Connect with us
Asam Folat, Manfaat Asam Folat, Khasiat Asam Folat

Nutrisi

45 Manfaat dan Khasiat Asam Folat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Asam Folat – Asam Folat, Vitamin B9 atau Folic Acid adalah sebuah vitamin yang larut dalam air. Vitaman B9 terkenal sebagai salah satu anggota sekelompok vitamin B kompleks. Manfaat asam folat untuk kesehatan yang paling dikenali masyarakat adalah sebagai nutrisi untuk ibu hamil. Agar kelak saat melahirkan janinnya sehat, tidak mengalami kecacatan fisik maupun mental.

Asam Folat, Manfaat Asam Folat, Khasiat Asam Folat

Memang asam folat dikenal sebagai nutrisi pertumbuhan. Agar janin sehat dan ibu kuat, para dokter atau bidan pasti memberikan resep folic acid. Namun tidak terbatas pada ibu hamil saja, semua orang wajib mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B9 agar tubuhnya selalu sehat dan cantik. Di bidang kecantikan, khasiat folic acid diyakini bisa meremajakan kulit.

Bahan Makanan Mengandung Asam Folat :

Beruntunglah manusia karena tidak perlu bingung mencari makanan sebagai sumber vitamin B9. Ada banyak sekali jenis sayuran, tanaman, kacang-kacangan atau biji-bijian yang mengandung asam folat. Berikut adalah beberapa di antaranya:

• Kacang-Kacangan
• Brokoli
• Asparagus Hijau
• Asparagus Putih
• Bayam Merah
• Bayam Hijau
• Sawi Hijau
• Sawi Putih
• Buah Bit
• Labu Kuning
• Labu Siam
• Alpukat
• Biji Bunga Matahari
• Kacang Almond
• Wortel
• Okra Merah
• Okra Hijau
• Okra Putih
• Seledri
• Jagung
• Kembang Kol
• Brussel Sprout
• Selada
• Semangka
• Gandum

Manfaat untuk Kesehatan Asam Folat :

1. Membantu Proses Regenerasi Sel

Manfaat asam folat bagus sekali dalam membantu regenerasi sel. Artinya macam-macam nutrisi yang terkandung dalam vitamin ini bagus untuk membuat sel-sel tubuh tumbuh dan berkembang secara baik. Tiap ada sel yang mati, maka vitamin B9 ini segera mengatasinya dengan membentuk sel baru.

2. Mencegah Penyakit Anemia

Vitamin B9 atau asam folat juga memiliki fungsi yang sama seperti vitamin B12, baik sekali untuk mencegah penyakit anemia. Selain itu, bagi mereka yang sudah terlanjur kena anemia, vitamin ini pun memberikan terapi penyembuhan yang efektif karena bisa merangsang diproduksinya sel darah merah. Di mana eritrosit ini memang seringkali rendah di kalangan penderita anemia.

3. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Asam folat sangat dikenal oleh para ibu hamil. Bidan dan dokter memang biasanya memberikan sosialisasi akan pentingnya konsumsi makanan yang mengandung folic acid ini. Pemberian sintesis vitamin B9 pun diberikan guna mencegah bayi lahir cacat. Tentunya dengan dosis dan aturan pakai tersendiri.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat asam folat baik sekali dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Memang salah satu manfaat vitamin B9 untuk tubuh adalah meningkatkan imunitas. Sehingga tubuh tidak gampang sakit dan selalu resisten dalam melawan virus maupun bakteri penyebab sakit. Fungsi ini pun baik diberikan kepada mereka yang sedang mengalami sakit keras, seperti kanker misalnya. Sehingga kekebalan tubuh mereka tidak drop.

5. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas sebenarnya adalah suatu mal-fungsi yang terjadi di dalam tubuh manusia akibat interaksi antar zat-zat makanan atau zat-zat lainnya yang ada di dalam tubuh. Di mana interaksi senyawa ini tidak menghasilkan suatu manfaat, namun justru kerugian, misalnya bersifat meracuni atau merusak. Tidak seperti toksin yang bisa dikeluarkan tubuh melalui urin, feses, darah atau keringat, radikal bebas ini susah sekali untuk keluar, bahkan tidak bisa. Sehingga di kemudian hari rawan menyebabkan kanker. Untuk itu cegah dan tangkal radikal bebas sejak dini jauh lebih baik. Terutama menggunakan manfaat asam folat yang praktis ini.

Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menguatkan janin
7. Mencegah keguguran
8. Menyehatkan ibu bayi
9. Mengatasi nyeri otot
10. Mencegah gangguan jantung
11. Mencegah kanker
12. Membantu penyembuhan mental illness
13. Mengatasi gangguan emosional
14. Membangun jaringan sistem otot
15. Baik untuk kehamilan
16. Memproduksi sel darah merah
17. Mencegah anemia
18. Mencegah kerusakan sistem syaraf pusat
19. Mencegah keterbelakangan mental
20. Meningkatkan kecerdasan

Cara Memanfaatkan Asam Folat untuk Kesehatan :

Tuhan telah Menciptakan banyak makanan yang mengandung asam folat. Maka untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin B9 ini sebaiknya dari makanan saja. Efek sampingnya tidak buruk dan tubuh bisa mengonsumsinya tanpa perlu khawatir terjadi alergi atau overdosis. Namun tentu saja tiap makanan yang mengandung folic acid ini mesti dipertimbangkan dulu sebelum dimakan, sebab bisa jadi termasuk golongan makanan pantangan untuk seseorang.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B Complex untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Asam Folat untuk Kecantikan :

1. Melembabkan Kulit

Khasiat vitamin B9 bagus sekali buat melembabkan kulit. Ini karena memang kemampuan folic acid yang efektif dalam menyeimbangkan kadar cairan di tubuh. Di mana ketika cairan di tubuh berada dalam jumlah normal dan seimbangnya, niscaya kulit lembab, tidak bersisik dan terkelupas lagi.

2. Memutihkan Kulit Wajah

Manfaat asam folat untuk kecantikan yang paling dikenal terkait dengan efeknya dalam memutihkan kulit. Jika rutin konsumsi vitamin B9 selama 3 bulan, niscaya di bulan ke-4, kulit pemakainya terkesan jauh lebih putih daripada sebelumnya. Ini karena folic acid punya kemampuan memperbarui sel-sel yang rusak menjadi sel-sel baru yang lebih muda dan cerah.

3. Mencegah Jerawat

Khasiat asam folat untuk mencegah jerawat banyak dilaporkan oleh mereka yang sedang jalani terapi folic acid. Jerawat yang tadinya banyak muncul di wajah, bisa sembuh segera. Setelah sembuh, jerawat tidak lagi muncul dan wajah selalu terlindungi tiap saat.

4. Membuat Berat Badan Ideal

Asam folat pun memiliki kemampuan dalam mempengaruhi berat badan manusia. Sebab vitamin B9 merupakan salah satu anggota sekelompok multivitamin pertumbuhan yang disebut vitamin B kompleks. Mereka yang kurus bisa menjadi ideal, begitu pun mereka yang gemuk akan mengalami peluruhan lemak sehingga badannya ideal.

5. Menghaluskan Kulit

Selanjutnya, manfaat asam folat bagus untuk menghaluskan kulit. Ini karena fungsinya dalam regenerasi sel kulit selalu disertai dengan pengelupasan tipis. Sehingga nantinya jika proses pengelupasan sudah selesai, niscaya kulit terasa halus.

Manfaat Asam Folat untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan lipatan perut
7. Menurunkan berat badan
8. Membuat postur tubuh menjadi ideal
9. Membuang lemak di perut
10. Menghilangkan selulit
11. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat
12. Mengatasi minyak berlebih di wajah
13. Menyembuhkan jerawat
14. Membuang komedo hitam
15. Membuang komedo putih
16. Membuat kulit jadi elastis
17. Mengencangkan kulit
18. Membuat badan seksi
19. Memperindah bentuk bokong
20. Melancarkan siklus haid

Cara Memanfaatkan Asam Folat untuk Kecantikan :

Bagaimanakah cara memanfaatkan asam folat untuk kecantikan? Untuk menjawab pertanyaan ini sangatlah mudah. Oleh karena termasuk jenis vitamin, maka sebaiknya kalau menggunakan vitamin B9 ini harus dengan dosis tertentu yang dianjurkan dokter, biasanya antara 0,4-0,5 mg/hari. Namun untuk mendapatkan manfaat maksimalnya, konsumsi pula aneka makanan yang mengandung folic acid ini. Jadi tidak terpaku pada vitamin sintetiknya sajayang banyak dijual di apotek.

Efek Samping Asam Folat :

Apa sajakah efek samping dari konsumsi folic acid? Berikut adalah beberapa efek yang bisa saja terjadi sebagai akibat penggunaan vitamin B9. Namun efek di bawah sangat jarang terjadi dan hanya menjadi alergi individual semata, dalam arti tidak semua orang bisa mengalaminya.

1. Kembung
2. Mual
3. Muntah
4. Keringat Dingin
5. Menurunnya Nafsu Makan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Meskipun ada banyak sekali manfaat dan khasiat asam folat untuk kesehatan serta kecantikan, namun dalam penggunaannya harus selalu dengan petunjuk resep dokter. Ada banyak merek dagang obat vitamin B9 yang bisa ditebus tanpa resep dokter, namun ada pula yang hanya bisa ditebus dengan resep dokter. Meski demikian, cara terbaik dan teraman dalam konsumsi vitamin ini tentunya mengacu pada sumber-sumber makanan alaminya. Ada banyak asupan makanan mengandung folic acid yang bisa dicoba.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top