Connect with us
Teh, Minuman Teh, tanaman teh, teh Hijau, Manfaat Teh, Khasiat Teh

Minuman

100 Manfaat dan Khasiat Teh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Teh atau Camellia sinensis merupakan jenis minuman favorit banyak orang. Proses pembuatan minuman teh dilakukan dengan cara menyeduh pucuk daun, daun atau tangkai daun menggunakan air panas. Tidak hanya di Indonesia, masing-masing negara di dunia mengenalnya jenis minuman ini. Rasa minuman teh memang sangat lezat, cocok diminum dingin maupun hangat. Manfaat teh untuk kesehatan dan kecantikan tubuh seperti bisa melancarkan sekresi air dalam tubuh, sehingga cocok untuk yang memiliki gangguan ginjal.

Teh, Minuman Teh, tanaman teh, teh Hijau, Manfaat Teh, Khasiat Teh

Khasiat teh dikenal ampuh sebagai antioksidan yang membuat tubuh fresh. Menempelkan teh basi ke wajah bahkan memberikan efek memutihkan kulit. Makanya banyak kaum hawa mencoba menyeduhnya di malam hari, untuk digunakan esok paginya. Dampak putih wajah bisa dirasakan hanya dalam waktu 7 hari setelah pemakaian rutin.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Teh :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Teh

Membahas kandungan gizi minuman herbal dari tanaman Camellia sinensis ini nampaknya lebih menarik ditinjau dari sudut pandang zat-zat aktif yang terkandung di dalamnya. Ada beberapa zat yang ada, seperti kafein, theobromine, theophyline dan L-theanine.

Masing-masing zat di atas memiliki efek tersendiri. Mulai dari kafein berfungsi untuk menghilangkan nyeri dan rasa kantuk.  Zat theobromine untuk meningkatkan detak jantung. Kemudian theophyline bertanggungjawab terhadap kelancaran pergerakan otot di saluran pernapasan. Lalu yang terakhir adalah L-theanine yang amat berpengaruh memicu gelombang otak berada pada frekuensi alpha yang memudahkan manusia untuk bersikap tenang dan rileks.

Maka tak heran bila sehabis minum biasanya seseorang akan merasa sangat tenang. Ada efek ketenangan pikiran yang diperoleh. Rileksasi di seluruh lini tubuh, serta membuat daya pikir seakan terisi ulang kembali. Minuman ini cocok diminum dikala sedang banyak kerjaan.

Manfaat Teh Untuk Kesehatan :

1. Menyembuhkan Hipersomnia

Ada banyak minuman yang mengandung kafein selain kopi yang memang kandungan kafeinnya cukup tinggi. Teh mengandung kafein walau hanya sedikit. Tapi ini cukup membantu mengurangi jam tidur orang yang mengidap hipersomnia.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Radikal bebas bisa saja tumbuh didalam tubuh kita jika pola hidup kita tidak sehat. Untuk itu kita perlu mengantisipasi tumbuhnya radikal bebas di dalam tubuh. Bagaimana caranya? Caranya adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan untuk menghambat pertumbuhan radikal bebas di dalam tubuh. Salah satu minuman yang menandung antioksidan yang cukup tinggi adalah minuman ini. Tapi untuk terhindar dari diabetes kita perlu atur juga porsi gula nya.

3. Mencegah Berkembangnya Radikal Bebas

Teh adalah adalah salah satu minuman yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dapat menghambat pertumbuhan radikal bebas yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Maka daripada minum minuman yang tidak jelas dan tidak sehat, lebih baik kita minum minuman ini saja, bisa pagi maupun sore hari

4. Mencegah Obesitas

Minuman teh dapat menghambat pertumbuhan lemak yang menyebabkan kegemukan atau obesitas. Maka dari itu cara agar kita tidak obesitas adalah minum minuman ini setelah makan makan yang berlemak seperti daging dan lain-lain kita dianjurkan untuk minum minuman ini.

5. Melancarkan Air Seni

Teh mengandung banyak air saat sudah di olah menjadi minuman, sehingga saat setelah minum teh biasanya produksi air seni kita semakin banyak dan lancar. Untuk itu bagi yang sulit buang air kecil banyaklah untuk mengonsumsi minuman ini.

Manfaat Teh Untuk Kesehatan Lainnya:

6. Menenangkan pikiran
7. Membuat otak fresh
8. Mencegah gangguan mental
9. Mengurangi rasa kantuk berlebih
10. Membuat badan bugar
11. Mengatasi pegal-pegal badan
12. Mengurangi sakit kepala
13. Mengatasi dahaga
14. Mencegah mulut kering
15. Membuat kenyang lebih lama
16. Aman untuk diet
17. Menyehatkan ginjal
18. Mencegah gagal ginjal
19. Melancarkan BAB
20. Mengatasi gangguan psikis
21. Mengaktifkan hormon anti stress
22. Menghilangkan rasa letih
23. Mengatasi kembung
24. Menghangatkan badan
25. Menyembuhkan masuk angin

Cara Memanfaatkan Teh Untuk Kesehatan :

Untuk meracik minuman ini yang difungsikan untuk kesehatan itu mudah saja, kok! Tinggal diseduh saja dengan air panas atau hangat. Jika ingin mendapatkan rasa manis, maka harus ditambah dengan gula. Namun jika ingin rasa pahit, tak perlu dicampur apa-apa.

Sebaiknya memang diseduh dengan air panas atau hangat agar warnanya keluar. Semakin hitam pekat tehnya maka rasanya akan semakin lezat. Khasiat yang diperoleh pun makin banyak, sebab teh yang hitam pekat menunjukkan banyaknya konsentrasi zat yang berguna untuk tubuh.

Manfaat Teh Untuk Kecantikan :

1. Mencegah Keriput

Setelah kita menyeduh teh biasanya ampas teh nya kita buang karena dianggap sudah tidak ada manfaatnya atau hanya sampah. Tetapi sebenarnya ampas itu memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk merawat wajah kita. Ampas itu mengandung antioksidan yang tinggi sehingga saat kita gunakan itu sebagai masker itu bisa membantu mencegah keriput  di wajah kita.

2. Menghilangkan Kantung Mata

Bagaimana cara menghilangkan kantung mata dengan teh? Caranya adalah seduh teh di siang atau pagi hari, setelah itu di malam hari ampas nya kita gunakan sebagai masker mata. Bisa tunggu beberapa jam atau kita bawa untuk tidur, tapi jika tidak ingin ampasnya berantakan kita bisa menunggunya sebelum tidur dan langsung membilasnya. Lakukan itu setia hari secara rutin, maka kantong mata akan hilang.

3. Menutrisi Kulit di Sekitar Mata

Karena seharian bekerja biasanya kulit disekitar mata kita menjadi gelap. Tapi itu bisa diatasi jika kita rajin memberikan perawatan terhadap kulit di sekitar mata kita. Caranya mudah untuk memberi nutrisi pada kulit mata, yaitu dengan cara menggunakan masker mata dari ampas teh. Gunakan ampas itu rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Membuat Rambut Berkilau

Selain untuk wajah, manfaat teh untuk kecantikan juga bisa untuk rambut. Gunakan masker ampas teh untuk rambut, ini berguna untuk membuat rambut menjadi berkilau. Lakukan terapi ini setiap dua hari sekali untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Menyegarkan Kulit Wajah

Selain untuk kulit di sekitar mata kita bisa menggunakan masker ampas teh di seluruh wajah kita untuk menyegarkan kulit wajah kita. Masker ini memiliki sifat mendinginkan sehingga setelah kita menggunakan masker ini, kulit wajah kita menjadi dingin dan juga segar.

Manfaat Teh Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memutihkan kulit
7. Meremajakan kulit wajah
8. Melembabkan kulit
9. Sebagai antioksidan
10. Mengatasi bibir pecah-pecah

Cara Memanfaatkan Teh Untuk Kecantikan :

Sama seperti untuk kesehatan, bisa diolah jadi minuman. Namun khusus untuk tujuan kecantikan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat masker. Paling terkenal adalah masker teh basi.

Cara membuat masker basi ini mudah saja. Tinggal menyeduh teh asli (yang berbentuk serpihan) dengan sedikit air panas. Perbandingannya dengan air panasnya 3:1. Kemudian diamkan ramuan masker ini semalaman. Esok paginya tinggal dipakai untuk maskeran di wajah. Efeknya akan terasa setelah 1 bulan pakai.

Efek Samping Teh :

Efek Samping Teh

Ada beberapa efek samping. Berbagai efek di bawah ini bersifat positif dan juga negatif:

1. Rasa kantuk hilang
2. Tubuh menjadi enerjik lagi di saat lesu
3. Menghilangkan rasa lapar
4. Membuat ingin kencing terus
5. Kecanduan
6. Membuat gigi jadi kusam warnanya
7. Berpotensi mengeluarkan toksin atau racun jika diminum saat makan nasi
8. Memicu diabetes bila kemanisan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Green Coffee Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Walaupun banyak efek sampingnya karena kaya akan kafeina, namun manfaat teh juga begitu banyak tidaklah membuat manusia meninggalkan atau lupa akan kelezatan secangkir minuman ini. Justru tiap harinya berbagai variasi resep pengolahannya terus bermunculan. Varian-varian rasanya pun terus bertambah dari waktu ke waktu. Teh bersumber dari tumbuhan teh yang dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam,  teh hijau, teh putih dan teh oolong.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top