Connect with us

35 Manfaat dan Khasiat Minyak Kemiri untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minyak

35 Manfaat dan Khasiat Minyak Kemiri untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minyak kemiri atau disebut dengan minyak kukui merupakan salah satu jenis minyak yang sudah sejak lama digunakan di Hawaii, serta berasal dari tanaman kemiri. Sekarang ini, minyak kemiri sudah banyak dimanfaatkan diseluruh belahan dunia karena diyakini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Minyak Kemiri, Manfaat Minyak Kemiri, Khasiat Minyak Kemiri

Minyak kemiri dihasilkan dari olahan ekstrak biji kemiri. Seperti yang sudah kita ketahui, kemiri merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, anda tentunya juga sudah pernah mendengar bahwa minyak kemiri dapat dimanfaatkan untuk menyehatkan rambut. Bukan hanya untuk rambut saja, kandungan nutrisi yang terdapat pada kemiri memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit.

Kandungan Nutrisi Minyak Kemiri :

Minyak kemiri yang merupakan hasil ekstrak buah kemiri mengandung banyak nutrisi penting seperti karbohidrat, lemak, protein dan vitamin. Beberapa senyawa yang baik untuk tubuh juga terkandung dalam kemiri seperti flavonoid polifenol dan saponin.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan :

1. Sebagai rempah bumbu dapur alami

Minyak kemiri biasanya dimanfaatkan sebagai penambah aroma yang menjadikan masakan terasa sedap. Kandungan asam amino pada minyak kemiri misalnya asam glutamate memiliki manfaat untuk memberikan aroma sedap dan rasa nikmat sehingga banyak ibu yang menggunakan minyak kemiri sebagai bumbu penyedap alami yang menyehatkan.

Loading...

2. Membantu mencegah pembentukan kolesterol

Manfaat minyak ini juga bisa dirasakan untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan pada organ dalam. Kandungan zat fitosterol pada minyak kemiri diyakini dapat merusak enzim yang membentuk kolesterol jahat pada tubuh, khususnya pada hati.

3. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Minyak kemiri juga bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan sistem pencernaan. Gangguan kesehatan yang terjadi pada saluran cerna seperti diare atau susah buang air besar dapat disiasati dengan menggunakan kemiri. Sekarang ini sudah banyak ditemukan obat tradisional yang menggunakan minyak kemiri sebagai komposisinya. Anda bisa mencarinya di apotek terdekat ataupun di toko herbal.

4. Sebagai indikator untuk menguci kualitas minyak

Pengujian kualitas minyak yang menggunakan polarimeter membutuhkan minyak kemirisebagai bahan baku utamanya. Minyak ini memiliki sifat mudah menguap yang menjadikannya mampu menggantikan peran linseed oil yang banyak digunakan pada pernis dancat.

5. Sebagai efek antimikroba

Dalam sejumlah penelitian dinyatakan bahwa ekstrak kemiri menyimpan efek antimikroba terhadap jamur dan bakteri. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan juga melindunginya dari resiko penyebaran bakteri.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Lainnya :

6. Sebagai bahan bangunan pernis dan cat

7. Sebagai obat tradisional

8. Membantu mengobati sariawan dan disentri

9. Membantu menurunkan berat badan

10. Mengobati arthitis

11. Menyembuhkan luka

12. Menurunkan kadar kolesterol

13. Mengobati sembelit

Cara Memanfaatkan Minyak Kemiri untuk Kesehatan :

1. Siapkan biji kemir secukupnya dan tumbuk hingga halus.

2. Campurkan air putih secukupnya

3. Siapkan saringan halus yang terbuat datri kain untuk menyaring larutan tumbukan kemiri.

4.  Setelah itu masak di dalam panci dengan api yang sedang

5. Aduk-aduk larutan kemiri tersebut hingga menguap dan tinggal minyaknya saja

6. Saring kembali minyak kemiri setelah dingin

7. Simpan minyak dalam botol tertutup dan minyak siap untuk digunakan kapan saja sebagai penyedap masakan atau khasiat lainnya.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan :

1. Menjadikan awet muda

Sudah tahukah anda bahwa sebenarnya kita bisa menjadikan kulit bebas keriput dengan mengoleskan minyak kemiri secara rutin dengan pemijatan teratur. Bahkan usaha ini juga dapat membuat kulit wajah kita nampak rileks dan jauh lebih muda.

2. Membuat kuit nampak sehat

Kandungan nutrisi serta mineral penting dalam minyak kemiri sangat bagus untuk kulit. Berbagai vitamin seperti vitamin A, C dan juga vitamin E yang terdapat dalam kemiri mampu memeberikan efek yang baik untuk menyehatkan kulit. Antioksidan tersebut tidak hanya akan menjadikan kulit nampak lebih sehat saja, namun jika kita mengaplikasikannya secara teratur bisa menghilangkan noda pada kulit lainnya.

3. Mengatasi berbagai masalah pada kulit

Meskipun belum terbukti secara konkret, namun minyak kemiri dinyatakan sebagai minyak ajaib yang efektif mengatasi keluhan psoriasis dan eksim. Hal ini karena minyak tersebut mengandung asam lemak omega 3 dan asam linoleat. Omega 3 bermanfaat untuk mengurangi peradanagan pada kulit sedangkan kandungan asam lainnya pada minyak ini bermanfaat untuk melembabkan kulit.

4. Membantu membuat bulu mata dan alis mata menjadi tebal

Kebanyakan wanita ingin tampil cantik dengan alis mata dan bulu mata yang tebal dan panjang. Berbagai cara dicoba untuk membuat penampilan mata ini tampak cantik dan menarik. Salah satu cara alami yang bisa anda lakukan untuk menebalkan bulu mata dan alis adalah dengan memanfaatkan minyak kemiri. Anda cukup mengaplikasikannya pada alis dan bulu mata secara rutin.

5. Membasmi kutu rambut

Kandungan miristat yang terdapat pada miri bermanfaat sebagai obat pembasmi kutu rambut. Bagi anda yang sekarang tengah mengalami masalah kutu rambut, anda bisa menggunakan minyak ini dan mematikan semua kutu yang ada pada rambut anda. Minyak ini juga akan mencegah kutu bersarang kembali di rambut anda.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah rambut rontok

7. Menjaga warna alami rambut anda

8. Menghitamkan rambut

9. Membantu pertumbuhan rambut

10. Mencegah timbulnya ketombe

11. Mengatasi rambut beruban

12. Melindungi dan menyehatkan kulit

13. Sebagai bahan pembuatan kosmetik dan juga sabun

14. Membantu mempercepat pertumbuhan jambang, jenggot dan kumis

15. Menjadikan rambut lebih panjang dengan cepat

16. Menutrisi kulit kepala

17. Melembutkan rambut kering

18. Menjaga kesehatan syaraf yang ada disekitar kulit rambut

Cara Memanfaatkan Kemiri untuk Kecantikan :

Sebenarnya, produk kecantikan yang berbahan kemiri bisa didapatkan di toko-toko kecantikan terdekat ataupun di apotek. Namun anda juga bisa membuatnya sendiri untuk mendapatkan minyak yang benar-benar alami. Berikut cara mudahnya:

1. Siapkan minyak kemiri secukupnya dan cuci hingga bersih

2. Kemudian bakar biji kemiri. Gunakan bara api sedang untuk membakar miri secara langsung atau masukkan kemiri pada wadah lalu dibakar

3. Tunggu sampai kemiri nampak gosong dan berubah warna menjadi hitam pekat

4. Setelah gosong, masukkan kemiri ke dalam blender lalu haluskan

5. Tunggu sampai kemiri dalam blender menjadi minyak dengan terus memutar blendernya

6. Setelah itu, saring larutan kemiri hingga mendapatkan minyaknya lalu bisa diaplikasikan pada kulit atau rambut secara langsung.

Efek Samping Minyak Kemiri :

Meskipun minyak kemiri memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan namun kita juga harus memperhatikan efek samping yang mungkin ditimbulkan. Salah satu efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan minyak ini adalah tubuh mengalami gangguan lambung.

Selain itu bagi anda yang memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan, mengalami diare, atau ibu hamil sebaiknya menghindari penggunaan minyak ini. Oleh sebab itu, usahakan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum anda menggunakan minyak ini agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Minyak Ikan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minyak kemiri selain bermanfaat sebagai bumbu dapur juga berkhasiat sebagai obat herbal untuk menyehatkan tubuh dan juga produk alami untuk mempercantik penampilan. Disamping itu, penggunaan kemiri juga tidak boleh berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minyak

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top