Connect with us
Rebusan Daun Sirsak, Manfaat Rebusan Daun Sirsak, Khasiat Rebusan Daun Sirsak

Minuman

50 Manfaat dan Khasiat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Rebusan daun sirsak merupakan minuman herbal yang bisa dimanfaat kan untuk kesehatan, kecantikan dan obat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan cantik, anda tidak perlu melakukan perawatan yang mahal. Ada banyak sekali tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah dengan rebusan daun sirsak. Tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah ini mengandung banyak senyawa yang berkhasiat. Menariknya lagi, manfaat rebusan daun sirsak ini bisa secara cepat dirasakan oleh pengkonsumsinya.

Rebusan Daun Sirsak, Manfaat Rebusan Daun Sirsak, Khasiat Rebusan Daun Sirsak

Setiap orang terutama para wanita tentu menginginkan tubuh yang cantik dan sehat. Maka tidak heran jika banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan keinginannya tersebut. Mulai dari perawatan di rumah hingga perawatan di klinik kecantikan yang menghabiskan banyak biaya. Selain biaya yang mahal, perawatan di klinik kecantikan yang dilakukan secara terus menerus dapat berdampak buruk karena mengandung bahan-bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Rebusan Daun Sirsak :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Rebusan Daun Sirsak

Banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam rebusan daun sirsak. Salah satunya adalah acetogenin yang merupakan kumpulan senyawa aktif yang betugas untuk membunuh racun-racun di dalam tubuh. Adapun beberapa kandungan gizi dan nutrisi lainnya dalam daun sirsak adalah sebagai berikut,

• Annohexocina
• Annomuricina A, B, C dan E
• Annomutacina
• Annopentocinas A, B dan C
• Muricoreacina
• Gigantetronemina
• Murihexocina A dan C
• Javoricina
• Anonaine
• Anoniine
• Atherospermine
• Coreximine
• Asam Gentisic
• Asam Lignoceric
• Asam stearat

Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan :

1. Melawan kanker

Rebusan daun sirsak berkhasiat lebih cepat dari kemoterapi untuk menghambat sel-sel kanker. Kandungan acetogenin dapat mengobati seseorang yang terkena penyakit kanker. Acetogenin ini mempunyai kekuatan 10.000 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan adriamycin dalam melawan sel kanker.

2. Menyembuhkan diabetes

Rebusan daun sirsak mampu menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh anda dan membuat normal kembali. Daun sirsak mengandung senyawa polifenol, bioflavonoid, dan saponin yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan penyakit yang berbahaya lainnya.

3. Menyembuhkan asam urat

Rebusan daun sirsak tidak hanya bermanfaat untuk mengobati kanker dan tumor. Acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat adalah kandungan di dalam daun sirsak yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat.

4. Menyembuhkan kista ovarium

Kista ovarium adalah tumor jinak yang tumbuh pada ovarium wanita. Kista ini lama kelamaan dapat berkembang menjadi kanker apabila tidak segera ditangani. Rebusan daun sirsak ini dapat anda manfaatkan untuk mengobati penyakit kista ovarium tersebut.

5. Menurunkan kolesterol

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat yang satu ini. Kolestrol yang tinggi tentu dapat mengganggu kesehatan anda. Untuk menurunkannya anda dapat meminum air rebusan daun ini setiap pagi hari. Anda dapat meminumnya dalam keadaan dingin ataupun hangat.

Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Lainnya:

6. Mengobati sakit maag
7. Mengobari diare
8. Mengurangi gejala Arthritis
9. Mengatasi peradangan
10. Melawan pertumbuhan parasit di dalam tubuh
11. Melawan kanker usus besar
12. Menguatkan saraf
13. Menyembuhan penyakit malaria
14. Memperkuat antibodi
15. Menurunkan demam tinggi
16. Mengobati pusing
17. Mencegah penyakit jantung dan stroke
18. Menyembuhkan bisul
19. Menambah kesuburan
20. Mengobati penyakit paru-paru
21. Melancarkan pencernaan
22. Mengobati reumatik
23. Mengobati radang ginjal

Cara Memanfaatkan Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan :

Untuk merasakan beberapa manfaat daun sirsak terutama dalam mengobati kanker, anda dapat membuat ramuan daun sirsak dirumah dengan cara yang sangat mudah. Pertama, petiklah 10 sampai 15 lembar daun sirsak yang tidak terlalu muda. Cuci terlebih dahulu dengan air mengalir. Kemudian rebuslah daun sirsak tersebut dengan 3 gelas air setara dengan 600ml. Rebus hingga air mendidih dan tersisa satu gelas. Saringlah air rebusan tersebut. Anda dapat meminumnya sebanyak 2 hingga 3 kali sehari dalam keadaan masih hangat agar khasiatnya lebih maksimal. Untuk hasil yang optimal minumlah secara teratur di pagi hari. Sedangkan untuk pencegahan, anda dapat meminum air rebusan  tersebut 2 kali dalam sehari.

Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kecantikan :

1. Melangsingkan tubuh

Anda tentu menginginkan tubuh yang langsing bukan? Dengan meminum rebusan daun sirsak secara teratur, maka buang air besar secara teratur dan pencernaan menjadi sehat dan lancar. Sehingga lemak jahat tidak menumpuk di dalam perut dan tubuh anda menjadi lebih ramping.

2. Mengobati jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang paling sering dialami oleh wanita. Jerawat dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati jerawat yang sanagt menganggu penampilan anda.

3. Menghilangkan kutu rambut

Rebusan daun sirsak dapat menjadi racun bagi serangga terutama kutu rambut. Maka dari itu jika anda mempunyai masalah dengan kutu rambut, anda dapat memanfaatkan rebusan daun sirsak untuk membasminya. Tidak hanya rambut saja, air rebusan ini juga dapat membantuk menutrisi kulit kepala menjadi lebih sehat.

4. Mengencangkan kulit wajah

Banyak orang yang melakukan perawatan di klinik kecantikan untuk mengencangkan kulit. Namun anda dapat membuat ramuan sendiri dengan cara meminum air rebusan daun sirsak untuk mengencangkan kulit dan membuat anda terlihat lebih awet muda. Tentunya cara alami ini lebih aman jika dibanding dengan perawatan di klinik kecantikan.

5. Menghilangkan komedo

Komedo yang muncul di area hidung dan pipi akan menjadikan kulit terasa kasar dan membuat anda merasa kurang percaya diri. Namun tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut. Anda dapat memanfaatkan daun sirsak sebagai masker penghilang komedo secara alami.

Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi rambut rontok
7. Menghilangkan ketombe
8. Menghilangkan flek hitam di wajah
9. Mengatasi keriput dan kerutan
10. Melindungi wajah dari matahari
11. Mengatasi keriput
12. Mencegah penuaan dini
13. Melembabkan kulit
14. Menyamarkan Jerawat

Cara Memanfaatkan Rebusan Daun Sirsak untuk Kecantikan :

Untuk mengencangkan kulit, anda dapat memetik 8 sampai 10 lembar daun sirsak. Kemudian rebuslah dengan 3 gelas air bersih. Tunggu hingga airnya mendidih dan diamkan airnya hingga hanya tersisa satu gelas saja. Setelah dingin, minumlah air rebusan daun sirsak tersebut. Lakukan sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Efek Samping Rebusan Daun Sirsak :

Efek Samping Rebusan Daun Sirsak

Air rebusan daun sirsak tidak disarankan bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui karena dikhawatirkan dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak secara terus menerus akan menimbulkan dampak buruk pada janin dan bayi. Efek samping secara umum yang akan timbul jika anda mengonsumsi secara berlebihan adalah: anda akan terlalu banyak mengeluarkan keringat, merasa dehidrasi, diare, susah buang air besar, meningkatnya suhu badan, menggigil, terasa perih di lambung, terjadi gangguan di organ hati dan ginjal, terasa panas di punggung, dan sakit di persendian.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kunyit Asam untuk Kecantikan, Kesehatan Serta Efek Samping

Itulah beberapa kandungan gizi, manfaat dan cara penggunaan, serta efek samping dari rebusan daun sirsak. Dalam mengonsumsi rebusan daun sirsak harus sesuai dengan takaran porsinya, jangan berlebihan agar tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh kita.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top