang hamil biasanya mengalami morning sickness atau mual dan muntah, terutama terjadi di pagi hari. Kondisi ini tak jarang membuat sang ibu lemas dan tidak bertenaga. Untuk itu perlu adanya cara untuk mengatasi rasa mual pada ibu namun yang rendah efek samping. Salah satunya dapat digunakan madu yang dipercaya mampu mengurangi tingkat mual ibu.

20. Memudahkan Ibu Hamil untuk Buang Air Besar

Kesulitan buang air besar kerap dialami oleh para ibu yang sedang mengandung janin. Masalah pencernaan ini bisa diatasi dengan mudah yaitu menggunakan cairan yang kaya nutrisi ini. Cara memanfaatkannya cukup sederhana yaitu dengan mencampurkan bahan ini ke dalam makanan ibu hamil kemudian dikonsumsi secara teratur dan berkesinambungan.

21. Mampu Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Anak yang tidak nafsu makan tentunya menjadi pikiran tersendiri bagi para orang tua karena tidak ingin anaknya kurus dan gampang terkena penyakit. Ibu hamil pun biasanya mengalami penurunan nafsu makan baik karena janinnya atau karena mengalami morning sickness. Hal ini ternyata bisa dihindari dengan cara memberikan madu murni yang kaya nutrisi dan tidak membuat mual sang ibu. Serta anak menjadi nafsu makan daripada sebelumnya.

22. Menogbati Maag yang Dialami Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengalami sakit maag, bisa menggunakan madu ini dengan cara mencapurkannya dengan kunyit segar. Kunyit ini terlebih dahulu diparut dan diperas airnya. Kemudian kedua bahan dicampur secara merata. Setelah itu diminum sedikit demi sedikit.

23. Mengurangi Insomnia

Insomnia atau masalah kesusahan tidur di malam hari bisa dialami oleh orang biasa maupun ibu hamil. Sebenarnya ada cara alami untuk mengatasi masalah insomnia ini yaitu dengan menggunakan ramuan dari madu. Minuman yang terasa manis ini akan membantu menenangkan syaraf sehingga tidur menjadi pulas.

24. Meningkatkan Hemoglobin Darah

Kekurangan hemogoblin dalam darah bisa berakibat fatal, anda bisa lemas bahkan tidak sanggup mengerjakan apapun. Oleh karena itu anda harus segera mengatasi hal ini ketika terjadi pada anda. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu memanfaatkan madu karena cairan ini mengandung kadar Fe maupun zat besi yang cukup untuk merangsang pembentukan eritrosit. Selain itu nutrisi lainnya yang ada pada madu juga bermanfaat baik dalam peningkatan jumlah hemoglobin.

25. Menjaga Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Ibu hamil rentan mengalami kelelahan dan sakit. Oleh karena itu asupan makanan ibu hamil harus tepat dan cukup. Tak hanya itu, asupan tidak boleh sembarangan karena berpengaruh pada perkembangan janin yang dikandungnya. Makanan untuk menjaga ibu hamil agar tetap sehat salah satunya adalah madu. Kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap mampu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif.

26. Mengatasi Alergi

Alergi bisa disebabkan karena reaksi berlebihan dari imun tubuh sehingga tubuh menghasil zat yang menyebabkan respon berupa alergi. Cara mengobatinya bisa dengan menggunakan madu yang dikonsumsi setiap hari. Pastikan yang digunakan murni agar mendapatkan hasil yang maksimal.

27. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit yang menyerang syaraf otak. Penyakit ini menyebabkan seseorang yang mengalaminya mendapatkan masalah dalam mengingat dan sebagainya. Anda bisa mencegah hal ini terjadi dengan memanfaatkan khasiat alami dari cairan madu ini.

28. Mampu Mencegah Terjadinya Tumor

Tidak hanya penyakit alzheimer yang bisa dicegah kemunculannya dengan madu, tumor pun juga bisa dicegah karena madu mampu menangkal dan menahan radikal bebas penyebab terjadinya tumor maupun kanker.

29. Meredakan Gejala Stress Ringan pada Anak

Jika anak anda mengalami gejala stres seperti susah tidur, tidak mau makan, gampang marah, atau mengalami masalah pencernaan yang tidak normal, cobalah mmberinya madu yang sudah dicampur dengan air hangat. Anda bisa mancampurkannya dengan teh camomile yang mampu meredakan emosi dan stres.

30. Mencegah Terjadinya Penyakit Hepatitis B pada Janin

Selain manfaat yang telah dipaparkan di atas, manfaat madu lainnya yaitu dapat menjadi penghalau resiko terjadinya penyakit Hepatitis B pada janin yang dikandung ibu hamil.

Cara Menggunakan Madu untuk Kesehatan :

Cara memanfaatkan madu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sangatlah mudah. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Jika Anda menggunakan madu untuk mengobati keluhan penyakit dalam seperti batuk, anda bisa mencampurkannya dengan air hangat secukupnya. Kemudian aduk campuran tersebut dan segeram diminum selagi hangat.
  2. Jika ingin menggunakan madu sebagai obat untuk luka luar seperti luka. Maka cukup dioleskan saja ke area kulit yang terluka.
  3. Memanfaatkan madu untuk menurunkan berat badan bisa dengan cara mencampurkannya dengan kayu manis yang berbentuk bubuk. Setelah itu beri sedikit air hangat. Kemudian diminum sebelum makan.
  4. Untuk mengurangi tingkat stres, madu bisa dimanfaatkan dengan cara mencampurkan madu dalam teh camomile atau teh vanila yang hangat. Hirup aromanya sebelum meminum teh kemudian teh diminum. Sedikit demi sedikit stress akan berkurang dengan sendirinya.

Manfaat Madu untuk Kecantikan :

1. Sebagai obat anti jerawat

Memiliki jerawat, di area wajah kususnya pasti akan terasa sangat mengganggu. Bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman karena rasa nyeri dari radang yang terjadi di dalam kulit berjerawat, tapi juga sangat mengganggu penampilan. madu dapat dijadikan sebagai obat jerawat alami. Caranya juga mudah, yaitu dengan mencampurkan madu secukupnya dan bubuk kayu manis, kemudian oleskan di area kulit berjerawat. Lakukan hal ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Melembabkan kulit wajah agar tidak kering

Khasiat madu untuk melembabkan Kulit bukan merupakan sebuah rahasia lagi. Manfaat ini didapatkan dari kandungan senyawa di dalam madu, yang memiliki kemampuan untuk menyerap zat air sehingga kelembaban wajah bisa tetap terjaga. Cara menggunakannya juga terbilang mudah, Anda hanya perlu menjadikan madu sebagai masker dan keringkan selama 15 menit. Setelah itu tinggal bilas wajah dengan air bersih.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Jika selama ini Anda masih berkutat dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia. Maka kini saatnya beralih menggunakan bahan alami seperti madu. Riset membuktikan bahwa zat Dan senyawa yang terkandung di dalam madu berkhasiat mengangkat sel kulit mati pada wajah, sehingga kulit akan menjadi cerah tanpa noda. Kandungan antioksidan-nya juga berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga tetap kenyal dan telihat kencang.

4. Anti Aging

Salah satu manfaat madu untuk kecantikan yang paling terkenal adalah kemampuannya sebagai anti aging atau mencegah penuaan dini. Semua orang mendambakan wajah yang awet muda tanpa kerutan, dan salah satu cara untuk mendapatkannya bisa dengan menggunakan madu.

5. Mengecilkan Pori-Pori

Memiliki pori-pori wajah yang besar tentunya akan sangat berpengaruh terhadap penampilan. Bukan hanya itu, hal ini juga bisa menimbulkan jerawat akibat debu dan kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori. Namun dengan menggunakan masker madu secara rutin maka pori-pori akan menutup secara perlahan sehingga kulit wajah menjadi lebih sehat.

6. Mengatasi Bibir Kering

Miliki bibir kering dan pecah-pecah merupakan masalah yang paling banyak dialami, baik oleh kaum wanita maupun pria. Tentunya hal ini akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Terutama bagi kaum wanita, karena akan sangat sulit mengaplikasikan lipstick di atas bibir kering. Tapi kini tidak perlu merasa khawatir, karena dengan mengoleskan madu sebelum tidur ke atas bibir kering akan membantu permasalahan Anda. Jika dilakukan secara teratur, maka akan mengembalikan kelembaban bibir dan juga membuatnya tampak lebih segar.

7. Memerahkan Bibir

Anda memiliki masalah dengan warna bibir yang gelap dan tampak tidak menarik? Warna bibir yang tidak merah alias kusam atau pinggirannya hitam biasanya disebabkan karena bibir kekurangan nutrisi atau terlalu lama terpapar sinar matahari. Namun jangan sedih, karena hal tersebut dapat segera diatasi dengan menggunakan madu sebagai masker bibir harian Anda. Madu akan memberikan nutrisi dan membantu mencerahkan warna bibir.

8. Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Memiliki kulit wajah yang berminyak bisa menjadi sangat menyebalkan. Sebab tidak peduli setebal apapun fondation dan bedak yang Anda gunakan, tidak akan bisa menutupi wajah yang terus terlihat kinclong. Selain itu, kulit berminyak juga menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Tapi sudah tahukah Anda bahwa minyak di wajah ini dapat diatasi dengan menggunakan masker madu? Jika dilakukan secara teratur, maka hasilnya bisa Anda lihat segera.

9. Pembersih Wajah

Manfaat madu yang lainnya adalah menjadi pembersih wajah alami. Bagi Anda yang sering memiliki masalah dengan kesulitan membersihkan make up, maka madu bisa menjadi alternatif pembersih wajah yang praktis, murah dan mudah. Cukup oleskan madu ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih. Maka semua kotoran dan bekas make up yang menumpuk akan hilang.

10. Mengembalikan Warna Kulit yang Terbakar Sinar UV

Tanpa disadari, kadang berjalan di bawah terik matahari dapat menyebabkan kulit terbakar. Bukan hanya berubah warna menjadi merah, kulit juga akan terasa nyeri seperti tersengat serangga. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa memanfaatkan madu. Kandungan zat yang ada di dalam madu memiliki kemampuan untuk mengobati rasa sakit tersebut, dan juga mengembalikan warna kulit yang gosong.

11. Menyembuhkan Luka di Wajah

Menurut penelitian di bidang kesehatan, madu ternyata dikenal sebagai bahan untuk mengobati luka yang ada di kulit wajah secara efektif bahkan tanpa efek samping. Cara memanfaatkannya sangat mudah yaitu dengan mengoleskannya di sekeliling luka yang telah dibersihkan sebelumnya. Lakukan ini secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Menjaga Kecantikan Kulit

Selain manfaat di atas, madu yang terasa manis ini juga memiliki khasiat dalam menjaga sekaligus merawat kecantikan alami kulit. Kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya sangat banyak dan kaya. Oleh karena itu, tak heran banyak kosmetik yang menggunakan cairan ini sebagai bahan pembuatannya.

13. Membantu Menciptakan Kulit Berkilau

Mempunyai rambut yang kusam, lepek, serta berminyak tentu menjadi permasalahan yang harus segera diatasi agar tidak mengganggu penampilan anda sehari-hari. Jika tidak, maka tentunya dapat mengganggu aktivitas dan membuat rasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan bahan alami ini. Caranya bisa dengan mengkonsumsinya secara teratur.

14. Menghindarkan Kulit dari Kekeringan

Kulit kering biasanya dialami oleh mereka yang salah menggunakan produk kosmetik, sering terkena paparan sinar menyengat dari matahari, maupun mereka yang sering bekerja di dalam ruangan ber-AC. Cara mengatasinya ternyata cukup sederhana yaitu dengan menggunakan madu sebagai pertolongan pertama pada kulit kering.

15. Membantu Pengelupasan Kulit yang Mati

Kulit mati jika dibiarkan terus menerus akan menumpuk di kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya. Para perempuan tidak perlu cemas dengan hal tersebut. Anda bisa memanfaatkan madu ini untuk membantu pengelupasan sel kulit yang telah mati.

16. Membantu dalam melembabkan Rambut

Selain itu, madu yang mengandung senyawa yang baik untuk kulit ini juga dapat membantu melembabkan rambut. Oleh karena itu tak heran orang zaman dahulu menggunakan madu sebagai pelembab rambut yang alami bahkan masih dilakukan hingga sekarang. Bahan di dalamnya berperan aktif dalam menjaga keseimbangan produksi minyak untuk rambut di kulit kepala.

17. Menjaga Kulit yang Sensitif Sinar Matahari

Sinar matahari yang kuat dapat merusak jaringan kulit. Namun beberapa orang sangat sensitif terhadap sinar matahari meskipun tidak terlalu kuat. Sehingga mengalami kulit yang kemerahan atau kering dan gatal-gatal. Mereka dapat mencegah resiko terkena dampak sinar UV dengan mengkonsumsi madu yang dicampur dengan buah-buahan dan yoghurt.

18. Memudarkan Garis Halus di Permukaan Kulit

Jika anda menemukan garis-garis halus di kulit wajah, maka segera lakukan treatment yang cocok, sesuai, dan minim resiko. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami ini baik dikonsumsi secara langsung, diolah bersama bahan makanan lainnya seperti susu dan jeruk nipis. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan khasiat bahan ini yaitu digunakan untuk masker, scrub, dan lain sebagainya.

19. Sebagai Penangkal Zat Penyebab Kanker

Zat yang dapat menyebabkan kanker biasanya disebut dengan radikal bebas. Radikal bebas seringkali di dapat dari makanan junk food, polusi udara, dan sebagainya. Tentu saja zat ini berbahaya dan harus ada solusi segera. Anda disarankan untuk rajin meminum madu yang sudah dicampur denga air hangat untuk menghindarkan bahaya radilal bebas.

20. Menghitamkan Rambut

Rambut yang hitam adalah tanda bahwa rambut tersebut sehat. Para ibu pasti menginginkan rambut anaknya hitam berkilau karena cantik dipandang. Anda pun bisa mendapatkannya dengan cara menggunakan madu untuk melapisi rambut. Setelah madu sedikit mengering, bilas dengan air bersih. Dengan perlakuan secara teratur, anda akan mendapatkan rambut hitam berkilau sepanjang hari

21. Membantu Menyuburkan Rambut

Rambut yang tebal sangat didambakan para perempuan. Karena akan membuat mereka semakin cantik. Untuk menyuburkan rambut dapat digunakan bahan dari alam ini. Karena zat yang terkandung di dalamnya dapat menngkatkan kesehatan pada folikel rambut. Gunakan secara teratur dengan mencampurkannya menggunakan minyak zaitun dan dioleskan ke rambut.

22. Mencegah Rambut Bercabang

Rambut bercabang adalah salah satu masalah utama pada rambut. Hal ini terjadi karena seringnya rambut terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Ternyata madu dapat mengatasi permasalahan ini dengan mudah dan efektif. Anda hanya perlu mengoleskannya atau mengkonsumsinya secara teratur dan dalam takaran yang wajar.

23. Menurunkan Kekusaman pada Kulit Berminyak

Seseorang yang mempunyai kulit berminyak biasanya memiliki kulit yang sedikit kusam. Hal ini disebabkan karena penumpukan sel kulit mati dan minyak kulit. Untuk itu perlu penangan ekstra yang aman untuk kulit tersebut. Caranya adalah memanfaatkan minuman ini untuk dijadikan scrub atau masker alami. Pastinya tanpa efek samping dan aman bagi kulit yang produksi minyaknya berlebihan.

24. Mencegah Timbulnya Masalah Wajah Akibat Bakteri

bakteri ternyata bisa tumbuh di mana saja apalagi di wajah yang kotor dan berminyak. Jika dibiarkan maka akan banyak timbul jerawat yang mengganggu penampilan. Sebuah penelitian mengungkapkan sifat cairan yang identik dengan lebah alami ini yaitu anti bakteri. Kemampuannya dalam mengusir bakteri sangat bermanfaat menjaga kesehatan wajah dari resiko berjerawat.

25. Mencegah Gatal-gatal di Kulit Wajah

Gatal-gatal di kulit wajah disebabkan oleh bakteri yang berkembang karena kulit jarang dibersihkan. Namun anda bisa menggunakan madu untuk megatasi masalah gatal-gatal tersebut sehingga tidak lagi mengganggu kenyamanan kulit anda.

Cara Menggunakan Madu untuk Kecantikan :

Cara untuk memanfaatkan madu sebagai pendukung kecantikan sangatlah mudah. Karena umumnya, madu dipakai di area luar. Misalnya saja untuk mendapatkan manfaatnya sebagai anti aging, maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara mengoleskan madu ke area wajah secara merata seperti menggunakan masker. Setelah itu, tunggu 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih. Jangan lupa juga untuk mengering wajah dengan handuk. Ritual ini tentunya terbilang sangat praktis dan juga mudah jika dibandingkan menggunakan produk kecantikan instan.

Efek Samping Madu :

Efek Samping Madu, Dampak Negatif Mengonsumsi Madu Berlebihan

Meskipun memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, namun madu juga memiliki efek samping yang harus Anda waspadai. Berikut di bawah ini adalah efek samping yang bisa ditimbulkan oleh madu.

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu pula dengan madu, meskipun kaya akan nutrisi namun jika digunakan terlalu banyak maka tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada Anda untuk membaca aturan pakai yang ada pada kemasan produk madu sebelum menggunakannya.

Selain itu, sebagian besar kandungan madu terdiri dari gula. Jika digunakan secara berlebihan, maka bukan tidak mungkin menyebabkan resiko naiknya kadar glukosa di dalam darah. Jangan berikan madu kepada anak yang berusia di bawah satu tahun. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa madu yang berasal dari dataran Amerika Utara mengandung clostridium botulinum. Meskipun jumlahnya sangat kecil tapi tetap harus diwaspadai. Semua jenis madu aman digunakan oleh orang dewasa, tapi tidak pada bayi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah berbagai khasiat atau manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan. Tentu saja manfaat tersebut akan dirasakan ketika anda mengkonsumsinya dengan teratur juga dibarengi dengan olahraga yang rutin. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan bugar.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top