Connect with us

Minuman

47 Manfaat dan Khasiat Wedang Jahe untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Wedang Jahe – Wedang jahe merupakan minuman berbahan baku tanaman jahe dan campuran rempah-rempah yang dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Minuman tradisional dari daerah Jawa Timur, Indonesia ini kini telah menyentuh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Umumnya wedang jahe ini disajikan dalam suhu panas karena fungsinya yang bisa menghangatkan tubuh, dan ‘wedang’ sendiri dalam bahasa Jawa berarti ‘minuman panas’. Meski tanpa kandungan kafein, minuman ini sering disajikan seperti teh.

Wedang Jahe, Manfaat Wedang Jahe, Khasiat Wedang Jahe

Bahan dari pembuatan minuman tradisional adalah urusan jahe segar, gula Jawa dan gula Batu yang dicampurkan dalam air panas. Selain jahe segar, banyak masyarakat Indonesia yang juga menggunakan jahe bubuk sebagai bahan utama resep minuman ini. Terkadang, ditambahkan juga dengan rempah-rempah seperti serai, kayu manis, susu segar atau susu manis untuk memperkuat rasa dan kelezatannya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Wedang Jahe :

Kandungan Dalam 100 gr Wedang Jahe :

  • Energi = 59 kkal
  • Protein = 0,14 gr
  • Lemak = 0,09 gr
  • Karbohidrat = 15,07 gr
  • Kalsium = 2 mg
  • Fosfor = 3 mg
  • Zat Besi = 0,15 mg
  • Vitamin A = 2 IU
  • Vitamin B1 = 0 mg
  • Vitamin C = 0 mg

Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan :

1. Menghangatkan Badan

Manfaat paling utama dari pengonsumsian wedang jahe adalah untuk menghangatkan badan, hal ini karena komposisi utamanya adalah jahe yang sangat berkhasiat dan telah diakui oleh para pakar kesehatan. Keperluan menghangatkan tubuh pada saat cuaca dingin adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan.

2. Bantu Menghilangkan Stres

Karena racikan dari wedang jahe yang sangat luar biasa, menjadikannya mampu membuat nyaman serta merelaksasi lewat aromanya yang khas. Wangi yang dihasilkan pun dengan segera akan membuat Anda tenang setelah mungkin Anda mengalami sesuatu yang membuat perasaan Anda buruk. Bahkan, wedang ini juga mampu membuang semua pikiran negatif yang sebelumnya Anda pikirkan.

3. Dapat Melancarkan Peredaran Darah

Secangkir wedang jahe akan memberi Anda bantuan untuk meningkatkan aliran darah. Asam amino dab mineral dalam wedang jahe juga dapat melancarkan aliran darah.

4. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidak hanya kaya akan antioksidan, wedang ini juga sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terlebih jika Anda meminum secangkir wedang ini secara teratur, akan membantu menurunkan risiko penyakit stroke secara berkala.

5. Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Wedang jahe telah terbukti mampu meningkatkan nafsu makan dan juga membantu menghilangkan asam lambung hang bisa menggumpal di saluran pencernaan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk Anda yang punya masalah pada sistem pencernaan untuk mengonsumsi wedang jahe demi mengembalikan nafsu makan.

Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Dapat Mengatasi Masalah Pencernaan
7. Membantu Mengurangi Memar
8. Membantu Mengurangi Rasa Nyeri
9. Dapat Meningkatkan Kebugaran
10. Membantu Menurunkan Berat Badan
11. Bantu Mengurangi Rasa Nyeri Rematik
12. Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi
13. Mencegah Risiko Penyakit Kardiovaskular
14. Mengurangi Keringat Berlebih
15. Bantu Menurunkan Demam
16. Bantu Meredakan Mual
17. Meminimalisir Gangguan Gigi dan Gusi
18. Mengurangi Risiko Kanker
19. Dapat Mengatasi Mabuk Perjalanan
20. Bantu Meringankan Morning Sickness
21. Sebagai Obat Rematik
22. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
23. Bisa Mengobati Gatal di Tenggorokan
24. Dapat Membasmi Bakteri dan Zat Berbahaya Dalam Tubuh
25. Mampu Menangkal Radikal Bebas
26. Sebagai Antioksidan Yang Kuat
27. Dapat Meringankan Rasa Nyeri Haid
28. Dapat Meringankan Rada Ngeri Otot
29. Bantu Mengobati Luka Karena Digigit Ular
30. Menjaga Kesehatan Jantung
31. Dapat Meredakan Diare
32. Bisa Mengobati Selesma
33. Dapat Menurunkan Tekanan Darah
34. Bantu Mengobati Migrain
35. Bantu Mengobati Batuk

Cara Memanfaatkan Jahe Untuk Kesehatan :

Cara memanfaatkan jahe adalah dengan mengolahnya agar layak untuk dikonsumsi. Namun, ada juga yang memilih menjadikan jahe sebagai minyak atsiri.

1. Jahe Rebus

Caranya sangat mudah yaitu siapkan jahe secukupnya dan rebus dalam tiga gelas air kemudian sisakan hingga segelas air saja. Saring, dan siap diminum dalam keadaan panas.

2. Jahe Bubuk

Caranya adalah, siapkan jahe secukupnya dan jemur hingga kering. Atau jika cuaca tidak terik maka jahe bisa di oven. Lalu, tumbuh sampai halus dan masukkan ke dalam pil. Tambahkan gula agar lebih nikmat saat diseduh dengan air hangat.

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan :

1. Dapat Melangsingkan Tubuh

Mulai saat ini, jangan berpikir melangsingkan tubuh itu sulit, karena Anda bisa membakar kalori menjadi panas serta melancarkan metabolisme tubuh hanya dengan mengonsumsi jahe. Karena kalori yang sedikit, maka jahe tidak akan memicu kenaikan berat tubuh Anda.

2. Dapat Menunda Penuaan

Wedang jahe sangat efektif dalam menjaga wajah agar terlihat awet muda. Ini dikarenakan kandungan zat antioksidan dalam jahe mampu menjadi obat anti penuaan zat ini akan bekerja dengan cara melindungi sel dari kerusakan oleh radikal bebas.

3. Dapat Mengobati Jerawat

Dalam hal mengobati jerawat, salah satu penelitian di Universitas Maryland Medical Center telah membuktikan bahwa wedang jahe bisa mencegah timbulnya jerawat dj wajah. Disarankan untuk mengonsumsinya sekitar 4 gram saja per hari agar tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

4. Dapat Mengatasi Minyak Berlebih

Wedang jahe juga dapat membantu dalam merawat kulit, terutama mengurangi jumlah minyak berlebih di wajah yang bisa menimbulkan bermacam masalah kulit.

5. Bantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Dengan menumpuknya sel kulit mati di wajah, maka wajah akan terlihat kusam dan harus segera ditangani agar sel-sel mati tersebut segera diganti oleh sel yang baru. Dengan mengonsumsi wedang jahe, maka akan membantu pengangkatan sel kulit mati di wajah.

Manfaat Wedang Jahe Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Sebagai Masker Perawatan Wajah

Cara Manfaat Wedang Jahe Untuk Kecantikan :

Caranya memanfaatkan wedang jahe adalah dengan mengonsumsinya langsung, atau bisa dijadikan masker dengan menambahkan beberapa campuran seperti madu, jeruk nipis, dan lain sebagainya yang dapat menutrisi kulit

Efek Samping Wedang Jahe :

1. Penyakit Pencernaan

Jika ingin mengonsumsi jahe maka perhatikanlah batas Anda meminumnya. Jika sampai overdosis minum jahe maka akan mempengaruhi sistem pencernaan. Konsumsi jahe yang berlebih akan mengakibatkan gejala mual, diare, sendawa , dan kembung. Bagi yang memiliki riwayat penyakit diabetes di anjurkan tidak mengonsumsi jahe dalam bentuk apa pun karena jahe akan menurunkan kadar gula dan akan mengakibatkan hipoglikemia.

2. Kerugian Anestasi

Bagi yang akan melakukan operasi atau sesudah operasi sebaiknya jangan mengonsumsi jahe dalam waktu berkepanjangan. Hal itu akan mengakibatkan komplikasi, akan menghambat penyembuhannya pada luka, bahkan reaksi fotosintesis dan pendarahan. Kebanyakan dokter menganjurkan tidak mengonsumsi jahe satu Minggu sebelum melakukan operasi.

3. Efek Untuk Penderita Gangguan Darah

Minum wedhang jahe akan menghalangi fungsi trombosit yang berguna untuk pembekuan darah. Bagi yang menderita gangguan darah jika ingin mengonsumsi jahe alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Bagi yang mengonsumsi obat untuk darah tinggi jangan meminum jahe hal itu akan membuat tekanan darah menurun drastis dan membuat jantung berdegup tidak stabil.

4. Racun Bagi Ibu Hamil

Ternyata dalam jahe mengandung zat yang merupakan racun bagi ibu hamil. Hal itu akan membuat terganggu pada janin. Dan untuk ibu menyusui sebaiknya juga tidak mengonsumsi jahe. Jikalau ingin mengonsumsinya konsultasilah pada dokter terlebih dahulu.

5. Membuat Susah Tidur

Salah satu efek samping minuman jahe akan membuat Anda susah untuk tidur. Minum jahe sangat cocok bagi yang kerja lembur supaya mata tetap terjaga dan tidak merasakan mengantuk. tapi juga jangan berlebihan.

6. Risiko Empedu Batu

Bagi yang memiliki sakit pada empedu hindari minum jahe hal itu akan membuat cairan empedu berefek buruk hal itu akan meningkatkan produksi cairan empedu yang berlebih, hal itu akan membuat sakit yang disebabkan oleh jahe.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Teh Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Wedang jahe banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikanNah maka di sarankan jika ingin mengonsumsi jahe janganlah berlebihan soalnya meskipun jahe memiliki manfaat akan tetapi juga perhatikan efek sampingnya.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top