Connect with us
Minum Minyak Zaitun, Manfaat Minum Minyak Zaitun, Khasiat Minum Minyak Zaitun

Minuman

45 Manfaat dan Khasiat Minum Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minyak Zaitun, Minyak Olive atau Olive Oil adalah jenis minyak essensial terbuat dari buah zaitun yang bisa dimanfaatkan sebagai minuman. Pohon buah zaitun berasal dari Mediterania dan lekat dengan budaya timur tengah dan Arab. Apalagi pohon ini pun disebutkan di dalam Al Quran sebagai pohon yang baik dan penuh berkah untuk manusia. Manfaat minum minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan sudah sangat dikenal sejak dulu. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh, sehingga resikonya untuk merusak tubuh amat rendah.

Minum Minyak Zaitun, Manfaat Minum Minyak Zaitun, Khasiat Minum Minyak Zaitun

Orang biasanya minum minyak zaitun karena sedang menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya sedang dalam usaha diet atau program pembentukan otot melalui fitness. Memang memasak dengan olive oil jauh lebih disarankan bagi mereka. Sebab minyak ini tidak akan memicu timbunan kolesterol atau LDL yang membuat badan gemuk.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Minyak Zaitun :

Sebagaimana jenis minyak essensial yang lainnya, tentu saja minyak zaitun memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi. Yang mana kandungannya ini menjadikannya sebagai minyak yang aman dan sehat digunakan sehari-hari.

Berbagai zat aktif di dalam minyak inilah yang bekerja untuk menunjang kesehatan dan kecantikan tubuh manusia. Minum minyak zaitun sungguh menjadi langkah awal untuk hidup sehat. Berikut adalah kandungan zatnya:

• Kalori
• Asam Oleik
• Polifenol
• Asam Lemak Omega 3
• Asam Lemak Omega 6
• Asam Lemak Omega 9
• Vitamin K
• Senyawa Bioaktif
• Zat Besi

Manfaat Minum Minyak Zaitun untuk Kesehatan :

1. Meluruhkan Kolesterol

Minyak zaitun atau olive oil adalah salah satu bahan nabati yang mengandung sterol tinggi. Sterol ini berfungsi untuk meluruhkan lemak jahat atau kolesterol di dalam tubuh. Untuk itu minum minyak zaitun sangat baik untuk tubuh. Bagi pengidap penyakit kolesterol bisa untuk mengurangi minyak sawit dan menggantinya dengan minum minyak zaitun.

2. Menurunkan Berat Badan

Minum minyak zaitun atau olive oil dapat menurunkan berat badan karena lemak di dalam tubuh kita bisa larut saat kita minun olive oil. Dengan larutnya lemak maka lama kelamaan berat badan kita menjadi turun. Kelebihan berat badan sangat tidak baik untuk tubuh.

3. Mencegah Kanker Usus Besar

Minum minyak zaitun dapat mencegah kanker usus besar. Hal ini terjadi karena minyak zaitun dapat membantu melancarkan pencernaan kita atau menajaga sistem pencernaan kita sehingga dengan demikian kita akan terhindar dari resiko kanker usus besar.

4. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung bisa terjadi pada siapapun baik orang tua mau orang yang masih muda sekalipun. Serangan jantung bisa terjadi karena berbagai kemungkinan, seperti obesitas, kolesterol, dll. Penyakit-penyakit diatas dapat kita atasi dengan minum minyak zaitun. Kandungan sterol di dalamnya dapat meenurunkan kadar lemak jahat.

5. Menurunkan Diabetes

Salah satu sumber pangan nabati yang tidak mengandung karbohidrat adalah minyak zaitun. Karena tidak mengandung karbohidrat minyak zaitun bisa kita manfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah. Sehingga bagi penderita diabetes bisa untuk mengalihkan konsumsi minyaknya ke minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menjadi obat antibiotik
7. Menguatkan tubuh
8. Mencegah kerusakan gigi karena karies
9. Menguatkan struktur rahang
10. Mencegah rapuhnya tulang alveolar
11. Mengatasi infeksi
12. Mengobati masuk angin
13. Mengatasi hidung mampet
14. Menghilangkan nyeri sendi
15. Memudarkan bekas luka
16. Meningkatkan nafsu makan
17. Membuang lemak dalam tubuh
18. Melancarkan sistem pencernaan
19. Mengobati sakit kepala
20. Membuat pikiran tenang

Cara Memanfaatkan Minyak Zaitun untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan minuman herbal ini demi kesehatan juga amatlah mudah. Minyak ini bisa dipakai dengan cara dimakan atau dibalurkan ke tubuh. Umumnya penggunaan minyak olive ini untuk masak makanan yang tidak membutuhkan banyak minyak. Banyak resep western food yang memakai minyak essensial ini dalam pembuatannya.

Namun ada yang perlu diperhatikan sebelum minum minyak zaitun. Yaitu pastikan dulu bahwa tubuh tidak memiliki alergi terhadap minyak olive ini. Untuk itu, tes sensitivitas kulit sangat disarankan. Kemudian, jangan pernah hanya menyantap minyak ini tanpa tambahan bahan makanan lainnya. Sebab nanti kurang berasa enak di lidah dan malah membuat mual dan ingin muntah.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Beras Kencur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Minum Minyak Zaitun untuk Kecantikan :

1. Menurunkan Berat Badan

Selain menurunkan berat badan baik untuk kesehatan, ternyata baik untuk kecantikan juga. Badan langsing tentu idaman semua orang terlebih perempuan. Mana ada perempuan yang tidak menginginkan tubuh langsing. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan minum minyak zaitun secara rutin.

2. Membuat Badan Jadi Macho

Manfaat olive oil untuk kecantikan yang selanjutnya adalah membuat badan menjadi macho. Bagaimana bisa? Ya, minyak zaitun ini menurunkann kadar lemak di dalam tubuh sehingga otot kita menjadi terbentuk. Dengan demikian tubuh kita menjadi macho dan berotot.

3. Menghaluskan Kulit.

Minum minyak zaitun dapat membuat kulit kita menjadi halus karena minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat melembabkan kulit. Jadi bagi yang ingin kulitnya lembab minum olive oil setiap hari, sehingga kulitnya menjadi halus.

4. Mencerahkan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mencerahkan kulit. Kulit tidak cerah biasanya karena kusam. Untuk itu kita harus menjaga agar kulit kita tidak kusam. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan minum minyak zaitun rutin setiap malam hari sebelum tidur. Namun sebaiknya cara minumnya dengan dicampurkan dengan air hangat. Supaya tidak lengket di tenggorokan.

5. Mengencangkan Kulit

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang banyak sehingga dapat membantu kita untuk mengencangkan kulit. Sehingga kita bisa minum minyak zaitun secara rutin untuk menjaga kulit kita kencang dan terhindar dari penuaan dini.

Manfaat Minum Minyak Zaitun untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melembabkan bibir
7. Melembabkan kulit
8. Membantu program diet
9. Membuat berat badan ideal
10. Menghilangkan guratan lemak
11. Menghilangkan lipatan perut
12. Mencegah timbulnya komedo putih
13. Menghilangkan komedo
14. Mengatasi komedo hitam
15. Mencegah timbulnya bulu wajah
16. Melebatkan rambut
17. Mencegah kebotakan
18. Menguatkan akar rambut
19. Mencegah kanker kulit
20. Mengatasi bau badan

Cara Minum Minyak Zaitun untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan minyak zaitun demi kecantikan amatlah mudah. Biasanya orang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan campuran masker wajah atau minyak buat membaluri tubuh. Jadi penggunaannya tinggal dioleskan saja ke bagian tubuh yang diinginkan. Namun, ternyata minum minyak zaitun juga diperkenankan, asalkan dengan takaran yang pas.

Manfaat minum minyak zaitun untuk kecantikan ini bisa langsung dirasakan dalam waktu 2-3 minggu. Dengan catatan pemakaiannya harus rutin setiap hari. Selain itu, pilihlah produk zaitun oil ini yang terbaik kualitasnya. Jangan sampai salah memilih merek!

Efek Samping Minum Minyak Zaitun :

Sebagaimana jenis minyak lainnya, minyak essensial zaitun ini pun memiliki efek samping yang perlu diperhatikan oleh para penggunanya. Berbagai efek di bawah ini tidak dirasakan oleh semua orang. Jadi hanya menjadi efek yang sifatnya pengalaman individual semata. Maka sebelum minum minyak zaitun, alangkah baiknya buat mengetes dulu. Misalnya dengan mengoleskannya sedikit di punggung tangan atau belakang telinga.

1. Sesak Napas
2. Alergi
3. Kulit Kemerahan
4. Hidung Mampet
5. Mual dan Muntah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jelly Gamat Gold G Sea Cucumber untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Ada banyak sekali memang manfaat dan khasiat minyak zaitun seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk itu, jangan ragu lagi buat minum minyak zaitun ini sebagai alternatif minyak yang sehat untuk tubuh. Tidak perlu bingung mencari atau membelinya di mana. Pasalnya jenis minyak ini selalu ada di pasar swalayan besar.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top