Categories: Minuman

29 Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan, Kulit, Diet dan Ibu Hamil

Manfaat Wedang Jahe – Di Indonesia ini ada banyak sekali tanaman tradisional yang dimanfaatkan dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah jahe yang bisa dijadikan sebagai ramuan, rempah dan sejenisnya. Salah satu bentuk olahan jahe lainnya yang menarik dan sangat mudah dibuat adalah wedang jahe. Minuman ini sudah sangat familiar di Indonesia, karena manfaatnya banyak sekali.

Wedang jahe ini memiliki segudang manfaat dengan berbagai kandungan yang dimilikinya. Manfaat ini tentu juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya sendiri. Namun, sebelumnya Anda perlu mengenal lebih jauh tentangnya sebagaimana dalam ulasan berikut ini.

Kandungan Wedang Jahe

1. Minyak astiri

2. Zingiberol

3. Kurkumen

4. Gingerol

5. Filandrena

6. Resin pahit

Manfaat Wedang Jahe untuk Pengobatan penyakit

Menemukan obat yang alami untuk beberapa penyakit Anda tentu saja merupakan salah satu hal yang cukup menarik. Nah, disini wedang jahe memiliki beberapa manfaat dalam pengobatan beberapa penyakit sebagaimana dalam daftar berikut.

1. Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan

Mengalami sakit tenggorokan tentu saja bukanlah kabar yang menyenangkan. Nah, berkaitan dengan itu, jangan khawatir karena khasiat wedang jahe untuk kesehatan bisa menjadi salah solusi terbaik yang sangat mudah di dapatkan. Dan ini memang ampuh sekaligus sudah banyak yang membuktikan.

2. Memerangi Sel Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak menghantui berbagai kalangan. Dalam hal ini, salah satu cara yang cukup ampuh dan menarik untuk bisa diaplikasikan adalah mengkonsumsi wedang jahe. Minuman ini bisa membantu Anda memerangi sel kanker pada tubuh.

3. Mengobati Pencernaan

Selanjutnya, disini wedang jahe juga berperan aktif dalam hal pengobatan terhadap yang namanya pencernaan. Berbagai masalah pencernaan yang sedang di hadapi dengan mudah bisa teratasi dengannya. Bahkan, untuk kategori maag pun bisa di atasi dengan minum minuman jahe hangat ini.

Manfaat Wedang Jahe untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Mengobati sembelit

5. Sebagai anti inflamasi dan detoksifikasi

6. Anti alergi dan anti oksidan

7. Mengobati migrain dan demam

8. Meredakan rasa sakit

Manfaat Wedang Jahe untuk Diet

Tidak hanya dalam hal pengobatan penyakit, jahe pun sangat bermanfaat untuk mendukung diet Anda. Dan berikut ini merupakan beberapa daftar manfaatnya bagi Anda yang sedang dalam masa diet.

1. Menyeimbangkan PH Dalam Tubuh

Berkaitan dengan berat badan yang tinggi, biasanya tentu di sebabkan oleh penumpukan lemak. Nah, dalam hal ini Anda perlu menyeimbangkan PH sehingga lemak pun tidak menumpuk terlalu tinggi. Sedangkan jahe adalah salah satu bahan yang bisa diandalkan dalam hal penyeimbangan PH tersebut.

2. Meningkatkan Metabolisme

Dengan tingkat metabolisme yang tinggi, tentu saja pembakaran lemak pun juga akan tinggi. Hal ini nantinya akan sangat mendukung penurunan berat badan Anda. Oleh karena itu, akan sangat baik bagi Anda mengkonsumsi wedang jahe sebagai salah satu andalan dalam proses diet tersebut.

3. Meningkatkan Energi

Ketika sedang dalam proses diet, tentu saja Anda membutuhkan energi yang lebih tinggi sehingga tidak perlu terlalu banyak makan. Nah, disini jahe juga bisa meningkatkan energi dan membuat porsi makan Anda berkurang sekaligus mendukung diet.

Manfaat Wedang Jahe untuk Diet Lainnya

4. Mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama

5. Memperlancar proses pencernaan tubuh

6. Menekan nafsu makan

7. Mencegah perut buncit

Manfaat Wedang Jahe untuk Suara

Berkaitan dengan suara, tentu saja sudah tidak asing lagi jika jahe memang sangat baik untuk suara. Hal ini pun sudah banyak di buktikan, khususnya oleh para penyanyi. Sedangkan daftar manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. Mengembalikan Suara yang Hilang

Ketika Anda akan bernyanyi dalam sebuah acara, sedangkan tiba-tiba suara hilang karena masalah kesehatan, wedang jahe ini bisa di coba. Minuman jahe sangat bermanfaat dalam pengembalian suara Anda seperti semula sehingga tetap bisa tampil sebaik mungkin dalam setiap momen penting.

2. Menjadikan Suara Lebih Nyaring

Selain sebagai pengembali suara yang hilang, mengkonsumsi wedang jahe secara rutin juga akan membantu menyaringkan suara. Suara yang nyaring tentu akan lebih baik lagi, khususnya dalam peningkatan kualitas suara itu sendiri.

3. Memperbaiki Masalah Suara yang Berhubungan dengan Sakit Tenggorokan

Ketika tenggorokan kurang baik kondisinya, tentu suara pun juga kurang sempurna. Nah, dengan demikian, Anda perlu mencoba wedang jahe ketika sedang mengalami sakit tenggorokan. Dengan berbagai kandungan di dalamnya, tentu wedang jahe akan meringankan sakit tenggorokan Anda dengan baik.

Manfaat Wedang Jahe Untuk Suara Lainnya

4. Menghindarkan dari suara yang sera

5. Memperbaiki kualitas suara secara berkala

6. Menjadikan suara semakin merdu

7. Meningkatkan kesehatan sehingga kualitas suara terjaga

Manfaat Wedang Jahe untuk Ibu Hamil

Tidak hanya beberapa manfaat yang sudah di sebutkan di atas, ternyata wedang jahe ini juga sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang hamil. Ibu hamil sangat di sarankan mengonsumsinya secara rutin dengan daftar manfaatnya sebagaimana berikut.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ibu hamil tentu saja sudah sangat biasa jika tekanan darahnya cukup tinggi. Nah, disini pastinya membutuhkan penurun darah yang mudah dan aman. Wedang jahe dalam hal ini memiliki khasiat sebagai penurun tekanan darah alami dan siap Anda jadikan andalan sehari-hari.

2. Menghilangkan Mual dan Pusing

Untuk mengatasi pusing dan mual saat hamil, bisa juga Anda mengkonsumsi wedang jahe ini secara rutin. Hal tersebut sangat bermanfaat  dan akan benar-benar berkhasiat. Selain khasiatnya yang tinggi, tentu di dukung pula tingkat keamanannya yang tinggi.

3. Meningkatkan Sistem Imun bagi Tubuh

Ibu hamil membutuhkan tingkat kekebalan tubuh yang lebih sehingga kesehatan diri dan buah hati terjaga. Oleh karena itu, perlu mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Katakan saja salah satunya seperti wedang jahe ini yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Manfaat Wedang Jahe untuk Ibu Hamil Lainnya

4. Sebagai aroma terapi

5. Untuk menghilangkan stress

6. Meredakan perut kembung pada ibu hamil

7. Menghindarkan buah hati dari cacat lahir

Efek Samping Minum Wedang Jahe

Mengenal efek samping dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi memang penting dalam rangka menjaga kesehatan. Termasuk wedang jahe ini. Sedangkan efek samping dari minum wedang jahe ini yang negatif pun tidak ada. Seluruhnya positif dan sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, ketika diminum setiap hari pun juga tidak masalah karena alami dan sangat aman.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Sirsak Untuk Pengobatan, Kesuburan, dan Ibu Hamil

Itulah khasiat dan Manfaat wedang jahe untuk kesehatan, kulit, diet dan ibu hamil. Dari beberapa informasi di atas, bisa di ketahui bahwa minuman penghangat tubuh di malam hari ini memang sangat bermanfaat dan bisa diandalkan dalam banyak hal. Bahkan termasuk beberapa masalah yang cukup berat. Mengingat akan hal tersebut, sejak saat ini Anda pun bisa mulai mengonsumsinya secara rutin. Khususnya bagi yang benar-benar sudah membutuhkan khasiat dan manfaat yang dihasilkannya. Baik dalam hal kesehatan, untuk diet, suara maupun ibu hamil.

Share

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago