Connect with us
Minyak kelapa, minyak kelapa murni, virgin coconut oil (VCO), Manfaat Minyak kelapa, Khsaiat Minyak kelapa

Minyak

100 Manfaat dan Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minyak kelapa, minyak kelapa murni atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut virgin coconut oil (VCO) merupakan hasil dari mengekstrak kelapa. Hasil ekstrak tersebut terlihat dan terwujud dalam bentuk minyak. Minyak tanaman kelapa diambil melalui kelapa kering yang telah diambil serabut dan batoknya. Kemudian kelapa ini diekstraksi dan diambil minyaknya dengan melakukan penggilingan dingin atau kompresi dingin. Manfaat minyak kelapa juga cukup banyak di bidang kecantikan dan kesehatan.

Minyak kelapa, minyak kelapa murni, virgin coconut oil (VCO), Manfaat Minyak kelapa, Khsaiat Minyak kelapa

Proses ekstraksi minyak kelapa ini dianggap cukup banyak memakan waktu sehingga memiliki harga yang cukup mahal. Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak melakukan produksi atas minyak kelapa. Terdapat beberapa negara lain yang juga memproduksi minyak jenis ini yaitu adalah Myanmar, Filipina, India, Sri Lanka, dan masih ada beberapa negara tropis lain.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Minyak Kelapa :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Minyak Kelapa

Minyak kelapa mempunyai zat-zat yang dapat mendatangkan manfaat bagi para penggunanya. Minyak jenis ini mempunyai banyak vitamin namun didominasi oleh vitamin C dan vitamin B. Coconut oil juga mempunyai kandungan minyak tak jenuh yang cukup tinggi. Terdapat pula asam oleat atau omega 9. Zat ini ada sebagai 70% unsur dari minyaknya. Ada pula 5-10% asam behenic, lemak jenuh atau yang biasa disebut asam dokosanoat, asam kaprat, dan sejumlah kecil kalsium.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan :

1. Memberi efek positif pada tekanan darah dan jantung

Asam oleat atau omega 9 yang terdapat pada kandungan minyak kelapa memiliki fungsi. Karena zat ini merangsang sirkulasi darah yang ada pada tubuh. Omega 9 juga menurunkan kadar kolesterol. Untuk kesehatan jantung zat ini dapat berperan dengan cara menurunkan resiko penyakit aterosklerosis, stroke, dan serangan jantung. Namun hal ini dengan catatan penggunaan minyak dilakukan sesuai aturan dan tidak berlebihan.

2. Menjaga kesehatan perut

Masalah kesehatan perut menjadi hal yang cukup banyak dijumpai saat ini. Banyak obat-obatan kimia yang dapat membantu menyembuhkan. Ada pula acara alami selain menggunakan obat yaitu dengan minyak kelapa. Minyak jenis ini mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan perut. Kandungan didalamnya ditemukan cukup banyak senyawa aktif dan antioksidan. Kedua hal tersebut adalah zat-zat yang efektif untuk menenangkan peradangan di usus dan optimalkan proses pencernaan dalam tubuh.

3. Mengatasi masalah sulit tidur

Insomnia adalah sebutan suatu penyakit yang dialami seseorang akibat kesulitan untuk tidur. Minyak kelapa dapat menjadi salah satu solusi. Hal ini dikarenakan didalamnya terdapat zat kandungan berupa asam behenic yang diketahui dapat merilekskan tubuh. Selain itu terdapat senyawa lain seperti senyawa aromatik yang dapat menggendutkan otot dan meningkatkan perasaan tenang bagi penggunanya. Sehingga dapat membantu pengguna untuk tidur.

4. Membantu penyembuhan luka

Minyak kelapa dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses regenerasi luka pada bagian tubuh. Hal ini dikarenakan minyaknya dapat merangsang aliran darah ke daerah tersebut dan juga melindungi luka dari infeksi. Dengan terhindar dari infeksi, luka yang ada akan sembuh lebih cepat. Luka terbakar dan luka akibat infeksi jamur juga dapat disembuhkan oleh minyak jenis ini.

5. Merangsang kekebalan tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh menjadi hal yang penting dilakukan oleh semua orang. Sehat menjadi mahal harganya dan harus dijaga. Salah satu cara alami yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan coconut oil. Manfaat minyak kelapa salah satunya adalah menjaga kekebalan tubuh. Dua kandungan yang ada didalamnya yaitu, asam lemak dan omega 9 bermanfaat untuk anti inflamasi dan anti oksidan sekaligus. Dua zat ini dibantu oleh vitamin C untuk merangsang kekebalan tubuh.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyeimbangkan kadar bakteri dalam pencernaan
7. Mengurangi kadar asam dalam lambung
8. Dapat sebagai perawatan aromaterapi
9. Membantu mencari radikal bebas
10. Melindungi sistem organ dari peradangan
11. Melindungi sistem organ dari ketegangan
12. Mengobati bisul
13. Mengatasi gejala arhtitis
14. Membantu menghilangkan rasa sakit
15. Membantu menurunkan penanda kimia negatif pada tubuh
16. Menjaga kesehatan hati
17. Menurunkan resiko kolesterol tinggi
18. Menurunkan resiko serangan jantung dan stroke
19. Mempercepat regenrasi sel-sel dalam tubuh
20. Meningkatkan energi
21. Meredakan stress
22. Membantu mengendalikan gula darah
23. Membantu penyerapan kalsium oleh tubuh
24. Menjaga kesehatan gigi dan gusi
25. Mencegah batu ginjal

Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Kesehatan:

Minyak kelapa untuk kesehatan banyak digunakan sebagai perawatan dari dalam tubuh. Jenis minyak ini digunakan dengan di minum dengan kadar tertentu yang sangat diatur oleh ketentuan tertentu. Hal ini disebabkan jika berlebihan akan menimbulkan efek samping. Coconut oil juga dapat dioleskan untuk mengobati beberapa penyakit luar seperti bisul dan luka.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan :

1. Menjaga Bentuk Tubuh

Tubuh yang indah adalah idaman bagi kaum pria dan wanita. Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang dapat menjaga bentuk badan. Hal ini karena minyaknya mengandung fungsi tiroid yang dapat meningkatkan metabolism dan tingkat energi anda. Sehingga dapat membakar lemak yang tidak diinginkan dan meningkatkan proses pembentukan otot. Dalam lambung, minyak kelapa juga dapat membantu memecahkan lemak karena mengandung enzim katalis asam lambung.

2. Mengurangi Keriput yang Akan Muncul

Minyak kelapa dapat membantu untuk memperlambat munculnya keriput. Hal ini karena didalamnya terdapat vitamin E yang sangat bagus untuk kulit. Didukung juga dengan tingkat zat antioksidan yang tinggi, hal ini membuat minyak kelapa menjadi bahan alami menjaga kulit dari penuaan terutama pada kulit yang bersifat kering. Dengan penggunaan teratur, tentunya dapat menjaga kulit awet muda serta memelihara kesehatan kulit.

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut sehat adalah hal yang banyak dicari oleh orang-orang. Berbagai usaha dilakukan untuk memberi vitamin dan protein pada rambut. Salah satu cara alami yang dapat dilakukan adalah dengan minyak kelapa. Minyak jenis ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi untuk menjaga kesehatan rambut sehingga rambut dapat ternutrisi dengan baik.

4. Mencegah Jerawat Muncul

Jerawat adalah masalah yang sering ditemui masyarakat Indonesia sebagai penghuni pulau tropis. Hal ini dikarenakan bakteri yang menyebabkan jerawat muncul. Minyak kelapa mempunyai kandungan antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

5. Mengatasi Bibir Kering

Sifat minyak kelapa yang melembabkan dapat diaplikasikan ke berbagai bagian tubuh. Manfaat minyak yang satu ini dapat diaplikasikan pada bibir kering. Hal ini dilakukan dengan mengoleskan minyak pada bibir yang kering.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membantu Menyegarkan kulit tanpa iritasi
7. Menjadi pelembab alami
8. Mengatasi masalah dermatitis
9. Mengatasi penyakit ekstim
10. Mengatasi Psoriasis
11. Menghilangkan ketombe pada rambut
12. Melebatkan rambut
13. Menguatkan rambut agar tidak mudah rontok
14. Memaksimalkan pertumbuhan rambut
15. Menjaga kelembapan rambut
16. Membantu kasus pengelupasan kulit

Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Kecantikan :

Minyak kelapa dalam kecantikan digunakan pada tubuh bagian luar. Biasanya minyak akan diusapkan pada bagian-bagian yang membutuhkan perawatan. Contoh bagiain tubuh tersebut adalah kulit, wajah, dan rambut. Namun ada pengecualian untuk menjaga bentuk tubuh, hal tersebut bisa dilakukan dengan meminum minyak dengan kadar tertentu.

Efek Samping Minyak Kelapa :

Efek Samping Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa akan hilang atau dalam penggunaannya akan menimbulkan efek samping jika menggunakannya secara berlebihan. Efek samping juga akan hilang jika digunakan tidak sesuai aturan yang berlaku. Berikut adalah beberapa efek samping yang timbul akibat penggunaan minyak kelapa

1. Menurunkan tekanan darah
2. Menyebabkan peradangan pada kulit
3. Menyebabkan gatal-gatal pada kulit
4. Menyebabkan sakit perut
5. Menyebabkan radang usus
6. Untuk wanita yang sedang hamil dapat menyebabkan kontraksi uterus
7. Meningkatkan resiko keguguran
8. Meningkatkan resiko persalinan prematur
9. Menyebabkan diare
10. Menyebabkan kram perut dan kembung

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia beberapa manfaat minyak kelapa murni, kandungan, cara penggunaan, dan efek samping jika terlalu berlebihan dalam pemakaian setiap hari. Bahkan pembuatan minyak kelapa yaitu dari kelapa segar dan tidak menggunakan campuran bahan kimia.

Continue Reading

Lainnya dari Minyak

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top