Connect with us

38 Manfaat Zat Besi bagi Tubuh, Kulit, Tulang, Ibu Hamil dan Anak

Nutrisi

38 Manfaat Zat Besi bagi Tubuh, Kulit, Tulang, Ibu Hamil dan Anak

Manfaat Zat Besi – Apakah pernah terbersit dalam pikiran anda, mengapa pada saat ini begitu banyak produk makanan yang diperkaya akan zat besi ? baik itu pada makanan sereal dan pada susu formula yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Zat besi adalah termasuk dalam golongan mineral dan pastinya mineral ini sangat diperlukan dalam tubuh kita. Karena zat ini memiliki fungsi- fungsi yang sangat penting di dalam tubuh, seperti berperan sebagai ketersediaan jumlah darah pada tubuh,serta mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan. Untuk mengangkut oksigen, zat ini harus membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot.

Zat Besi, Manfaat Zat Besi

Nah, zat besi sendiri sangat erat kaitannya dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan pada tubuh. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat membuat sel darah merah yang cukup,yang akhirnya jaringan dan organ tidak bisa mendapatkan suplai oksigen yang mereka butuhkan. Dalam artikel ini akan membahas tentang manfaat dan efek dari zat ini bagi tubuh kita.

Kandungan Zat Besi

1. Jenis Ferro
2. Jenis Ferri
3. Fosfor
4. Seng

Manfaat Zat Besi Untuk Tubuh

1. Pembawa oksigen di dalam tubuh

Oksigen merupakan salah satu komponrn penting bagi tubuh kita, Untuk pendistribusian oksigen ke seluruh tubuh, zat ini berperan membantu pengaliran oksigen selama proses ini berjalan, agar semua organ di dalam tubuh kita dapat berfungsi dengan baik dan maksimal.

Loading...

2. Pencegah anemia

Selain oksigen darah juga memainkan peranan penting bagi tubuh kita, tapi bagi sebagian orang Anemia (kurang darah) adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan zat besi yang selalu menjadi masalah bagi mereka. Zat ini sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah (hemoglobin) dengan cepat. Direkomendasikan bagi anda yang terkena penyakit anemia banyak banyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam.

3. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Zat ini juga membantu dalam proses peningkatan sistem imunitas (kekebalan tubuh)dari serangan penyakit, terpenuhinya kebutuhan tubuh akan zat ini sangat membantu dalam mencegah anda dari terkenanya berbagai macam penyakit, dan juga sebagai komponen penting dalam penyusunan enzim dan bahan yang lainnya di dalam tubuh seperti hemoglobin, katalase, myoglobin, dan yang lainya.

Manfaat Zat Besi Untuk Tubuh Lainnya

4. Membantu fungsi sistem syaraf.
5. Membantu pembentukan enzim.
6. Membantu kerja metabolisme tubuh.
7. Sebagai pengatur suhu tubuh.

Manfaat Zat Besi Untuk Kulit

1. Sebagai antioksidan.

Dengan adanya kandungan antioksidan, zat ini dapat membantu kulit anda dalam menangkal radikal bebas seperti polusi, asap dan sinar matahari. Radikal bebas dalam tubuh dapat merusak struktur kulit, menyebabkan dehidrasi, terjadinya penuaan dan bahkan memicu sel kanker. Antioksidan ini dapat anda gunakan dalam mencegah radikal bebas pada kulit anda.

2. Vitamin A

Vitamin A juga merupakan salah satu antioksidan terbaik bagi kulit anda. Sehingga vitamin ini dapat membantu anda untuk menyembuhkan dan mengurangi jerawat pada wajah anda. Selain itu masih ada juga manfaat yang dapat anda ambil dari zat ini yaitu seperti mengurangi minyak berlebih pada kulit terutama pada bagian wajah..

3. Aktifasi vitamin

Dengan adanya zat ini sangat membantu pengaktifan vitamin yang ada dalam kelompok B kompleks. Vitamin ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit anda.

Manfaat Zat Besi Untuk Kulit Lainnya

4. Menjaga kulit agar tetap cerah.
5. Mencegah kulit menjadi kering.
6. Mencegah wajah menjadi pucat.

Manfaat Zat Besi Untuk Tulang

1. Meningkatkan produksi kolagen

Zat ini dibutuhkan dalam pembentukan enzim seperti sintesis kolagen, hampir 90% protein dalam tulang terdiri dari kolagen tipe 1 yang menyebabkan zat ini mempunyai peranan penting dalam proses metabolisme tulang, melalui aktivasi vitamin dan juga penonaktifasiannya. Kolagen sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang anda.

2. Mencegah penyakit tulang

Masalah tulang seperti pembesaran tulang kepala, kelainan tulang belakang, skoliosis, tulang keropos merupakan kelainan hemoglobin (thalassemia) dan tidak bisa melakukan penyerapan zat besi dengan baik. Dengan demikian kebutuhan akan zat ini pada tubuh sangat berpengaruh terhadap kesehatan tulang.

3. Mencegah osteoporosis

Mutasi gen HFE dan kelainan penyerapan zat besi merupakan penyakit keturunan (genital hemochromatosis) yang dialami oleh sebagian orang, baik usia muda maupun lansia. Terdapat hubungan antara osteoporosis dan hemochromatosis yaitu adanya penurunan kandungan zat besi dalam hati sehingga menyebabkan berbagai komplikasi pada sendi termasuk perubahan artritis, osteoporosis dan dermokeleton. Selain anjuran olah raga bagi anda yang memiliki masalah ini, anda juga di anjurkan untuk tetap terus memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh anda untuk mencegah penyakit tersebut.

Manfaat Zat Besi Untuk Tulang Lainnya

4. Mengurangi resiko patah tulang.
5. Meningkatkan metabolisme tulang.
6. Meningkatkan proses pembentukan tulang.
7. Mencegah Rheumatoid Arthritis.

Manfaat Zat Besi Untuk Ibu Hamil, Nifas, Dan Menyusui

1. Membentuk sel darah merah.
2. Mencegah ibu terkena anemia pasca melahirkan.
3. Membantu meningkatkan hormon pada ibu hamil.
4. Membantu dalam pembentukan plasenta.
5. Mengurangi resiko lahirnya bayi kekurangan berat badan.
6. Meningkatkan kadar besi (Fe) dalam jangka waktu singkat.
7. Meningkatkan sirkulasi darah pasca persalinan.
8. Memenuhi kualitas kandungan ASI bagi ibu menyusui.

Manfaat Zat Besi Untuk Kesehatan Anak

1. Baik untuk kecerdasan, perilaku, dan kemampuan motorik anak.
2. Mencegah anemia defisiensi pada anak dibawah usia 2 tahun.
3. Sebagai peningkat fungsi otak anak.
4. Menjaga nafsu makan anak.
5. Meningkatkan sistem imun anak.

Efek Kekurangan Zat Besi

Beberapa hal yang akan terjadi bila tubuh kita kekurangan zat ini, diantaranya :

  1. Jumlah hemoglobin dalam sel darah merah akan berkurang.
  2. Terjadi anemia.
  3. Mempengaruhi fungsi otak, otak akan lemah, dan daya ingat dan berpikir akan menurun, apabila terjadi kekuranangan zat besi dalam jangka panjang.
  4. Apabila ibu hamil kekurangan zat besi maka akan mempengaruhi pada pertumbuhan dan kecerdasan anak kelak ketika telah lahir.

Baca Juga: Manfaat Gluta Panacea, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga Serta Efek Samping

Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk di perhatikan karena dengan memiliki tubuh yang sehat, maka kita bisa melakukan segala aktivitas dengan maksimal. Selain itu zat ini juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bagi buah hati anda. Oleh karena itu perhatian anda dalam memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh harus anda lakukan. Agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga. Dengan tubuh yang sehat jiwa anda pun akan kuat.

Itulah sekilas uraian tentang beberapa manfaat dari zat ini bagi tubuh anda, dan jangan sampai terlupakan oleh anda. Masih banyak lagi tentang manfaat –manfaat lainnya bagi tubuh kita. Terus perhatikan pemenuhan zat jenis ini bagi anda.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Nutrisi

Advertisements

Terbaru

Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea
Advertisements
To Top