Connect with us
Susu Kuda, Manfaat Susu Kuda, Khasiat Susu Kuda, Air Susu Kuda, Susu Kuda Liar

Minuman

45 Manfaat dan Khasiat Susu Kuda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Susu Kuda – Susu Kuda, Kuda Liar, Kuda Sumba atau Kuda Sumbawa adalah jenis susu yang diperah dari kuda. Memang penggunaan kuda untuk tujuan konsumsi sudah mulai banyak. Kini banyak restoran yang menjajakan menu daging kuda. Tapi pernahkah mendengar perihal susunya?

Susu Kuda, Manfaat Susu Kuda, Khasiat Susu Kuda, Air Susu Kuda, Susu Kuda Liar

Khasiat susu kuda liar dielu-elukan mampu meningkatkan kejantanan seorang pria. Membuat mereka kuat performanya dan ampuh spermanya dalam membuahi sel telur. Meskipun secara medis belum ada penelitian yang menunjukkan mengapa susu ini demikian. Namun kalau soal kandungan gizinya, memang susu ini termasuk low fat atau rendah lemak, jadi baik untuk kesehatan jantung.

Sebetulnya penamaan susu kuda liar hanya untuk tujuan pemasaran belaka agar namanya lebih baik secara branding. Namun semua jenis susu yang diperoleh dari kuda sama saja, tinggal kudanya saja merupakan kuda yang berasal dari mana. Kalau di Indonesia, tentu saja varietas kuda Sumba atau Sumbawa yang paling dikenal. Selain itu, dinamakan kuda liar juga karena jenis kuda ini diternakkan dengan sistem alami semi umbaran, di mana kudanya dibiarkan memakan apa saja yang diperolehnya sendiri dari alam.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Susu Kuda :

Apa sajakah kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam susu kuda liar? Hingga menjadikannya begitu bermanfaat untuk tubuh manusia. Berikut adalah beberapa vitamin, mineral dan zat yang terkandung di dalamnya:

Loading...

• Protein: 1,82%
• Lemak: 1,67%
• Laktosa: 6,48%
• Total Padatan: 11,37%

Harga Susu Kuda :

• Harga susu segar kuda sumba: Rp120.000/liter

• Harga susu segar kuda liar: Rp75.000 – Rp100.000/liter

• Harga susu kuda bubuk: Rp200.000 – Rp300.000/400 gram

Manfaat Susu Kuda untuk Kesehatan :

1. Menambah Gairah Seksual

Khasiat susu kuda bagus untuk menambah gairah seks pria maupun wanita. Memang belum ada penelitian medis yang membenarkan ini, namun keyakinan akan hal ini muncul karena mitos dan kepercayaan masyarakat tradisional belaka. Oleh karena mitos inilah, harga susu ini pun menjadi melambung tinggi.

2. Mengandung Protein yang Lebih Rendah

Namun secara medis telah diteliti bahwa kandungan protein di dalam susu kuda liar lebih rendah dibandingkan susu sapi. Ini menguntungkan buat mereka yang sedang diet protein, maupun alergi terhadap laktosa susu. Jika di dalam susu sapi proteinnya 3,2 %, sedangkan di dalam susu ini hanyalah 0,8%

3. Alternatif Susu Low Fat

Jika sedang mencari susu rendah lemak, maka susu kuda liar bisa menjadi alternatif yang sangat baik. Sebab kandungan lemaknya hanyalah 44 kkal, sedangkan susu sapi 69 kkal. Makanya susu ini aman diminum oleh segala usia, terutama mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung, obesitas atau hipertensi.

4. Meningkatkan Stamina

Minum susu kuda terkenal ampuh dalam melejitkan tenaga. Stamina akan langsung bertambah hanya dengan minum segelas susu ini. Namun hati-hatilah dalam memilih produk susunya, pastikan merupakan susu steril.

5. Memperkuat Imun

Imun adalah sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Untuk menguatkan imunitas tidak ada cara lain, selain dengan makan makanan bergizi, olahraga yang teratur, istirahat dan tidur yang cukup, serta menghindari stress berlebih dan berkepanjangan. Jangan lupa pula buat minum susu kuda liar! Apalagi jenis susu ini mulai banyak dijual di online shop, sehingga gampang dicarinya dan dibelinya.

Manfaat Susu Kuda untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan kejantanan pria

7. Seimbangkan hormon

8. Membantu kerja enzim

9. Menurunkan panas demam

10. Membuat badan lebih fit

11. Melancarkan BAB

12. Mengobati diabetes

13. Mengatasi hipotensi

14. Mencegah osteoporosis

15. Menguatkan struktur gigi

16. Meringankan sakit kepala

17. Menurunkan asam lambung

18. Mengobati infeksi

19. Mengatasi asma

20. Obat TBC alami

Cara Memanfaatkan Susu Kuda untuk Kesehatan :

Susu kuda liar biasanya diminum langsung, ada beberapa jenis yang bisa dipilih, mulai dari susu segar hingga susu bubuk. Memang agak susah mendapatkan produk susu ini di pasaran, namun di toko online sudah banyak yang menjualnya. Namun untuk memperoleh jaminan keaslian produk, alangkah baiknya buat langsung membeli susu segarnya di peternakan kuda. Tidak ada dosis minumnya, namun usahakan agar meminumnya rutin saja. Sedikit tidak masalah, asalkan rutin setiap hari, ini akan berdampak baik untuk tubuh.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Susu Unta untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Susu Kuda untuk Kecantikan :

1. Mencerahkan Kulit Badan

Khasiat susu kuda bagus untuk mencerahkan kulit badan. Artinya susu ini memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati yang menjadi kulit kusam dan tidak cerah. Efek pencerahan ini akan lebih cepat berasanya kalau susunya dijadikan masker dengan tambahan scrub dari granul kecil beras merah atau beras hitam.

2. Menghilangkan Garis dan Kerutan Halus

Seseorang pastilah sering merasa wajahnya penuh dengan guratan dan kerutan halus. Apalagi kalau sudah masuk usia tua, terkadang hanya tersenyum saja langsung menimbulkan kerutan. Ini artinya lapisan kulit memang telah mulai menua dan menjadi getas atau tidak elastis lagi. Buat mengatasi ini sangatlah mudah, cukup dengan rutin meminum susu kuda sebanyak 2 gelas sehari.

3. Melembabkan Kulit

Mandi susu kuda dinilai paling efektif buat melembabkan kulit. Ini cocok untuk mengatasi kulit kering. Bilamana kulit basicnya sudah lembab, mandi susu ini pun masih bagus dan bernilai plus, sebab susu ini akan menutrisi dengan lebih baik lagi. Dapat memberikan efek peremajaan kulit yang akan mencegah penuaan dini pada wajah dan tubuh.

4. Menjaga Berat Badan Agar Ideal

Oleh karena lemak kuda memang rendah, maka susunya pun punya kandungan lemak yang rendah pula. Mereka yang sedang diet terkadang sibuk mencari tahu produk susu low fat yang aman buat menjaga berat badan mereka agar tetap ideal. Kini jangan bingung-bingung lagi, sebab susu kuda ternyata memang rendah lemak dan aman buat diet.

5. Mencegah Kerusakan Rambut

Kerusakan rambut bisa terjadi karena banyak hal, umumnya karena kurang perawatan, seperti jarang keramas dan memberikan vitamin rambut. Untuk mencegah kerusakan rambut lebih parah, cobalah sesekali keramas dengan air susu kuda liar. Supaya rambut yang kusut bisa menjadi halus lagi dan akar rambut yang rapuh bisa diperkuat, sehingga tidak mengalami kebotakan dini.

Manfaat Susu Kuda untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memutihkan kulit wajah

7. Menghilangkan jerawat

8. Memudarkan bekas jerawat

9. Mengangkat komedo

10. Melindungi kulit dari radiasi berbahaya

11. Mencegah kebotakan pada rambut

12. Mengatasi anoreksia

13. Menambah tinggi badan

14. Mengatasi kulit kering

15. Menghaluskan telapak kaki

16. Untuk mandi susu

17. Membuat masker susu

18. Bahan membuat lulur

19. Bisa diolah jadi sabun kecantikan

20. Membuat warna kulit jadi rata

Cara Memanfaatkan Susu Kuda untuk Kecantikan :

Untuk menggunakan susu kuda mudah saja, tidak ada cara lain yang terbaik selain dengan meminumnya langsung. Namun ada yang mesti diperhatikan bahwa pastikan susunya merupakan produk yang steril dan mengalami proses pengemasan dengan baik. Membeli langsung di peternakan kuda perah jauh lebih baik agar mendapatkan susu segar yang higienis. Dengan meminum rutin sebanyak 2 gelas sehari atau paling sedikit 4 kali dalam seminggu sudah sangat membantu merawat kulit dari dalam tubuh.

Efek Samping Susu Kuda :

Di bawah ini adalah banyak efek samping dari susu kuda yang mestinya diketahui oleh mereka yang hendak meminumnya. Jangan hanya melihat manfaatnya saja, namun juga mesti tahu dampak-dampak di bawah ini:

1. Gatal kulit
2. Ruam kemerahan di kulit
3. Bintitan mata
4. Alergi susu
5. Mual dan muntah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Susu Kambing untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Susu kuda liar sangat dipercaya oleh masyarakat tradisional, terutama di daerah Indonesia timur, seperti NTT, NTB, Maluku dan Papua sebagai susu yang sangat ampuh mengatasi berbagai penyakit. Kini dikembalikan kepada kepercayaan masing-masing individu, apakah akan mempercayainya atau tidak?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top