Connect with us
Minyak Kayu Putih

Minyak

100 Manfaat dan Khasiat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minyak kayu putih cajuput oil, atau oleum cajeputi atau oleum-melaleuca-cajeputi banyak dimanfaatkan untuk kesehatan bahkan kecantikan. Minyak atsiri ini terkenal karena mengandung sifat anti kuman yang membantu dalam mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, dan virus. Asal dari minyak kayu putih ini berasal dari pohon kayu putih dengan nama latin eucalyptus globulus, pohon tinggi dan memiliki daun berbentuk telunjuk.

Minyak Kayu Putih

Daunnya rata-rata berwarna hijau sedikit kebiruan dengan ciri khas terdapat pada baunya yang khas. Untuk menghasilkan minyaknya atau mengeluarkannya, perlu cara khusus. 110 kg dari pohon ini bisa menghasilkan sekitar 2 kg minyak. Jenis minyak ini kemudian disaring agar benar-benar bersih dan dikelola sedemikian rupa dan dikemas dalam berbagai bentuk.

Kandungan dan Gizi Minyak Kayu Putih :

Kandungan Minyak Kayu Putih

Bahan aktif pada minyak ini adala eucalyptol, valeraldehyde, sequiterpene, pinocarveol, pinen, terpineol, cineol, camphen globulal, fenchen, serta butylaldehyde. Zat-zat aktif ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya organ-organ dalam khususnya saluran penyebaran sel-sel darah.

Loading...

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan :

1. Sebagai Obat Diabetes

Diabetes bisa disebabkan oleh masalah pada darah dan polah makan yang salah. Faktor keturunan juga menjadi penyebab kuat terjadinya diabetes. Kandungan dalam minyak kayu putih ini membantu dalam mengatasi diabetes. Hal ini telah terbukti melalui sebuah objek penelitian yang melibatkan 28 tanaman uji coba dan salah satu yang berhasil menyembuhkannya adalah minyak kayu putih. Diabetea type 2 dan gangguan glukosa pada waktu penelitian tersebut.

2. Atasi Obesitas

Obesitas adalah nama lain dari gemuk, bisanya terjadi karena adanya gangguan pada sistem tubuh yang mengakibatkan kelebihan berat badan. Salah satu metode pengobatan yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi obesitas adalah menggunakan minyak kayu putih. Zat aktif dalam minyak ini membantu dalam meningkatkan kerja insulin dan meningkatkan kontrol glikemik.

3. Atasi Pingsan

Karena baunya yang khas dan kuat, minyak kayu putih bisa mengatasi pingsan. Karena itulah, banyak yang menggunakan minyak ini untuk membangunkan orang yang sedang pingsan atau memiliki tubuh yang sangat lemah. Bau dari minyak ini juga membantu dalam merelaksasi otak dan pikiran sehingga membantu dalam mengatasi pingsan atau hilangnya kesadaran.

4. Atasi Masalah Kram

Kram terjadi karena masalah pada otot. Otot menjadi tegangn dan jika berlanjut dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan kram. Otot kram ini bisa terjadi karena otot terlalu bekerja keras sehingga terjadi tegang. Karena itulah, sebelum melakukan aktivitas berat atau olahraga sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Penggunaannya bisa dengan cara dipakai sebagai pelumas pijat yang dicampur dengan garam agar lebih maksimal.

5. Atasi Nyeri Pada Punggung

Masalah punggung juga terkait dengan otot dan hal ini bisa disembuhkan dengan minyak kayu putih yang memiliki kandungan zat anti inflamasi beserta zat aktif lainnya. Penggunaan untuk masalah nyeri pada punggung bisa dijadikan sebagai minyak urut dan lakukan sampai nyeri pada punggung benar-benar sudah jarang terasa. Kandungan yang ada didalamnya membantu dalam merelaksasi otot dan melenturkan otot.

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Atasi otot kejang.

7. Atasi infeksi pada kulit.

8. Membantu atasi sakit gigi.

9. Atasi demam pada orang dewasa dan anak-anak.

10. Mengatasi distres pernapasan.

11. Mengatasi peradangan selaput lendir.

12. Atasi nyamuk sekitar.

13. Sebagai minuman herbal sehat.

14. Atasi sakit kepala.

15. Atasi gangguan pada perut.

16. Sebagai aromaterapi sehat.

Cara Memanfaatkan Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan :

Minyak kayu putih pada umumnya adalah minyak yang digunakan diluar tubuh, tidak boleh diminum atau sejenisnya karena memiliki kandungan zat aktif yang bisa merusak organ dalam tubuh, apalagi dalam bentuk kemasan yang dijual banyak dipasaran. Penggunaan yang paling ampuh adalah dengan cara dijadikan alat pijat dan dihirup. Selama tak ditelan, minyak ini sangat bagus untuk kesehatan balita dan anak-anak.

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan Ketombe

Ketombe bisa datang tanpa gejala apa-apa dan baru bisa dirasakan kehadirannya setelah merasakan gatal pada kepala yang sering. Masalah ini bisa saja menjadi penghambat kecantikan Anda karena pada dasarnya, ketomba adalah masalah kecantikan. Kandungan zat aktif pada minyak ini membantu dalam mengatasi ketombe berlebihan dalam kulit kepala. Penggunaan yang paling bagus untuk mengatasi ketombe adalah dengan cara menggunakannya sebagai alat pijat kulit kepala.

2. Atasi Kulit Berminyak

Minyak ini memiliki zat aktif yang bisa membantu mengatasi kulit berminyak. Kulit berminyak bisa muncul pada bagian kulit dan pada umumnya, sangat mengganggu untuk mereka yang peduli dengan penampilan mereka. Selain mengganggu di pandangan orang lain, minyak pada wajah juga serasa tak enak untuk diri sendiri dan apapun yang ada disekitar Anda. Namun ingat untuk penggunaan harap hati-hati karena kandungan minyak kayu putih berbahaya untuk mata.

3. Atasi Jerawat

Jerawat merupakan radang ringan yang terjadi pada wajah. Dalam kasus berat, jerawat bisa merambat ke seluruh daerah kulit sampai mengakibatkan penyakit kulit berbahaya. Seperti luka, jerawat berdarah yang terinfeksi sangat sulit untuk dihilangkan. Kalaupun sembuh, pasti ada bekas menghitam pada tempat yang ditinggali jerawat. Zat anti oksidan dan anti bakteri pada minyak ini membantu dalam mengatasi jerawat, baik pada wajah atau punggung sampai yang ringan ke paling parah.

4. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini bisa berarti kulit yang terlihat tua padahal memiliki umur yang relatif belum saatnya berkulit keriput, kusam, dan tidak lentur. Kandungan pada minyak ini memiliki zat yang bisa merelaksasi otot dan otak. Dengan rutin menghirup bau dari minyak ini dan menggunakannya sebagai bahan pijatan, tentu saja bisa membantu dalam mengatasi penuaan dini yang pada umumnya terjadi kisaran umur 20 – 30 tahun.

5. Mengatasi Jamur dan Panu

Panu biasanya terjadi karena adanya jamur yang bersarang pada kulit Anda. Tentu saja panu ini sangat mengganggu untuk penampilan apalagi terjadi pada daerah wajah karena akan berbeda dengan warna kulit normal sekitarnya. Anti jamur yang terkandung dalam minyak ini membantu dalam menyehatkan kulit dan mengatasi panu yang disebabkan oleh jamur. Penggunaannya cukup dengan rutin mengoleskan pada panu setiap hari sampai berangsur menghilang.

Cara Memanfaatkan Minyak Kayu Putih Untuk Kecantikan :

Penggunaan yang baik untuk kecantikan adalah dengan menggunakan minyak ini sebagai bahan pijatan. Biasanya untuk memaksimalkan, campurkan sedikit garam karena garam mengandung zat aktif yang cocok untuk dipadukan dengan minyak kayu putih. Untuk masalah jerawat atau masalah kulit ringan lainnya, cukup dengan diolesi saja. Sedangkan untuk rambut, bisa dijadikan sebagai bahan minyak pijat pada saat sesudah mandi. Pastikan didiamkan kisaran 30 menit – 60 menit sebelum dibilas.

Efek Samping Minyak Kayu Putih :

Efek Samping Minyak Kayu Putih

Meski bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, pemakaian yang terlalu over untuk minyak ini tidak disarankan karena bisa menyebabkan efek samping seperti:

1 Membuat alergi.

2. Membuat asma.

3. Rinitis alergi.

4. Konjungtivitas alergi.

5. Tak baik untuk ibu hamil pemakaian berlebihan.

Itu dia beberapa manfaat minyak kayu putih, kandungan, cara penggunaan, dan efek samping jika terlalu berlebihan dalam pemakaian setiap hari.  Bahkan Minyak kayu putih menjadi salah satu bahan dalam berbagai macam salep serta campuran minyak penghangat.

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Minyak

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top