Connect with us

35 Manfaat Vitamin A untuk Kulit, Mata, Tubuh, Anak dan Ibu Nifas

Nutrisi

35 Manfaat Vitamin A untuk Kulit, Mata, Tubuh, Anak dan Ibu Nifas

Manfaat Vitamin A – Vitamin A yang memakai abjad pertama pada huruf merupakan salah satu vitamin yang mampu larut dalam lemak yang sangat penting dalam peran pembentukan sistem penglihatan yang baik pada mata. Akan tetapi vitamin ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, maka dari itu anda harus memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengkomsumsi dari sumber makanan.

Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A

Selain daripada membantu membentuk sistem penglihatan pada mata, ternyata manfaat dari vitamin A banyak sekali yang tidak kita ketahui. Salah satunya ialah vitamin A ini mampu untuk memberikan sistem imun pada tubuh, sehingga tubuh akan bekerja lebih optimal dalam mencegah infeksi.

Jenis Makanan dan Sayuran yang Mengadung Vitamin A

Sebelum itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa vitamin A terbagi menjadi dua bentuk, yakni retinoid dan karotenoid. Untuk retinoid bisa anda dapatkan pada sumber makanan hewani, sedangkan untuk karotenoid bisa anda dapatkan pada sumber makanan nabati.

Sumber makanan hewani yang mengandung vitamin A antara lain:

Loading...
  • Hati Sapi
  • Hati Ayam
  • Mentega
  • Yogurt
  • Telur
  • Susu
  • Ikan
  • Keju
  • Udang
  • dll.

Sumber makanan nabati yang mengandung vitamin A antara lain:

  • Paprika Merah
  • Sawi
  • Lobak Hijau
  • Cabai
  • Melon
  • Brokoli
  • Bayam
  • Kangkung
  • Ubi Jalar
  • Wortel
  • Labu
  • dll.

Manfaat Vitamin A untuk Kulit

1. Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah pada wajah yang mampu mengganggu tampilan seseorang, sehingga orang tersebut biasanya tidak akan percaya diri. Ternyata salah satu manfaat dari vitamin A juga mampu untuk mengatasi serta mencegah timbulnya jerawat.

Ini disebabkan karena ketika kadar vitamin ini ada pada tubuh rendah, maka secara otomatis produksi keratin akan meningkat pesat sehingga melebihi batas dibanding biasanya. Oleh karena itu, kondisi tersebut mampu memproduksi minyak di kulit lebih banyak sehingga nanti akan menyumbat pori-pori kulit serta mencegah timbulnya jerawat.

2. Mampu Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori yang nampak besar tentunya akan mengganggu penampilan pada wajah kita, sama halnya seperti jerawat. Umumnya, masalah pori-pori besar disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori karena terganggu oleh kotoran atau sel kulit mati yang selalu menumpuk serta kulit yang jarang dibersihkan dengan benar.

Vitamin ini mampu membantu anda dalam hal mengecilkan pori-pori, itu disebabkan karena vitamin ini dalam produk skin care mampu mempercepat segala proses pembentukkan pada sel kulit yang baru. Oleh karena itu, vitamin ini mampu mengurangi risiko tersumbatnya pada pori-pori karena sel kulit mati.

3. Membantu Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sinar ultraviolet merupakan sinar yang dihasilkan dari radiasi matahari, dan jika anda tidak mampu melindungi kulit dari sinar tersebut maka efek samping yang dihasilkan ialah kulit hitam dan sebagainya. Oleh karena itu, mengkomsumsi vitamin A sangatlah penting bagi anda yang ingin menjaga kulit dari sinar UV.

Itu disebabkan karena pada vitamin ini terkandung antioksida yang mampu mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, serta memberikan perlindungan yang mampu mencegah dari kemerahan ataupun pigmentasi.

Manfaat Vitamin A untuk Kulit Lainnya

4. Membantu Meningkatkan Produksi Kolagen

5. Mampu Menyamarkan Kerutan dan Garis Halus

Manfaat Vitamin A untuk Mata

1. Membantu dalam Kesehatan Mata

Untuk mendapatkan kesehatan mata yang baik tentunya anda harus sering mengkomsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin A. Karena vitamin ini mampu menangkap cahaya oleh mata lalu dijadikan impuls listrik yang digunakan untuk menghantarkan langsung ke otak. Selain itu, vitamin ini juga mampu memperlambat penurunan penglihatan seiring anda bertambah usia.

2. Membantu Metabolisme Sel Mata

Salah satu manfaat dari vitamin A untuk kesehatan itu sendiri yaitu membantu metabolisme pada sel mata. Umumnya, vitamin ini sendiri memiliki peran fungsi untuk membantu metabolisme pada sel mata atau tepatnya pada bagian retina mata. Dengan itu, mata mendapat asupan nutrisi yang cukup sehingga mampu membantu dalam proses kerja sel pada mata.

3. Melembabkan serta Mencegah Resiko Kekeringan Mata

Masalah yang satu ini yang kekeringan mata merupakan salah satu masalah yang hampir dialami semua orang. Umumnya, jika orang mengalami kekeringan mata akan merasa gatal dan memerah. Untuk membuat mata lembab kembali ataupun anda ingin mencegahnya, maka anda dapat mengkomsumsi makanan yang terdapat vitamin ini.

Manfaat Vitamin A untuk Mata Lainnya

4. Mencegah Terjadinya Rabun Senja

5. Membantu Mengurangi Risiko Mata Minus

6. Mampu Mencegah dari Katarak

Manfaat Vitamin A untuk Anak

1. Mampu Mencegah Anemia

Penyakit anemia merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal seperti biasanya. Ciri tanda dari gejala anemia ialah tubuh anda akan merasa lelah dan lemah karena tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Oleh karena itu, vitamin ini mampu untuk mencegah terjadinya anemia pada anak.

2. Mencegah dari Kebutaan Anak

Xeroftalmia atau biasa disebut kebutaan pada anak juga bisa terjadi jika kekurangan vitamin A. Badan Kesehatan Dunia menganjurkan untuk memberi suplementasi vitamin A kepada semua anak yang baru berumur 6-59 bulan. Hal tersebut merupakan tindakan pencegahan bukan pengobatan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mampu mencegah anemia dan kebutaan pada anak, ternyata vitamin A juga mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak. Itu disebabkan karena jika anak diberikan suplementasi vitamin tersebut, maka akan membuat si kecil menjadi kuat dan sehat.

Manfaat Vitamin A untuk Anak Lainnya

4. Menurunkan Keparahan Penyakit Diare dan Campak

Manfaat Vitamin A untuk Tubuh

1. Mampu Membersihkan Perederan Darah

2. Melindungan Kesehatan pada Rongga Hidung

3. Membantu Memperkuat Dinding Plasenta Bayi

4. Membantu Meningkatkan Pembentukan Sperma yang Baik

5. Menyehatkan Kondisi Indung Telur pada Wanita

6. Mampu Meningkatkan Kesehatan pada Janin

7. Membantu Menghambat Pergerakan Sel Kanker

8. Membantu dalam Pertumbuhan Sel-Sel Tubuh

9. Mampu Menurunkan Tingkat Stress

10. Membantu Memperbaiki Jaringan yang Luka

11. Memelihara Sistem Pencernaan

Manfaat Vitamin A untuk Ibu Nifas

1. Memberikan Daya Kesehatan Ibu Terhadap Penyakit

2. Mencegah adanya Kelainan pada Sel-Sel Epitel Termasuk pada Selaput Lendir Mata

3. Mampu Membantu Proses Penglihatan serta Pengadaptasian dari Tempat yang Terang ke Gelap

4. Mencegah akan Terjadinya Kerusakan Mata Berlanjut

5. Mampu Mencegah Timbulnya Proses Metaplasi Sel-Sel Epitel

Efek Kekurangan Vitaman A

  1. Mampu menimbulkan keracunan dengan gejala bermacam-macam seperti pusing, nyeri sendi, kulit kering, serta muntah-muntah.
  2. Jika mengkonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan gangguan pada hati, kelainan pada bayi, serta menurun nya kepadatan tulang.
  3. Mampu menggangu kinerja obat lain seperti obat pengencer darah, obat jerawat, pengobatan kanker, ataupun pil KB.

Baca Juga: Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan, Kecantikan, Tubuh, Kulit dan Anak

Terutama bagi anda yang mempunyai penyakit seperti hati atau ginjal, alangkah baiknya untuk menhindari konsumsi pda sumplemen vitamin ini. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sembarangan mengonsumsi vitamin ini tanpa adanya anjuran dari dokter.

Memang banyak manfaat yang dapat kita ambil dari vitamin ini, namun lebih kita harus selalu konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya seperti dokter.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top