Connect with us
Minyak Ikan, Minyak Ikan Hiu, Manfaat Minyak Ikan, Khasiat Minyak Ikan

Minyak

100 Manfaat dan Khasiat Minyak Ikan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minyak ikan adalah suplemen alami yang biak untuk kesehatan manusia. Jenis minyak atau suplemen ini dikenalkan pertama kali dari minyak ikan yang diambil dari lemak ikan paus. Zaman dahulu, minyak ikan biasa digunakan sebagai bahan bakar menyalakan lampu minyak.

Minyak Ikan, Minyak Ikan Hiu, Manfaat Minyak Ikan, Khasiat Minyak Ikan

Kandungannya terdiri dari 55% asam lemak jenuh dam 75% adam lemak tidak jenuh. Omega 3 yang tinggi dari asam lemak tidak jenuh akan membantu kecerdasan otek, membantu perkembangan indra penglihatan dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi ataupun balita

Kandungan Gizi dan Nutrisi Minyak Ikan :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Minyak Ikan

Dalam minyak ikan terdapat agen anti depresi yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan dapat menurunkan darah, sehingga banyak yang suka mengonsumsi suplemen ini. Minyak ini juga mampu meningkatkan jumlah asam lemak omega 3 dari yang Anda konsumsi, juga mengandung vitamin A dan vitamin D. Manfaat minyak ikan bisa sangat banyak, terutama bagi kesehatan dan kecantikan.

Loading...

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut American heart association (AHA). Minyak ikan mampu menjaga kesehatan jantung. Hal itu disebabkan karena kandungan omega 3 yang sangat efektif dalam mengatasi kordivaskular. Sehingga mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan Aritmia jantung. Maka dari itu minyak dari ikan ini mampu mengurangi tingkat kematian yang disebabkan serangan jantung.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut profesor Peter how dari university of south Australia menunjukkan bahwa minyak ikan dapat menurunkan berat badan. Akan lebih baik lagi jika di imbangi dengan olahraga di setiap harinya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak ikan di percaya mampu meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Kandungan omega 3 yang ada pada suplemen ini memberi dampak positif bagi kekebalan tubuh dan jumlah sitokine dan eikosanoida.

4. Bantu Mencegah Penyakit AIDS

Penelitian yang dilakukan National science di Lexington mengungkapkan bahwa minyak ikan mampu mencegah terjangkit penyakit AIDS. Ajaran tetapi penelitian ini masih terus di kembangkan untuk mendapatkan kebenaran yang benar-benar pasti.

5. Membantu Pengobatan Penyakit Arthritis

Minyak Ikan dapat mengurangi arthritis karena kandungan asam lemak esensial omega-3nya yang bersifat anti-inflamasi sebagai alasan utama mengapa penggunaan minyak ikan begitu efektif melawan dan mengobati arthritis.
Sitokin yang merupakan jenis protein yang ada pada arthritis memicu adanya respons inflamasi.

Pasien rheumatoid arthritis akan cenderung mengalami kelebihan sitokin, yang akan menjadi awal proses inflamasi. Omega-3 pada minyak ikan akan bantu menurunkan kadar sitokin dalam tubuh, sehingga akan menghilangkan rasa sakit pada radang sendi serta peradangan.

Manfaat Minyak Ikan Untu Kesehatan Lainnya:

6. Mengobati Nyeri Sendi
7. Mengatasi / Meredakan Depresi dan kecemasan
8. Mengobati / Memulihkan gangguan Mata
9. Mencegah Risiko Penyakit Alzheimer
10. Mengatasi / Mencegah Kanker
11. Mengobati / Menurunkan Diabetes
12. Mengobati Sakit Maag
13. Membantu Menyehatkan Janin
14. Meningkatkan Kesuburan (Produktivitas)
15. Bantu Melancarkan Peredaran Darah
16. Mengatasi Penyakit Mata
17. Menjaga Kesehatan Janin
18. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
19. Mengobati Penyakit HIV
20. Mengobati Penyakit Pencernaan
21. Sebagai Terapi Gangguan Hiperaktif
22. Mengobati Penyakit Chorn
23. Mengobati Penyakit Ulcerative Colitis
24. Meningkatkan Kolesterol Bagus / Baik
25. Menurunkan Kolesterol Jahat
26. Melebarkan pembuluh vena dan arteri

Cara Memanfaatkan Minyak Ikan Untuk Kesehatan :

Cara memanfaatkan minyak ikan bisa dengan melihat label suplemen, berapa jumlah yang pas Anda konsumsi sudah ada di sana. Dan minyak ini sudah terdaftar BPOM. Jangan lupa untuk memilih jenis suplemen minyak ikan, jenis kapsul atau cair. Biasanya, jenis suplemen kapsul harganya lebih mahal dibanding yang cair.

Ada baiknya Anda mengetahui apa saja efek samping dari pengonsumsian suplemen ini, dengan cara berkonsultasi dengan Dokter maka Anda akan tahu mana jenjs minyak ikan yang cocok untuk Anda. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan Ahli Gusi yang akan memberikan Anda pengetahuan luas tentang apa saja kandungan pada minyak ikan yang terlanjur Anda konsumsi.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kecantikan :

1. Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Selain mengandung omega 3 minyak ikan juga terdapat DHA dan EPA yang cocok untuk melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak mudah rusak atau kusam.

Pada Journal of Lipid Research berkata bahwa EPA yang terkandung dalam asam omega-3 punya data menghadang produksi enzim pemakan kolagen kulit. Setelah dilihat dalam penelitian yang lebih lanjut, EPA mampu dikatakan sebagai antioksidan dan anti peradangan . Jadi, ketika kulit terpapar sinar ultraviolet , EPA akan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

2. Membantu Mengatasi Masalah Gigi

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrition telah membuktikan bahwa minyak ikan sangat efektuf menyembuhkan maslah gigi. Seorang relawan telah mengonsumsi minyak ikan selama lima tahun, dab ia jarang mengalami masalah pada giginya.

Jutaan jenis bakteri jahat berada pada mulut dan berkontribusi menyebabkan penyakit periodontal. Jadi, jagalah kesehatan mulut dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3.

3. Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin Rambut

Vitamin D yang ada pada minyak ikan mampu memberikan dampak positif untuk rambut. Hal itu dikarenakan kepala mengandung berjuta-juta folikel rambut. Di mana folikel tersebut mengandung sel-sel yang di perlukan rambut.

4. Bantu Menghilangkan Bekas Luka & Jerawat

Kandungan omega 3 dalam minyak ikan yang sangat baik untuk menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat pada wajah dan kembali merapatkan pori-pori yang terbuka yang di sebabkan jerawat.

5. Membantu Memperkuat Kuku

Untuk hasil ini, memang tidak secepat ketika Anda memanfaatkan minyak ikan untuk kulit wajah. Karena kuku terbilang cukup lama untuk tumbuh. Namun, pengonsumsian minyak ikan secara rutin akan bantu dalam memperkuat kuku yang rapuh. Biasanya kuku akan rapuh dan rusak disebabkan oleh kurangnya kelembapan di area kuku.

Minyak ikan akan membantu menutrisi kuku sehingga kuku menjadi lebih lembap dan tidak ada lagi kutikula yang kering atau kuku yang rapuh.

Dr.Frank Lipman seorang spesialis pengobatan integratid dan direktur dari pusat kesehatan Eleven Eleven Wellness Center memberikan sebuah saran bahwa minyak ikan sangat bagus untuk dikonsumsi, namun dengan catatan harus mengonsumsi minyak ikan yang berkualitas prima.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Bantu Mempertahankan Warna Merah Gusi dan Menyehatkan Gusi
7. Memperbesar Sera Memperindah Payudara Dengan Terapi Minyak Ikan

Cara Memanfaatkan Minyak Ikan Untuk Kecantikan :

Untuk mencapai tujuan di atas, biasanya minyak ikan tidak dimanfaatkan dengan cara dikonsumsi, melainkan hanya dioleskan langsung ke kulit yang membutuhkan. Contohnya untuk menghilangkan jerawat atau bekas luka. Minyak ikan bisa meminimalkan terjadinya jaringan parut saat mengalami luka bakar. Segera oleskan minyak ini apabila Anda mengalami luka bakar tersebut, agar efek penyembuhan bisa maksimal.

Efek Samping Minyak Ikan :

Efek Samping Minyak Ikan

Segera batasi pengonsumsian untuk beberapa jenis spesies berlemak seperti hiu, albacore tuna dan swordfish. Sebab kadar kontaminan tang tj ggk dan beracun yang memungkinkan ada pada ikan tersebut.

Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati dalam pemilihan suplemen minyak ikan yang terkait dengan kandungan kontaminan seperti logam berat dan merkuri, pilihlah tang berlabel ‘bebas logam berat’.

Perhatikan juga efek samping lain yang kemungkinan besar akan timbul setelah Anda mengonsumsi minyak ikan atau jenis suplemen asam lemak omega-3 dalam jumlah besar, seperti:

1. Meningkatnya risiko pendarahan atau terjadinya memar
2. Rasa mual yang amat-sangat
3. Alami diare
4. Perut jadi kembung
5. Ketika BAB bentuk tinja menjadi cair
6. Meminimalisir tingkat kekebalan pada tubuh

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Minyak Bulus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jika anda merasakan efek samping seperti di atas, segera hubungi Dokter atau pusat layanan kesehatan di lingkungan Anda. Walaupun kaya akan manfaat, minyak yang berasal dari ikan hiu ini juga harus anda perhatikan segi efek sampingnya.

Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Minyak

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top