Connect with us

84 Manfaat Air Kelapa Untuk Pengobatan, Tubuh, Wajah, Rambut dan Diet

Minuman

84 Manfaat Air Kelapa Untuk Pengobatan, Tubuh, Wajah, Rambut dan Diet

Manfaat Air Kelapa – Air Kelapa adalah salah satu minuman alami dari alam yang kita semua pastinya sudah tidak asing lagi. Indonesia merupakan wilayah tropis yang pastinya kita sangat mudah untuk menemui-nya disekitar kita. Air yang ada di dalam buah kelapa ini banyak sekali manfaatnya, baik itu untuk kesehatan, kecantikan, pengobatan dan berbagai kebaikan yang lainnya.

Air Kelapa, Manfaat Air Kelapa, Khasiat Air Kelapa

Selain memiliki manfaat yang banyak, juga perlu di ingat untuk Anda yang memiliki penyakit tertentu jangan mengkonsumsi atau paling tidak meminimalisir untuk mengkonsumsi minuman herbal ini, karena selain memiliki manfaat yang banyak juga ada efek sampingnya. Kali ini kami bahas secara tuntas mengenai berbagai manfaat dan efek samping dari air kelapa tersebut.

Daftar Isi Manfaat

Kandungan Air Kelapa

1. Protein
2. Lemak
3. Hidrat arang (karbohidrat)
4. Kalsium (potassium)
5. Zat besi
6. Fosfor dan gula (terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa)
7. Asam aspartat
8. Arginine
9. Lisin
10. Leusin
11. Tirosin
12. Alanine
13. Fenilalanin
14. Serin
15. Histidin
16. Sistin
17. Asam glutamat
18. Vitamin C
19. Asam folat
20. Asam nikotinat
21. Biotin (Vitamin B7)
22. Asam pantotenat
23. Riboflavin (Vitamin B2).

Manfaat Air Kelapa untuk Pengobatan Penyakit dan Kesehatan

1. Memperbaiki masalah pencernaan

Air kelapa ini ternyata bisa untuk memperbaiki masalah pada pencernaan. Pada umumnya, biasanya untuk gangguan pada sistem pencernaan tersebut terdiri dari susah buang air besar. Ini merupakan salah satu obat alami yang cukup efektif untuk melancarkan sistem pencernaan, selain itu fungsi yang lainnya juga bisa mengurapi racun dan sampah yang ada di dalam tubuh. Tentu saja ini akan bisa membuat buang air besar lebih lancar.

Loading...

2. Menyembuhkan alergi kulit

Kita tahu bahwa alergi ini bukanlah salah satu penyakit yang mudah untuk disembuhkan, namun obat herbal dari buah kelapa ini ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkannya. Seperti yang kita ketahui bahwa air dari buah kelapa ini memiliki kemampuan untuk mengurangi bakteri, jamur dan virus yang dalam hal ini menjadi penyebab dari alergi kulit. Jika Anda minum obat dan salep baik disertai dengan air kelapa.

3. Mengobati Migrain

Seperti yang kita kenal bahwa migrain atau sakit kepala sebelah ini tentu saja akan sangat mengganggu sekali. Maka dari itu banyak juga obat migrain yang bisa kita temukan, namun sebenarnya solusi yang lainnya yaitu dengan kita meminum air kelapa tersebut yang kaya dengan kandungan magnesium. Sehingga bisa menyembuhkan migran.

Manfaat Air Kelapa untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Menurunkan kolesterol
5. menghilangkan resiko depresi
6. Menghilangkan dehidrasi
7. Meningkatkan kekebalan Tubuh

Manfaat Air Kelapa untuk Wajah

1. Atasi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah pada wajah yang sering kali membuat jengkel. Namun kali ini jangan khawatir, karena dengan menggunakan air ini Anda bisa mengatasinya. Caranya cukup mudah, pertama dengan menyiapkan 1 gelas air kelapa saja. Selanjutnya dicampurkan dengan tiga sendok makan kunyit dalam bentuk bubuk yang sudah di parut. Baru kemudian simpan di lemari es selama semalam. Baru kemudian Anda oleskan air ke permukaan kulit dengan merata. Selanjutnya Anda gosok sedikit, lalu Anda biarkan kurang lebih selama 20 menit. Keesokan harinya baru bisa Anda bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

2. Mencerahkan kulit

Kalau wajah kita sering terkena sinar matahari, maka bisa Anda lakukan pencucian dengan menggunakan air kelapa muda dua kali dalam sehari. Hal tersebut sebenarnya berguna untuk menjaga serta berguna untuk meningkatkan kecerahan pada kulit. Anda bisa mengoleskannya dengan di campur dengan buah mentimun yang di blender, jika sudah Anda oleskan baru kemudian di basuh dengan menggunakan air. Ini akan dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan menarik.

3. Bercak hitam

Untuk Anda yang saat ini mempunyai flek hitam, jangan khawatir. Karena ternyata air buah kelapa sangat baik untuk memudarkan flek hitam tersebut. Anda bisa menggunakan campuran air kelapa tua dengan menggunakan beberapa potongan kunyit, cuci wajah Anda kurang lebih dua kali sehari. Dalam hal ini perlu untuk Anda ingat bahwa tidak akan mendapatkan hasil langsung akan tetapi butuh waktu serta bisa Anda lakukan secara rutin.

Manfaat Air Kelapa untuk Wajah Lainnya

4. Membersihkan pori-pori kulit
5. Atasi kulit kering
6. Melembapkan wajah
7. Menutrisi kulit wajah

Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

1. Sistem imun menguat

Bagi sebagian orang memang tidak mudah sakit, hal ini karena system imun yang ada di dalam tubuh Anda membaik. Dalam hal ini air buah kelapa mempunyai kemampuan untuk menghilangkan bakteri pada tubuh yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan infeksi pada saluran pencernaan. Air buah kelapa juga bisa melawan virus yang menyebabkan demam, tifus, dan infeksi.

2. Energi meningkat

air kelapa untuk tubuh ternyata bisa menjadikan lebih berenergi, ini karena kelapa bisa meningkatkan kinerja hormone yang ada di dalam tubuh yaitu tiroid. Sampai ke tingkat sel, tubuh Anda pun juga terasa menjadi lebih berenergi.

3. Organ-organ Tubuh bekerja lebih baik

Seperti yang kita tahu bahwa air kelapa ini bisa menghilangkan racun dan bisa juga memecah batu ginjal. Bahan tersebut juga berperan untuk diuretik alami yang bisa membantu untuk para penderita penyakit ginjal. Saluran kencing tersebut juga lebih bersih, begitu pula dengan usus.

Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh Lainnya

4. Sistem pencernaan membaik
5. Berat badan menurun
6. Menghilangkan Toxin pada Tubuh
7. Membuat Tubuh Lebih Fresh

Manfaat Air Kelapa untuk Rambut

1. Menghilangkan ketombe pada rambut

Ketombe, memang sering membuat kepercayaan diri kita menurun. Apalagi kalau ketombe tidak terkontrol dan sering kali jatuh ke pakaian. Maka dari itu dalam hal ini untuk mengatasi yang Namanya ketombe tersebut Anda bisa menggunakan campuran air kelapa hijau dengan garam.

Anda siapkan satu biji kelapa hijau yang utuh kemudian siapkan satu sdm garam halus, baru kemudian pecahkan kelapa pada bagian ujungnya dan masukkan garam. Berikutnya Anda tutup kelapa dengan memakai kain tipis, baru kemudian diamkan selama dalam beberapa jam. Nah baru kemudian Anda bisa menggunakannya untuk keramas sebelum tidur, jangan lupa untuk membungkus kepala dengan handuk. Untuk memperoleh hasil yang terbaik, maka Anda bilas rambut keesokan hari setelah bangun tidur.

2. Mencegah tumbuhnya rambut beruban

Hal tersebut sama halnya dengan ketombe, rambut yang beruban ini dapat mengurangi kepercayaan diri dari seseorang. Dengan munculnya uban yang ada di rambut, ini merupakan pertanda bahwa usia tak lagi muda. Namun akhir-akhir ini anak muda pun juga tak luput dari rambut beruban. Maka dari itu untuk mencegah rambut beruban tersebut Anda bisa menggunakan air kelapa hijau dengan menggunakan garam halus. Anda bisa melakukan caranya seperti menghilangkan ketombe tadi.

3. Mempercepat pertumbuhan rambut

Selain kedua manfaat diatas ternyata juga bisa kita mendapatkan rambut panjang dengan lebih cepat yaitu dengan menggunakan air kelapa. Anda bisa menggunakan air kelapa hijau yang masih muda atau tua sekalipun. Manfaat yang Anda dapatkan akan sama. Caranya mudah, gunakan air ini setiap kali Anda keramas. Diamkan selama beberapa jam sebelum di bilas dengan air.

Manfaat Air Kelapa untuk Rambut Lainnya

4. Mengurangi rambut rontok
5. Mencegah rambut bercabang
6. Menguatkan akar rambut
7. Menutrisi rambut dengan maksimal
8. Mempercepat pertumbuhan rambut
9. Memberi kilau hitam alami pada rambut
10. Mencegah kebotakan rambut
11. Melembapkan rambut yang kering
12. Mengatasi kulit kepala gatal
13. Mengatasi bau apek pada kepala
14. Mengurangi minyak pada kulit kepala
15. Mencegah rambut lepek

Manfaat Air Kelapa untuk Diet

1. Membantu Memecah Lemak

Air kelapa ini juga bisa membantu dalam memecahkan lemak serta kolesterol yang terdapat di dalam tubuh. Meskipun hal tersebut tidak bisa efektif untuk jangka waktu yang singkat, akan tetapi tetap saja membutuhkan supaya pembakaran lemak serta mencegah munculnya penyakit jantung serta kondisi tubuh yang tetap prima, disaat Anda pada saat Anda sedang melaksanakan diet.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tidak bisa dipungkiri kalau air kelapa ini tentunya sangat baik digunakan dalam membantu seluruh proses metabolisme yang sedang berlangsung pada berbagai organ tubuh. Fungsi tersebut tidak terlepas dari adanya kandungan air serta mineral yang tentunya cukup beraneka ragam dengan manfaatnya yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Hal tersebut baik pada saluran pencernaan, kemudian pada peredaran darah, kulit ataupun pada yang lainnya.

Dengan menggunakan air pohon kelapa ini juga bisa mempercepat pemulihan ataupun regenerasi sel yang rusak atau mati yang bisa saja dialami seseorang sewaktu diet. Akan tetapi dalam hal ini tentu saja air buah kelapa tersebut hanya berperan digunakan untuk membantu, tidak bisa berdiri sendiri untuk melaksanakan fungsinya tersebut.

3. Sumber Serat yang Tinggi

Air kelapa ini memang cendierung lebih sehat ketika digunakan untuk diet. Karena bisa mengoptimalkan penyerapan gizi dan nutrisi dengan adanya serat yang dimiliki oleh kelapa. Kelapa sendiri memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi, sehingga airnya cenderung lebih sehat untuk dikonsumsi untuk diet.

Manfaat Air Kelapa untuk Diet Lainnya

4. Memenuhi Kebutuhan Vitamin B dan Potasium
5. Rendah Kalori
6. Dapat Menjadi Minuman Pengganti yang Manis
7. Bersifat Diuretik

Manfaat Air Kelapa untuk Kesuburan

1. Membantu melancarkan menstruasi

Pada saat mengalami menstruasi, biasanya seorang wanita juga akan mengalami yang Namanya kehilangan cairan tubuh yang rata-rata perharinya mencapai 500 cc. Hal tersebut tidaklah termasuk keringat yang perharinya tubuh kita bisa mengeluarkan mencapai 2 liter. Nah dengan kondisi demikian itu maka tentu saja tubuh membutuhkan asupan cairan untuk menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi. Seperti yang kita tahu bahwa air kelapa ini mempunyai kandungan elektrolit dan disertai dengan berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk mensuplai cairan tubuh.

2. Membantu meningkatkan gairah seksual

Selain bisa mengatasi masalah disfungsi ereksi atau kita sering menyebutnya dengan impoten, kandungan air kelapa ini juga memiliki berbagai macam unsur nutrisi yang bisa dipercaya mampu meningkatkan gairah seksual, terlebih pada saat kaum pria hasratnya sedang menurun.

3. Untuk mengatasi ejakulasi dini

Ejakulasi dini merupakan hal yang sering dialami oleh seorang pria, sehingga tidak bisa memberikan kepuasan pada pasangan. Dengan Anda minum secara teratur maka bisa membantu Anda memperoleh klimaks yang tahan lama.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesuburan Lainnya

4. Membantu membersihkan rahim
5. Mencegah kemandulan
6. kualitas sperma meningkat
7. Membantu Mengatasi Disfungsi Ereksi

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Dari penelitian yang sudah ada, bagi orang yang mempunyai kadar kalium rendah biasanya memiliki tekanan darah tinggi. Maka dari itu dengan menggunakan air kelapa yang memiliki kandungan kalium, dalam hal ini bisa membantu untuk mengatur tekanan darah yang ada di dalam tubuh. Menurut penelitian terbaru juga menyebutkan kalau ternyata air ini juga bisa membantu untuk meningkatkan HDL, yang tentu saja sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sehingga sangat lumrah ketika ini bisa membantu bunda untuk menghindarkan dari penyakit kardovaskular.

2. Mencegah Dehidrasi

Bagi ibu hamil biasanya elektrolit alami yang ada di dalam tubuh akan terbuang, dan ini menyebabkan yang Namanya morning sickness selama dalam masa kehamilan. Maka dari itu air dari buah kelapa dalam hal ini bisa menggantikan elektrolit tubuh, serta bisa mencegah yang Namanya dehidrasi. Dalam hal ini bunda bisa meminum air buah kelapa yang masih muda sebanyak dua kali dalam sehari, ini untuk menjaga sistem pencernaan dan menambah cairan pada tubuh. Masalah dehidrasi selama kehamilan berbahaya bagi janin, jadi jangan sampai terjadi hal tersebut.

3. Menambah Energi

Air kelapa muda ini memiliki kandungan kalium, kalsium, dan klorida yang dalam hal ini merupakan sebagai salah satu mineral terbaik yang berguna untuk meningkatkan energi pada ibu hamil. Selain itu, air ini memiliki kandungan kadar elektrolit alami yang cukup tinggi. Di dalam air tersebut terdapat berbagai nutrisi baik contohnya seperti serat, mangan, vitamin C, riboflavin dst.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil Lainnya

5. Melancarkan Sirkulasi Darah
6. Mencegah Infeksi Saluran Kemih
7. Menjernihkan Air Ketuban
8. Menjaga Berat Badan Sehat
9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
10. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

1. Pengganti Cairan Tubuh Alami

Bagi seorang bunda yang sedang menyusui pastinya akan sangat banyak kehilangan yang Namanya cairan di tubuhnya. Anda bisa minum air putih, sehingga ini akan cukup membantu. namun dalam hal ini jika Anda masih merasa haus meskipun sudah minum banyak air maka perlu waspada bahaya dehidrasi. Yang Namanya dehidrasi akan sangat berbahaya bagi ibu yang menyusui.

2. Meningkatkan Produksi ASI

Air kelapa ini sangat dimungkinkan dengan kandungan yang dimilikinya bisa menjaga cairan tubuh dan bisa membuat produksi asi meningkat lebih baik.

3. Pencegah berbagai penyakit

Tanin merupakan sebagai salah kandungan yang ada di air buah kelapa, tanin ini mempunyai sifat anti bakteri. Sehingga ini memiliki fungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang terdapat di tubuh. Dengan minum air dari buah kelapa ini maka buah hati akan bisa terlindungi dari infeksi penyakit. Kemudian selain itu, dengan Anda mengkonsumsi air buah kelapa tersebut, maka tentunya Anda juga bisa meningkatkan kandungan asam kaprat dan kadar asam laurat yang ada di tubuh Anda sehingga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi Anda melalui ASI yang diminumnya.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui Lainnya

4. Memperlancar Pencernaan
5. Sumber Energi Alami
6. Dapat Meningkatkan HDL di Tubuh
7. Menambah gizi pada ASI

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Mawar untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Air Kelapa untuk Anak dan Bayi

1. Anti dehidrasi

Untuk Anda yang kebetulan tinggal di Indonesia, memang tidak dipungkiri bahwa panas yang menyengat bisa membuat bayi dan bahkan orang dewasapun mengalami yang Namanya heat stroke akibat dari dehidrasi. Maka dari itu dengan mengkonsumsi air kelapa dalam hal ini sangat dianjurkan karena sebagai sumber rehidrasi yang sangat baik.

2. Membasmi penyakit di saluran cerna

Pada saat di bayi sakit perut atau mengalami permasalahan dengan penernaannya, maka bisa saja kehilangan banyak cairan karena muntah atau diare. Jika terkena dehidrasi maka bayi tersebut akan beresiko mengalami masalah pada saluran cerna.

3. Menyembuhkan konstipasi

Banyak orang tua yang khawatir karena terjadinya konstipasi pada anak. Penyebabnya yaitu anak kekurangan air atau makanan yang memiliki serat. Nah, maka dari itu dengan rutin ibu bisa memberikan air kelapa, sehingga mama bisa mencegah konstipasi. Air ini sudah sangat dikenal sebagai sumber serat yang baik, dan tentu saja juga kaya akan elektrolit yang digunakan untuk membantu menyembuhkan konstipasi.

Manfaat Air Kelapa untuk Anak dan Bayi Lainnya

4. Antibakteri
5. Mengatasi infeksi saluran kemih
6. Melancarkan Pencernaan
7. Mengatasi Alergi

Manfaat Air Kelapa Bagi Pria

1. Menjaga kelembapan kulit pria.
2. Memberikan energi dan serat serta elektrolit yang cukup digunakan untuk saraf, otot serta pada pencernaan
3. Membersihkan saluran kencing dan menjaga ginjal menjadi tetap sehat.
4. Membersihkan racun dan oksidan yang memang sudah teruji semenjak ribuan tahun dan banyak budaya.
5. Mampu untuk meningkatkan motilitas sperma pada pria.

Manfaat Air Kelapa Bagi Wanita

1. Minuman sehat saat hamil
2. Menyembuhkan infeksi saluran kemih
3. Membantu penurunan berat badan
4. Baik untuk kulit
5. Menyembuhkan rasa terbakar di vagina

Efek Samping Air Kelapa

  1. Bahaya bagi penderita diabetes, karena memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Dalam secangkir air buah ini memiliki kandungan 6,26 gram gula. Jadi, mengkonsumsi air dari buah kelapa tentunya harus dihindari oleh penderita diabetes.
  2. Menurunkan tekanan darah, efek samping yang lain dari air kelapa ini menurunkan tekanan darah secara signifikan. Untuk Anda yang menderita tekanan darah rendah dalam hal ini harus membatasi asupannya.
  3. Mempengaruhi tingkat natrium, satu cangkirnya memiliki kandungan 252 mg sodium. Sehingga untuk yang memiliki tekanan darah tinggi dan penyakit jantung harus menghindari membatasi meminumnya.
  4. Membuat Alergi, memang ada beberapa orang yang alergi terhadap makanan dan minuman tertentu. Nah air kelapa tersebut juga bisa menyebabkan reaksi alergi kepada orang-orang tertentu yang alergi terhadapnya.
  5. Mengandung kalori tinggi, efek samping dari ini yaitu membuat berat badan cepat meningkat.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa Untuk Pengobatan, Payudara, Ibu Hamil, Bibir dan Rambut

Air Kelapa merupakan sebagai salah satu bahan alami yang mudah untuk kita temukan terutama di Indonesia, banyak manfaat yang dimilikinya. Namun bukan hanya manfaat saja, akan tetapi juga efek sampingnya perlu untuk Anda perhatikan. Jangan sampai Anda terkena sesuatu hal yang tidak Anda inginkan gara-gara berlebih dalam meminumnya.

Pastikan Anda mengkonsumsinya secara terukur dan sesuai dengan kebutuhan saja, sesuatu yang berlebih pastinya juga tidak akan baik untuk Anda dan kesehatan.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top