Connect with us
Olive Oil, Manfaat Olive Oil, Khasiat Olive Oil, Minyak Olive Oil

Minyak

45 Manfaat dan Khasiat Olive Oil untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Olive Oil atau minyak zaitun adalah jenis minyak yang terbuat dari buah zaitun. Buah khas Jazirah Arab ini memang bisa diambil minyaknya dan dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Manfaat olive oil atau minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan jauh lebih aman dibandingkan minyak kelapa serta kelapa sawit. Kandungan lemak tak jenuh yang tinggi membuatnya rendah kolesterol jahat atau LDL sehingga tidak menyebabkan penyakit hipertensi dan jantung.

Olive Oil, Manfaat Olive Oil, Khasiat Olive Oil, Minyak Olive Oil

Biasanya, olive oil dipakai untuk menggoreng makanan tertentu seperti daging. Namun ada pula minyak zaitun ini yang dikemas sebagai produk kecantikan atau skincare. Tentu saja masing-masing produknya harus dipilih secara hati-hati. Jangan sampai memasak dengan minyak yang ditujukan untuk perawatan kulit.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Olive Oil :

Apa sajakah kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam olive oil? Mengapa pula minyak ini begitu populer di kalangan mereka yang senang mempraktekkan gaya hidup sehat. Ternyata karena di dalam minyak essensial ini terdapat banyak sekali zat-zat aktif yang baik untuk tubuh, seperti:

• Asam Lemak Tak Jenuh
• Omega 3
• Omega 6
• Omega 9
• Zat Besi
• Polifenol
• Asam Oleik
• Vitamin K
• Zat Besi
• Senyawa Bioaktif
• Kalori

Manfaat Olive Oil untuk Kesehatan :

1. Mencegah Gangguan Jantung

Manfaat olive oil atau minyak zaitun untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah gangguan jantung. Minyak zaitun ini adalah salah satu sumber makanan nabati yang mengandung sterol yang cukup tinggi. Sterol ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga jika kita mengonsumsi minyak zaitun kemungkinan besar kita terhindar dari penyakit jantung.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Masalah pencernaan seperti diare dan sembelit sangat mengganggu aktivitas kita kan? Untuk mengatasi masalah tersebut ada banyak cara salah satunya adslah dengan menggunakan minyak zaitun. Olive oil atau minyak zaitun dapat mencegah terjadinya diare dan sembeli.

3. Mencegah Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi

Manfaat minyak zaitun atau olive oil yang selanjutnya adalah mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi. Cara kerjanya yaitu minyak zaitun menjaga kadar lemak di dalam tubuh kita sehingga tekanan darah kita akan terjaga juga. Bagi yang memiliki penyakit darah tinggi bisa mengganti minyak kelapa sawitnya dengan minyak zaitun.

4. Menurunkan Kolesterol

Olive oil atau minyak zaitun mengandung kadar sterol atau lebih tepatnya adalah ß-sitosterol. Sterol ini dapat membantu kita menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian mulailah mencoba untuk mengganti minyak dengan minyak zaitun agar kita terhindar dari kolesterol. Ada dapat mengonsumsi atau memakainya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menambah Nafsu Makan

Salah satu penyebab menurunnya nafsu makan adalah karena terjadinya masalah pencernaan. Untuk mengatasi masalah pencernaan kita bisa mengonsumsi olive oil atau minyak zaitun. Minyak zaitun ini aman dikonsumsi secara langsung maupun untuk bahan masakan. Dengan terhindarnya kita dari masalah pencernaan otomatis nafsu makan kita akan meningkat.

Manfaat Olive Oil untuk Kesehatan Lainnya :

6. Melancarkan peredaran darah
7. Membantu proses metabolisme
8. Mengeluarkan keringat
9. Stabilkan detak jantung
10. Menambah kadar HDL
11. Membuang LDL
12. Mencerdaskan otak
13. Membuat pikiran tenang
14. Mencegah depresi
15. Mengatasi stress
16. Membuat badan bugar
17. Mengatasi masuk angin
18. Menjadi aromaterapi
19. Membantu pijat
20. Menyembuhkan otot terjepit

Cara Memanfaatkan Olive Oil untuk Kesehatan :

Memanfaatkan olive oil untuk kesehatan sangatlah mudah. Sebab minyak ini begitu fleksibel dipakai. Bisa dengan cara dioleskan langsung, maupun dimakan sebagai pengganti minyak goreng dari kelapa sawit. Khasiatnya minyak esensial ini tentu saja jauh lebih baik daripada minyak goreng pada umumnya. Cocok untuk mereka yang sedang ingin menerapkan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Minyak Ikan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Olive Oil untuk Kecantikan :

1. Mencegah Kulit Kering

Manfaat olive oil untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah kulit kering. Kulit kering sering sekali di alami karena suhu lingkukan yang dingin. Untuk itu diperlukan perawatan untuk mencegah kulit kering. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Cara pengaplikasiannya mudah, oleskan minyak zaitun setiap malam dan diamkan sampai keesokan paginya. Lakukan itu secara rutin. Minyak zaitun itu mengandung vitamin E sehingga dapat menbuat kulit lembab.

2. Mencerahkan Wajah

Olive oil atau dalam bahasa Indonesia adalah minyak zaitun dapat kita gunakan untuk mempercantik wajah atau lebih tepatnya adalah mencerahkan wajah. Bagaimana mencerahkan wajah dengan minyak zaitun? Yaitu dengan cara mengoleskan minyak zaitun itu ke wajah. Lalu tunggu selama lima belas menit setelah itu pijat wajah perlahan selama sepuluh menit setelah itu bilas dengan air dan sabun. Jika dilakukan secara rutin wajah kita akan cerah seiring berjalannya waktu.

3. Menghilangkan Flek Hitam

Bagaimana olive oil atau minyak zaitun menghilangkan flek hitam diwajah? Ya karena minyak zaitun dapat mengangkat sel sel kulit mati sehingga jika kita gunakan minyak zaitun setiap hari untuk pemijatan wajah, lambat laun flek hitam di wajah akan menghilang karena sel selnya terus beregenerasi.

4. Mencegah penuaan dini

Manfaat olive oil yang selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Bagaimana bisa minyak zaitun bisa mencegah penuaan dini? Minyak zaitun mengandung linoleic acid yang membantu menjaga kadar air di dalam kulit wajah. Sehingga dengan begitu kulit wajah kita akan tetap lembab dan kenyal. Masalah keriputpun tidak akan menghampiri kita. Gunakan minyak zaitun setiap pagi di wajah dan pijat secara merata.

5. Menutrisi Rambut

Rambut yang sehat dan tidak kering adalah keinginan semua orang. Bagaimana agar rambut kita selalu ternutrisi? Caranya adalah dengan mengoleskan olive oil atau minyak zaitun ke kulit kepala dan pijat secara merata tunggu selama satu jam lalu bilas atau keramas. Lakukan itu dua hari sekali.

Manfaat Olive Oil untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melembutkan wajah
7. Menutup pori-pori kulit
8. Mencegah penumpakan minyak di wajah
9. Memudarkan kerutan
10. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat
11. Membuat wajah benderang
12. Mengatasi komedo
13. Membuang komedo putih
14. Menghilangkan komedo putih
15. Membuang jerawat batu
16. Menghilangkan selulit
17. Menguruskan badan
18. Membuat berat badan ideal
19. Mencegah kulit kering
20. Mengatasi bibir kering

Cara Memanfaatkan Olive Oil untuk Kecantikan :

Penggunaan olive oil terbagi ke dalam dua jenis, yaitu untuk pemakaian luar sebagai minyak gosok kecantikan. Atau justru untuk minyak konsumsi pengganti minyak kelapa. Jenis minyak yang dikenal pula dengan nama minyak zaitun ini bisa dipakai dalam dua cara tersebut. Kalau dimakan, tentu untuk menggoreng. Kalau dioleskan, tentu bisa untuk wajah atau kulit tubuh lainnya.

Efek Samping Olive Oil :

Semua bahan makanan di alam mengandung efek samping yang baik maupun buruk untuk tubuh. Efek samping merupakan dampak yang terjadi setelah konsumsi. Di bawah ini beberapa efek samping yang terjadi bilamana memakai atau konsumsi olive oil. Baik penggunaan di luar tubuh maupun dimakan, akan bisa menimbulkan beberapa reaksi seperti di bawah ini:

1. Gangguan Pernapasan
2. Alergi Kulit
3. Ruam Merah
4. Pusing
5. Mual dan Muntah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyak sekali manfaat dan khasiat olive oil yang bisa didapatkan oleh manusia. Maka jangan ragu lagi buat mengganti minyak kelapa atau kelapa sawit dengan minyak olive ini. Jenis minyak esensial ini jauh lebih aman dikonsumsi oleh manusia karena tidak menyebabkan penimbunan kolesterol di tubuh. Selain itu, minyak ini juga memberikan aroma dan rasa yang gurih, lezat dan khas.

Continue Reading

Lainnya dari Minyak

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top