Connect with us
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak

Nutrisi

50 Manfaat dan Khasiat Lemak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Lemak – Lemak adalah salah satu zat gizi dan nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh manusia untuk menunjang pertumbuhan serta pembentukan membran sel. Tanpa lemak, dapat dipastikan jaringan tubuh manusia tidak akan terbentuk sempurna. Sebab fungsi lemak bekerjasama dengan karbohidrat dan protein dalam membentuk membran sel, terutama sel kulit dan daging.

Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak

Terdapat 2 jenis lemak berdasarkan fungsi dan kegunaannya untuk tubuh, yakni: HDL dan LDL. Keduanya sama-sama berperan dalam tubuh, hanya saja jika jumlah LDL lebih tinggi daripada HDL, biasanya akan menyebabkan kegemukan dan penyakit yang timbul akibat kerusakan pembuluh darah, seperti misalnya penyakit jantung.

Manusia tidak boleh terlalu anti terhadap lemak, sebab ternyata zat ini tetap saja dibutuhkan tubuh dan terkandung di dalam hampir seluruh bahan makanan yang dikonsumsi manusia, baik berbasis hewani maupun nabati. Lemak nabati dianggap lebih aman daripada yang hewani karena tergolong lemak tak jenuh.

Daftar Makanan Mengandung Lemak Baik (HDL) :

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung lemak baik HDL atau lemak tak jenuh yang mana keberadaannya sangat baik untuk tubuh. Bagus pula dalam memerangi lemak jahat LDL.

1. Ikan
2. Buah Alpukat
3. Biji-Bijian
4. Kacang-Kacangan
5. Minyak Zaitun
6. Kubis-Kubisan
7. Bayam

Daftar Makanan Mengandung Lemak Jahat (LDL) :

Berikut adalah daftar makanan yang mengandung lemak jahat LDL alias lemak jenuh sehingga tidak layak dikonsumsi dalam jumlah banyak:

1. Gajih
2. Jeroan
3. Minyak Kelapa Sawit
4. Minyak Kelapa
5. Gorengan
6. Telur Puyuh
7. Kuning Telur
8. Daging Ham
9. Junk Food
10. Frozen Food

Manfaat Lemak untuk Kesehatan :

1. Membentuk Membran Sel

Manfaatnya bisa membentuk membran sel, suatu bagian terbesar dari jaringan tubuh manusia. Membran sel memang terbentuk dari beberapa kombinasi bahan, seperti berbagai asam amino, protein, darah dan termasuk juga lemak ini.

2. Menambah Berat Badan

Kegunaan lemak bagus sekali dalam menambah berat badan. Tidak semua gemuk itu buruk, bagi sebagian orang gemuk justru wajib supaya tidak kurus lagi. Memakan makanan berlemak ampuh dalam menambah berat badan. Ini cocok sekali untuk mereka yang sedang ingin menggemukkan badan.

3. Menjadi Cadangan Energi

Tubuh manusia akan menyimpan sisa-sisa energinya dalam jaringan sel tubuh. Lemak adalah bagian dari sel itu yang akan terbakar lebih dulu dibandingkan protein ketika tubuh membutuhkannya. Maka dari itu, cukupi kebutuhan zat ini agar tubuh mengalami fase metabolisme secara lancar.

4. Melindungi Tulang dari Benturan

Tentu saja orang yang berlemak lebih aman dari benturan yang menyebabkan tulang patah. Jaringan lemak yang tebal efektif dalam meredam kerasnya benturan itu. Meski demikian manfaat lemak yang ini tak sebaiknya terlalu diharapkan, sebab orang yang berlemak juga punya resiko kena serangan jantung karena obesitasnya.

5. Meluruhkan Kolesterol Jahat

Manfaat lemak baik HDL tentunya akan bisa meluruhkan kolesterol jahat atau dikenal dengan nama LDL. Kandungan HDL yang paling terkenal adalah buah alpukat, di mana orang yang rutin minum jus alpukat akan bisa membantu proses perlawanan dan peluruhan atas LDL ini.

Manfaat Lemak untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menambah stamina
7. Melejitkan tenaga
8. Mencegah gampang capek
9. Mengatasi lesu
10. Mengobati letih
11. Mencegah pegal linu
12. Menyeimbangkan hormon
13. Melancarkan siklus haid
14. Menyehatkan rahim
15. Membantu tumbuh kembang janin
16. Mencegah bayi cacat
17. Mencegah bayi prematur
18. Melancarkan pencernaan
19. Mencegah kerusakan tulang
20. Mengatasi gizi buruk

Cara Memanfaatkan Lemak untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan lemak agar tubuh menjadi sehat pun amat gampang, yakni pilihlah hanya makanan berupa daging-dagingan, ikan, sayuran maupun kacang-kacangan dan buah-buahan yang kandungan lemaknya tergolong HDL. Sebab sifat HDL ini baik bagi tubuh dan fungsinya juga ampuh dalam memberantas LDL yang berlebihan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Klorofil untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Lemak untuk Kecantikan :

1. Menjaga Berat Badan Agar Ideal

Ternyata lemak bisa menjaga berat badan agar ideal, sesuai dengan tinggi badannya. Badan yang ideal ini memang jadi impian banyak orang, baik perempuan maupun laki-laki. Ketika berat badan ideal, ini pun akan mempengaruhi penampilan secara total menjadi lebih indah parasnya.

2. Memancarkan Pesona dan Aura Keibuan Wanita

Banyak wanita menginginkan keluarnya pesona dan aura keibuan dalam dirinya. Semata-mata untuk memikat lawan jenis maupun untuk menjadi lebih bersahaja secara karakter. Ternyata mencukupi kebutuhan makanan yang mengandung lemak bagus sekali dalam memancarkan pesona dan aura keibuan ini.

3. Mencegah Anoreksia

Anoreksia adalah sebuah gangguan di mana tubuh menjadi sangat kurus karena kerusakan hormon pertumbuhan maupun karena faktor psikis. Biasanya Anoreksia terjadi pada perempuan yang memiliki waham (keyakinan yang salah) mengenai bentuk tubuh ideal. Ia menginginkan tubuhnya kurus dan melakukan diet terus-menerus, hingga akhirnya malah tubuh jadi sangat kurus dan gagal dikembalikan pada kondisi idealnya. Ujung-ujungnya penderita Anoreksia ini mengalami gangguan psikis karena mendapatkan bullying bertubuh kurus dan penyakitan. Untuk mencegah terjadinya Anoreksia, cobalah manfaat lemak ini.

4. Memicu Keluarnya Hormon Anti Stress

Hormon Anti stress adalah sebuah hormon yang diproduksi secara alami di dalam tubuh manusia. Namun kadangkala tubuh gagal memproduksinya karena sudah lama larut dalam kesedihan mendalam alias depresi. Manfaat lemak dapat memicu keluarnya hormon anti stress ini, seperti serotonin, dopamin dan endorfin.

5. Membuat Awet Muda

Ternyata lemak juga menjadi salah satu faktor untuk peremajaan tubuh. Orang yang kekurangan lemak dalam tubuhnya akan mudah mengalami kerutan. Kulit di seluruh tubuh jadi pucat dan kendur. Jika dibiarkan, sungguh wajah jadi lebih terkesan tua. Makanya atasi segera dengan konsumsi makanan berlemak, terutama HDL.

Manfaat Lemak untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi busung lapar
7. Membentuk otot
8. Mengencangkan dada
9. Membuat bokong lebih besar
10. Membesarkan paha
11. Membesarkan lengan
12. Membuat badan lebih enak dilihat
13. Menjaga keseimbangan cairan
14. Mencegah kelainan bentuk tulang
15. Membuat badan lebih segar
16. Melancarkan sistem pencernaan
17. Mencegah kulit kusam
18. Mengatasi halitosis
19. Membuat wajah jadi cerah
20. Melembabkan kulit

Cara Memanfaatkan Lemak untuk Kecantikan :

Bagaimana cara menggunakan lemak agar berguna bagi kecantikan? Jawabannya amat mudah yakni seseorang mesti sadari betul bahwa dirinya memang membutuhkan lemak atau tidak. Misalnya ketika tubuh sedang kurus-kurusnya karena faktor stress, maka konsumsi makanan berlemak bisa menjadi solusi menggemukkan badan.

Efek Samping Lemak :

Di bawah ini adalah efek samping dari mengonsumsi lemak berlebihan, terutama jenis LDL yang memang berbahaya sekali buat tubuh jika jumlahnya berlebihan. Biasanya orang yang kelebihan lemak jenuh ini pun akan berujung pada kematian setelah menderita berbagai penyakit komplikasi yang mengerikan. Jika masih bisa diselamatkan pun mesti menajalni treatment sedot lemak yang menyakitkan.

1. Obesitas
2. Diabetes
3. Serangan Jantung
4. Asma
5. Gangguan Psikis
6. Kematian
7. Aterosklerosis
8. Stroke
9. Penuaan Dini
10. Kanker

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kolagen untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Oleh karena banyaknya efek samping yang ditimbulkan dari lemak, maka batasi konsumsinya. Namun bukan berarti menghindari sama sekali, semata-mata agar kebutuhan gizi harian jadi seimbang. Meski begitu, khusus untuk penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung atau stroke, sebaiknya sama sekali tidak konsumsi lemak. Atau mintalah rekomendasi dokter mengenai daftar makanan berlemak yang masih memungkinkan buat dimakan.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top