Connect with us
Yoghurt , Manfaat Yoghurt , Khasiat Yoghurt, Minuman Yoghurt, Makanan Yoghurt , Yogurt

Minuman

50 Manfaat dan Khasiat Yoghurt untuk Kesehatan, Kecantikan, serta Efek Samping

Yoghurt atau yogurt merupakan minuman susu yang proses sehat dan lezat untuk dikonsumsi. Minuman yoghurt adalah minuman dari olahan susu yang telah dilakukan fermentasi oleh dua bakteri asam laktat atau dikenal dengan sebutan BAL. Yoghurt ini juga dapat dibuat dengan susu kambing atau susu domba, meskipun yang paling umum yogurt ini terbuat dari susu sapi. Namun sari kacang kedelai juga menjadi bahan olehan pembuatan yogurt ini. Selain itu kebanyakan orang barat senang mengkonsumsi minuman ini karena bisa mendapatkan manfaat yoghurt di dalamnya.

Yoghurt , Manfaat Yoghurt , Khasiat Yoghurt, Minuman Yoghurt, Makanan Yoghurt , Yogurt

Diluar negeri produk yogurt berisi bakteri Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus dan Streptococcus salivarius subsp. thermophilus. Sejak zaman dahulu minuman yoghurt ini sudah ada dan terkenal diseluruh dunia karena banyaknya kandungan vitamin didalamnya, dan konon katanya Ratu Cleopatra ini sering mandi dengan yoghurt untuk menjaga kecantikan kulitnya agar tetap awet muda. Minuman sehat ini tidak hanya bermanfaat untuk kencantikan saja tetapi bermanfaat juga bagi kesehataan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Yoghurt :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Yoghurt

Nilai gizi yang terkandung pada yoghurt ini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan susu biasa. Hal ini terjadi karena adanya bakteri baik yang telah menguraikan protein susu menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana sehingga yoghurt mudah dicerna. Nilai gizi yang terkandung pada makanan fermentasi ini untuk setiap 100 gram, diantaranya mengandung karbohidrat 4 g, lemak 2,5 g, protein 3,3 g, energi 52 kkal, fosfor 90 mg, kalsium 120 mg, zat besi 0,1 mg, vitamin A 73 SI dan vitamin B1 0,04 mg.

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan :

1. Menurunkan tekanan darah

Kalium yang terkandung pada yoghurt ini sangat berguna bagi penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah tanpa menimbulkan efek samping. Yoghurt bisa menjadi pengganti minuman jus bagi penderita hipertensi dipagi hari.

2. Sebagai makanan anti diare

Makanan fermentasi ini ternyata dapat mencegah pertumbuhan beberapa bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit gastroenteritis yang memicu diare. Terdapat bakteri baik di dalam makanan olahan susu ini yang mampu menghasilkan senyawa bulgarican. Senyawa ini bersifat anti mikroba yang dikenal sangat efektif dalam menghambat perkembangan organisme maupun bakteri patogen

3. Memiliki kemampuan anti kanker

Perlu diketahui bahwa bakteri yang digunakan dalam proses fermentasi susu mempunyai kemampuan dalam merubah zat prekarsinogenik penyebab kanker. Zat ini biasanya ditemukan pada saluran pencernaan manusia. Oleh karena itu, kankerpun dapat dicegah pertumbuhannya.

4. Membantu menyembuhkan penderita lactose intolerance

Makanan dari susu yang difermentasi ini sangat berkhasiat apabila dikonsumsi bagi penderita yang mengalami masalah defisiensi enzim, karena bakteri asam laktat atau BAL yang bertugas dalam memfermentasi laktosa yang ada pada susu menjadi glukosa dan galaktosa. Selain itu juga merangsang sekresi enzim laktase di dalam saluran pencernaan.

5. Mengatur saluran pencernaan agar menjadi lebih optimal

Kandungan asam laktat pada makanan yang berasa masam ini dapat merangsang gerakan percernaan mekanis di seluruh bagian sistem pencernaan. Karena adanya rangasangan gerakan makanis yang mampu memelihara serta menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dilakukan dengan melakukan peningkatan proses metabolisme pencernaan, absorbsi, pembuangan sisa pencernaan, maupun pembuangan bakteri penyebab penyakit dari sistem pencernaan.

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi
7. Memperbaiki gerakan perut
8. Menghambat pertumbuhan bakteri pathogen penyebab penyakit
9. Dapat membantu menurunkan berat badan
10. Mengurangi kanker usus besar
11. Menjaga sel darah merah
12. Mengurangi resiko terjadinya penyakit diare
13. Menghindari penyakit usus
14. Mengurangi infeksi jamur
15. Menguatkan sel darah putih
16. Mampu meningkatkan imun tubuh
17. Melancarkan sistem pencernaan
18. Menjaga tulang agar tetap kokoh
19. Menyehatkan gigi agar tidak mudah berlubang
20. Menyembuhkan luka bakar
21. Menurunkan kadar kolesterol
22. Membersihkan usus
23. Mengurangi gejala stress
24. Menjaga penyakit jantung
25. Memberikan energi

Cara Memanfaatkan Yoghurt Untuk Kesehatan :

Banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada yoghurt, sehingga mengkonsumsi minuman tersebu secara rutin setiap hari sangat baik untuk menjaga sistem saraf, menjaga sel darah merah, menghindari penyakit usus dan masih banyak lagi. Makanan ini juga cocok dicampur dengan aneka buah-buahan seperti mangga, pisang, anggur, stroberi bahkan juga bisa dicampurkan dengan es-krim.

Manfaat Yoghurt Untuk Kecantikan :

1. Membersihkan kulit

Yoghurt memiliki bahan aktif dan vitamin C yang dapat membersihkan kulit yang disebut dengan exfoliator. Kita dapat mengkonsumsi makanan ini secara teratur atau menjadikannya sebagai masker, dengan cara menggunakan bahan makanan ini yang rasa plain atau original, dan gunakan masker tersebut setiap dua hari sekali sebelum tidur.

2. Mencegah jerawat

Rasa asam dan segar saat mengkonsumsi yoghurt ini ternyata dapat membuat wajah menjadi cerah. Selain itu makanan maupun minuman hasil fermentasi yogurt dapat membersihkan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

3. Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang sangat mengganggu kenyamanan bahkan penampilan rambut anda. Untuk mengatasinya dapat digunakan Yogurt. Makanan ini dapat dimanfaatkan sebagai anti bakteri maupun anti jamur yang bagus untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala dengan cara mengoleskan yoghurt plain atau original di kulit kepala yang berketombe dan lakukan hal ini secara rutin setiap harinya.

4. Mengangkat sel kulit mati

Vitamin C yang terkandung pada yoghurt ini dapat mengangkat sel kulit mati yang ada pada tubuh kita loh. Dengan cara membuat lulur alami dengan yoghurt original atau plain dengan gula sebagai scrub, lalu gunakan lulur setiap hari sebelum mandi.

5. Memperkuat rambut

Terkadang suka jengkel atau kesal karena rambut suka selalu saja rontok, karena rambut memiliki akar yang rentan. Yoghurt ini dapat menutrisi rambut loh, karena yoghurt ini mengandung mangan dam zink sera seng yang dapat menutrisi kulit kepala sehingga rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok lagi.

Manfaat Yogurt untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membersihkan mulut
7. Menghaluskan kulit wajah
8. Menyegarkan kulit tubuh
9. Mencerahkan kulit wajah
10. Sebagai anti aging atau anti penuaan
11. Mampu menjaga kelembapan alami kulit wajah
12. Membantu dalam menyamarkan flek hitam akibat paparan sinar matahari
13. Meregenerasi sel kulit yang mati
14. Menyamarkan lingkaran di sekeliling mata
15. Memulihkan kulit yang terpapar sinar UV
16. Menghilangkan kekusaman kulit wajah
17. Mengurangi efek yang ditimbulkan dari infeksi pada kulit
18. Menutrisi kulit wajah maupun tubuh
19. Membuat kulit terhidrasi dengan cukup
20. Membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah

Cara Memanfaatkan Yoghurt Untuk Kecantikan :

Wanita mana yang tidak ingin memiliki wajah yang cantik, bersih, mulus dan putih. Dengan menggunakan masker alami yang terbuat dari campuran yoghurt dan 3 sendok teh jeruk serta gula sebagai scrub ini dapat berkhasiat memutihkan wajah, mencegah kerutan halus pada wajah, serta menghilangkan jerawat dan lain sebagainya. Lakukan perawatan ini sekali hingga dua kali dalam satu minggu secara berturut-turut dan rajin agar hasilnya lebih maksimal.

Efek Samping Yoghurt :

Efek Samping Yoghurt

Makanan yang merupakan hasil fermentasi susu ini memang mempunyai banyak kandungan gizi serta khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun dibalik semua itu ternyata mengkonsumsi yoghurt secara berlebihan seperti meminumnya melebihi 1,5 liter per hari akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan yaitu :

1. Tenggorokan akan terasa kering
2. Berat badan turun secara tidak normal
3. Badan terasa berat
4. Perut mulas karena yogurt bersifat asam
5. Badan lemas dan mengantuk

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Di Indonesia yoghurt dikemas dengan berbagai jenis serta macam rasa, rasa alami, rasa vanilla, rasa buah atau rasa cokelat. Mengonsumsi yogurt setiap hari memang dapat menyehatkan tubuh, namun anda juga harus paham takaran dan efek samping jika berlebihan.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top