Connect with us

35 Manfaat Air Jahe untuk Pengobatan, Wajah, Tubuh dan Diet

Minuman

35 Manfaat Air Jahe untuk Pengobatan, Wajah, Tubuh dan Diet

Manfaat Air JaheJahe merupakan tanaman yang sangat populer di indonesia bahkan dunia sebagai rempah-rempah dan bahan obat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk rasanya sendiri, jahe memiliki rasa yang cukup pedas karena disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron. Untuk saat ini, jahe yang populer di pasaran yaitu jahe kuning, jahe gajah, dan jahe merah.

Air Jahe, Minuman Jahe, Manfaat Air Jahe, Minuman Jehe, Rempah jahe, Khasiat Air Jahe

Namun tahukah anda? bahwa sebenarnya air jahe juga mampu membantu meredakan atau menyembuhkan penyakit. Dengan cara diminum, air jahe sudah bisa dikomsumsi. Jenis minuman herbal atau obat ini akan lebih efektif ketika anda minum sebelum pergi tidur atau saat pagi hari sesudah bangun tidur.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Air Jahe

Jahe serta air jahe sudah dikenal sejak dahulu sebagai salah satu bahan alami yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi agar mendapatkan nutrisi dan khasiat dari minuman jahe, teman-teman perlu untuk rutin saat mengomsumsinya baik sebelum tidur dan saat bangun tidur di pagi hari.

Kandungan gizi dan nutrisi pada air jahe juga perlu kita ketahui. Tentu saja, minuman herbal ini memiliki bermacam kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Lalu apa saja kandungan gizi dan nutrisi air jahe?

Loading...
Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan
Kalori 80kcal
Karbohidrat 17,77g
Air 78,89g
Protein 1,82g
Gula 1,7g
Serat 1,7g
Lemak 0,75g
Vitamin A 0µg
Vitamin C 5mg
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0mg
Vitamin B1 (Thiamine) 0,025mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,034mg
Vitamin B3 (Niacin) 0,75mg
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,203mg
Vitamin B9 (Folat) 11µg
Kalsium 16mg
Zat Besi 0,6mg
Magnesium 43mg
Fosfor 34mg
Potassium (Kalium) 415mg
Sodium 13mg
Seng (Zinc) 0,34mg

Manfaat Air Jahe untuk Pengobatan Penyakit

1. Mampu Mengatur Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mampu memengaruhi banyak organ dalam tubuh. Bagaimana tidak? karena kadar gula darah yang tinggi pada diabetes mampu menyebabkan banyak komplikasi. Dampak yang bisa terkena ialah jantung, ginjal, pembuluh darah, mata, dan juga sistem saraf.

Nah, salah satu manfaat dari air jahe ialah mampu mengatur kadar gula darah bagi penderita atau pengidap diabetes. Karena sifat antiradang dalam jahe juga mampu mencegah adanya komplikasi diabetes layaknya retinopati, stroke, atau pun penyakit jantung.

2. Meredakan Segala Nyeri dan Sakit

Meredakan nyeri dan sakit juga merupakan salah satu manfaat dari air jahe yang perlu kita ketahui. Ini disebabkan karena gingerol dan fenol yang merupakan senyawa kimia yang terkandung pada jahe mampu memberikan sifat anti nyeri yang bisa meredakan rasa sakit.

Kedua senyawa kimia gingerol dan fenol juga mampu meredakan beberapa penyakit lain seperti gejala iritasi lambung, meredakan nyeri otot setelah melakukan aktivitas olahraga, bahkan hingga meredakan kram perut saat menstruasi.

3. Menurunkan Berat Badan

Berat badan merupakan salah satu syarat agar tubuh tampil ideal seperti apa yang mereka inginkan. Hampir sebagian orang yang memiliki berat badan berlebih mengeluh akan berat badannya. Tapi jangan khawatir, karena air jahe ini mampu membantu teman-teman yang memiliki berat badan berlebih untuk menurunkannya.

Beberapa peneliti telah melaporkan bahwa dengan rutin meminum air jahe yang hangat setelah beres makan, maka akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama dibanding biasanya. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengurangi sedikit nafsu makan.

Manfaat Air Jahe untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Mampu menghilangkan mual ataupun muntah-muntah

5. Membantu melawan peradangan rematik serta osteoarthritis

6. Kaya akan aktioksidan untuk melawan risiko penyakit kronis

7. Mampu melancarkan sistem pencernaan

8. Membantu menyehatkan otak

9. Melindungi dari sinar UV

10. Mampu menyembuhkan migrain

11. Membantu menjaga kesehatan tekanan pada darah

12. Mampu mengurangi nyeri pada otot

13. Memberikan khasiat pada pengidap osteoarthritis

14. Mampu mengurangi peradangan

15. Membantu kesehatan kardiovaskular

16. Memberikan kekuatan pada sistem kekebalan tubuh

17. Menyembuhkan alergi

18. Membantu untuk mencegah kanker usus

19. Mencegah terjadinya rambut rontok

20. Memberikan kehangatan di tenggorokan

21. Mencegah terjadinya selulit

22. Membantu pengobatan disfungsi ereksi

23. Menjaga sistem pencernaan yang ada.

Manfaat Air Jahe untuk Wajah

1. Mampu Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata atau mata panda merupakan salah satu masalah yang mampu menggangu penampilan pada wajah anda. Bagaimana tidak? lingkaran hitam pada bawah mata tentunya sangat menggangu penampilan. Banyak orang yang melakukan operasi kecil hanya untuk mengeluarkan isi daripada kantung mata tersebut sehingga hasilnya akan hilang.

Namun bagi anda yang tidak ingin operasi dan melakukannya secara alami maka wajib untuk mencoba air jahe ini. Untuk penggunaannya cukup usap atau kompres menggunakan air jahe menggunakan waslap. Lakukanlah hal tersebut dengan rutin ya.

2. Membantu Mengatasi Jerawat

Sama seperti kantung mata, jerawat merupakan masalah yang dapat mengganggu penampilan. Hampir semua orang mengalami masalah yang sama dan mengeluh karena adanya jerawat yang membuat tampil tidak percaya diri. Nah, bagi anda yang berjerawat bisa mencoba menggunakan air jahe.

Untuk penggunaanya cukup anda haluskan satu ruas jahe berukuran sedang, lalu campur dengan madu sebanyak 2 sendok makan, setelah itu dinginkan pada kulkas. Nah, jika sudah dingin maka anda dapat mengoleskannya pada wajah yang mempunyai jerawat.

3. Menghilangkan Muka Berminyak

Menghilangkan atau mengurangi muka berminyak juga merupakan salah satu manfaat dari air jahe. Bagi anda yang mempunyai muka berminyak lebih baik cepat di atasi, karena muka berminyak mampu menimbulkan masalah lain seperti mudah berjerawat dan komedo. Nah, untuk mengatasinya anda dapat menggunakan perasan air jahe.

Untuk cara penggunaanya cukup siapkan 4 sendok makan air jahe, satu sendok makan bubuk kayu manis, satu sendok makan bubuk pala, lalu aduk hingga hasilnya merata. Jika sudah, tinggal anda oleskan pada wajah.

Manfaat Air Jahe untuk Wajah Lainnya

4. Menghilangkan bintik hitam

Manfaat Air Jahe untuk Tubuh

1. Menghilangkan Bekas Luka

Bagi anda yang memiliki bekas luka entah karena terjatuh, kecelakaan, atau hal lainnya maka wajib untuk mencoba air jahe ini untuk menghilangkan bekas luka pada tubuh. Memang, untuk menghilangkan bekas luka tidak mudah untuk dilakukan. Tapi jika anda rutin melakukan dengan mengoles perasan air jahe maka mampu untuk menghilangkannya.

2. Mencegah Penuaan Dini

Hampir seluruh orang ingin menjauhkan atau mencegah dari penuaan dini. Bagaimana tidak? karena penuaan dini sangat menggangu sekali di umur anda yang masih muda akan terlihat tua. Nah, untuk mencegah penuaan dini tersebut bisa anda cegah menggunakan air jahe yang di komsumsi secara rutin di malam hari.

3. Membakar Lemak pada Tubuh

Salah satu manfaat dari jahe juga ialah membakar lemak yang ada pada tubuh. Para peneliti telah melaporkan bahwa mengkomsumsi air hangat yang memiliki kandungan larutan jahe di dalamnya akan mengalami rasa kenyang yang tidak seperti biasanya.

Manfaat Air Jahe untuk Tubuh Lainnya

4. Membantu serta Mendukung Kesehatan pada Saraf

Manfaat Air Jahe untuk Diet

1. Membantu Mengurangi Hormon Kortisol

Perlu anda ketahui, hormon kortisol adalah hormon yang dilepaskan saat kadar yang sangat tinggi atau ketika seseorang mengalami stres. Nah, hormon ini yang mampu menimbulkan rasa lapar pada perut anda dan selalu ingin makan secara terus menerus. Oleh karena itu, anda jangan terheran-heran ketika ada orang yang selalu makan terus-menerus saat ia marah.

Saat ini jahe telah terbukti cukup efektif untuk menghilangkan produksi hormon kortisol saat anda merasakan stres. Itu disebabkan karena efek hangat yang mampu memberikan relaksasi pada tubuh dan pikiran.

2. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat air jahe untuk diet yaitu melancarkan pencernaan. Biasanya orang yang memiliki gemuk berlebih bisa disebabkan oleh proses pencernaan yang kurang baik atau kurang lancar. Karenanya, zat-zat makanan akan menumpuk menjadi beberapa lemak jahat pada tubuh.

Nah, oleh karena itu khasiat rempah-rempah jahe ini mampu melancarkan pencernaan dengan cukup rutin mengkomsumsi secara rutin ya.

3. Mengurangi Lemak pada Tubuh

Manfaat dari air jahe juga mampu mengurangi lemak pada tubuh. Para peneliti telah melaporkan bahwa mengomsumsi minuman herbal ini mampu mengurangi lemak pada tubuh. Itu disebabkan karena dengan mengkomsumsi minuman obat ini mampu menjadikan perut terasa kenyang lebih lama.

Manfaat Air Jahe untuk Diet Lainnya

4. Membuat Tubuh Lebih Bertenaga saat Diet

Efek Samping Air Jahe

Efek samping pada air jahe juga perlu anda ketahui, supaya anda mampu lebih berhati-hati saat mengkomsumsinya. Saat anda minum air jahe sebenarnya aman-aman saja, namun jika anda mengkomsumsi secara berlebihan maka efek samping nya akan fatal juga. Itu bisa menyebabkan perut yang kembung terasa panas, diare, hingga mulas.

Nah, oleh karena itu anda tidak boleh mengkomsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari sesuai anjurannya. Selain itu, mengkomsumsi jahe juga ternyata mampu menyebabkan hal berbahaya ketika anda sedang minum obat pengencer darah. Begitu juga untuk ibu hamil, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter terdekat karena bisa jadi mendapatkan risiko komplikasi.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Sirsak Untuk Pengobatan, Kesuburan, dan Ibu Hamil

Itulah diatas mengenai manfaat  dan khasit air jahe bagi kesehatan wajah, tubuh, ataupun anda yang sedang diet. Semoga artikel kali ini mampu membantu anda mengatasi masalah yang kian menghambat anda. Walaupun memang, jahe juga memiliki efek samping seperti yang saya katakan diatas.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Bio Spray, manfaat Bio Spray, Khasiat Bio Spray
Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1
Manfaat Kurma, Khasiat Buah Kurma, Kurma
Air Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda
Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat
Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal
Alpukat, Avokad, Apokat, Manfaat Buah Alpukat
Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel, Minuman Jus Wortel
Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem
Manfaat Semangka, Semangka, Semngka Merah, Semangka Kuning
Jus Tomat
Cuka Apel
Es Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu
Pare, Manfaat Pare, Khasiat Pare
Susu Kedelai, Manfaat Susu Kedelai, Kedelai
Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri, Khasiat Daun Seledri, Seledri
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja
Jus Alpukat, Jus Buah Alpukat, Minuman Alpukat
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A
Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun
Advertisements
To Top