Connect with us
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI

Nutrisi

55 Manfaat dan Khasiat ASI untuk Kesehatan Bayi, Anak, Ibu Serta Efek Samping

Manfaat ASI – ASI atau Air Susu Ibu adalah jenis susu yang keluar dari puting payudara ibu yang baru saja melahirkan. Perempuan memang memiliki kelenjar susu yang memungkinkan keluar cairan susu dari payudaranya. Semua perempuan hamil dan habis melahirkan pasti mengeluarkan susu ini, kecuali bagi mereka yang sudah berusia tua maupun memiliki gangguan kesehatan tertentu, biasanya susunya sangat sedikit. Namun ada pula ibu muda yang juga susunya sedikit, biasanya dipengaruhi oleh hormon, kondisi psikis, riwayat penyakit maupun karena kelainan.

ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI

Manfaat ASI untuk kesehatan bayi, anak dan ibunya sangatlah penting. Seorang bayi yang baru lahir wajib langsung menyusu pada ibunya. Moment minum air susu begitu lahir begitu penting sekali karena air susu yang masih berwarna kekuningan itu mengandung zat antibodi yang amat baik dalam tumbuh-kembang anak ke depannya.

Seorang ibu yang baru saja melahirkan anaknya juga wajib mengeluarkan air susunya. Karena kalau dipendam lama di payudara, itu justru bisa bikin payudara sakit, nyeri dan nanti susunya menggumpal di dalam dan malah harus dioperasi supaya tidak menganggu kesehatan. Kalau pun sulit dan malas dikeluarkan, harus dipompa dan ditampung di botol serta disimpan dengan baik susunya. Pokoknya jangan sampai memendam ASI.

Kemudian, manfaat ASI juga penting dalam mempererat hubungan psikologis antara anak dengan ibu. Anak yang menyusu kepada ibunya cenderung lebih tenang dan sehat, dibandingkan anak yang sudah sejak kecil langsung disapih. Namun begitu usia anak injak 1 tahun, memang ada baiknya buat belajar disapih pelan-pelan. Agar nantinya lepas umur 2 tahun, anak sudah mau minum susu instan kemasan dan benar-benar lepas dari air susu ibu.

Kandungan Gizi dan Nutrisi ASI :

Air Susu Ibu adalah produk susu terbaik yang ada di alam ini. Meskipun susu formula mengklaim memberikan kandungan gizi dan nutrisi terbaik, tetap saja ASI adalah juaranya. Berikut adalah kandungan zat, vitamin dan mineral yang ada pada air susu ibu:

• Air
• Laktosa
• Kolostrum
• Karbohidrat
• Protein
• Lemak
• Karnitin
• Kalsium
• Vitamin A
• Vitamin B
• Vitamin D
• Vitamin K
• Vitamin B Kompleks
• Vitamin E
• Zat Besi
• Zink

Manfaat ASI untuk Bayi Baru Lahir :

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat ASI bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi. Artinya ketika ibu memberikan air susu ini pada anaknya, maka anak bayi ini akan terlindung dari serangan penyakit yang ringan maupun berat. Untuk itu, jangan ragu buat para ibu memberikan air susu eksklusif selama 2 tahun.

2. Mencegah Kerusakan Jantung

Minum ASI juga akan mencegah kerusakan jantung pada bayi baru lahir. Terkadang penyakit jantung tidak terjadi karena faktor genetik. Namun lebih kepada kesalahan perawatan bayi. Ketika bayi baru keluar dari rahim ibu, jantungnya masihlah lemah. Untuk itu perlu segera diberi perlindungan melalui air susu ibu.

3. Mencegah Kecacatan Mental

Manfaat memberikan ASI pada bayi baru lahir pun bisa mencegah cacat mental. Sebab susu ibu mengandung banyak sekali Omega 3 dan Omega 6 yang bagus untuk otak si kecil. Cacat mental bisa terjadi karena banyak hal, termasuk karena tidak diberinya susu ibu ini. Maka jangan ragu buat memberikan susu eksklusif pada bayi baru lahir.

4. Membuat Bayi Lebih Tenang

Khasiat ASI pun membuat bayi jadi lebih tenang. Sebab air susu ibu adalah perantara kasih sayang. Meletakkan bayi baru lahir ke dada ibu untuk dibiarkan menyusu, itu akan membuat bayi merasa aman dan tenang.

5. Memberikan Rasa Perlindungan dari Ibu pada Bayi

ASI adalah wujud perlindungan fisik sekaligus psikis dari ibu kepada bayinya yang baru lahir. Maka berilah hak akan susu ini pada anak. Jika pun ada kendala, maka sang ibu harus berusaha mencari solusinya. Bayi yang merasa terlindungi oleh ibunya pasti tidak akan rewel dan bisa tumbuh dengan baik.

Manfaat ASI untuk Bayi Baru Lahir Lainnya :

6. Membuat bayi tenang
7. Menghentikan tangisan bayi
8. Mengikat batin antara anak dengan ibu
9. Melancarkan sistem pernapasan
10. Melatih pencernaan

Manfaat ASI untuk Anak Usia 0-6 Bulan :

1. Menjaga Imunitas Agar Selalu Baik

Khasiat ASI untuk anak usia 0-6 bulan adalah untuk memastikan imunitasnya baik. Imunitas adalah sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit dan mempertahankan kesehatan organ tubuh secara keseluruhan. Air susu ibu menjadi penyangga imun utama untuk anak, terutama mereka yang belum mendapatkan MPASI dan makanan berat lainnya.

2. Mencegah Gangguan Jantung

Meminum ASI eksklusif selama umur 0-6 bulan terbukti ampuh dalam mencegah gangguan jantung. Anak yang sejak kecil mendapatkan cukup air susu dari ibunya memang berpotensi rendah kena sakit jantung.

3. Menunjang Pertumbuhan Fisik

Tumbuh-kembang fisik sangat dipengaruhi oleh asupan makanan. ASI tidak sekadar minuman susu yang melepas dahaga anak, tetapi juga merupakan makanan utama yang mengandung gizi melimpah. Untuk itu, jangan ragu buat mempercayakan pertumbuhan fisik anak dengan air susu ibu ini.

4. Memberikan Stimulus Psikologis Kedekatan Anak dengan Ibu

Seorang ibu wajib memberikan stimulus psikis pada anaknya. Pastikan memiliki kedekatan batin agar anak juga baik secara karakter. Pemberian ASI kepada anak umur 0-6 bulan akan menjadi jembatan psikologis antara ibu dengan anak.

5. Meningkatkan Kecerdasan

Anak yang meminum ASI eksklusif dari ibunya, niscaya memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Kecerdasan ini meliputi kecerdasan IQ, EQ dan SQ. Meskipun belum terlihat di usia muda, namun nanti setelah anak dewasa akan kelihatan.

Manfaat ASI untuk Anak Usia 0-6 Bulan :

6. Membuat anak tidak gampang menangis
7. Menguatkan fisik
8. Mencegah demam
9. Menambah nafsu makan
10. Membuat tubuh berisi

Manfaat ASI untuk Anak Usia 6-12 Bulan :

1. Mencegah Gizi Buruk

Khasiat ASI untuk anak umur 6-2 tahun tentu saja akan mencegah mereka dari gizi buruk. Penyakit gizi buruk terjadi karena tubuh kekurangan asupan nutrisi, seperti protein. Air susu ibu mengandung banyak sekali protein yang bisa mengatasi gizi buruk.

2. Membantu Membentuk Antibodi

Meminum ASI untuk anak usia 6-12 tahun itu bisa membentuk antibody. Artinya tubuh anak nantinya akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Anak tidak gampang jatuh lelah fisiknya dan sakit hanya karena kelelahan bermain dan bergerak. Apalagi anak umur segini sudah mulai banyak main-main.

3. Menguatkan Struktur Tulang

Manfaat ASI sanggup menguatkan struktur tulang. Sebab kadar kalsiumnya melimpah. Dengan meminum air susu ibu ini, niscaya tulang tak gampang keropos. Selain itu gigi juga akan terlindungi, tak gampang patah dan gigis.

4. Mencegah Gangguan Mental

ASI yang diberikan kepada anak akan mampu mencegah mereka kena gangguan mental. Gangguan ini maksudnya adalah seperti menjadi anak berkebutuhan khusus yang memiliki kesulitan belajar dan hiperaktif.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat ASI bisa meningkatkan fungsi otak. Syaraf-syaraf panca indera juga lebih terlatih. Motorik anak lebih mampu terkendali. Anak pun tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan mudah menyerap pelajaran yang diberikan guru, orang tua dan lingkungannya.

Manfaat ASI untuk Anak Usia 6-12 Bulan Lainnya :

6.Mencegah infeksi
7.Menghemat biaya susu bulanan
8.Mencegah datangnya penyakit
9. Membuat otak pintar
10. Mendekatkan hubungan anak dengan ibu

Manfaat ASI untuk Anak Usia 1-2 Tahun :

1. Memberikan Perlindungan Imun

Anak usia 1-2 tahun rentan terkena sakit sehingga ibu perlu penjagaan ektra pada buah hatinya. Banyak ibu yang melepas air susu ibu setelah bayi berusia 6 bulan. Sebenarnya itu adalah tindakan yang salah. Air susu ibu adalah imun yang paling baik di dunia. Jadi, sebaiknya ibu memberikan air susunya sampai anak berusia 2 tahun.

2. Membantu Pertumbuhan Fisik

Manfaat ASI untuk anak usia 1-2 tahun yang selanjutnya adalah membantu pertumbuhan fisik. Selain di beri asupan makan, seperti nasi sayur, buah, dan lain-lain, anak usia tersebut harus tetap didampingi air susu ibu karena mengandung vitamin yang kompleks sehingga dapat membantu pertumbuhan fisik anak.

3. Membuat anak menjadi pintar

Anak usia 1-2 tahun adalah masa-masa dimana mereka mengembangkan otaknya. Agar intelektual anak berkembang dengan baik selain di beri asupan makanan yang bergizi anak usia 1-2 tahun juga harus tetap diberi ASI karena air susu ibu mengandung vitamin yang bisa mencerdaskan anak.

4. Menguatkan Tulang dan Gigi

Air susu ibu juga berguna untuk menguatkan tulang dan gigi. Hal ini terjadi karena ASI mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk anak usia 1-2 tahun dimana pertumbuhan tulang dan gigi harus berjalan dengan baik.

5. Mencegah Gizi Buruk

Makanan kurang bergizi dan stop ASI pada usia bayi 6 bulan dapat menyebabkan gizi buruk pada bayi. Untuk mencegah gizi buruk terjadi maka anak harus di beri makanan yang bergizi dan juga air susu ibu sampai usia dua tahun. ASI dapat mencukupi kebutuhan gizi anak.

Manfaat ASI untuk Anak Usia 1-2 Tahun Lainnya:

6. Membuat tidur nyenyak
7. Mencegah anak rewel
8. Menggemukkan badan
9. Membuat anak jadi cerdas
10. Mencegah gangguan imun

Manfaat Memberikan ASI dari Ibu Kepada Anak :

1. Melancarkan Produksi ASI

Air Susu Ibu adalah satu-satunya makanan terbaik untuk bayi. Agar produksi air susu terus bertambah ibu harus rutin memberikan pada buah hati. Semakin banyak ibu memberikan ASI semakin banyak pula produksinya. Tentunya ini akan menguntungkan.

2. Mempererat Ikatan Batin

Ikatan batin antara ibu dan bayi bisa di eratkan dengan berbagai hal. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan memberikan ASI. Hal ini bisa terjadi karena kontak fisik pertama antara sang ibu dan sang bayi adalah saat ibu memberikan air susu pertamanya atau kolostrum.

3. Mencegah Bayi Keracunan ASI Basi

Manfaat memberikan ASI dari Ibu Kepada Anak yang selanjutnya adalah mencegah bayi keracunan air susu basi. ASI basi terjadi karena terlalu lama tidak di berikan. Untuk mencegah itu terjadi maka ibu harus sesering mungkin memberikan susu pada buah hati.

4. Mengurangi Nyeri Payudara

Nyeri payudara pada ibu menyusui terjadi karena ASI yang tertimbun terlalu banyak. Penimbunan air susu bisa di cegah dengan cara ibu rutin memberikan air susunya pada sang buah hati, dengan begitu nyeri payudara akan berkurang

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ibu dan Anak

Air susu ibu mengandung imun yang paling baik. Sehingga untuk mencegah sang buah hati sakit, Ibu harus rutin memberikan ASInya. Karena tidak ada imun yang lebih baik daripada air susu ibu.

Manfaat Memberikan ASI dari Ibu Kepada Anak Lainnya:

6. Menghemat biaya bulanan untuk beli susu
7. Mencegah pembengkakan payudara
8. Membuat damai jiwa
9. Mencegah air susu berhenti keluar
10. Memberikan proteksi kesehatan ibu dan anak secara keseluruhan

Efek Samping ASI :

Di bawah ini adalah beberapa efek samping dari Air Susu Ibu. Efek di bawah ini dirasakan oleh pihak ibu maupun anak. Misalnya untuk pihak ibu, ketika sedang menyusui, maka payudara cenderung membesar, kencang dan nyeri. Untuk itu harus segera disusukan kepada anak. Sedangkan anak akan meresponnya sebagai berbagai manfaat di atas. Namun ada pula yang dampak buruknya seperti ketergantungan, apalagi pada usia anak di atas 2 tahun.

1. Mengantuk
2. Ketergantungan
3. Diare
4. Perubahan Warna Kulit yang Terciprat
5. Membesarnya Payudara

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Klorofil K Link untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Meskipun efek sampingnya ada beberapa seperti atas, namun tentu saja manfaat ASI jauh lebih banyak. Para ibu wajib menyusui anaknya hingga usia mereka 2 tahun. Kecuali untuk kondisi tertentu seperti air susu yang tidak keluar lagi, maka bisa disapih dengan memberikan susu formula. Pastikan susu formula ini mampu diterima tubuh anak dan mengandung gizi dan nutrisi yang seimbang.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top