Connect with us

33 Manfaat Air Teh Bagi Pengobatan Penyakit, Kecantikan dan Pria

Minuman

33 Manfaat Air Teh Bagi Pengobatan Penyakit, Kecantikan dan Pria

Manfaat Air Teh – Air teh adalah salah satu minuman favorit yang disediakan dalam jamuan makan maupun sekedar menjadi teman kudapan bagi masyarakat Indonesia. Di balik kesederhanaan dari secangkir air teh, ternyata terdapat banyak manfaat tersimpan di dalamnya yang dapat membuat kita para pecinta teh semakin mencintai teh.

Air teh, manfaat air teh

Air teh diyakini memiliki kandungan nutrisi dan gizi bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mempercantik penampilan. Air teh bisa didapatkan dari berbagai macam teh kantong maupun teh tubruk yang sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Bahkan bekas teh yang sudah basi pun juga dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan kecantikan.

Kandungan Air Teh :

  • Polifenol
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Air
  • Protein kasar
  • Serat kasar
  • Abu
  • Kalsium
  • Lemak
  • Energy metabolisme
  • Tannin
  • Lisin
  • Fosfor
  • Sistin
  • Metionin
  • Sistein

Manfaat Air Teh Bagi Pengobatan Penyakit :

1. Membantu menangkal radikal bebas

Di dalam air teh terdapat kandungan oxygen radical absorbance capacity (ORAC) yang bermanfaat untuk menghancurkan radikal bebas. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa radikal bebas dapat memicu rusaknya DNA dalam tubuh. Kerusakan DNA yang terjadi akibat radikal bebas dikaitkan dengan resiko kanker, degenerasi syaraf dan juga penyakit jantung.

2. Menurunkan resiko penyakit stroke dan jantung

Di dalam teh juga terdapat kandungan polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol serta tekanan gula darah. Hal tersebut merupakan pemicu munculnya penyakit jantung dan stroke. Kolesterol jahat di dalam tubuh dapat membentuk gumpalan yang jika membesar dapat memicu serangan jantung bahkan berujung stroke.

Loading...

Air teh memiliki kandungan kaempferol, quercetin dan myricetin yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah serta mencegah pengerasan arteri agar jantung dapat selalu sehat. Meminum teh secara rutin dapat menjaga arteri agar terberas dari sumbatan. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa meminum teh sebanyak 2-3 cangkir setiap hari dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 70% dari pada mereka yang tidak meminumnya.

3. Menjaga kesehatan tulang

Dalam sebuah riset yang membandingkan antara mereka yang meminum teh dan yang tidak ditemukan hasil bahwa peminum air teh selama kurun waktu 10 tahun bahkan lebih memiliki kesehatan tulang yang kuat. Hal ini bahkan juga disesuaikan dengan berat badan, usia, aktivitas olahraga, merokok serta berbagai faktor resiko lainnya.

Para peneliti juga beranggapan bahwa air teh memiliki kandungan phytochemical yang menjadi salah satu zat penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

4. Meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh

Di dalam air teh hijau terdapat kandungan polifeol katekin yang berkhasiat untuk membantu menambah pengeluaran energi di dalam tubuh. Hal ini karena kandungan zat tersebut mampu memiliki sifat mengahangatkan tubuh. Dengan meminum teh hijau ini maka lemak dapat dengan cepat teroksidasi sehingga sistem metabolisme dalam tubuh pun meningkat.

5. Mencegah resiko diabetes

Dalam sebuah riset yang dilakukan tahun 2010 silam menunjukkan bahwa berbagai teh memiliki kandungan kafein. Kandungan tersebut memiliki manfaat yang sangat penting untuk membantu menurunkan resiko terkena penyakit diabetes.

Manfaat Air Teh Bagi Pengobatan Penyakit Lainnya :

6. Membantu melarutkan lemak

7. Membantu mencegah resiko penyakit kanker

8. Menghilangkan rasa kantuk

9. Membantu menurunkan berat badan

10. Membantu meningkatkan mood

11. Menjaga kesehatan gigi

12. Menghambat pembentukan maupun penumpukan kolesterol

13. Mencegah tekanan darah tinggi

14. Mencegah pendarahan

15. Menghindari keracunan

16. Menurunkan kadar gula dalam darah

17. Meningkatkan sistem imun

Baca Juga: Manfaat Air Mawar untuk Pengobatan, Wajah, Kulit, Rambut dan Bibir

Manfaat Air Teh Bagi Kecantikan :

1. Mencerahkan wajah

Kandungan vitamin E yang terdapat di dalam air teh memiliki manfaat yang sangat besar untuk menyehatkan kulit. Vitamin E pun masih tetap ada meskipun teh bisa dibilang sudah basi. Bukan hanya sekedar kandungan vitamin E saja, namun teh juga memiliki kandungan vitamin C mencapai 508 kali lebih banyak dibandingkan dengan kandungan vitamin C di dalam jeruk lemon.

Kedua kandungan vitamin penting di dalam air teh tersebut diyakini ampuh untuk menjaga elastisitas kulit sekaligus mampu menjadikan kulit wajah nampak lebih cerah secara alami. Dengan kulit wajah yang cerah maka penampilan pun menjadi lebih prima dan rasa percaya diri pun bertambah.

2. Membersihkan kulit wajah

Air teh juga bisa digunakan untuk mencuci wajah. Misalnya ketika wajah kita menggunakan make up ataupun sehabis bepergian, tentunya wajah akan penuh dengan debu, kotoran maupun bakteri yang dapat menyumbat pori-pori kulit wajah.

Air teh memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat untuk mengurangi efek negatif pada bakteri maupun kotoran yang menempel di kulit wajah. Dengan demikian wajah akan menjadi bersih dan sehat setiap saat.

3. Membasmi jerawat

Masalah jerawat sangatlah mengganggu dan bisa timbul di wajah siapa saja yang tidak mau menjaga kebersihan kulit wajah. Selain itu pengaruh hormon dan kesalahan pemakaian produk kecantikan juga dapat memicu munculnya masalah jerawat.

Di dalam air teh terdapat kandungan unsur anti bakteri, anti inflamasi dan juga antiseptik yang bagus untuk membasmi bakteri penyebab munculnya masalah jerawat. Bukan hanya itu saja, air teh juga berkhasiat untuk menurunkan jumlah sebum yang menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori hingga mengakibatkan wajah berjerawat.

Adapun kandungan antiinflamasi di dalam teh berkhasiat untuk membantu meringankan peradangan jerawat yang mengganggu di wajah.

4. Mengurangi komedo

Salah satu penyebab utama munculnya komedo di wajah atau bintik hitam pada daerah hidung adalah kurangnya menjaga kebersihan wajah. Selain itu sisa make up yang tidak dibersihkan dengan tuntas juga dapat memicu munculnya masalah komedo. Kandungan vitamin yang terdapat di dalam air teh berkhasiat untuk membantu mengurangi komedo secara bertahap.

5. Mengencangkan wajah

Manfaat lain yang terkandung di dalam air teh adalah untuk menjaga elastisitas kulit wajah dan membuatnya nampak kencang. Dengan kandungan vitamin E di dalam teh menjadikan wajah terhindar dari resiko penuaan dini.

Manfaat Air Teh Bagi Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi kemerahan

7. Menghaluskan wajah

8. Sebagai tabir surya alami

9. Memberikan efek menyejukkan

10. Mengatasi masalah kantung mata

11. Menghilangkan kerutan

12. Melembabkan kulit wajah

13. Menjaga wajah dari sengatan matahari

14. Menyembuhkan luka akibat gigitan serangga

Manfaat Air Teh Bagi Pria :

1. Memperbesar alat vital

2. Meningkatkan gairah seks

Efek Samping dan Bahaya Air Teh :

  • Memicu osteoporosis
  • Mengakibatkan pendarahan
  • Menyebabkan batu ginjal
  • Mengalami serangan jantung
  • Glukoma mata
  • Mengakibatkan kurang darah
  • Tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Mengakibatkan depresi
  • Warna gigi menjadi lebih keruh
  • Menurunkan kualitas ASI
  • Menghambat sirkulasi darah
  • Mengalami gangguan kerongkongan
  • Menghambat penyerapan nutrisi
  • Mengakibatkan sakit kepala atau migrain
  • Menyebabkan alzheimer
  • mengalami gangguan pada lambung
  • Mengalami kerusakan jaringan hati
  • Menyebabkan kanker prostat
  • Memperparah diare

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Untuk Pengobatan, Tubuh, Wajah, Rambut dan Diet

Di dalam air teh terdapat kandungan nutrisi dan gizi penting yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, mempercantik wajah serta bagus untuk pria. Oleh karena itu, teh merupakan salah satu menu minuman rekomendasi yang bagus untuk menemani hari-hari anda.

Mengkonsumsi air teh secara teratur setiap hari sangat baik bagi kesehatan maupun kecantikan, namun harus sesuai dengan takaran. Disamping itu, teh tidak boleh diminum secara berlebihan karena dapat memicu efek samping berbahaya. Minumlah air teh sewajarnya agar anda dapat merasakan manfaatnya dengan maksimal.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top