Connect with us

37 Manfaat Teh Hijau untuk Pengobatan, Kulit, Rambut, Diet dan Otak

Minuman

37 Manfaat Teh Hijau untuk Pengobatan, Kulit, Rambut, Diet dan Otak

Manfaat Teh Hijau – Teh Hijau tentu sudah tidak asing bagi kita, tumbuhan yang satu ini sering digunakan sebagai minuman atau berbagai macam pengobatan yang lainnya. Masyarakat jepang pada umumnya sangat menyukai untuk mengkonsumsi minuman tersebut, karena memang sudah terkenal dengan manfaat yang dimilikinya.

Teh Hijau, Manfaat Teh Hijau, Khasiat Teh Hijau

Perlu Anda ketahui bahwa banyak sudah penelitian yang membuktikan kalau rutin dalam mengkonsumsi minuman teh hijau tersebut ternyata bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu bisa menyehatkan psikis karena adanya efek dari teh itu sendiri yang bisa digunakan untuk menenangkan. Minuman yang satu ini memiliki kandungan polifenol, flavonoid, fitokimia yang mempunyai sifat antikarsinogenik dan antioksidatif.

Namun penting juga diketahui mengenai efek samping juga jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Hal tersebut sama hal nya seperti kopi, teh hijau yang memiliki kandungan kafein yang bisa menyebabkan permasalahan kesehatan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Teh Hijau

1. Energi 132 kkal
2. Protein 19,5 gr
3. Lemak 0,7 gr
4. Karbohidrat 67,8 gr
5. Kalsium 717 mg
6. Fosfor 265 mg
7. Zat Besi 12 mg
8. Vitamin A 2095 IU
9. Vitamin B1 0,01 mg
10. Vitamin C 0 mg

Loading...

Manfaat Teh Hijau untuk Pengobatan Penyakit

1. Ramah bagi jantung

Dengan Anda meminum teh hijau ini, akan dapat mencegah munculnya serangan jantung. Akan tetapi sebuah penelitian memperlihatkan kalau meminum teh hijau ini mempunyai manfaat baik itu dari segi kesehatan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi minuman ini secara teratur maka Anda akan memiliki pembuluh darah yang lebih sehat disbanding dengan mereka yang tidak. Selain itu juga bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

2. Bisa Menyehatkan sendi

Kandungan EGCG yang terdapat pada teh yang satu ini bisa membantu dalam mencegah rematik. Sehingga meminumnya bisa membantu untuk meringankan inflmasi dan kerusakan pada sendi.

3. Menurunkan resiko kanker

teh tersebut tinggi memiliki kandungan zat antioksidan, hal tersebut memberi manfaat bisa menurunkan resiko adanya berbagai jenis kanker.

Manfaat Teh Hijau untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
5. Menurunkan risiko diabetes
6. Menghentikan Perkembangan Sel Kanker
7. Mencegah Radang Gusi

Manfaat Teh Hijau untuk Kulit

1. Mengobati kulit yang terbakar dan melindungi kulit dari sinar matahari

Bagi kulit Anda teh ini sangat bermanfaat, teh ini bisa melindungi dari adanya sinar matahari. Teh ini bisa di kompreskan pada kulit yang terbakar, atau di oleskan untuk melindungi dari sengatan sinar matahari.

2. Membantu peremajaan kulit

Selanjutnya bisa membantu proses peremajaan kulit, sehingga dapat mengobati luka. Kandungan yang ada di dalamnya juga bisa secara otomatis dapat memperbaiki sel yang sedang mengalami penuaan dini.

3. Bermanfaat untuk melembabkan

Jika kita memiliki kulit yang kering, tentu saja ini akan sangat mengganggu kita. Karena green tea ini bisa membantu untuk melembabkan kulit, maka dari itu untuk mencegah kulit kering memang sangat mengganggu, Anda bisa menjadikannya masker pada kulit.

Manfaat Teh Hijau untuk Kulit Lainnya

4. berfungsi sebagai toner kulit
5. mencegah kulit kering
6. Menutrisi Kulit
7. Membuat Kulit Lebih Fresh

Manfaat Teh Hijau untuk Diet

1. Membantu memobilisasi lemak dari sel lemak

Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan maka mengkonsumsi teh hijau sebagai salah satu solusi yang tepat. Dalam hal ini teh ini bisa memecah sel lemak yang selanjutnya di pindah ke aliran darah. Hal ini karena teh ini memiliki kandungan senyawa EGCG dan kafein.

2. Meningkatkan pembakaran lemak

Untuk Anda yang ingin lemak di tubuhnya dibakar habis-habisan, maka minum teh hijau ini sebagai salah satu solusi tepatnya. Karena manfaat teh ijo yang lainnya yaitu untuk meningkatkan jumlah lemak pada saat Anda sedang melakukan olahraga. Dalam salah satu penelitian, ternyata meminum yang satu ini pada saat sebelum olah raga bisa membakar sebanyak 17% lemak.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Untuk membangun metabolism tubuh yang baik maka Anda bisa mencapainya dengan cara yang alami dengan menggunakan bantuan teh hijau tersebut.

Manfaat Teh Hijau untuk Diet

4. Membuatmu mengonsumsi lebih sedikit kalori
5. Menghilangkan lemak abdominal
6. menurunkan nafsu makan
7. Lebih cepat penurunan berat badan

Manfaat Teh Hijau untuk Otak

1. Meningkatkan Daya Ingat
2. Mengurangi Rasa Stress
3. Meningkatkan Fungsi Kinerja Otak
4. menstimulasi pusat saraf
5. menurunkan resiko alzheimer dan parkinson
6. Menghilangkan sakit kepala

Manfaat Teh Hijau untuk Rambut

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut
2. Melembabkan dan memperkuat akar rambut
3. Membantu pertumbuhan rambut
4. Melancarkan sirkulasi darah ke folikel
5. sebagai anti DHT
6. Mencegah Kebotakan
Manfaat Teh Hijau untuk Wajah
1. Mempercantik kulit wajah
2. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam
3. Mencegah Penuaan Dini
4. Membersihkan Wajah Dari Jerawat
5. melembabkan kulit wajah

Efek samping Teh Hijau

1. Menyebabkan Kekurangan zat besi

Dengan mengkonsumsi jenis teh ini dengan jumlah yang tinggi maka bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh. Hal tersebut karena di dalam kandungan teh ijo tersebut ada kandungan taninnya. Dalam hal ini seberapapun banyak orang mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi, dalam hal ini tubuh tidak akan dapat menyerapnya.

Terlebih dalam hal ini kalau teh hijau tersebut langsung dikonsumsi setelah makan. Dalam hal ini adanya senyawa yang ada di dalam teh tersebut menyatu dengan zat besi yangkemudian bisa menghilangkan manfaat dari antioksidan. Nah untuk bisa tetap mengkonsumsi teh yang satu ini tanpa kekurangan zat besi maka bisa menambahkan dengan perasan lemon ke dalam minuman teh tersebut. Adanya kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon tentu saja akan membantu untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan ke dalam tubuh.

2. Menyebabkan Pusing

Jika terlalu sering mengkonsumsi teh hijau ini juga bisa menyebabkan pusing, Hal ini karena pada teh tersebut adanya kafein yang di kandungnya. Perlu Anda tahu bahwa kafein ini juga bisa menyebabkan berbagai tingkat sakit kepala mulai dari yang ringan sampai yang parah. Bahkan sakit kepala tersebut akan menjadi semakin memburuk karena adanya kekurangan zat besi yang disebabkan karena konsumsi teh hijau yang cukup tinggi. Mengkonsumsi teh hijau secara berlebih juga bisa menyebabkan seseorang menjadi merasa gelisah dan gemetar.

3. Menyebabkan Dehidrasi

Teh hijau ini sebagai deuretik alami, jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka juga akan menyebabkan sering buang air kecil. Akibat dari hal tersebut yaitu seorang bisa saja mengalami kekurangan cairan serta menyebabkan ketidak seimbangan kadar elektrolit di dalam tubuh.

4. Menyebabkan Insomnia

Kandungan kafein yang ada di dalam teh ini tentunya sangat berkaitan dengan munculnya insomnia ketika kita mengkonsumsinya. Karena seperti yang kita ketahui bahwa kafein tersebut bisa menstimulasi otak untuk bisa tetap aktif sehingga menjadikan seorang bisa terjaga
Efek samping lainnya dari mengonsumsi teh hijau yaitu insomnia. Lagi-lagi ini dikaitkan dengan kandungan kafein yang ada di dalamnya. Kafein dapat menstimulasi otak supaya tetap aktif, sehingga seseorang tetap terjaga sepanjang malam. Bahkan ibu menyusui pun juga bisa mengakibatkan kurang tidur pada bayi di kemudian hari. Selain itu, Insomnia tersebut juga bisa menyebabkan adanya perubahan suasana hati dan ketidak konsistenan pada kondisi mental.

5. Gangguan pencernaan.

Waspada pula bahwa komponen yang ada di dalam teh hijau tersebut juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Dalam hal ini kafein juga dapat memicu adanya rasa mual dan muntah. Sehingga sebaiknya Anda hindari konsumsi teh hijau yang berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Teh Rosella Untuk Pengobatan, Kecantikan dan Diet

Nah pastinya kini Anda sudah mengetahui mengenai berbagai manfaat yang dimiliki oleh teh hijau tersebut. Dalam mengkonsumsi green tea kita juga tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui memang sangat banyak manfaat yang dimilikinya, namun juga penting untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi jika kita mengkonsumsinya. Maka dari itu penting untuk Anda mengkonsultasikan dengan dokter jika ingin hasil yang tepat untuk Anda.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Advertisements

Terbaru

Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Advertisements
To Top