Connect with us
Teh Hitam, Manfaat Teh Hitam, Khasiat Teh Hitam

Minuman

35 Manfaat dan Khasiat Teh Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Teh hitam disebut juga dengan black tea atau bless tea  adalah minuman yang terbuat dari daun Camellia sinensis. Pada masyarakat Tiongkok dan Jepang, ada seni memimun teh yang salah satunya memakai jenis teh ini. Selain memang eksklusif, rasanya dan manfaat teh hitam juga benar-benar eksklusif. Penilaian ini wajar karena mulai dari awal pemetikan daunnya juga harus benar-benar pilihan hingga pemrosesan dan produk akhirnya.

Teh Hitam, Manfaat Teh Hitam, Khasiat Teh Hitam

Teh ini dibuat dari tiga daun pucuk tanaman Camelia sinensis var. assamica yang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Terutama adanya zat unik yang bernama katekin. Untuk rasanya tidak berbeda jauh dengan teh-teh yang lain. Namun, khasiatnya jauh lebih banyak dan kuat. Selain itu, masih banyak keistimewaan-keistimewaan lainnya yang akan kita bahas satu per satu.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Teh Hitam :

Dikenal memiliki kandungan senyawa antibiotik polifenol yang tinggi. Zat-zat lainnya yang terkandung di dalamnya, antara lain: kafein, flavonoid, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, vitamin K, beta karoten, fluoride, magnesium, zinc, selenium, kalium, dan besi. Sifat senyawa-senyawa tersebut lebih kuat dibandingkan dengan senyawa-senyawa yang ada pada teh biasa.

Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan :

1. Menurunkan kolesterol

Senyawa kelompok polifenol, flavonoid, dan senyawa lainnya yang bersifat antioksidan membantu pengusiran radikal-radikal bebas yang menjadi sumber pencetus perkembangan sel-sel kanker. Senyawa-senyawa tersebut juga membantu pengikatan kolesterol dalam darah keluar dari tubuh melalui kerja ekskresi. Timbunan kolesterol di dinding pembuluh darah akibat adanya perkembangan mutasi sel-sel atau sel-sel abnormal. Kolesterol yang seharusnya lancar terangkut tersumbat dan menempel di dinding pembuluh darah.

2. Mencegah aterosklerosis

Katekin dan theaflavin juga membantu pengusiran radikal bebas dalam tubuh. Seperti kita ketahui bersama, radikal-radikal bebas ini akan mengoksidasi kolesterol jahat (LDL) yang bisa membentuk plak pada dinding-dinding pembuluh darah kapiler. Terbentuknya plak ini yang membuat resiko penyakit jantung koroner. Dengan mengurangi radikal-radikal bebas ini, kolesterol dapat terbuang dengan lancar melalui ekskresi tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Khasiat sebagai penurun tekanan darah tinggi berdasarkan pengalaman orang yang telah meminum teh hitam secara rutin. Konsumsi 1-2 cangkir teh per hari sudah mengurangi gejala hipertensi sampai 46%. Bila konsumsi teh ditingkatkan menjadi 3 kali sehari mampu menekan gejala hipertensi sampai 60%. Anda boleh mencobanya.

4. Mengurangi resiko stroke

Plak yang muncul di dinding arteri atau pembuluh kapiler disebabkan oleh adanya radikal bebas di dalam tubuh yang beroksidasi dengan kolesterol. Konsumsi teh mampu menghambat pembentukan plak ini.

5. Antidiabetes

Penderita diabetes pada umumnya kekurangan insulin yang berperan mengubah glukosa dalam darah menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana. Sifat yang mirip insulin ini juga dimiliki oleh senyawa theaflavin dan thearubigin di dalam teh hitam, walau kurang efektif. Namun, itu sudah cukup membantu upaya pencegahan terkena resiko penyakit diabetes.

Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengurangi risiko terkena serangan jantung

7. Sebagai antikanker

8. Membantu proses metabolisme tubuh

9. Meningkatkan stamina

10. Meningkatkan vitalitas untuk kaum adam

11. Mencegah infeksi bakteri

12. Mencegah infeksi jamur

13. Mengurangi risiko kanker ovarium

14. Menambah kesehatan tulang

15. Mencegah risiko penyakit Parkinson

16. Menurunkan risiko batu ginjal

17. Meredakan penyakit sesak nafas Asma

18. Mengenyahkan radikal bebas

19. Menjaga kesehatan mulut

20. Menenangkan pikiran

21. Detoksifikasi

22. Memperlancar ekskresi

23. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cara Memanfaatkan Teh Hitam Untuk Kesehatan :

Cara yang paling umum jelas dibuat minuman. Cukup diseduh dengan air panas, lalu ditambahkan dengan perasa alami. Hindari pemakaian pemanis dari gula karena akan mengurangi khasiatnya. Disarankan memakai gula aren atau gula semut. Tak hanya seduhan yang kita manfaatkan, ampas teh juga berkhasiat untuk kesehatan. Gunakan ampas teh ini sebagai tapal yang ditempelkan ke bagian-bagian tubuh yang terasa sakit.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Teh Basi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Sampingnya

Manfaat Teh Hitam Untuk Kecantikan :

1. Antiaging atau menunda penuaan dini

Teh hitam kaya antioksidan yang mampu mengusir radikal bebas. Juga mampe menawar racun (detoksifikasi) akibat masuknya zat-zat yang bersifat karsinogen. Efek yang bisa dirasakan yaitu pada kulit akan tampak tumbuh normal dan jarang terjadi perkembangan sel-sel abnormal.

2. Menyehatkan rambut

Berbagai macam zat seperti polifenol, flavonoid, vitamin, dan mineral memberikan nutrisi yang baik untuk perakaran rambut. Teh dimanfaatkan layaknya sebagai shampoo herbal. Memang tak mengeluarkan busa seperti pada shampoo konvensional, tapi dalam keefektifan meresap ke bagian perakaran rambut benar-benar manjur. Ini seperti shampoo herbal yang dikomersialkan oleh pakar rambut ternama Indonesia, Rudy Hadisuwarno.

3. Melembutkan kulit

Dengan menyeka kulit wajah dengan ampas teh akan terasa adem dan menyegarkan. Kandungan senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan akan mendukung kesehatan kulit sekaligus menjaga perkembangan abnormal sel-sel kulit. Senyawa-senyawa ini juga membantu pelepasan sel-sel kulit mati sehingga tergantikan oleh lapisan sel-sel muda yang lebih sehat, elastis, dan bercahaya.

4. Menyegarkan mata

Orang yang kurang tidur atau yang baru saja sembuh dari sakit mata biasanya tampak sembab dan lingkar mata terlihat jelas. Jelas, ini membuat mata tampak tak menarik. Untuk menghilangkannya, cukup dengan menempelkan kantong ampas teh ke bagian mata. Setelah dibiarkan beberapa lama, baru dibilas dengan air bersih.

5. Melenyapkan jerawat

Masih memanfaatkan ampas teh, jerawat yang muncul di wajah bisa lebih cepat kempis dengan menempelkan ampas ke bagian yang berjerawat. Ampas teh juga akan melindungi jerawat dari infeksi. Selain itu mempertahankan pH kulit tetap normal sehingga bakteri dan kuman tak mampu berkembang biak di jaringan-jaringan yang mati.

Manfaat Teh Hitam Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melembutkan bibir

7. Menghilangkan sembab di mata

8. Menghilangkan lingkar mata

9. Mencegah keriput-keriput di wajah

10. Menghitamkan rambut

Cara Memanfaatkan Teh Hitam Untuk Kecantikan :

Sebaiknya dibarengi dengan kesehatan dari dalam dan luar. Dari dalam dengan mengkonsumsi seduhan teh hitam secara rutin. Sedangkan perlakuan kecantikan dari luar yaitu dengan memanfaatkan ampasnya. Caranya mudah, tinggal dibuat sebagai tapal di bagian yang akan diberi perlakuan (treatment). Misalnya di bagian area mata, area berjerawat, area bernoda, dll.

Efek Samping Teh Hitam :

Efek samping yang bisa terjadi yaitu sering kencing karena bersifat diuretik. Pada orang-orang tertentu, hal ini bisa menimbulkan masalah pada kelenjar prostat dan saluran kencing. Bisa terjadi peradangan yang mengakibatkan rasa panas di saluran kencing. Pada orang yang sensitive dengan sistem pencernaan. Terutama mudah sembelit, tidak disarankan mengkonsumsi seduhan teh ini karena akan membuat sulit buang air besar. Selain itu berpotensi mengakibatkan terkena gejala penyakit ambeien atau wasir.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Begitu banyak manfaat teh hitam bagi kesehatan dan kecantikan. Selain rasanya yang menyegarkan sebagai minuman pendamping makanan kesukaan kita. Karena sifatnya yang mendinginkan dan menyegarkan, padukan dengan makanan yang bersifat panas seperti nasi goreng, mi jawa, ayam goreng, dll. Dengan demikian makanan akan terasa lebih lezat dan nyaman di perut. Sekarang, harganya sudah begitu terjangkau oleh masyarakat luas. Bahkan, sudah tersedia dalam beragam kemasan sehingga pilihan harganya tinggal disesuaikan dengan kantong kita.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top