Connect with us
Karbohidrat, Manfaat Karbohidrat, Khasiat Karbohidrat

Nutrisi

40 Manfaat dan Khasiat Karbohidrat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efeknya

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh anggota tubuh manusia sedang beraktivitas, karena senyawa organik ini akan dikelola oleh tubuh menjadi energi yang akan digunakan dalam menggerakkan otot. Tidak hanya mampu membantu dalam mengisi energi kembali, manfaat karbohidrat untuk kesehatan tubuh yang lainnya juga sangat banyak. Karena itulah Anda sangat perlu untuk memakan makanan dengan karbohidrat tinggi agar nantinya tidak mengalami masalah seperti kelaparan dan lainnya.

Karbohidrat, Manfaat Karbohidrat, Khasiat Karbohidrat

Untuk mendapatkan karbohidrat ini sangat mudah, anda hanya perlu memakan makanan dengan kandungan zat karbohidrat didalamnya. Di kawasan Asia, nasi menjadi sumber karbohidrat yang tinggi. Selain nasi, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan gandum atau makanan bersifat gula lainnya. Namun ingat untuk tidak mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak karena bisa menyebabkan kegemukan meski kemungkinannya tidak sebesar mengkonsumsi kalori atau lemak.

Jenis Karbohidrat :

1. Karbohidrat Sederhana (Monosakarida)

Penyebutan ini bisa dijuga ditujukan kepada kandungan gula sederhana yang biasanya ditemukan dalam buah-buahan ringan seperti apel dan lainnya. Namun, jenis yang satu ini juga sangat banyak ditemukan dalam gula pasir serta jajanan permen yang banyak diperjualbelikan di toko-toko.

Sedikit berbeda dengan jenis karbohidrat kompleks, jenis yang satu ini tak menyangkut banyak tentang bagian karbohidrat didalamnya, bisa dibilang hanya sebagian saja. Beberapa efek bisa saja dihasilkan dari jenis yang satu ini jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Namun penggunaan karbohidrat sederhana cukup bagus untuk kesehatan anak karena pada umumnya sifatnya bisa membangun pertumbuhan anak lebih baik lagi.

Loading...

2. Karbohidrat Kompleks (Polisakarida)

Jenis yang satu ini pada umumnya ditemukan di banyak jenis sayuran seperti kacangan, biji-bijian, atau juga bisa ditemukan dalam nasi. Karbohidrat ini tidak baik karena berasal dari nasi putih, berbeda dengan kandungan karbohidrat kompleks yang ada pada gandum, karbohidratnya cenderung lebih baik dari pada karbohidrat yang ada pada nasi putih.

Contoh makanan dengan karbohidrat yang baik adalah jagung, pisang, ubi, sayuran, dan juga kacang-kacangan. Karbohidrat jenis ini juga mengandung banyak kandungan glikogen yang baik untuk kesehatan tubuh. Glikogen ini akan diserap oleh tubuh kemudian dipecah menjadi glukosa yang akhirnya digunakan sebagai energi untuk melakukan aktivitas pada umumnya. Karbohidrat jenis ini juga mengandung selulosa.

2. Oligosakarida

Jenis ini banyak ditemukan dalam makanan pangan pada umumnya seperti nasi. Kandungan ini juga biasa disebut sebagai gula susu karena juga banyak berasal dari kandungan air susu. Jenis yang satu ini akan diproses menjadi monosakirida kemudian akan diproses kembali menjadi energi oleh tubuh.

4. Pati

Pati merupakan salah satu bagian dari karbohidrat dan memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Kandungan yang satu ini lebih sulit dicerna oleh tubuh dan memerlukan waktu yang lama karena bentuk yang rumit jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Kelemahan lainnya adalah bisa meningkatkan tingkat gula dalam darah namun tidak akan secepat gula atau karbohidrat sederhana dan kompleks. Kelebihan yang bisa dirasakan dari pati adalah memberikan asupan karbohidrat yang sehat untuk tubuh tapi lebih mudah dikontrol.

5. Serat

Serat merupakan salah satu bagian dari karbohidrat kompleks. Kandungan yang satu ini biasanya ditemukan di segala jenis sayuran hijau seperti kelor, biji-bijian, dan lainnya. Selain sayur, Anda juga bisa menemukan serat di makanan nasi merah, roti gandum, makanan whole, dan jenis makanan lainnya. Tidak hanya membantu dalam pertumbuhan tubuh seperti manfaat dari karbohidrat pada umumnya, serat juga bisa membantu dalam mengatasi segala gangguan pencernaan seperti sembelit dan semacamnya.

Bahan Makanan Mengandung Karbohidrat :

  1. Jambu Biji
  2. Susu
  3. Sayuran Hijau
  4. Kacang – Kacangan
  5. Gula
  6. Tapung Sagu
  7. Sereal
  8. Jagung
  9. Mie
  10. Roti
  11. Singkong
  12. Pasta
  13. Barley
  14. Beras
  15. Beras Merah
  16. Pisang
  17. Ubi
  18. Kentang
  19. Nanas
  20. Mangga
  21. Apel
  22. Bery
  23. Jeruk
  24. Kedelai
  25. Melon
  26. Semangka

Manfaat Karbohidrat Untuk Kesehatan :

1. Sebagai Sumber Energi Untuk Tubuh

Gula atau pati merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan carbohidrat tinggi. Karena itulah keduanya sangat bisa membantu dalam memulihkan energi yang hilang akibat terlalu bekerja keras. Kandungan glukosa akan membantu dalam memecah gula sehingga membentuk energi yang akan digunakan untuk otot tubuh. Penggunaan gula seperti gula merah untuk meningkatkan energi juga disarankan namun dengan dosis yang pas terhadap tubuh Anda.

2. Membantu Dalam Mengendalikan Berat Badan

Karbohidrat bisa diartikan sebagai kandungan sehat yang tidak akan membuat tubuh Anda menjadi gemuk selama tidak mengkonsumsi secara berlebihan, berbeda dengan kandungan lemak yang bisa membuat obesitas. Pilihlah makanan dengan karbohidrat yang setara dengan kandungan seratnya agar pemasukan dan pengeluaran dalam tubuh bisa seimbang. Contoh bahan makanan yang bisa Anda konsumsi adalah buah-buahan atau sayuran yang sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu sumber serat dan kandungan karbo yang sangat tinggi.

3. Mengatasi dan Mencegah Penyakit

Penyakit memiliki banyak sekali penyebab dan sumber yang bisa membuat tubuh terserang penyakit. Kandungan karbohidrat akan membantu dalam memelihara kadar-kadar yang ada dalam tubuh sehingga terhindar dari banyak penyakit seperti kolestrol, penyakit darah, dan lainnya. Selain itu, serat atau karbohidrat ini bisa membantu dalam mengatasi berbagai penyakit baik itu sumbernya atau penyakit itu sendiri.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting dan Anda harus tetap menjaga kesehatannya. Kandungan karbohidrat akan membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan tak membiarkan penyakit jantung menghampiri Anda. Kandungan ini bisa membantu dalam terus mengstabilkan kolestrol dalam tubuh. Kolestrol ini sangat berbahaya untuk jantung sehingga harus terus dipantau agar tidak masuk dalam zona berbahaya. Salah satu cara yang bisa Anda terapkan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan ini serta serat yang tinggi.

5. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Kandungan karbohidrat sangat penting untuk kesehatan tubuh, khususnya pada bagian fungsi pencernaan Anda. Pencernaan memiliki beberapa masalah yang sering terjadi seperti sembelit dan semacamnya. Penyakit tersebut cenderung disebabkan karena kandungan serat atau karbohidrat dalam tubuh sangat kurang. Penggunaan zat ini yang baik akan membantu dalam melancarkan fungsi pencernaan Anda. Karena itu, memakan nasi bisa membantu dalam melancarkan peredaran atau kegiatan organ pencernaan Anda.

Manfaat Karbohidrat Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan penyerapan gizi dan nutrisi

7. Mencegah jaringan otot rusak

8. Mengatur kadar gula darah

9. Memenuhi kebutuhan fitonutrien

10. Membantu Meningkatkan fungsi otak

11. Sehat untuk otak

12. Membantu perkembangan organ dalam

13. Sehat untuk anak-remaja

Cara Memanfaatkan Karbohidrat Untuk Kesehatan:

Karbohidrat menjadi salah satu zat yang umumnya terdapat pada makanan. Karena itulah untuk bisa merasakan manfaat dari karbohidrat ini, Anda harus memakan makanan yang mengandung zat ini. Di Asia sendiri atau di Indonesia, Anda bisa mencoba memakan nasi yang terkenal memiliki banyak karbohidrat dan serat didalamnya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin E untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Karbohidrat Untuk Kecantikan :

1. Menjaga Tubuh Tetap Ideal

Kandungan karbohidrat pada umumnya tidak akan membuat Anda menjadi gemuk, berbeda dengan lemak. Karena itulah serat dan karbohidrat yang biasa ditemukan pada buah atau sayur bisa membantu dalam membuat tubuh tetap dalam keadaan ideal, khususnya untuk laki-laki karena akan membantu pembentukan otot dengan catatan harus rajin berolahraga.

2. Mencegah Keriput

Salah satu dari penyebab keriput adalah stres atau tingkat kecemasan yang tinggi. Kandungan karbohidrat dapat membantu dalam mengatasi rasa cemas yang berlebihan karena setiap zat-zat dari karbohidrat ini akan diserap kedalam tubuh dan memberikan atau melepaskan efek menenangkan bagi otak sehingga terhindar dari masalah stres yang bisa menyebabkan keriput pada kulit, salah satu masalah yang bisa mengganggu penampilan Anda.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan karbohidat pada umumnya bisa meningkatkan massa tubuh atau pertumbuhan tubuh. Karena itulah karbohidrat juga sangat penting untuk pertumbuhan anak khususnya kisaran remaja karena tubuhnya masih memerlukan asupan nutrisi dan gizi untuk berkembang. Karena alasan itu juga penyembuhan luka bisa menjadi lebih cepat karena merangsang sel pertumbuhan kulit agar menutup luka yang bisa mengganggu kecantikan Anda.

4. Membantu Menyembuhkan Jerawat

Radikal bebas atau bakteri bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan Anda di muka umum. Untuk membantu dalam menyembuhkan jerawat yang pada umumnya disebabkan dari luar, bisa menggunakan kandungan karbohidrat karena bisa membantu dalam pembentukan anti oksidan yang akan membantu dalam bakteri atau zat radikal bebas.

5. Menyuburkan Rambut

Karbohidrat memiliki kandungan yang bersifat menumbuhkan tubuh, termasuk jaringan rambut. Sama dengan tubuh, kandungan karbohidrat juga berfungsi dalam menumbuhkan rambut sehingga sangat cocok untuk Anda konsumsi bagi penderita rambut rontok atau botak. Namun jika ingin lebih efektif, Anda bisa mencoba untuk menggunakan pil atau vitamin yang memang dikhususkan pada rambut serta banyak diperjualbelian.

Cara Memanfaatkan Karbohidrat Untuk Kecantikan :

Pada umumnya karbohidrat menjadi salah satu zat yang membantu dalam menyehatkan tubuh dari dalam. Karena itulah untuk kecantikan sendiri, Anda cukup mengkonsumsinya secara langsung tidak dengan diaplikasikan pada kulit atau rambut karena pada dasarnya karbohidrat adalah zat yang dimakan. Berbeda dengan vitamin C yang juga bisa diterapkan dari luar.

Efek Kekurangan Karbohidrat :

Banyak efek samping yang bisa terjadi ketika tubuh kekurangan kandungan karobohidrat karena pada dasarnya, zat ini menjadi salah satu zat gizi yang sangat penting khususnya dalam hal pertumbuhan anak. Tapi Anda harus tahu betul untuk tetap menjaga asupan karbohidrat karena jika kekurangan, bisa menyebabkan efek samping seperti:

1. Menyebabkan bau nafas yang tidak sedap

2. Penyebab merasa pelupa

3. Menyebabkan emosi yang tidak stabil

4. Bisa menyebabkan masalah sembelit atau masalah pencernaan lainnya

5. Mudah sekali merasa lelah

6. Menyebabkan masalah pada sistem syaraf (Otak)

7. Bisa menyebabkan kebodohan permanen

8. Membuat perasaan manusia selalu malas

9. Bisa dengan mudah terkena flu

10. Bisa menyebabkan penyakit jantung

11. Salah satu penyebab masalah diabetes

12. Menyebabkan masalah depresi berat

13. Menyebabkan hipoglikemia

14. Menyebabkan penyakit kwasiorkor

15. Menyebabkan penyakit marasmus

16. Menyebabkan penyakit marasmus kwasiorkor

17. Bisa menyebabkan kekurangan protein dan juga kalori

Efek Samping Karbohidrat :

Karbohidrat dikenal memiliki banyak efek samping jika kekurangannya karena kandungan ini memang diperlukan oleh tubuh. Beberapa efek samping dari kabohidrat jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan dampak buruk seperti :

1. Diabetes

2. Karies gigi

3. Penyakit jantung

4. Lemak berlebihan

5. Sindrom metabolisme tubuh

6. Obesitas

7. Bisa menyebabkan kanker

8. Sembelit

9. Masalah pada metabolisme

10. Darah tinggi atau hipertensi

11. Mampu meningkatkan kolestrol

12. Gangguan dinding arteri

13. Aliran darah tak lancar

14. Resiko penyakit degeneratif

15. Resiko terjadi masalah otak

16. Resiko terjadi masalah hati

17. Asam urat

18. Dehidrasi

19. Menurunnya kulma kalsium

20. Kerusakan ginjal

21. Atheroklerosis

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin A untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk mendapatkan manfaat kaborhidrat yang baik, perhatikan pola dan takaran yang pas agar tidak menyebabkan efek samping. Banyak sekali makanan mengandung karbohidrat yang bermanfaat sebagai sumber energi dalam tubuh. Dari adanya energi tersebut, dapat membuat manusia dapat beraktifitas sehari-hari.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Nutrisi

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top