Connect with us

30 Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

Nutrisi

30 Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

Manfaat Vitamin B1 – Vitamin B1 atau dalam bahasa lain thiamin, merupakan salah satu jenis vitamin dari 12 vitamin B kompleks yang mampu terlarut dalam air. Thiamin itu sendiri terdiri di atas cincin pirimidina serta cincin thiazola yang memiliki kandungan sulfur serta nitrogen yang mampu terhubung melalui jembatan metilen.

Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1

Vitamin B1 sangat sekali dibutuhkan oleh tubuh anda, karena tanpa kehadirannya vitamin B1 dalam tubuh kita maka anda akan merasakan cepat lelah dan tidak bertenaga sama sekali. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan kehadiran vitamin ini dalam tubuh.

Jenis Makanan dan Sayuran yang Mengadung Vitamin B1

  • Kacang
  • Ikan
  • Almond
  • Kuaci
  • Bayam
  • Lobak Hijau
  • Minyak Biji Gandum
  • Alpukat
  • Brokoli
  • Mangga
  • Tomat
  • Nasi Putih
  • Mie Telur
  • Makaroni

Manfaat Vitamin B1 untuk Kesahatan

1. Meningkatkan Daya Tahan pada Tubuh

Selain daripada untuk membuat tubuh kita menjadi tidak lemah dan mudah lelah, ternyata vitamin B1 mampu untuk meringankan berbagai penyakit yang meliputi HIV, sariawan, katarak, diabetes, dan masih banyak lainnya. Dengan itu, kita dapat menyimpulkan bahwa vitamin ini mampu untuk meningkatkan daya tahan pada tubuh.

2. Membantu Mengurangi Stres

Stres merupakan suatu masalah yang hampir dialami oleh semua orang, timbulnya stres diawali oleh banyak nya masalah yang datang. Namun jika anda memberi asupan vitamin B1 yang cukup kepada tubuh, maka asupan vitamin B1 tersebut mampu untuk membantu mengendalikan suasana hati serta gangguan fisiologis lainnya.

Loading...

Dengan itu, orang yang mengalami stres akan lebih mudah mengendalikan dirinya sehingga akan mampu untuk mengontrol dirinya sendiri seperti melawan masalah walaupun sebanyak apapun dalam hidupnya.

3. Membantu Memperbaiki Fungsi pada Otak

Khasiat vitamin B1 ternyata mampu untuk membantu memperbaiki fungsi pada otak, terutama kepada penderita atau pengidap penyakit Alzheimer. Penyakit ini merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis di sel-sel otak pada saat yang bersamaan. Dengan itu, otak akan tampak mengerut ataupun mengecil.

Para peneliti dari amerika telah melaporkan bahwa memberikan asupan vitamin B1 mampu untuk meningkatkan fungsi kognitif pada otak pasien Alzheimer tersebut. Ketika fungsi otak mampu berjalan dengan baik, maka bukan tidak mungkin para pasien Alzheimer mampu untuk sembuh dari penyakitnya itu.

Manfaat Vitamin B1 untuk Kesahatan Lainnya

4. Mencegah terjadinya beri-beri

5. Menambah nafsu makan

6. Membantu melindungi syaraf

7. Memberikan energi pada tubuh

8. Membantu fungsi kardiovaskular (Jantung dan Pembuluh Darah)

9. Mampu menjaga kesehatan mata

10. Membantu pencernaan

11. Mampu membantu sel-sel darah merah

12. Mencegah efek penuaan dini

13. Melindungi membran mukosa.

Manfaat Vitamin B1 untuk Kecantikan

1. Membuat Kulit Terlihat Lebih Muda

Salah satu manfaat dari vitamin ini juga yaitu untuk membuat kulit anda terlebih lebih muda. Itu disebabkan karena thiamin mampu berperan sebagai antioksidan yang mampu membantu proses sirkulasi darah. Dengan itu, sirkulasi darah yang lancar akan membawa oksigen serta nutrisi ke sel-sel tubuh, sehingga hasilnya kulit akan terus beregenerasi dan membuat kulit terlihat lebih muda.

2. Membantu Pertumbuhan Rambut yang Sehat

Mendapatkan rambut yang sehat serta cantik atau merupakan keinginan hampir semua orang. Nah, salah satu manfaat dari vitamin B1 ini juga mampu untuk membantu pertumbuhan rambut kalian. Umumnya, vitamin ini mampu untuk membantu sirkulasi darah di area kepala sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut melalui supply oksigen menuju folikel-folikel rambut.

3. Mengurangi Keriput pada Wajah

Dengan timbulnya keriput pada wajah mampu ditandai sebagai penuaan yang terjadi pada wajah. Itu disebabkan karena vitamin ini mampu memperbaiki lapisan epidermis, yakni lapisan paling atas pada kulit sehingga mampu untuk mempertahankan kelembaban pada kulit dan mencegah terjadinya keriput pada wajah.

Dengan itu, kita dapat mencegah terjadinya penuaan dini dengan hanya mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B1.

Manfaat Vitamin B1 untuk Kecantikan Lainnya

4. Mengurangi Iritasi Kulit

5. Mengurangi Minyak pada Wajah

6. Mampu Mencegah Terjadinya Kulit Kering

7. Membuat Rambut Tetap Berkilau

8. Membuat Kuku menjadi Lebih Sehat

Manfaat Vitamin B1 untuk Ibu Hamil

1. Mampu Membantu Mempersiapkan Asi

Selain makanan yang sehat selama kehamilan, sumber makanan yang mengandung vitamin juga harus untuk diperhatikan. Umumnya, dalam masa menyusui pastinya harus membutuhkan nutrisi yang sangat cukup untuk bayi anda dikemudian hari. Dengan itu, mengkonsumi vitamin ini selama kehamilan sangatlah dianjurkan agar mampu mempersiapkan asi untuk si buah hati nanti.

2. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Biasanya ibu hamil sering sekali mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit. Gangguan sembelit tersebut membuat anda kesulitan untuk melakukan buang air besar (BAB) yang mampu terjadi disaat usia kehamilan berapa pun, tapi biasanya lebih sering saat diakhir kehamilan.

Penyebab nya sendiri, biasanya karena sistem hormonal pada tubuh ibu melakukan perubahan. Salah satunya ialah, progesteron yang meningkat sehingga gerakan peristaltik pada usus mampu menurun. Oleh karena itu, mengkonsumsi vitamin ini diperlukan agar ibu hamil terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit.

3. Mengurangi Terjadinya Gejala Morning Sickness

Morning sickness atau biasa kita sebut mual dan muntah-muntah, merupakan salah satu gejala yang hampir seluruh ibu hamil mengalaminya. Gejala morning sickness ini terjadi sepanjang hari baik siang maupun malam. Penyebab dari gejala ini biasanya, dipengaruhi oleh meningkatnya indera penciuman pada ibu hamil yang signifikan.

Dengan itu, ibu hamil akan dengan mudah sensitif ketika menghirup bau yang tidak biasa sehingga dapat menimbulkan rasa mual dengan cepat. Ibu hamil dapat mengatasi masalah ini sendiri di rumah, yaitu dengan mengkonsumsi suplemen vitamin B1 atau vitamin B6. Walaupun memang, masih banyak cara alami lainnya yang tidak saya bahas di artikel ini.

Manfaat Vitamin B1 untuk Ibu Hamil Lainnya

4. Mengoptimalkan Perkembangan Otak

5. Membantu Sistem Syaraf

Efek Kekurangan Vitamin B1

1. Mampu Membuat Kekurangan Nafsu Makan

2. Membuat Tubuh Mudah Kesemutan (Biasanya pada Kaki atau Tangan)

3. Tubuh akan Dengan Mudah Merasa Lelah serta Lemas

4. Saraf Mata akan Terganggu sehingga Pandangan Kabur

5. Menimbulkan Gejala Denyut Jantung Melemah

6. Terjadinya Sesak Nafas

7. Mampu Menyebabkan Delirium (Kebingungan, Kesadaran Berkurang, serta Tidak Mampu Berpikir Jernih).

Efek samping memang sudah biasa kita temukan pada semua obat, nutrisi, bahkan vitamin sekalipun. Namun, jika anda menggunakan secara benar dan efektif maka akan menghasilkan segudang manfaat yang mampu anda rasakan. Sebaliknya, jika anda tidak menggunakan vitamin B1 tersebut dengan tidak benar serta tidak efektif maka hasilnya hanya akan memperbanyak masalah penyakit, bukan mengurangi masalah penyakit.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin C untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli nya seperti layaknya dokter. Itu bertujuan agar anda tidak mengambil langkah yang salah pada keputusan itu. Nah, diatas merupakan berbagai manfaat untuk kesehatan, kecantikan, serta ibu hamil yang perlu kita ketahui. Jangan lupa efek samping juga perlu kita ketahui karena jika kita tidak teliti terhadap efek samping tersebut maka akan berbahaya juga.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Nutrisi

Advertisements

Terbaru

Bio Spray, manfaat Bio Spray, Khasiat Bio Spray
Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1
Manfaat Kurma, Khasiat Buah Kurma, Kurma
Air Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda
Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat
Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal
Alpukat, Avokad, Apokat, Manfaat Buah Alpukat
Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel, Minuman Jus Wortel
Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem
Manfaat Semangka, Semangka, Semngka Merah, Semangka Kuning
Jus Tomat
Cuka Apel
Es Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu
Pare, Manfaat Pare, Khasiat Pare
Susu Kedelai, Manfaat Susu Kedelai, Kedelai
Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri, Khasiat Daun Seledri, Seledri
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja
Jus Alpukat, Jus Buah Alpukat, Minuman Alpukat
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A
Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun
Advertisements
To Top