Connect with us

30 Manfaat Cuka Apel Bragg untuk Pengobatan, Kecantikan dan Diet

Minuman

30 Manfaat Cuka Apel Bragg untuk Pengobatan, Kecantikan dan Diet

Manfaat Cuka Apel Bragg – Cuka apel Bragg merupakan minuman herbal serba guna yang disebut-sebut dapat memberikan efek positif untuk kesehatan. Sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno, cuka dari buah apel merupakan salah satu bahan pengobatan yang banyak dipakai oleh ahli kesehatan di masa lalu. Apa saja manfaat cuka apel yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan? Apakah ada efek sampingnya?

Cuka Apel Bragg, manfaat Cuka Apel Bragg

Apa itu Cuka Apel Bragg? Cuka Apel Bragg merupakan minuman yang dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Setelah cairan apel didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi ditambahkan ke dalam cairan untuk memulai proses fermentasi alkohol. Selain ragi, ditambahkan juga gula dalam cairan apel yang akan diubah menjadi alkohol. Dalam proses fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter).

Kandungan Cuka Apel Bragg

  • Asam asetat
  • Asam gallic
  • Katekin

Ini menjadikan cuka mempunyai manfaat sebagai antioksidan serta antibakteri. Saat ini cuka, terutama cuka apel, mulai kembali dimanfaatkan oleh masyarakat dan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan cuka apel dikabarkan bisa membantu pengobatan penyakit.

Harga Cuka Apel Bragg

Cuka apel bragg menjadi salah satu merk yang banyak dimintai dan digunakan oleh masyarakat. Karena cuka apel brag merupakan cuka apel dengan jenis unfiltered, maka masih terdapat sari apel yang tertinggal dan warnanya juga lebih pekat jika dibandingkan dengan cuka apel yang telah di filter / saring. Untuk harga cuka ape; bragg sekiar 25.000 – 200.000. tergantung berat dan isi dalam satu kemasan.

Loading...

Manfaat Cuka Apel Bragg untuk Pengobatan Penyakit dan Kesehatan

1. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat cuka apel yang banyak dipercaya yaitu membantu Anda menurunkan berat badan. Dilansir dari WebMD, Debbie Davis, RD, seorang ahli gizi menyatakan bahwa cuka apel mungkin berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Sebuah penelitian yang mempelajari efek jangka panjang cuka apel pada kesehatan mmenemukan bahwa konsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan, meskipun memang dalam jumlah yang sedikit.

Pada penelitian manfaat cuka apel tersebut, para peserta diminta mengonsumsi 2 sendok makan cuka sebelum makan besar setiap harinya selama 4 minggu. Rupanya, berat badan yang turun berkisar antara 1-2 kg.

Menurut beberapa ahli, cara menurunkan berat badan yang baik dan benar yaitu tetap dengan menjaga pola makan sehat diiringi dengan olahraga. Anda diminta tidak lantas menjadikan konsumsi cuka apel sebagai satu-satunya cara menurunkan berat badan Anda, tanpa perubahan pola makan atau olahraga.

2. Mengatur kadar gula dalam darah

Ini merupakan salah satu manfaat cuka apel yang paling dikenal. Terutama bagi penderita diabetes, kadar gula dalam darah merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dengan serius. Suatu penelitian yang di terbitkan dalam jurnal Diabetes Care menyatakan bahwa cuka dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terutama saat Anda mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Orang yang mengkonsumsi cuka apel sebelum makan, maka cuka apel bekerja dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah. Ini mencegah Anda mengalami sugar rush, suatu keadaan di mana kadar gula dalam darah melonjak tiba-tiba setelah Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Penelitian lain menyatakan bahwa cuka dapat meningkatkan meningkatkan sensitivitas insulin pada 19 persen orang diabetes melitus tipe 2 dan 34 persen pada orang pradiabetes. Mengkonsumsi dua sendok makan cuka apel sebelum tidur dikatakan dapat menurunkan kadar gula orang diabetes tipe 2 hingga 6 persen di pagi hari.

Carol Johnston, Ph.D. dari Arizona State University telah mempelajari cuka apel selama lebih dari 10 tahun. Dilaporkan oleh WebMD, Carol menyatakan bahwa cuka apel memiliki efek antiglikemik. Maksudnya, cuka apel bisa menghambat penyerapan karbohidrat sehingga gula darah Anda tidak meningkat secara drastis setelah makan.

Walaupun begitu, fokus terhadap pola makan sehat secara keseluruhan tetap harus Anda lakukan jika Anda memiliki penyakit diabetes. Para ahli tidak menyarankan untuk berhenti mengkonsumsi obat diabetes lalu digantikan dengan cuka apel. Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Mengatasi sembelit, maag, asam lambung, dan gangguan pencernaan lain

Menurut Carol Johnston, karena sifatnya yang membatasi penyerapan karbohidrat, maka sebagian karbohidrat dan pati yang tidak tercerna kemudian akan menjadi makanan untuk bakteri baik yang terdapat dalam sistem pencernaan Anda. Anda disarankan mengonsumsi cuka apel yang belum mengalami proses penyaringan. Biasanya jenis cuka apel ini berwarna coklat keruh dan jika didiamkan akan terbentuk ampas di dasar botol.

Ampas ini disebut “the mother”, kaya akan probiotik dan bakteri-bakteri baik lain yang berperan dalam menyehatkan saluran cerna. Jenis cuka apel ini dapat membantu kerja sistem imun dan bagi sebagian orang bisa mencegah sembelit semakin parah. Tidak hanya sembelit, konsumsi cuka apel juga dapat membantu mengatasi gangguan asam lambung dan maag, meskipun hal ini tergantung dari masing-masing orang dan apa penyebab terjadinya maag tersebut.

Manfaat Cuka Apel Bragg untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Manfaat cuka apel untuk diare

5. Menjaga kesehatan jantung

6. Untuk obat psoriasis alami

7. Mengobati sakit perut

8. Mencegah sembelit

Manfaat Cuka Apel Bragg untuk Kecantikan

1. Memutihkan kuku yang kuning

Ada banyak bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk memutihkan kuku, mulai dari kapur, belimbing wuluh, buah belimbing, hingga cuka sari apel. Khusus untuk cuka apel, bahan alami ini terkenal ampuh dalam mengatasi noda-noda atau warna kekuningan pada kuku. Baik itu yang diakibatkan oleh bahan kimia, pewarna, karena sering merokok, infeksi jamur, atau karena gaya hidup yang buruk.

Alasan mengapa cuka ini sangat baik dan efektif untuk mengatasi berbagai masalah kuku adalah karena kandungan asam malat serta asam asetat yang terdapat di dalamnya. Selain efektif untuk membersihkan kuku, cuka ini juga ampuh digunakan untuk mengobati infeksi pada kuku. Misalnya, jika Anda mengalami cantengan atau semacamnya.

2. Untuk mencegah jerawat

Perawatan wajah dengan cuka apel bisa membantu mengatasi dan mengobati jerawat. Karena, cuka yang terbuat dari buah apel ini memiliki sifat anti-bakteri dan antiseptik yang ampuh untuk membersihkan wajah–agar bebas dari bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, pori-pori akan jadi lebih bersih dari partikel debu dan minyak apabila dibersihkan dengan menggunakan cuka apel. Kegunaan lainnya adalah untuk menyeimbangkan PH kulit sehingga jerawat tidak akan kembali lagi.

3. Mengatasi sakit tenggorokan

Khasiat cuka sari apel untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan atau radang tenggorokan. Cuka ini bisa membantu mencegah infeksi sekaligus menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat. Karena sebagian besar kuman sebenarnya tidak bisa hidup di lingkungan yang asam (seperti yang terkandung di dalam cuka).

Manfaat Cuka Apel Bragg untuk Kecantikan Lainnya

4. Cara menggunakan cuka sari apel untuk mengatasi ketombe

5. Menurunkan berat badan kesehatan dan kebugaran

6. Sebagai toner

Manfaat Cuka Apel Bragg untuk Diet

1. Menurunkan berat badan

Beberapa orang memercayai bahwa khasiat cuka apel yaitu mampu menurunkan berat badan. Cuka apel dipercaya mampu menurunkan nafsu makan dan membakar lemak. Meski begitu, penelitian lanjutan terkait manfaat cuka apel masih diperlukan.

Fakta yang sebenarnya mengungkapkan, bahwa rasa yang sangat asam dari cuka apel berisiko menyebabkan masalah pencernaan bagi mereka yang tidak terbiasa mengonsumsinya. Tak hanya itu, cuka apel juga dapat mengiritasi tenggorokan dan merusak gigi ketika dikonsumsi terlalu sering.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko seseorang terkena beberapa penyakit, seperti hipertensi dan penyakit jantung. Cuka apel dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Faktanya, manfaat cuka apel tersebut masih sebatas pengujian pada hewan dan belum ada penelitian yang cukup terhadap manusia. Meski dianggap menjanjikan, namun pemakaian untuk tujuan tersebut belum direkomendasikan. Penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk membuktikannya.

3. Membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes

Cuka apel mungkin bermanfaat sebagai pengontrol kadar gula dalam darah dan kadar insulin pada penderita diabetes. Suatu penelitian mengungkapkan, bahwa cuka apel dapat membantu menekan kadar gula darah dan HbA1c, yaitu salah satu penanda kadar gula darah dalam jangka panjang di dalam tubuh. Tetapi efek ini secara klinis tidak terlalu signifikan, karena penurunan kadar gula darah dan HbA1c yang terjadi hanya dalam jumlah sedikit. Meskipun manfaat cuka apel bagi penderita diabetes dapat dibuktikan, jangan jadikan cuka apel sebagai pilihan utama pengobatan diabetes.

Manfaat Cuka Apel Bragg untuk Diet

4. Atasi cegukan

5. Menurunkan kadar gula darah

6. Gangguan pencernaan

Cara Mengonsumsi Cuka Apel

  • Harus bisa membatasi asupan cuka apel. Mulai dari dosis yang kecil secara bertahap. Maksimal 2 sendok (30ml) makan per hari atau tergantung toleransi tubuh masing-masing.
  • Gunakan sedotan. Tujuan memakai sedotan yaitu saat minum supaya tidak langsung kena gigi.
  • Bersihkan mulut setelah mengonsumsinya. Setelah mengonsumsi minuman mengandung cuka dari apel, berkumurlah. Jika bermaksut untuk mencegah kerusakan pada enamel lebih lanjut, maka hal yang dianjurkan yaitu sikat gigi setelah 30 menit mengonsumsi larutan cuka apel.
  • Hindari sari cuka apel. Jika Anda mempunyai masalah gastroparesis, maka batasi jumlahnya tak lebih dari satu sendok teh (5 ml) saja dalam sehari.

Efek Samping Cuka Apel Bragg

  1. Memperlambat pengosongan perut
  2. Masalah gigi
  3. Kerongkongan terasa perih

Ahli kesehatan meyakini bahwa cuka sari apel bermanfaat untuk menurunkan bobot tubuh. Cara menurunkan berat badan dengan menggunakan cuka sari apel adalah dengan, mengkonsumsi 2 sdm per hari selama kurang lebih 12 minggu. Tujuannya adalah untuk menurunkan berat badan hingga 1,8 kg. Khasiat tersebut bisa Anda dapatkan tanpa perlu memodifikasi gaya hidup atau diet harian.

Baca Juga: Manfaat Cuka Apel Tahesta Untuk Pengobatan, Kecantikan dan Diet

Menurut penelitian, cuka alami ini bisa meningkatkan rasa kenyang, membantu mengurangi asupan makanan sehingga menyebabkan berat badan menurun. Bahkan, dalam studi lain ditemukan bahwa, cuka apel juga bisa membantu menurunkan asupan kalori hingga 275 kalori per hari. Semoga bisa menambah pengetahuan anda bahwa ada cara simpel untuk merawat kecantikan kita. Tampil cantik dan menawan dengan kulit mulus yang bersih dan sehat pasti menyenangkan. Hari-hari Anda akan semakin terasa indah dan bahagia jika Anda melengkapi diri dengan baju bergaya kekinian yang fashionable dan trendy serta menarik dan cocok Anda kenakan.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Advertisements
To Top