Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minyak

100 Manfaat dan Khasiat VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

VCO (Virgin Coconut Oil) atau minyak kelapa murni adalah minyak yang diekstrak dari buah kelapa. Berbeda dengan minyak kelapa biasa, minyak ini diekstrasi dengan cara yang lebih rumit sehingga manfaat vco (virgin coconut oil) lebih besar. Perbedaan utama dengan minyak kelapa biasa dan murni terletak pada proses ekstraksinya. Sementara minyak kelapa biasa diekstraksi dengan kompresi dingin atau penggilingan kopra dingin dengan kadar air sekitar enam persen.

VCO, Virgin Coconut Oil, Minyak Kelapa Murni, Manfaat VCO, Khasiat Virgin Coconut Oil

Sedangkan vco diekstraksi dari santan yang diperoleh dari kelapa segar. Setelah itu, melalui tahap fermentasi, churning (pemisahan sentrifugal), pendinginan dan pembentukan enzim, minyak dipisahkan dari air atau uap air. Prosesnya dilakukan sangat hati-hati dengan memastikan santan tidak terkena panas sinar matahari. Khasiat vco  tidak hanya untuk kesehatan tapi mencakup ke kecantikan. Walaupun begitu, tetap ada efek samping virgin coconut oil.

Kandungan Nutrisi dan Gizi VCO (Virgin Coconut Oil) :

Kandungan Nutrisi dan Gizi VCO (Virgin Coconut Oil)

Virgin Coconut Oil mempunyai kandungan utama yakni asam laurat yang jumlahnya hampir 50%. Asm laurat ini mempunyai sifat anti jamur, anti bakteri serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga mengandung asam lemak rantai sedang seperti asam kaplirat, asam kaprat dan asam kaproat. Jenis minyak ini juga kaya akan polifenol, vitamin E yang tinggi dan vitamin yang bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh. Dari kandungannya itu bisa dilihat seberapa besar manfaat vco bagi tubuh.

Loading...

Rincian asam lemak yang dikandung oleh VCO :

  • Asam kaprilat 10,3%
  • Asam kaprat 7,39%
  • Asam laurat 49,81%
  • Asam miristat 16,15%
  • Asam stearat 1,93%
  • Asam oleat 5,41%
  • Asam linoleat 1,48%
  • Asam α – linoleat 0,08

Manfaat VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Kesehatan :

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Meski beberapa orang menganggap kalau VCO itu buruk karena kandungan lemak jenuh didalamnya, tapi ternyata justru menjaga imunitas tubuh. Manfaat minyak kelapa murni diperoleh dari asam laurat yang sama terkandung dalam ASI. Zat itu dipercaya mampu melawan berbagai infeksi dan melindungi tubuh dari ancaman penyakit.

2. Menurunkan Tingkat Kolesterol Jahat

Khasiat Virgin Coconut Oil juga bisa untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dengan meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini dibuktikan oleh penelitan yang dilakukan oleh Dr. Hostmark. Dimana hasilnya tikus yang memakan VCO mempunyai kadar kolesterol baik lebih banyak 10% dibandingkan tikus yang makan minyak bunga matahari.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penelitan menunjukkan bahwa manfaat vco (virgin coconut oil) menjangkau ke kesehatan jantung. Sifat antibakteri dari minyak kelapa murni ini bisa mencegah pembentukan plak pada jantung dengan membunuh bakteri, virus atau mikroorganisme penyebab pembentukan plak. Baik sekali untuk anda yang mempunyai riwayat atau keturunan penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

Sebagaimana perintah orang tua jaman dulu yang menganjurkan untuk mengkonsumsi minyak kelapa murni saat hamil dan menyusui. Bukan tanpa alasan memang, karena virgin coconut oil ini mampu mematikan beragam jenis mikroorganisme berbahaya berkat kandungan MCFAnya. Khasiat minyak kelapa murni membantu memberikan efek kesehatan bagi ibu dan bayinya. Sebab, makanan dalam kandungan serta ASI yang diberikan berkualitas yakni bersih dan sehat terbebas dari mikroorganisme jahat.

5. Menurunkan Resiko Terhadap Osteoporosis

Asam lemak dalam VCO terbukti bertindak sebagai antioksidan yang akan melindungi tulang dari radikal bebas penyebab tulang keropos atau osteoporosis. Radikal bebas ini akan dibasmi oleh lemak jenuh dari virgin coconut oil.

Manfaat VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengontrol dan mencegah diabetes

7. Menambah stamina tubuh

8. Melarutkan batu ginjal

9. Melindungi dari radiasi UV sinar matahari

10. Mengurangi resiko terkena virus HIV

11. Mengurangi resiko terkena penyakit kanker

12. Mencegah terhadap hepatitis

13. Mampu mencegah terjadinya ISK (infeksi saluran kemih)

14. Mencegah dari pneumonia

15. Meredakan gejala penyakit tukak lambung

16. Menjaga kesehatan peredaran darah

17. Mendukung kesehatan tiroid

18. Mengobati stres akibat pengaruh alkohol

19. Membantu pengobatan gangguan pencernaan

20. Merawat kesehatan ginjal

21. Menjaga kesehatan pankreas

22. Menyehatkan organ hati

23. Membantu penyembuhan luka

24. Mencegah keracunan makanan

Cara Pemanfaatan VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Kesehatan :

Penggunaan virgin coconut oil untuk kesehatan tergantung gangguan yang dialami. Terdapat dua cara pemanfaatan yakni dengan diminum atau oral dan dipakai secara eksternal atau diterapkan pada permukaan tubuh. Misalnya, penggunaan manfaat vco untuk diabetes, gangguan, ginjal, jantung dan penyakit dalam lainnya maka harus diminum. Dosisnya 1 sdm dicampur dengan segelas air putih atau madu atau air teh, dikonsumsi 3 kali sehari. Kalau untuk penyembuhan luka, bisa langsung dioleskan ke bagian tubuh yang mengalami luka.

Manfaat VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Kecantikan :

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Di dalam virgin coconut oil mengandung pelembab alami yang sangat berguna untuk menjaga kelembaban kulit serta mencegah kulit menjadi kasar dan bersisik. Asam lemak rantai inilah yang membuat manfaat vco sangat bagus untuk kulit. Zat tersebut akan masuk ke lapisan kulit untuk mempertahankan kekenyalan dan kelenturan kulit jika diterapkan secara rutin.

2. Menghaluskan Kulit

Bagi anda yang mempunyai masalah kulit, cobalah manfaat minyak kelapa murni. Anda bisa mengoleskan vco (virgin coconut oil ke seluruh bagian kulit yang kasar secara rutin. Kandungan asam lemaknya bisa membuat kulit menjadi halus dan cerah.

3. Menghindarkan Dari Efek Radiasi UV

Virgin coconut oil ternyata efektif untuk mencegah efek dari sinar UV penyebab gangguan kesehatan, khususnya dengan kulit. Zat didalamnya terbukti mampu melindungi tubuh dan kulit dari radiasi sinar UV. Daripada anda bingung mencari pelindung kulit yang efektif saat beraktivitas diluar, mengapa tidak mencoba khasiat minyak kelapa murni saja.

4. Membuat Rambut Bercahaya

Karena molekul vco atau minyak kelapa murni ini kecil, maka bisa dengan mudah masuk ke batang rambut. Sehingga dapat menjaga kadar protein dalam rambut yang pada akhirnya menjadikan rambut bercahaya atau berkilau.

5. Mencegah Ketombe

Ketombe adalah masalah rambut yang menyebalkan. Shampo yang biasanya digunakan rutinpun tekadang bukan solusi efektif. Tapi, virgin coconut oil bisa menjawab kegelisahan anda dari ketombe. Kandungan efek antijamurnya bisa membasmi dan mencegah datangnya ketombe di rambut.

Manfaat VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah dan mengobati jerawat

7. Membantu pengobatan dan pencegahan terjadap jamur kulit, bisul dan eksim

8. Menjaga kelembaban rambut

9. Menghilangkan stretch mach

10. Membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini

11. Menyamarkan noda bekas jerawat

12. Menebalkan bulu mata dan rambut alis

13. Make up remover

14. Pelembab bibir

Cara Memanfaatkan VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Kecantikan :

Untuk mendapatkan manfaat vco (virgin coconut oil) yang maksimal bagi kecantikan, anda harus mengkonsumsi juga menerapkannya langsung. Anda dapat mengkonsumsi 1 sdm minyak kelapa murni yang dicampur dengan madu sehari 3 kali. Selain itu, juga dibarengi dengan menerapkannya ke kulit atau wajah yang ingin dipercantik. Jadi, anda bisa mendapatka reaksi yang cepat dari vco (virgin coconut oil) atau minyak kelapa murni ini.

Efek Samping VCO (Virgin Coconut Oil) :

Efek Samping VCO (Virgin Coconut Oil)

Efek samping minyak kelapa murni bisa dialami karena penggunaan berlebihan atau terlalu banyak. Sehingga, tubuh merasa kaget menerimanya dan akhirnya menimbulkan gejala yang tidak nyaman. Selain itu, VCO juga menimbulkan reaksi awal yang bersifat sementara. Berikut ini adalah efek samping vco :

1. Reaksi herxheimer, reaksi nyeri perut dan kelelahan yang terjadi sementara saat awal penggunaan VCO.

2. Menimbulkan ruam aneh bagi yang alergi terhadap vco.

3. Keinginan buang air besar terus-menerus sebagai tanda adaptasi tubuh.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Minyak Bulus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Ada begitu banyak manfaat dan khasiat vco (virgin coconut oil) bagi tubuh. Tapi, jangan lupakan pengetahui tentang efek samping virgin coconut oil. Karena anda juga harus mengetahui bagaimana reaksi tubuh saat menggunakannya. Pengkonsumsian, sebaiknya dilakukan secara bertahap, jangan langsung 3 sdm sehari, tapi cobalah 1-2 sdm perhari dulu. Setelah tubuh terbiasa, barulah rutin 3 sdm yang diminum sebanyak 3 kali sehari.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Minyak

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top