Connect with us

49 Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Pengobatan, Kecantikan dan Diet

Minuman

49 Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Pengobatan, Kecantikan dan Diet

Manfaat Air Kelapa Tua – Air kelapa merupakan minuman yang populer untuk rakyat Indonesia, dengan dicampur sedikit kupasan kelapa, menambah rasa minuman tersebut dan telah lama dipercayai mempunyai manfaat dan khasiat saat kita meminum air kelapa bagi tubuh manusia. Manfaat  air kelapa bagi tubuh manusia sangat banyak yaitu manfaat untuk mengobati penyakit, untuk meningkatkan kesehatan, untuk kecantikan kulit, dan kecantikan rambut. Namun, tanpa bukti ilmiah atau uji klinis akan manfaat air kelapa tersebut.

Air Kelapa Tua, Manfaat Air Kelapa Tua

Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, semua yang diyakini orang dahulu dapat dibuktikan secara ilmiah atau uji klinis dengan mengkaji kandungan-kandungan manfaat air kelapa. Salah satu bukti bahwa air kelapa mempunyai manfaat dan khasiat bagi tubuh adalah banyaknya produk-produk hasil olahan dari air kelapa atau dari bagian-bagian kelapa sendiri.

Kandungan Air Kelapa Tua

Buah kelapa yang tua mengandung kalori tinggi sebesar 359 kal per 100 gram; daging kelapa setengah tua kalori 180 kal per 100 gram dan daging kelapa muda mengandung kalori sebesar 68 kal per 100 gram.

Air kelapa umumnya kaya gizi, air kelapa mengnadung 4,7 persen total padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Unsur makro dan mikro yang ada dalam air kelapa seperti unsur makro adalah karbon dan nitrogen. Unsur karbon dalam air kelapa berupa karbohidrat sederhana misalnya fruktosa, inositol, sukrosa, dan lain-lain. Unsur nitrogen yang berupa proten, tersusun dari asam amino misalnya alin, alanin, serin, arginin dan sistin. Sebagai gambaran, kadar asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi.

Loading...

Air kelapa mengandung mineral yang sebagai unsur mikro bagi tubuh. Mineral yang terdapat dalam air kelapa adalah magnesium (Mg), fosfor (P), Kahum (K),  kalsium (Ca), Sulfur (S), natirum (Na), cuprum (Cu).

Jika lebih diteliti, ternyata air kelapa juga mengandung vitamin C, asam nikotinat, asam folat, riboflavin, asam nikotinat, dan pantotenat.

Manfaat Air Kelapa Tua Pengobatan Penyakit dan Kesehatan

1. Penetral Racun

Air kelapa muda memiliki khasiat dan manfaat sebagai obat terhadap berbagai penyakit. Manfaat air kelapa yang dapat menjaga kesehatan anda yang paling utama adalah menetralkan racun dalam tubuh. Cara mendapatkan manfaat air kelapa dalam menetralkan racun adalah menyediakan 1 butir kelapa hijau yang kepalanya dilubangi ujungnya, lalu gunakan sedotan untuk meminum air kelapa tersebut.

2. Makanan Bergizi Bagi Anak

Air kelapa juga bermanfaat dan berkhasiat bagi ana-anak jika air kelapa muda dicampurkan dengan susu. Cara membuat ramuan tersebut sangatlah mudah, dengan membuat susu yang diseduh terlebih dahulu, lalu gunakan air panas sedikit kemudian campurkan dengan air kelapa hijau sebagai air pengencer susu tersebut.

3. Demam Berdarah

Ternyata air kelapa dapat menyembuhkan demam berdarah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis yang dilakukan secara teratur untuk manfaat air kelapa penyembuhan demam berdarah maksimal, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh anda dalam melawan virus dalam darah. Cara membuatnya adalah dengan menyediakan 1 butir buah kelapa dan 1 butir jeruk nipis, yang buah kelapa dilubangi ujungnya, jeruk nipis diperas untuk dimasukkan ke dalam buah kelapa dan diaduk hingga merata, lalu minum sebanyak 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore.

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Pengobatan Penyakit dan Kesehatan Lainnya

4. Mengobati Disentri.

5. Mengobati Kencing Batu.

6. Mengobati Influenza.

7. Mengobati Sakit Panas Dalam.

8. Mengobati Sakit Gigi Berlubang.

9. Mengobati Rasa Panas Dari Luka Bakar.

10. Membuat Suara Merdu.

11. Demam Cikungunya.

12.  Mengusir Cacing Kremi.

13. Meningkatkan Gairah Seksual atau Vitalitas Pria.

14. Sakit Panas.

15. Membersihkan Darah.

16. Menurunkan Berat Badan.

17. Mengontrol Diabetes.

18. Mengatasi Hipertensi ( Tekanan Darah Tinggi).

19. Sebagai Antioksidan.

20. Obat Mencret.

21. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular.

22. Menambah Nafsu Makan.

23. Mengatasi Sakit Kepala.

24. Mengatasi Brokhitis Kronis.

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Wajah

1. Mencegah Kerutan Wajah

Kerutan wajah membuat kita terlihat tampak tua, namun anda tak usah khawatir dengan biaya yang mahal dalam menghilangkan atau perawatan wajah anda, karena air kelapa dapat anda gunakan dalam menghilangkan kerutan wajah dengan membasuh wajah menggunakan air kelapa yang dilakukan secara rutin, agar manfaat air kelapa dalam mencegah dan menghilangkan kerutan wajah dapat anda dapatkan secara maksimal.

2. Mencegah penuaan dini

Kandungan Asam lemak jenuh yang di sebut sebagai sitokin atau asam laurat merupakan salah satu elemen penting yang di butuhkan dalam proses regulasi dan pertumbuhan sel kulit. Kedua elemen ini berfungsi untuk menghambat terjadinya penuaan pada kulit wajah maupun kulit tubuh lainnya. Selain itu, kandungan Antitrombotik serta Antikarsinogenik dapat menjaga jaringan kulit serta menyeimbangkan Ph pada kulit. Terlebih kandungan cytokinin pada air kelapa berkhasiat sebagai Antikanker dan Antipenuaan.

3. Obat jerawat

Pertama, siapkan air kelapa sebanyak 1 gelas, kemudian campurkan dengan 3 sendok makan bubuk kunyit yang telah di parut, lalu simpan dalam lemari es semalaman. Setelah itu, saring hampas kunyit dengan kain dan oleskan airnya pada permukaan kulit secara merata, beri sedikit gosokan dan biarkan selama 20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air sampai bersih. Ulangi cara diatas beberapa kali dalam seminggu secara rutin .

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Wajah Lainnya

4. Menghilangkan flek hitam pada kulit wajah

5. Menyegarkan kulit wajah

6. Mengatasi kulit berminyak

7. Melembapkan kulit wajah

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kesuburan

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Ibu Hamil dan Menyusui

1. Mencegah Kram Kaki

Keluhan kram kaki sering terjadi pada ibu hamil karena tubuh kekurangan kalium. Air kelapa pada 1 buah kelapa (330 ml) mengandung 670 mg, sementara tubuh membutuhkan sekitar 4700 mg saat hamil dan 3000 mg secara umum dan penelitian di Inggris bahwa kebutuhan kalium minmal 1600 mg. Apabila  anda mengonsumsi 3 jenis buah ataupun lauk selama 3 hari yang kaya akan kalium, maka anda tidak perlu membutuhkan suplemen, cukup dengan air kelapa dan buah-buahan lainnya.

2. Anti Penyakit

Sifat anti penyakit dari manfaat air kelapa tentu saja sangat penting karena daya tahan pada saat ibu hamil akan berkurang, maka dari itu perlunya anda mengonsumsi air kelapa muda yang mengandung asam lauric, dengan fungsi sebagai penawar racun dan  anti penyakit. Asam lauric adalah zat yang terdapat dalam air susu ibu serta mempunyai karakter anti jamur, anti bakteri dan anti virus.

3. Membantu Pencernaan

Pada saat masa kehamilan plasenta memproduksi hormon progesteron yang dapat memperlambat kontraksi otot lambung sehingga perlunya meningkatkan sistem pencernaan dan memperbaiki fungsinya dengan mengonsumsi air kelapa. sehingga membuat pencernaan anda menjadi lebih lancar.

Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Lainnya

4. Melancarkan Saluran Kemih.

5. Mengatasi Heartburn Pada Ibu Hamil.

6. Membantu Mengurangi Morning Sickness.

7. Terhindar Dari Dehidrasi Ibu.

8. Mengobati Kolera.

Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Rambut

1. Mencegah Uban.

2. Mencegah dan Mengatasi Ketombe.

3. Rambut Lebih Bercahaya.

Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Kulit

1. Gatal dan Eksim.

2. Mencegah Penuaan.

3. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat.

Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Diet

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

2. Daging buah kelapa sebagai sumber serat baik

3. Menurunkan berat badan

4. Membersihkan pencernaan

Efek Samping Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia :

  1. Bukan Minuman Ideal Bagi Olahragawan (Atle)
  2. Meningkatkan Kalori Dalam Tubuh
  3. Tidak Baik Bagi Orang Rentan Terhadap Alergi
  4. Kandungan Diuretik Alami
  5. Penyebab Ketidakseimbangan Elektrolit
  6. Efek Pencahar Alami Bagi Tubuh
  7. Meningkatkan Kadar Gula Darah Tubuh
  8. Menurunkan Tekanan Darah Terlalu Banyak
  9. Harus Dikonsumsi Tepat Setelah Membuka Kemasan

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Hijau Untuk Pengobatan, Kesuburan, Pencernaan dan Bumil

Sebenarnya ada banyak lagi manfaat dan khasiat dengan kita meminum air kelapa bagi kesehatan tubuh, namun masih belum terungkap. Jadi karena anda telah mengetahuinya jangan ragu ya untuk mengkonsumsinya. Tetapi satu hal yang perlu di ingat jangan mengkonsumsi air kelapa terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan akan berakibat tidak baik untuk kesehatan.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top