Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minyak

100 Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Minyak Zaitun – Minyak zaitun atau minyak olive merupakan minyak yang berasal dari buah zaitun. Pohon buah zaitun merupakan pohon tradisional yang biasa tumbuh di wilayah mediterania. Ciri-ciri buah zaitun yang bisa sudah bisa di ekstrak sari minyaknya yaitu buah yang sudah berwarna kekuningan. Artinya buah tersebut sudah matang dan mengandung minyak yang cukup banyak untuk diolah menjadi minyak zaitun siap pakai.

Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun, Minyak Olive

Minyak zaitun memiliki multifungsi dalam kehidupan sehari-hari seperti bahan untuk memasak, pengganti minyak sawit, digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal, bahan pembuatan kosmetik, dan sabun. Banyak orang yang menggunakan minyak ini sebagai bahan masakan untuk menggantikan minyak sawit karena kandungan gizi yang lebih baik serta tingkat koletrol yang rendah.

Daftar Isi Manfaat

Kandungan Gizi dan Nutrisi Minyak Zaitun :

Kandungan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang kompleks sehingga minyak ini sangat berkhasiat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan tubuh. Kandungan nutrisi berupa lemak jenuh dan tak jenuh, omega 9, omega 3, omega 6, vitamin K, vitamin E, senyawa bioaktif, antioksidan, zat besi, polifenol dan phenolic. Selain itu, kandungan minyak yang rendah koletrol ini bisa dijadikan alternatif pengganti minyak bagi penderita koletrol tinggi.

Loading...

Manfaat Minyak Zaitun untuk kesehatan :

1. Membantu pengobatan dan mencegah penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan kondisi gangguan otak yang ditandai dengan menurunnya daya ingat, menurunnya kemampuan berfikir bahkan kemampuan dalam berkomunikasi. Biasanya penyakit ini menyerang baik laki-laki maupun wanita yang sudah lanjut usia. Kandungan polifenol pada minyak zaitun mampu memperbaiki kinerja kognitif pada otak manusia.

2. Melancarkan aliran darah.

Aliran darah yang tersumbat biasnyaa kan memicu penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung, koletrol dan sebagainya. Khasiat minyak zaitun sangat banyak karena memiliki kandungan omega 9, omega 3, dan omega 6. Ketiga jenis omega tersebut berguna untuk memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah pada manusia sehingga aliran darah akan menjadi lancar karena tidak adanya hambatan.

3. Mengontrol kolesterol

Kolesterol tinggi pada darah manusia dapat menyebabkan penyakit stroke bahkan kematian. Senyawa antioksidan tinggi yang terkandung pada minyak zaitun dipercaya sebagai senyawa yang mampu mencegah koletrol dalam darah. Manfaat minyak tersebut selain mencegah kolesterol juga menjaga kadar kolestrol dalam darah tetap seimbang dikarenakan kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kadar kolestrol yang rendah dalam darah merupakan kondisi yang memicu penyakit jantung. Obat herbal ini mengandung lebih banyak lemak tak jenuh yang aman dikonsumsi bahkan bermanfaat bagi kesehatan jantung bagi para penderita gangguan jantung. Vitamin K dan E yang berperan sebagai antioksidan dalam minyak zaitun juga membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat.

5. Menjaga kesehatan lambung

Kandungan polifenol pada minyak zaitun tidak hanya membantu menjaga kesehatan otak, namun juga berfungsi mengurangi kondisi lambung yang meradang bahkan mampu mencegah kanker lambung. Polifenol mempunyai sifat anti bakteri yang menjaga lambung dari infeksi akibat serangan bakteri helicobacteri pylori penyebab utama meradangnya lambung.

6. Pencegah kanker kulit

Kanker kulit bisa disebabkan oleh paparan radiasi buruk, paparan sinar UV yang berlebihan, dan polusi. Nutrisi berupa vitamin E yang bersifat tinggi akan antioksidan yang terkandung dalam setiap tetes minyak zaitun di percaya mampu menetralisir radikal bebas penyebab utama kanker kulit pada manusia. Penggunaannya pun bisa langsung di konsumsi atau dioleskan pada kulit.

7. Terapi penyakit diabetes

Manfaat minyak zaitun yang selanjutnya yaitu mampu mengurangi kadar gula dalam darah, mencegah resistensi insulin, menurunkan trigliserida, mengendalikan kadar gula dalam darah, meminimalisir tingkat kolesterol jahat LDL penyebab diabetes. Selain itu, efek positif lainnya yakni mencegah penyakit bawaan yang muncul pada penderita diabetes seperti aterosklerosis dan kardiovaskuler.

8. Mencegah osteoporosis

Kandungan nutrisi pada minyak zaitun sangat membantu dalam menyerap kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang dan gigi pada tubuh manusia. Kalsium yang terserap dengan optimal mampu mengurangi risiko tulang keropos. Mengeroposan tulang inilah yang lama kelamaan kemudian menjadi penyebab utama osteoporosis yang dialami baik kalangan muda maupun usia lanjut

9. Mengobati sembelit

Sembelit merupakan kondisi gangguan pada pencernaan dimana keadaan tersebut sangat mengganggu kenyamanan si penderita. Minyak zaitun mampu mengobati sembelit dan melancarkan pencernaan dikarenakan nutrisinya yang cepat diserap oleh usus. Dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak ini 1-2 dua sendok makan sebelum sarapan supaya kerja minyak lebih efektif.

10. Mengurangi risiko wanita terkena kanker Rahim

Kanker rahim merupakan penyakit mematikan yang selalu mengintai wanita muda. Hasil studi membuktikan bahwa wanita yang lebih sering mengkonsumi minyak zaitun entah sebagai pengganti minyak sawit atau sekadar mengkonsumi dengan rutin berpotensi rendah terhadap serangan kanker Rahim. Bahkan risiko terkena kanker Rahim pada wanita diprediksikan menurun pada 25%.

11. Menurunkan darah tinggi

Manfaat minyak zaitun selanjutnya yaitu mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh manusia. Kandungan lemak tak jenuh yang tinggi tersebutlah yang sangat berperan dalam menjaga keseimbangan tekanan darah. Orang yang menderita penyakit darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang dialaminya.

12. Menjaga kesehatan hati

Hasil penelitian membuktikan bahwa nutrisi pada minyak zaitun berupa antioksidan yang tinggi juga mampu melindungi organ vital manusia. Salah satunya adalah hati dari pengaruh radikal bebas, zat kimia berbahaya, lemak serta kolesterol jahat yang menyerang fungsi hati, dan molekul berbahaya lainnya dalam tubuh manusia yang dapat memicu kerusakan sel hati.

13. Menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Kelebihan paparan polusi kimia dan virus menyebabkan tubuh kita rentan terkena penyakit. Senyawa antioksidan pada minyak zaitun mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, kuman, polusi yang terdapat di setiap tempat di lingkungan hidup. Zat antioksidan juga terbukti mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit.

14. Menyeimbangkan hormon dalam tubuh

Hormon sangat berpengaruh terhadap pola perilaku dan kesehatan manusia. Minyak zaitun berfungsi mengatur hormon dalam tubuh dan mengurangi risiko terjadinya pra-menstrual syndrome yang menyebabkan rasa sakit dan emosi yang tidak terkontrol pada wanita pra-menstruasi. Minyak zaitun memenuhi lemak penting yang membantu fungsi tyroid dimana tyroid tersebut memproduksi hormon.

15. Kandungan lemak yang setara dengan ASI

Jenis lemak berantai tunggal yang terkandung pada ASI merupakan jenis lemak terbaik yang di konsumsi manusia. Lemak tersebut juga ditemukan pada kandungan minyak zaitun. Dapat disimpulkan bahwa manfaat minyak zaitun untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian manusia dewasa setara dengan manfaat ASI yang mampu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bayi.

16. Mengurangi risiko terkena kanker usus

Menurut para ahli, minyak zaitun mampu melindungi usus besar dengan cara menghambat poliferasi sel-sel kanker usus besar. Minyak zaitun berperan sebagai anti karsinogenik dimana zat ini merupakan susunan kimia yang menyerupai bentuk utama hormon esterogen pada manusia. Zat inilah yang berperan aktif dalam melindungi usus besar dari serangan kanker usus yang mematikan.

17. Sebagai penangkal radikal bebas

Radikal bebas atau radiasi buruk dapat ditemukan hampir setiap ruangan dilingkungan hidup mansuia terutama di wilayah perkotaan. Antioksidan polifenol yang terdapat pada kandungan minyak zaitun membantu melindungi tubuh dari gangguan radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh. Antioksidan polifenol bekerja dengan cara melakukan detoksifikasi pada tubuh manusia.

18. Mengobati radang pangcreas

Tingginya kandungan hidrokortisol dan asam oleic pada minyak zaitun terutama pada jenis ekstrak virgin olive oil telah terbukti mampu memperlambat proses meradangnya pangcreas. Pancream merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang sangat rentan terkena penyakit. Selain itu, kandungan tersebut juga sangat bermanfaat untuk mencegah serangan pangcreatitis akut.

19. Mengatasi nyeri dan radang pada sendi

minyak zaitun juga mengandung zat prostaglandin dimana zat tersebut berfungsi sebagai meredakan rasa nyeri pada persendian tulang dan memenuhi komponen tulang yang sudah keropos. Nyeri sendi sangat mengganggu bahkan menghambat aktivitas manusia yang berupa pergerakan badan sehingga radang atau nyeri sendi sangat dihindari oleh orang-orang yang beraktifitas dengan cara bergerak.

20. Mengobati Proriasis

Proriasis merupakan penyakit pada kulit kepala berupa kulit bersisik, kering, perih, dan gatal. Minyak zaitun mampu mengobati proriasis dengan cara menutrisi kulit kepala yang kering dan mengembalikan kesehatan kulit sehingga kulit kepala akan menjadi lembab kembali. Kulit bersisik pada kulit kepala juga akan terangkat ketika bersamaan ketika membersihkan minyak zaitun tersebut.

21. Meredakan radang pada kulit.

Penyebab kulit kita rentan terkena kuman atau bakteri lainnya sehingga seringkali kulit mengalami radang yang sangat mengganggu aktivitas adalah polusi yang semakin bervariasi. Minyak zaitun selain mampu meredakan radang kulit juga mampu melindungi kulit dari kuman maupun bakteri penyebab radang yang sewaktu-waktu bila kulit terjangkit.

22. Mengurangi tingkat depresi.

Tekanan pekerjaan dan cara hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab depresi yang paling umum dijumpai. Terapi minyak zaitun diyakini mampu meredakan depresi dan mengembalikan kesegaran, kebugaran, serta aura positif tubuh. Menghirup aroma terapi berbahan dasar minyak zaitun atau uap air hangat yang dicampurkan minyak zaitun sebelumnya mampu mengurangi tingkat depresi.

23. Mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah akibat tumpukan kolesterol dan lemak.

Kelebihan kolesterol dan lemak dalam darah merupakan penyebab tersumbatnya aliran darah. Darah yang tersumbat akan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya yang sangat berbahaya bagi manusia. Mengkonsumsi minyak zaitun selain untuk mengurangi tingkat kolesterol juga berguna untuk memperlancar aliran darah yang tersumbat akibat tumpukan lemak jahat.

24. Mengobati maag dan tukak lambung.

Meminum satu sendok minyak zaitun sebelum sarapan atau sebelum makan akan menjaga stabilitas asam lambung manusia. Penderita maag biasanya akan kesulitan ketika langsung memakan makanan berat seperti nasi. Selain itu minyak zaitun yang di konsumsi sebelum makan dapat menstimulus dan memberikan rasa sejuk pada lambung sehingga lambung tidak terasa perih ketika makan.

25. Penyakit Saraf Degeneratif

Kandungan senyawa fenolik tyrosol seperti oleuropein dan oleocanthal ditemukan pada tetesan minyak zaitun. Senyawa tersebut berperan dalam melawan penyakit saraf degenerative. Seperti yang kita ketahui, saraf merupakan otot mikro yang mengatur gerak dan pikiran manusia sehingga seseorang yang memilk kelainan atau penyakit pada sarafnya akan susah bergerak dan berkomunikasi. .

26. Menghilangkan kutu kepala yang menyebabkan ketidak nyamanan di kepala.

Kutu kepala merupakan parasit yang hidup di permukaan kulit kepala atau permukaan tubuh yang ditumbuhi bulu. Selain menimbulkan rasa gatal dan perih akibat gigitannya, kutu rambut juga menghisap darah manusia. Minyak zaitun mampu membasmi kutu rambut oleh sensasi panas yang disebabkan oleh minyak tersebut karena kutu tidak menyukai suhu panas.

27. Mencegah risiko terkena kanker payudara.

Penelitian membuktikan bahwa para wanita yang tinggal di daerah Mediterania dimana merupakan wilayah asal minyak zaitun tersebut memiliki risiko terkena kanker payudara lebih rendah. Kanker merupakan kanker mematikan yang paling banyak memakan korban jiwa. Wanita Mediterania merupakan bukti bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dengan teratur dapat mengurangi risiko kanker.

28. Menjaga berat badan.

Berat badan ideal merupakan impian banyak orang, tidak hanya untuk menunjang penampilan saja tetapi berat bada ideal merupakan representasi kesehatan seseorang. Menajaga tubuh tetap ideal merupakan tantangan bagi setiap orang. Mengkonsumsi minyak zaitun dengan cara yang benar dan tepat diyakini mampu menjaga kestabilan berat badan.

29. Mengurangi tingkat obesitas.

Penyebab utama obesitas adalah pola hidup yang buruk, kurang olahraga, dan mengkonsumsi makanan mengandung kolesterol jahat dan gula yang berlebihan. Minyak zaitun memiliki tingkat kolesterol dan lemak tak jenuh yang rendah. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti makanan yang diolah menggunakan minyak nabati lainnya yang mengandung kolesterol tinggi seperti minyak sawit dan wijen.

30. Mencegah kepikunan dini.

Seringkali pikun tidak hanya menyerang orang yang sudah tua saja. Manusia dengan usia produktif pun beresiko mengalami kepikunan dini. Pikun disebabkan oleh rusaknya membran sel neutron pada otak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa senyawa fenolik mampu memperbaiki sel saraf baik termasuk sel saraf otak sehingga mampu mengurangi tingkat kepikunan dan menguatkan daya ingat.

31. Meningkatkan daya ingat.

Minyak zaitun juga baik untuk di konsumsi anak-anak terutama anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Perkembangan otak anak akan lebih cepat daripada otak orang dewasa. Tidak hanyamampu membantu perkembangan otak pada anak saja namun minyak zaitun mampu meningkatkan daya ingat pada orang dewasa juga.

32. Menyembuhkan penyakit kurap atau infeksi jamur kulit.

Tingginya vitamin E pada minyak zaitun berperan sebagai antioksidan lipid yang sangat kuat dalam melindungi, memelihara, dan menjaga membran sel kulit sehingga dapat menjamin kesehatan kulit. Infeksi jamur pada kulit dapat menyebabkan kulit terkena penyakit ringan seperti kurap, ruam, dan sebagainya. Meskipun tergolong penyakit ringan, tetap saja kondisi trsebut sangat mengganggu kita.

33. Mengurangi risiko terserang migrain

Disela aktivitas yang padat seringkali manusia terkena migrain atau sakit kepala sebelah yang menyebabkan terganggunya aktivitas tersebut. serangan migrain yang mendadak kerap kali menjadikan kita khawatir karena tidak adanya tanda-tanda sebelum terjadinya migrain. Terapi uap minyak zaitun selain dapat meredakan sakit kapala juga mengurangi risiko terserang migraine mendadak.

34. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Oleocanthal, oleuropein, dan hidroksityrosol adalah antioksidan alami paling kuat yang terkandung dalam minyak zaitun. Senyawa tersebut selain untuk memelihara sel saraf juga mencegah pertumbuhan sel kanker yang sangat sulit di deteksi dini. Sel kanker apabila dibiarkan tanpa melakukan tindakan akan semakin parah dan merusak organ dimana sel tersebut tumbuh.

35. Kanker ovarium

Kanker ovarium atau kanker Rahim merupakan kanker paling mematikanbagi wanita di dunia setelah kanker payudara. Lagi-lagi peneliti membuktikan bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun meilii risiko terserang kanker Rahim sangat rendah. Wanita Mediterania sebagai bukti bahwa mereka rata-rata di diagnosis terbebas dari penyakit kanker ovarium yang sangat mematikan tersebut.

36. Reumathoid arthritis (rematik)

Rematik merupakan radang pada persendian tulang yang menyebabkan terganggunya aktivitas gerak tubuh. Minyak zaitun merupakan sumber vitamin K yang sangat baik. Vitamin K tersebut berperan dalam mendukung aktivitas osteotropik dalam tulang. Perlu diingat bahwa rematik tidak hanya menyerang orang tua saja maka dari itu, usia muda juga perlu waspada terhadap penyakit rematik.

37. Oesteo arthritis

Vitamin K pada minyak zaitun juga berperan sebagai kalsium yang membantu meningkatkan massa tulang manusia. Tulang yang sudah mulai keropos akan rentan patah dan retak. Sehingga aktivitas orang yang terkena osteoporosis biasanya sangat dibatasi. Keroposnya tulang tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi makna atau minuman yang mengandung banyak kalsium.

Cara memanfaatkan minyak zaitun untuk kesehatan :

Mengkonsumsi minyak zaitun sebagai bahan tambahan makanan, makanan program kesehatan, atau pengganti minyak sawit untuk memasak adalah beberapa cara memanfaatkan minyak tersebut untuk kesehatan. Cara lain biasanya dengan mencampurkan minyak dari biji buah zaitun pada makanan yang akan di konsumsi atau menambahkan pada camilan seperti salad, jus atau saus.

Jika ingin menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak sawit dalam memasak, pastikan ketika memasak jangan menggunakan api terlalu besar karena minyak ini sangat mudah berasap. Api yang terlalu besar juga akan menghancurkan nutrisi alami minyak biji buah zaitun. Sebaiknya mengkonsumsi minyak berkhasiat ini secara langsung saja atau dicampur dengan makanan tanpa dimasak supaya nutrisinya terjaga.

Kalaupun ingin menambahkan minyak zaitun dalam berbagai masakan, dianjurkan untuk menambahkan minyak tersebut di akhir proses memasak supaya minyak tidak terlalu lama dimasak atau terkena api. Sehingga manfaat minyak berkhasiat baik yang sangat beragam dan kompleks ini tetap terjaga dapat dinikmati sepenuhnya oleh tubuh.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi kulit kering dan pecah-pecah

Kulit kering yang dialami pada banyak kasus merupakan penyebab kurangnya asupan nutrisi yang diterima oleh kulit. Minyak zaitun yang kaya akan nutrisi bermanfaat mengatasi kulit kering dan pecah-pecah dengan cara menutrisi kulit. Mengoleskan minyak tersebut pada kulit yang kering atau pecah-pecah dapat mengembalikan ke lembaban kulit sehingga kulit terbebas dari masalah kulit kering.

2. Melembabkan kulit

Zaitun sudah menjadi bahan alami pelembab kulit tubuh dari zaman dahulu. Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang mampu mencegah penguapan air pada kulit. Minyak ini yang sudah terserap kulit dapat mengatasi kulit kering karena kekurangan nutrisi, kulit keriput karena penuaan dini, kulit kasar akibat paparan polusi berlebihan dan mengembalikan ke lembaban alami kulit.

3. Menghaluskan kulit

Manfaat minyak zaitun yang selanjutnya yakni menghaluskan kulit. Kandungan vitamin E yang melimpah sangat berguna untuk menghaluskan kulit. Teratur mengoleskan minyak dari biji buah zaitun pada permukaan kulit wajah dan tubuh maka kulit akan terasa lebih lembut dan halus dalam waktu yang relatif dekat karena minyak zaitnu bekerja dengan cepat di bawah permukaan kulit.

4. Memutihkan kulit secara alami

Mempunyai kulit putih bersih dan sehat merupakan dambaan kaum wanita di dunia. Khasiat minyak zaitun yang tidak bisa di pungkiri adalah kemampuannya dalam memutihkan kulit tubuh maupun wajah secara alami. Kandungan vitamin C dan E pada minyak dari biji buah zaitun mampu memengaruhi pigmen kulit sehingga dapat menjadikan kulit putih alami, bersih, sehat. cerah dan bening.

5. Mengobati kulit pecah-pecah pada kaki

Kulit kaki biasnya lebih rentan mengalami kekeringan dan pecah-pecah daripada bagian kulit tubuh lainnya. Partikel minyak zaitun yang lebih halus daripada minyak lainnya mampu diserap dengan baik oleh kulit kaki sehingga mampu menutrisi kulit kering dan pecah-pecah. Kulit kaki yang pecah tidak hanya merusak penampilan, namun menyebabkan rasa sakit karena luka.

6. Mengencangkan kulit

Seiring dengan bertambahnya usia, kekencangan kulit pada manusia semakin menurun. Timbulnya garis-garis halus merupakan salah satu ciri ketika kulit wajah atau tubuh lainnya sudah tidak kencang lagi. Tentu saja kondisi tersebut sangat mengganggu penampilan di hadapan publik. Nutrisi minyak zaitun mampu mengembalikan kekencangan kulit yang kendur dan menyamarkan kerut wajah.

7. Menghilangkan mata panda

Penyebab utama munculnya lingkaran hitam di sekitar mata atau istilahnya mata panda yaitu penumpukan darah atau aliran dara yang tidak lancar pada bagian dalam kuli sekitar mata. Minyak zaitun mampu menutrisi kulit di sekitar mata sehingga aliran darah yang tadinya tidak lancar dapat diatasi dengan cara mengoleskan pada sekitar mata yang menghitam dan melakukan pijatan perlahan.

8. Mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah

Kelebihan kadar minyak pada wajah menyebabkan wajah mengkilap ketika terpapar sinar. Kilap tersebut tentunya sangat mengganggu penampilan. Selain itu, minyak pada wajah menyebabkan make-up tidak bisa merekat dengan sempurna pada wajah. Menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah tidak akan menambah kadar minyak pada wajah, justru minyak dengan segudang manfaat ini mampu mengurangi minyak wajah.

9. Mengangkat sel kulit mati

Minyak zaitun diyakini mampu mengangkat sel kulit mati yang melekat pada kulit manusia. Sel kulit mati tersebutlah yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan kotor. Minyak tersebut bekerja dengan metode pengelupasan alami tanpa merusak lapisan epidermis, artinya kulit tidak akan iritasi seperti ketika mengangkat sel kulit menggunakan lulur atau scrub.

10. Mencegah dan menghilangkan jerawat

Jerawat pada wajah selain disebabkan oleh kelainan kulit juga disebabkan oleh bakteri yang melekat pada permukaan kulit. Bakteri yang tidak dibersihkan dengan sempurna tersebut dapat memicu tumbuhnya jerawat wajah. Kandungan vitamin C pada minyak zaitun mampu membunuh bakteri pada kulit sehingga kulit wajah terbebas dari jerawat.

11. Melembutkan bibir

Kulit bibir rentan terkena kekeringan dan pecah-pecah yang disebabkan kekurangan nutrisi atau kurangnya asupan air harian. Minyak zaitun juga mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan bibir. Penggunaan minyakberguna dari biji buah zaitun ini sebagai pengganti pelembab bibir sangat aman karena merupakan bahan alami daripada menggunakan kosmetik pelembab bibir berbahan kimia.

12. Mencerahkan dan menyegarkan kulit

Kulit yang terbiasa mendapatkan perawatan minyak zaitun akan terlihat lebih segar dan cerah. Karena minyak tersebut merupakan bahan alami, maka penggunaan langsung pada kulit dijamin aman. Minyak berkhasiat herbal yang terserap kulit ini akan bekerja dengan cara merelaksasi kulit sehingga kulit wajah akan terlihat lebih segar, sehat, dan cerah.

13. Menyuburkan rambut

Rambut kering sering terjadi pada wanita maupun pria yang sering beraktifitas di luar ruangan yang terkena langsung dengan matahari. Sinar matahari yang berlebihan memicu terjadinya kekeringan pada rambut. Selain itu, paparan AC juga dapat memicu rambut rusak bahkan apabila terlalu sering, dapat menjadikan rambut beruban. Nutrisi minyak zaitun membantu proses penyuburan rambut.

14. Tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori

Ketika digunakan langsung pada wajah, partikel halus minyak zaitun mampu menembus kulit sekaligus membersihkan wajah tanpa menyumbat pori-pori. Biasanya pori-pori yang tersumbat akibat penggunaan kosmetik wajah pada umumnya akan menyebabkan wajah berjerawat dan meningkatkan kadar minyak pada wajah. Penyumbaan pori-pori juga berpotensi merusak kulit wajah.

15. Mengangkat kotoran di wajah

Partikel minyak zaitun juga mampu membersihkan wajah dengan cara mengikat kotoran di wajah. Setelah menggunakan minyak tersebut sebagai masker wajah, minyak akan membawa serta kotoran yang melekat pada wajah ketika membersihkan wajah setelah selesai menggunakan masker. Membersihakn kotoran dengan minyak dari biji zaitun tersebut tentunya aman karena tidak meninggalkan iritasi pada wajah.

16. Sebagai tabir surya

Minyak zaitun bermanfaat sebagai pengganti krim tabir surya yang aman karena merupakan bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia seperti krim kosmetik tabir surya. Mengaplikasikan minyak satu ini sebagai pengganti tabir surya akan membuat kulit kita terbebas dari ersiko kulit terbakar, kanker kulit, kulit kemerahan dan gosong, dan iritasi kulit akibat paparan sinar UV.

17. Menghilangkan stretch mark

Stretch mark merupakan gangguan pada permukaan kulit berupa garis-garis kasar yang disebabkan oleh kelebihan lemak di bawah lapisan kulit atau bekas kehamilan pada kulit perut yang melebar. Rutin mengoleskan minyak zaitun pada permukaan kulit dengan garis stretch mark akan mengurangi garis-garis keras yang sangat mengganggu penampilan.

18. Mencegah rambut rontok

Minyak zaitun berperan sebagai antioksidan yang mampu menghambat kerusakan sel rambut penyebab rambut rapuh dan mudah rontok. Di samping itu, minyak satu ini berperan dalam menekan produksi hormon DHT dimana hormon tersebutlah yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Minyak tersebut juga dapat memulihkan kelembaban rambut sehingga rambut tidak mudah mengalami kekeringan.

19. Melembabkan rambut

Rambut yang lembab merupakan salah satu ciri dari rambut yang sehat. Ke lembaban rambut bisa didapatkan apabila nutrisi yang dibutuhkan rambut terpenuhi dengan lengkap. Penggunaan perawatan rambut yang berbahan dasar kimia memang mampu memenuhi ke lembaban rambut. Namun efek samping yang ditimbulkan bahan kimia perawatan rambut juga perlu diperhatikan.

20. Merawat kesehatan dan kesuburan kuku

Kuku manusia sama halnya dengan tulang dan gigi. Kerusakan kuku disebabkan oleh kurangnya kalsium dan nutrisi sehingga kuku menjadi mudah rapuh bahkan mengeropos. Minyak zaitun berkhasiat mengembalikan kesuburan dan kesehatan kuku yang kering dan rusak. Kuku yang rusak akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena dapat menimbulkan rasa sakit dan perih.

21. Membersihkan bekas make-up

Bekas make-up pada wajah yang tidak dibersihkan secara menyeluruh akan menyebabkan kerusakan pada permukaan wajah. Tidak hanya itu, bahan kimia pembuatan make-up yang melekat pada wajah juga dapat memicu tumbuhnya jerawat. Menggunakan minyak zaitun sebagai bahan tambahan pembersih wajah dapat mengikat partikel make-up yang terselip diantara pori-pori wajah.

22. Mengembalikan warna asli rambut dan menghitamkan rambut.

Rambut yang berwarna pirang akibat paparan sinar matahari yang terlalu sering akan merupakan refleksi dari ketidaksehatan pada rambut. Minyak zaitun diyakini mampu mengembalikan warna alami rambut sehinggarambt akan menjadi lebih sehat, lembab, dan berkilau. Itu mengapa kita sering melihat kosmetik perawatan rambut yang terbuat dari minyak zaitun. Tetapi akan lebih baik jika menggunakan minyak asli.

23. Menghilangkan ketombe dan minyak berlebihan pada kepala.

Ketombe merupakan masalah di kulit kepala yang paling sering dikeluhkan baik pria maupun wanita. Munculnya ketombe tersebut dapat disebabkan oleh menumpuknya kotoran dan minyak kepala yang berlebihan sehingga lama kelamaan minyak dan kotoran tersebut menggumpal dan mengering. Minyak zaitun mampu mencegah ketombe dan mengangkat kerak ketombe yang melekat pada kulit kepala tanpa menyebabkan iritasi.

24. Menjaga kesehatan kulit secara alami.

Minyak zaitun mirip dengan minyak alami kulit yang dikeluarkan kulit untuk menjaga ke lembaban kulit manusia. Kulit kering tidak hanya merusak lapisan epidermis kulit namun juga memicu penyakit kulit lainnya dikarenakan kulit kering sangat rentan terinfeksi jamur dan bakteri. Minyak zaitun yang menyerupai minyak kulit diperlukan untuk menjaga ke lembaban kulit agar tetap stabil secara alami.

25. Pengganti krim pencukur bulu.

Sifat minyak zaitun yang licin dapat dijadikan alternatif krim pencukur bulu. Selain memberikan kemudahan ketika menucukur juga memberikan nutrsi alami kulit. Menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti krim pencukur bulu yang biasanya berbahan kimia juga tidak menyebabkan atau meninggalkan iritasi dan alergi pada permukaan kulit khususnya pada permukaan kulit sensitif.

26. Mengobati ruam kulit bayi

Bayi merupakan usia yang sangat rentan terkena ruam kulit yang disebabkan karena beberapa hal seperti faktor udara dan juga penggunaan diapers yang tiak sesuai ketentuan sering kali menyebabkan kulit bayi kemerahan pada area sensitive seperti pantat bayi. Minyak zaitun mampu meredakan ruam pada kulit bayi, namun perlu juga diperhatikan apakah bayi anda memiliki alergi atau tidak terhadap minyak zaitun.

27. Merawat dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Kulit manusia terdiri dari berbagai lapisan kulit tebal dan tipis. Kulit yang agak tebal biasanya ditemukan pada bagian telapak kaki dan telapak tangan. Kulit di telapak kaki misalnya, kadangkali mengalami pecah-pecah namun bisa diatasi dengan minyak satu ini. Tidak hanya berperan dalam menjaga kesehatan kulit pada kulit tebal saja. Nutrisi minyak zaitun dapat merawat dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan baik kulit halus maupun kulit tebal.

28. Menghambat efek menua dini.

Kulit menua sebelum waktunya berupa kulit mengkerut, flek hitam, garis halus, dan kulit keriput merupakan masalah kulit utama yang merusak penampilan khususnya bagi wanita.Kondisi tersebut tidak memandang usia, dan dialami oleh orang-orang yang tidak memperhatikan kesehatan kulit. Nutrisi minyak zaitun dipercaya mampu menghambat faktor penyebab wajah terlihat tua sebelum waktunya.

29. Memanjangkan rambut.

Rambut panjang dan sehat merupakan mahkota yang selain dapat mempercantik wanita juga meningkatkan rasa percaya diri terutama bagi wanita yang sering tampil di hadapan publik. Minyak zaitun tidak hanya menutrisi rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat namun juga mampu memanjangkan rambut. Rambut panjang dan sehat tentunya menjadi dambaan kaum hawa.

30. Menambah volume rambut.

Rambut kering sering kali terlihat tipis dan tidak sehat. Minyak zaitun yang berperan penting dalam melembabkan rambut juga memberikan kesan terisi pada rambut. Rambut lembab dan sehat menjadikan rambut tampak bervolume. Selain itu, rambut yang bervolume dan lembab juga membantu melindungi kepala dari sinar matahari yang dapat menyebakan rasa terbakar pada kulit kepala.

31. Mencegah risiko terserang kanker kulit

Minyak Zaitun berperan sebagai anti-inflamasi dan antioksidan dimana kedua zat tersebut sangat efektif dalam menjaga dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Mengoleskan minyak zaitun pada kulit setiap malam sebelum tidur atau pada pagi hari sebelum memulai mandi dapat mengurangi risiko terserang penyakit kanker kulit yang sangat berbahaya dan mematikan.

32. Mengurangi kulit kendur atau garis kerut pada wajah.

Garis kerut pada permukaan kulit baik kulit tubuh maupun wajah serupakan salah satu ciri terjadinya wajah menua sebelum waktunya pada kulit. Usia tidak menjamin kulit seseorang terbebas dari masalah kulit mengkerut. Penyababnya bisa jadi karena konsumsi obat maupun gaya hidup yang tidak sehat. Minyak zaitun mampu menutrsi kulit dengan sempurna sehingga kulik akan menjadi lebih kencang dan masalah kerutan yang disebabkan mengendurnya kulit dapat teratasi.

33. Mengobati penaykit psoriasis

Proriasis merupakan penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan terkelupas. Kondisi tersebut diakibatkan oleh kurangnya nutrisi pada kulit sehingga kulit rentan terkena infeksi jamur dan bakteri. Proriasis sangat mengganggu penampilan dan kecantikan kita. Mengoleskan minyak zaitun pada permukaan kulit yang terjangkit penyakit tersebut dapat membantu meredakan kemerahan dan rasa sakit.

34. Mengobati penyakit kulit eskim

Eskim merupakan salah satu penyakit kulit dimana kondisi tersebut menyebabkan kulit menjadi merah disertai rasa gatal. Apabila kondisi tersebut terjadi pada kulit bagian luar seperti lengan dan wajah maka akan sangat mengganggu penampilan. Penyakit tersebut tidak lain disebabkan oleh bakteri. Minyak zaitun memberikan rasa hangat pada kulit sehingga mampu meredakan gatal dan membunuh bakteri.

35. Mengobati penyakit eksema

Eskema biasanya menyerang kulit manusia yang tinggal di wilayah sangat kering atau sangat dingin. Kondisi tersebut ditandai dengan permukaan kulit yang mengalami kekeringan akut. Kekeringan kulit dapat menyebabkan kulit rapuh mudah luka. Minyak zaitun mampu menguatkan sel kulit yang rusak akibat kekurangan cairan dan melembabkan kulit yang kekurangan minyak alami kulit.

36. Krim anti-bakteria

Jika biasanya memakai krim anti bakteria berupa salep yang berbahan kimiawi, sebaiknya penggunaan bahan kimia tersebut dibatasi karena akan menimbulkan resiko tertentu yang tidak terdapat pada kesehatan kulit lainnya. Minyak zaitun juga berperan sebagai pengganti krim anti bakteri yang mampu melindungi kulit dari serangan bakteri tanpa merusak atau berisiko terhadap kesehatan kulit karena merupakan bahan alami.

37. Menghilangkan racun pada kulit

Minyak zaitun juga memiliki fungsi sebagai detoksifiksi dalam menghilangkan racun yang mengendap pada kulit tubuh dan wajah manusia. Detoksifikasi menggunakan bahan alami sangat dianjurkan apalagi bagi orang yang memiliki ke rentanan fisik atau alergi terhadap bahan kimia. Detoks selain meghilangkan racun juga menyehatkan serta mengembalikan fungsi kinerja tubuh yang sebelumnya terpapar racun.

Cara Memanfaatkan Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Wajah dan Tubuh :

Ada banyak cara memanfaatkan minyak zaitun untuk kecantikan wajah dan tubuh. Mengoleskan atau melumuri langsung pada permukaan kulit wajah maupun tubuh merupakan cara paling sederhana dalam memanfaatkan minyak zdari biji buah zaitun untuk kecantikan. Kemudian untuk kulit berjerawat bisa dengan mengompres pada jerawat menggunakan air hangat yang telah dicampurkan minyak berkhasiat alami sebelumnya.

Cara yang lain yaitu metode terapi uap. Air panas yang telah dicampur minyak zaitun sebelumnya akan mengeluarkan uap yang dapat dimanfaatkan sebagai terapi uap. Sensasi hangat dari air dan aroma khas minyak tersebut bermanfaat untuk merelaksasi kulit dan pikiran. Uap panas tersebut juga akan mengeluarkan keringat yang bercampur kotoran pada kulit tubuh atau wajah.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan sebagai minyak yang digunakan untuk memijat tubuh atau kulit wajah. Memijat kulit dengan minyak dari buah zaitun dapat memperlancar aliran darah dan meringankan pegal dan nyeri pada tubuh. Manfaat minyak tersebut juga dapat diserap lebih optimal oleh tubuh ketika menggunakannya langsung sebagai pengganti minyak untuk memijit.

Untuk pengobatan kesehatan rambut dan kulit kepala, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala sambil dipijat perlahan kemudian balurkan pada rambut dan diamkan selama 15-20 menit supaya nutrisi minyak yang dibuat dari biji zaitun tersebut terserap oleh rambut dan kulit kepala. Setelah itu cuci rambut menggunakan shampoo hingga bersih dan pastikan sisa minyak tidak tertinggal pada rambut dan kulit kepala.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, bisa juga dengan mencampurkan minyak zaitun dengan berbagai bahan alami untuk kecantikan lainnya seperti madu, lemon, green tea, atau jika ingin menambahkan wewangian gunakan air mawar atau ekstrak bunga melati. Memanfaatkan untuk kecantikan juga tidak melulu digunakan pada bagian eksternal tubuh namun juga bisa diminum.

Efek Samping Minyak Zaitun :

Efek Samping Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki efek samping yang merugikan terhadap penderita alergi dan jika di konsumsi dengan jumlah yang tidak sesuai dengan takaran dan ketentuan. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan tersebut.

  1. Memicu reaksi alergi pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu.
  2. Dapat Menyebabkan gatal-gatal pada kulit.
  3. Kulit dapat menjadi kemerahan yang biasanya terjadi karena alergi.
  4. Muncul bintik-bintik merah disertai rasa sakit, perih, dan gatal.
  5. Memicu tumbuhnya jerawat jika tidak dibersihkan dengan baik setelah penggunaan pada wajah.
  6. Dapat menimbulkan ruam pada kulit.
  7. Meskipun minyak tersebut merupakan bahan alami, namun tidak dianjurkan untuk digunakan pada bayi yang belum diketahui tingkat sensitivitas kulitnya.
  8. Dapat meningkatkan kadar minyak pada wajah jika tidak dibersihkan dengan baik.
  9. Efek sampingnya mampu menimbulkan komedo pada kondisi tertentu.
  10. Berpengaruh pada kondisi kesehatan apabila pengolahan dalam mengkonsumsi minyak yang sangat bermanfaat ini tidak sesuai dengan aturan dan anjuran.

Baca Juga: Manfaat Baby Oil untuk Bayi, Anak-Anak dan Orang Dewasa

Meskipun minyak dari biji buah zaitun tersebut memiliki sejuta manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, namun sangat perlu juga diperhatikan efek samping serta aturan pakai untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi. Selain itu, mengolah minyak zaitun untuk di konsumsi juga harus pula diperhatikan dengan baik tata cara pengolahannya supaya tidak menimbulkan kerugian.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minyak

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top