Connect with us

15 Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Pengobatan, Diet dan Menstruasi

Minuman

15 Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Pengobatan, Diet dan Menstruasi

Manfaat Rebusa Daun SalamDaun salam merupakan daun rempah-rempah atau obat herbal yang dihasilkan dari pohon salam. Di Indonesia daun ini sering dijadikan sebagai bumbu dapur maupun pengobatan penyakit. Biasanya untuk pengobatan penyakit yang digunakan yaitu air rebusan daun salam. Banyak khasiat dan manfaat yang dapat diambil dari daun salam.

Rebusan Daun Salam, Manfaat Rebusan Daun Salam, Khasiat Rebusan Daun Salam

Beberapa manfaat minuman herbal tersebut diantaranya dapat membantu program diet, mengobati nyeri ketika menstruasi hingga manfaat lain bagi ibu hamil. Lebih lanjut penjelasan mengenai manfaat air rebusan daun salam akan dibahas berikut ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Rebusan Daun Salam

Daun salam memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam 100 gram daun salam mengandung kalori sebanyak 313 kkal, lemak total 8 gram, lemak jenuh 2,3 gram, karbohidrat sebanyak 75 gram, protein 8 gram, serat pangan 26 gram, kalium 529 gram, dan kalsium 834 gram. Berbagai vitamin seperti vitamin A, B6, B12 C, D, zat besi serta magnesium juga terkandung di dalamnya.

Semua kandungan zat-zat tersebut sangat baik bagi tubuh. Pasalnya bahan alami yang terdapat pada daun salam terbukti dapat digunakan sebagai antiseptik dan antioksidan. Bahkan dapat mengobati berbaagai penyakit, nyeri otot serta gejala flu.

Loading...

Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Pengobatan Penyakit

1. Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes

Manfaat air rebusan daun salam yang pertama yaitu dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan bahan aktif pada daun salam mampu menurunkan kadar glukosa, trigliserida serta kolesterol dalam tubuh. Disamping itu zat antioksidannya dapat membantu proses insulin dengan baik. Oleh sebab itu air rebusan daun salam memang sangat direkomendasikan bagi pnderita diabetes dan resistensi insulin.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Selain mengurangi resiko diabetes, rebusan daun salam juga dipercaya mampu mengatasi penyakit jantung. Kandungan senyawa salisilat, asam caffeic dan fitonutrien pada rebusan daun salam dipercaya dapat mencegah stroke dan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Begitu pula kandungan flavanoidnya yang efektif menormalkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Berdasarkan fakta di lapangan, daun salam juga dipercaya mampu mencegah penyait kanker. Daun salam mengandung caffeic, quercatin dan catechin yang berfungsi melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan phytonutrientnya juga terbukti dapat menaham ploferal terhadap sel-sel kanker serviks.

Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Dapat meredakan batuk.

5. Mengurangi rasa nyeri.

6. Dapat mengatasi penyakit asam urat.

7. Mengobati penyakit ginjal.

Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Diet

1. Sebagai Pengganti Garam atau Natrium

Daun salam dapat berperan sebagai pengendali berat badan. Anda dapat menggunakan daun salam sebagai bumbu sekaligus ramuan untuk diet. Pasalnya daun salam yang dimasukkan ke dalam masakan dapat berfungsi sebagai pengganti garam. Jadi Anda tidak perlu menggunakan garam terlalu banyak ketika memasak. Ini merupakan upaya untuk mengurangi asupan garam dalam tubuh. Sebab garam yang terlalu banyak bisa menahan air dan lemak dalam tubuh.

2. Meluruhkan Lemak

Selain sebagai pengganti asupan garam dalam tubuh daun salam juga bisa meluruhkan lemak. Mengunyah beberapa daun salam dipercaya ampuh meluruhkanlemak dalam tubuh. Anda juga bisa menggunakannya sebagai minuman dengan mencampur kayu manis dan madu. Air rebusan ini bisa dikonsumsi dalam program diet Anda.

3. Mengendalikan Kadar Gula Dalam Darah

Kegemukan biasanya terjadi akibat tubuh terlalu banyak mengkonsumsi gula. Gula yang berlebihan akan meningkatkan jumlah insulin sehingga meningkatkan produksi lemak. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam maka kadar gula dalam darah dapat terkontrol. Dengan demikian maka tidak terjadi penimbunan lemak dan akan mempercepat proses diet yang sedang dilakukan.

Manfaat Rebusan Daun Salam Untuk Menstruasi

Untuk mengatasi menstruasi daun salam dapat berfungsi mencegah siklus menstruasi tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur pada wanita bisa disebabkan karena hormon. Berbagai zat yang terkandung dalam daun salam dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh wanita. Anda bisa mencoba cara ini agar siklus menstruasi kembali lancar.

Selain dapat melancarkan siklus haid, daun salam juga dapat mengatasi berbagai masalah ketika menstruasi lainnya. Beberapa diantaranya yaitu menyembuhkan kram pada perut. Hal ini karena kandungan bahan aktif pada daun salam itu sendiri yang memang dipercaya mempu meredakan neyeri. Bahkan air rebusan daun salam juga dapat mengatasi penggumpalan darah ketika menstruasi.

Efek Samping Rebusan Daun Salam

  1. Dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan
  2. Dapat menyebabkan asma dan sesak napas
  3. Sulit buang air besar
  4. Alergi dan infeksi kulit

Daun salam merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang banyak digunakan untuk dikonsumsi terutama untuk memasak. Disamping itu daun salam telah dikenal sejak jaman dahulu oleh nenek moyang kita sebagai obat-obatan. Dimana untuk obat-obatan biasanya yang digunakan yaitu air rebusan dari daun salam tersebut.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Sirsak Untuk Pengobatan, Kesuburan, dan Ibu Hamil

Pada dasarnya air rebusan daun salam memang memiliki banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Namun sejauh ini dari berbagai sumber menyebutkan belum ada penelitian lebih lanjut mengenai daun salam untuk mengobati berbagai penyakit. Meskipun memang telah terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit namun perlu pula perhatikan pemakaiannya. Penggunaan rebusan daun salam dalam jumlah banyak juga akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top