Connect with us

45 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan, Wajah, Kulit dan Diet

Minuman

45 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan, Wajah, Kulit dan Diet

Manfaat Jus Tomat – Buah tomat dikenal sebagai salah satu buah yang menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Buah dengan warna menarik ini memiliki rasa asam yang khas sehingga memberikan efek menyegarkan ketika dikonsumsi. Cara konsumsi untuk mendapatkan manfaat buah tomat juga cukup beragam, salah satunya adalah dengan membuat jus tomat.

Jus Tomat

Manfaat jus tomat hampir sama dengan manfaat tomat pada umumnya. Buah berukuran sedang ini dikenal memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu dalam minuman ini, terdapat berbagai kandungan lain yang juga memberikan efek positif tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jus Tomat

Buah tomat mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan maupun mengobati penyakit. Kandungan berupa vitamin, mineral, serta beragam senyawa lainnya berperan aktif untuk menjaga agar organ-organ tubuh berfungsi dengan baik.

Dalam satu buah tomat terdapat kandungan vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan K yang masing-masing mempunyai khasiat untuk kesehatan. Sebut saja vitamin A yang baik untuk kesehatan mata serta vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin B kompleks seperti B1, B2, B3 hingga B12 yang terkandung dalam buah tomat juga memiliki peran khusus untuk kesehatan.

Loading...

Selain itu, buah tomat yang dibuat jus juga mengandung berbagai jenis mineral seperti fosfor, magnesium, potassium, zat besi, sodium dan lain sebagainya. Kandungan karbohidrat, protein, gula, serat, dan lemak juga dapat ditemukan dalam jus tomat yang Anda konsumsi.

Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

1. Melawan kanker

Khasiat tomat tidak bisa disepelekan karena buah yang satu ini terbukti ampuh memberikan perlawanan terhadap sel kanker. Hal ini dikarenakan adanya kandungan likopen yang diketahui ampuh mengurangi resiko kanker pada pancreas. Tentunya mengkonsumsi jus satu ini secara teratur bisa mencegah dan mengobati kanker.

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada buah tomat yang cukup banyak membuat buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan konsumsi secara teratur, Anda juga dapat mencegah timbulnya rabun senja.

3. Menjaga kesehatan jantung

Buah tomat memiliki kandungan serat, kolin, kalium, dan berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan jantung. Perhatikan jumlah asupan tomat agar bermanfaat untuk jantung Anda.

Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Lainnya

4. Mencegah hipertensi
5. Menurunkan berat badan
6. Mengurangi rasa sakit
7. Sumber antioksidan
8. Mencegah kolesterol
9. Menjaga stamina tubuh

Manfaat Jus Tomat untuk Kecantikan

1. Mencegah timbulnya jerawat

Kandungan vitamin E dalam buah tomat mampu mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Selain mengonsumsi secara teratur, Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker.

2. Mengatasi kulit berminyak

Anda yang mempunyai masalah kulit berminyak dapat menemukan solusi alami dari jus tomat. Buah ini mengandung senyawa anti kuman serta mampu mencegah timbulnya iritasi pada kulit akibat kullit yang terlalu berminyak.

3. Sebagai tabir surya

Kandungan likopen pada tomat sangat ampuh untuk melawan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Anda juga bisa mengurangi peradangan dengan mengoleskan pada kulit.

Manfaat Jus Tomat untuk Kecantikan Lainnya

4. Mencegah rambut rontok
5. Mencegah timbulnya komedo
6. Baik untuk berat badan ideal

Manfaat Jus Tomat untuk Wajah

1. Mencegah timbulnya komedo

Komedo merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh produksi minyak berlebihan serta sel kulit mati yang terjebak di bawah permukaan kulit. Jus ini berkhasiat untuk mencegah timbulnya komedo pada wajah dengan konsumsi teratur.

2. Wajah cerah merona

Kandungan likopen pada tomat mampu memberikan rona alami pada kulit. Dengan mengonsumsi jus tomat secara teratur, Anda bisa merasakan perbedaan wajah yang lebih cerah namun tetap terlihat alami.

3. Mencegah jerawat

Jerawat pada wajah bisa diatasi dengan jus tomat. Sebagaimana telah disebutkan, didalamnya memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kulit wajah.

Manfaat Jus Tomat untuk Wajah Lainnya

4. Menutrisi kulit
5. Menghaluskan kulit wajah
6. Mencegah timbulnya keriput dan flek hitam di wajah.

Manfaat Jus Tomat untuk Kulit

1. Menghaluskan kulit tubuh

Jus tomat memiliki kandungan vitamin E yang sangat berkhasiat untuk menghaluskan kulit. Dengan konsumsi secara teratur, Anda akan mendapatkan kulit yang lebih halus dan terlihat cerah. Anda juga dapat mengaplikasikannnya secara langsung sebagai masker.

2. Mendinginkan kulit

Kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari membutuhkan pendinginan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi buah tomat yang diiringi dengan penempelan irisan tomat di bagian kulit yang Anda inginkan.

3. Mengecilkan pori-pori

Ternyata buah tomat juga berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori wajah. Dengan demikian, produksi minyak juga akan banyak berkurang. Sehingga wajah dan kulit lebih sehat.

Manfaat Jus Tomat untuk Kulit Lainnya

4. Perlindungan dari radikal bebas
5. Membuat awet muda
6. Mencegah rusaknya sel
7. Mengatasi permasalahan ketombe membandel.

Manfaat Jus Tomat untuk Diet

1. Mengurangi lemak

Konsumsi secara teratur mampu mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Hal inilah yang menjadi trending topik karena belum terbukti keampuhannya. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba program diet ini bukan?

2. Menurunkan berat badan

Anda yang sedang menjalani program diet wajib memasukakn buah yang satu ini dalam daftar menu. Buah tomat berkhasiat untuk menurunkan berat badan karena membuat perut akan terasa kenyang lebih lama. Selain itu, fungsinya untuk melancarkan Buang Air Besar (BAB) juga bermanfaat untuk mengurangi dan mengidealkan berat tubuh.

3. Meratakan perut

Perut buncit menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Namun, kini telah diketahui bahwa tomat mampu meratakan perut yang buncit. Imbangi dengan olahraga teratur agar manfaatnya bisa Anda rasakan secara maksimal. Akan percuma jika anda mengkonsumsi tomat terus menerus tanpa diimbangi dengan olahraga.

Manfaat Just Tomat untuk Diet Lainnya

4. Melancarkan sistem pencernaan
5. Rendah lemak dan rendah kalori
6. Cara aman dan alami untuk diet

Manfaat Jus Tomat untuk Ibu Hamil

1. Mencegah anemia pada ibu hamil
2. Mengoptimalkan perkembangan janin karena mengandung folat
3. Mencegah timbulnya sel kanker
4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena ibu hamil cenderung rentan penyakit.

Manfaat Jus Tomat untuk Ibu Menyusui

1. Meningkatkan produktivitas ASI
2. Mengontrol tekanan darah
3. Mencegah dehidrasi
4. Meningkatkan daya tahan tubuh saat menyusui

Efek Samping Jus Tomat

1. Timbulnya diare
2. Memperburuk maag
3. Meningkatkan tekanan darah
4. Memicu timbulnya batu ginjal

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jus Buah Naga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Secara umum, tomat memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan kulit. Dengan demikian, buah yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Masukkan tomat ke dalam menu harian agar kesehatan lebih terjaga.

Perhatikan jumlah asupan jus tomat yang Anda konsumsi sehingga efek negatif bisa dihindari. Manfaat jus tomat bisa Anda peroleh secara maksimal hanya jika Anda mengonsumsi secara rutin dan dalam jumlah yang wajar. Jangan sampai buah berkhasiat ini justru menimbulkan gangguan kesehatan karena ketidaktahuan Anda akan dampak buruknya jika tidak dikonsumsi dengan baik.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Bio Spray, manfaat Bio Spray, Khasiat Bio Spray
Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1
Manfaat Kurma, Khasiat Buah Kurma, Kurma
Air Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda
Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat
Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal
Alpukat, Avokad, Apokat, Manfaat Buah Alpukat
Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel, Minuman Jus Wortel
Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem
Manfaat Semangka, Semangka, Semngka Merah, Semangka Kuning
Jus Tomat
Cuka Apel
Es Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu
Pare, Manfaat Pare, Khasiat Pare
Susu Kedelai, Manfaat Susu Kedelai, Kedelai
Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri, Khasiat Daun Seledri, Seledri
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja
Jus Alpukat, Jus Buah Alpukat, Minuman Alpukat
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A
Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun
Advertisements
To Top