Connect with us
Minyak Tawon, Manfaat Minyak Tawon

Minyak

50 Manfaat dan Khasiat Minyak Tawon untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minyak tawon merupakan minyak yang sering digunakan sebagai alat pijat atau obat berbagai penyakit. Pada umumnya, masyarakat mengatahui manfaat minyak tawon hanya sebagai obat atasi pusing dan masuk angin. Padahal, manfaat lainnya masih sangat banyak.

Minyak Tawon, Manfaat Minyak Tawon, Khasiat Minyak Tawon

Pertama kali mendengar namanya, sebagian besar orang menghubungkannya dengan hasil produk serangga tawon atau madunya. Ternyata tidak, minyak tawoni terbuat dari campuran berbagai ekstrak bahan-bahan alami. Tidak ada tambahan bahan kimia di dalamnya. Selanjutnya, mari kita bahas satu per satu manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Minyak Tawon :

Minyak tawon merupakan campuran ekstrak bahan-bahan alami yang terdiri atas: minyak kelapa, minyak kayu putih, minyak sereh, cengkeh, daun lada, jahe, kunyit, dan bawang merah. Dilihat dari bahan-bahan penyusunnya, kita sudah bisa menebak kalau minyak ini kaya khasiat untuk pengobatan dan kesehatan. Bila dirinci lagi, kandungan zat-zat yang ada di dalamnya, antara lain: minyak esensial, minyak atsiri atau minyak terbang, vitamin A, vitamin E, dan beragam mineral.

Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan :

1. Pereda nyeri

Rasa nyeri yang terjadi di bagian-bagain tubuh kita biasanya karena kurang lancarnya sirkulasi darah yang mengalir di dalam tubuh. Minyak atsiri atau minyak terbang berperan penting dalam memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Minyak atsiri akan merangsang pengenduran sel-sel di dalam sekitar dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan atau penyempitan rongga pembuluh darah.

Loading...

2. Mengobati diare

Diare atau keluarnya cairan berlebihan dari tubuh bisa disebabkan oleh banyak faktor. Biasanya disebabkan oleh kuman-kuman dan zat-zat yang bersifat racun bagi sistem pencernaan sehingga terjadi kram pada dinding usus. Minyak tawon akan membantu melemaskan sel-sel dinding usus sekaligus menghangatkan perut sehingga membantu penormalan kembali fungsi-fungsi sistem pencernaan.

3. Mengatasi ruam-ruam pada kulit

Ruam-ruam pada kulit yang disebabkan oleh iritasi atau gigitan serangga bisa diobati dengan minyak tawon. Ekstrak bawang merah yang berperan dalam meredakan kemunculan ruam-ruam pada kulit ini.

4. Mencegah infeksi

Kandungan minyak kayu putih bersama dengan zat-zat lainnya bersifat antiseptic alami yang mampu mematikan berbagai macam bakteri dan jamur penyebab infeksi ketika luka terjadi. Selain itu, minyak tawon juga akan mempercepat penutupan luka dengan pembentukan jaringan-jaringan dan sel-sel baru.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Berbagai macam luka seperti luka bakar dan luka terkena benda tajam akan lebih cepat tertutup dan mengering dengan pengolesan minyak tawon. Terutama luka bakar akan lebih cepat mengering, terkelupas, dan tak membekas. Ini berkat kandungan minyak sereh yang terdapat di dalamnya untuk merangsang pengelupasan kulit rusak digantikan dengan pembentukan sel-sel baru yang sehat.

 Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mangatasi sakit perut

7. Mengobati berbagai penyakit kulit

8. Membantu pelurusan sendi-sendi

9. Membantu pengembalian urat-urat yang terkilir

10. Memperlancar sirkulasi darah

11. Meredakan sakit kepala atau pusing

12. Mengobati masuk angin

13. Mengobati kembung

14. Meredekan sakit encok

15. Meredakan sakit rematik

16. Menghangatkan tubuh

17. Menyegarkan badan

18. Memulihkan badan akibat lelah

19. Mengobati keseleo

20. Mengobati badan pegal-pegal

21. Melemaskan otot-otot leher yang tegang

22. Meredakan sakit di bagian pinggang

23. Meredakan sakit di bagian punggung

24. Menyembuhkan bengkak akibat luka dalam

25. Mengatasi luka bakar

26. Mempercepat kesembuhan kula khitan

27. Meredakan batuk-batuk

28. Mengatasi gatal-gatal akibat gigitan serangga

29. Mengatasi gatal-gatal akibat terkena ulat bulu

30. Meredakan sakit gigi

31. Mengobati sariawan

32. Mengobati bisul

33. Meredakan muntah-muntah

34. Melegakan pernafasan

35. Mengobati ambeien

36. Mengobati sakit di ulu hati

37. Sebagai minyak pijat urut

38. Mencegah pertumbuhan sel-sel kulit abnormal

39. Mencegah perkembangan sel-sel kanker

Cara Memanfaatkan Minyak Tawon Untuk Kesehatan

Cara pengolesan yang paling lazim diterapkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Entah penyakit yang berada di luar maupun di dalam tubuh. Misalnya saja sakit perut, cukup dioleskan ke bagian perut yang terasa sakit. Cara yang lain yaitu dengan dilarutkan ke dalam air. Hanya saja ini dilakukan oleh orang yang ahli seperti dokter atau herbalis karena dosisnya harus tepat. Misalnya saja untuk mengobati usus yang terkena infeksi oleh bakteri.

Baca Juga: Manfaat Minyak dan Khasiat Minyak Lintah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Minyak Tawon Untuk Kecantikan :

1. Menjaga kelembaban kulit

Kombinasi berbagai macam minyak yang terkandung di dalam minyak tawon akan menjaga kelembaban kulit. Zat yang banyak berperan untuk melembabkan kulit yaitu vitamin A dan vitamin E. kedua vitamin ini banyak terkandung juga di dalam minyak kelapa.

2. Menjaga elastisitas kulit

Masih berkaitan dengan minyak kelapa, bersama-sama dengan minyak atsiri dan minyak esensial akan menjaga elastisitas kulit. Selain memberikan nutrisi pada jaringan kulit, juga membantu perkembangan sel-sel baru. Lapisan kulit yang rusak akan segera terkelupas dan digantikan dengan lapisan kulit baru yang sehat.

3. Melembutkan kulit

Adanya peremajaan sel-sel kulit membuat jaringan kulit terasa lebih lembut dan halus seperti pada usia remaja. Treatment seperti inilah yang banyak dilakukan di klinik-klinik kecantikan ternama.

4. Mencegah kerontokan rambut

Berbagai macam minyak esensial, minyak atsiri, dan minyak-minyak lainnya bisa memberikan asupan nutrisi pada rambut melalui akar-akar rambut. Akar-akar rambut di kepala butuh nutrisi yang cukup supaya terus bisa tumbuh dan menjaga kelembabanya. Rambut yang tampak mengkilap dan segar menandakan kebutuhan nutrisinya tercukupi.

5. Mencegah kulit kepala berketombe

Ketombe merupakan minyak dan jaringan-jaringan kulit kepala yang mati. Minyak tawon membantu pengangkatan jaringan-jaringan organik yang  telah mati sekaligus memberikan nutrisi pada jaringan kulit kepala yang sehat.

Manfaat Minyak Tawon Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah kulit kering dan kusam

7. Mencerahkan kulit

8. Melenyapkan bagian-bagian kulit yang berwarna gelap

9. Melindungi kulit dari pertumbuhan abnormal

10. Sebagai tabir surya

Cara Memanfaatkan Minyak Tawon Untuk Kecantikan :

Cara aplikasi yang umum dipakai yaitu dengan mengoleskan ke bagian permukaan kulit. Misalnya, untuk melembabkan kulit wajah, cukup dengan sapuan halus memakai kapas ditambah sedikit minyak tawon yang merata ke kulit wajah. Sebagai tabir surya, oleskan minyak ke bagian-bagian kulit yang terbuka. Untuk menghilangkan ketombe, oleskan ke kulit kepala sambil dipijit-pijit ringan, lalu dibilas dengan air bersama dengan perasan air jeruk nipis.

Efek Samping Minyak Tawon :

Efek Samping Minyak Tawon

Sifat minyak tawon berasa panas sehingga bagi yang kulitnya sensitive akan menimbulkan iritasi bahkan peradangan. Jangan sekali-kali meminumnya, kecuali dibawah pengawasan dokter atau ahli herbalis karena bisa mengakibatkan gangguan pada fungsi-fungsi organ-organ dalam. Terapi menggunakan minyak tawon butuh waktu yang cukup lama sampai benar-benar terasa khasiatnya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Minyak Bulus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sekarang, kita sudah tahu banyak manfaat minyak tawon bagi tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan tubuh, mengobati sakit ringan, dan mendukung kesehatan kulit untuk kecantikan. Minyak tawon mudah diperoleh di toko-toko obat dan herbal. Harganya juga terjangkau oleh kantong kita. Sebagai pertolongan pertama, minyak ini disarankan selalu tersedia di kotak P3K Anda.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Minyak

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top