Connect with us

61 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Pengobatan, Payudara, Ibu Hamil, Bibir dan Rambut

Minyak

61 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Pengobatan, Payudara, Ibu Hamil, Bibir dan Rambut

Manfaat Minyak Kelapa – Minyak kelapa merupakan minyak yang terbuat dari kelapa yang kaya akan nutrisi. Tak hanya digunakan untuk menggoreng, manfaat minyak kelapa juga bisa dirasakan untuk orang yang mengidap penyakit tertentu. Selain itu minyak buah kelapa juga banyak digunakan untuk kecantikan kulit, bibir dan rambut.

Minyak Kelapa, Manfaat Minyak Kelapa, Khasiat Minyak Kelapa

Banyak produsen makanan yang mengganti bahan dasar dengan minyak kelapa. Walaupun begitu, minyak yang dibuat dari bahan baku kelapa segar mengandung lemak jenuh hingga 90%. Meskipun mengonsumsi virgin coconut oil tak terlalu menyehatkan secara keseluruhan, namun jenis minyak yang satu ini masih jauh lebih sehat dan memiliki banyak manfaat dibandingkan minyak goreng biasa.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Minyak Kelapa

Minyak kelapa pada umumnya mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh yang terkandung dalam virgin coconut oil terdiri dari trigliserida rantai sedang, seperti kaplirat, laurat, asam palmitat, dan miristat.

Kandungan lainnya yang terdapat dalam minyak kelapa adalah asam linoleat, asam oleat, polifenol, asam lemak tidak jenuh tunggal, vitamin E, vitamin K, dan zat besi. Sementara dalam 100 gram minyak yang dibuat dari bahan baku kelapa segar mengandung 870 kilokalori energi, 1 gram protein, 98 gram lemak, 3 miligram kalsium.

Loading...

Manfaat Minyak Kelapa untuk Pengobatan Penyakit

1. Mengobati Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah suatu penyakit dimana otak mengalami penurunan kemampuan pada otot polos. Hal ini menyebabkan penderita akan mengalami penurunan kualitas pola hidup.

Dari hasil penelitian membuktikan bahwa minyak kelapa dapat mengobati dan mencegah penyakit Alzheimer. Beberapa pengidap penyakit Alzheimer dikabarkan sembuh setelah rutin mengonsumsi minyak buah kelapa. Hal ini karena adanya kandungan zat keton pada virgin coconut oil yang sangat baik untuk kesehatan dan meningkatkan fungsi otak.

2. Mengobati gagal ginjal

Gagal ginjal adalah suatu penyakit yang bisa dibilang cukup mematikan. Karena ginjal mengalami penurunan kemampuan untuk menyaring sisa makanan dan cairan. Hal ini menyebabkan racun tidak dapat tersaring dan menyebar keseluruh tubuh melalui darah.

Penelitian lainnya yang dilakukan Amerika Serikat membuktikan bahwa minyak kelapa murni dapat menyembuhkan menyakit gagal ginjal. Para penderita gagal ginjal yang telah mengonsumsi VCO mengalami penurunan resiko kematian bahkan telah sembuh total. Kandungan asam laurat pada minyak murni dari kelapa berperan dalam memperbaiki sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melancarkan proses metabolisme dan meningkatkan kinerja organ-organ tubuh.

3. Mengatasi Penyakit Jantung

Banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi minyak kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol. Namun, anggapan tersebut terbantahkan dengan hasil penelitian dari Universitas Cambridge. Minyak buah kelapa ternyata dapat mengatasi penyakit jantung dan stroke jika dikonsumsi selama 4 minggu.

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah (LDL). Selain itu, virgin coconut oil dapat mengurangi kerusakan dan cedera pada pembuluh darah sehingga dapat mencegah aterosklerosis.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Mengobati sakit gigi

5. Menurunkan demam

6. Mengatasi pegal-pegal

7. Mengatasi varises

8. Mengobati flu

9. Mengobati diare

10. Mengobati penyakit kulit

11. Menyembuhkan batuk

12. Mengobati bengkak pada kaki

13. Mencegah osteoporosis

14. Memperbaiki sekresi insulin

15. Mengobati infeksi saluran kemih

16. Mengobati hepatitis C

17. Mengobati herpes

18. Mengobati cacar air

19. Mengobati sakit telinga

20. Mengobati meningitis

21. Mengobati sakit tenggorokan

22. Melumpuhkan parasit pada tubuh

23. Mencegah kanker

24. Mencegah penyakit liver

25. Mengobati penyakit eksim

26. Mengobati penyakit psoriasis

27. Mengobati dernatitis

28. Mengobati luka bakar

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Payudara

1. Mengencangkan Payudara

Sebagian perempuan mungkin merasa tidak percaya diri dengan payudara yang kendur. Kulit pada area sekitar payudara rentan terhadap kerutan halus. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh penurunan berat badan secara drastis, kurang istirahat dan pola hidup yang tidak sehat. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan pijat payudara dengan minyak kelapa.

2. Menghaluskan Payudara

Selain dapat mengencangkan payudara, miyak kelapa juga dapat menghaluskan kulit di area payudara. Pijat kedua payudara searah jarum jam dengan minyak kelapa selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air.

3. Memperbesar Payudara

Minyak kelapa dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah dan meregenarasi sel kulit pada payudara. Hal tersebut secara tidak langsung dapat menambah volume payudara. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu memijat kedua payudara sebelum tidur dengan menggunakan VCO asli. Kemudian diamkan hingga keesokan harinya, kemudian bersihkan dengan air.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

1. Mengatasi morning sickness

Morning sickness merupakan suatu keadaan dimana wanita hamil mengalami mual dan muntah di pagi hari. Morning sickness biasanya dialami oleh wanita hamil pada trimester pertama. Salah satu cara alami untuk mengatasi morning sickness adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Virgin coconut oil bersifat menenangkan dan mengurangi refluk asam pada lambung sehingga bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi morning sickness.

2. Menghilangkan stretchmark

Sebagian besar wanita hamil pasti pernah megalami stretchmark, terutama pada area perut. Stretchmark disebabkan oleh peregangan otot-otot perut yang membesar selama kehamilan. Stretchmark dapat diatasi dengan memanfaatkan minyak kelapa karena dapat meningkatkan elastisitas kulit dan melembabkan kulit.

Cara menghilangkan stretchmark dengan minyak kelapa cukup mudah, cukup sediakan beberapa tetes virgin coconut oil, kemudian oleskan ke bagian tubuh yang diinginkan. Pemakaian secara teratur akan memberikan hasil yang maksimal.

3. Melancarkan ASI

Setiap ibu hamil pastinya menginginkan ASI dengan kualitas yang baik. ASI yang berkualitas akan berpengaruh pada kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Minyak kelapa dapat membantu melancarkan ASI jika dikonsumsi secara rutin. Karena VCO mengandung asam laurat yang dapat menambah volume ASI. Minyak yang dibuat dari bahan baku kelapa segar dapat dikonsumsi selama masa kehamilan maupun setelah melahirkan.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil Lainnya

4. Mencegah batuk dan flu pada ibu hamil

5. Meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan

6. Mengatasi iritasi

7. Mencegah kekeringan vagina

Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah

1. Mengatasi Jerawat

2. Membersihkan kotoran pada wajah

3. Sebagai antioksidan

4. Menangkal sinar ultraviolet

5. Mengangkat sel kulit mati

6. Mencegah penuaan dini

7. Melembabkan kulit wajah

8. Mencerahkan kulit wajah

9. Mengencangkan kulit wajah

10. Sebagai scrub alami

11. Menghilangkan flek hitam

12. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bibir

1. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

2. Melembutkan kulit bibir

3. Mencerahkan warna bibir

4. Mengatasi sariawan

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

1. Mengatasi kerontokan rambut

2. Melembutkan rambut

3. Menghilangkan ketombe

4. Menyuburkan rambut

5. Melindungi rambut dari kerusakan

6. Sebagai kondisioner alami

7. Membuat rambut berkilau

8. Sebagai campuran pewarna rambut

9. Mengatasi rambut kusut

10. Menghilangkan kutu rambut

11. Mengatasi rambut bercabang

12. Mencukupi kebutuhan protein pada rambut

13. Mencegah tumbuhnya uban

14. Melembabkan rambut

Efek Samping Minyak Kelapa

1. Menyebabkan iritasi

2. Alergi

3. Radang usus

4. Kembung

5. Diare

6. Mual

7. Menyebabkan hipotensi

Setelah tahu berbagai manfaat minyak kelapa, anda bisa mulai menggunakannya mulai dari sekarang, baik untuk dikonsumsi maupun untuk pemakaian luar. Minyak yang dibuat dari bahan baku kelapa segar bisa diperoleh dengan mudah dipasaran ataupun dibuat sendiri dirumah.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Pengobatan, Wajah, Rambut, Bumil dan Anak

Pemakaian minyak kelapa untuk tujuan pengobatan harus dilakukan dengan hati-hati. Pada kondisi tertentu, mengonsumsi VCO secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Jika anda mengalami penyakit yang cukup serius, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis sebelum mengonsumsi virgin coconut oil.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minyak

Advertisements

Terbaru

Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Advertisements
To Top