Connect with us
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3

Nutrisi

43 Manfaat dan Khasiat Omega 3 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Omega 3 – Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang menjadi nutrisi penting bagi tubuh untuk menunjang kesehatan. Omega 3 memiliki peranan yang cukup besar bagi tubuh, namun sayangnya tubuh kita tidak dapat memproduksi zat ini sendiri. Oleh sebab itu, kita harus mengonsumsi berbagai makanan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak tak jenuh ini dalam tubuh.

Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3

Kandungan gizi zat penting ini dapat diperoleh dari sejumlah asupan makanan seperti manfaat omega 3 salmon, ikan tuna, ikan hering dan ikan sarden. Selain itu, omega 3 juga dapat diperoleh dari berbagai sumber nabati seperti minyak calona, minyak kacang kenari, kedelai, walnut, alpukat dan manfaat bayam.

Terdapat tiga jenis omega 3 yang berperan penting bagi kesehatan tubuh kita, yakni DHA, ALA dan EPA. DHA (docosahexaenoic acid) adalah asam lemak omega 3 yang terdapat pada rumput laut dan beberapa jenis minyak ikan. ALA (alpha-linolenic acid) adalah omega 3 yang terdapat dalam biji-bijian dan kacang-kacangan serta daging dengan kualitas tinggi. Sedangkan EPA (eisocaspentaenoic acid) hampir mirip seperti DHA yang banyak terdapat dalam ikan laut.

Meskipun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, asam lemak omega 3 yang berjenis ALA secara efisien dapat diubah tubuh menjadi omega 3 EPA. Omega 3 DHA juga mampu dihasilkan tubuh dari omega 3 ALA, namun jumlah yang dibutuhkan cukup besar untuk menghasilkannya. Manfaat omega 3 yang paling banyak diketahui selama ini adalah untuk menunjang kecerdasan otak. Padahal banyak sekali manfaat lain yang didapat jika asupan asam lemak ini terpenuhi dalam tubuh.

Jenis Produk Omega 3 :

1. Sea Quill Omega-3 Salmon

2. Omepros

3. Om3heart Omega 3

4. Puritan’s Pride Omega-3 Fish Oil

5. Scott’s Emulsion Original

6. Nature’s Health Virgin Salmon Omega-3

7. Nutrimax Kidz Omega 3

8. Wellness Kids Omega 3

9. Ratu Lebah Junior DHA Gold

10. Kirkland Omega 3

Daftar Makanan yang Mengandung Omega 3 :

1. Ikan tuna

2. Ikan salmon

3. Jenis kacang-kacangan

4. Telur ayam dan bebek

5. Sayur bayam

6. Ikan sarden

7. Daging sapi

8. Kangkung

9. Susu kambing

10. Hewan hasil laut

11. Susu sapi

12. Kembang kol

13. Ikan lele

14. Belut

15. Yoghurt

16. Selada

17. Brokoli

18. Ikan air tawar

Sumber Buah yang Kaya Omega 3 :

1. Blewah ( 46 mg )

2. Rasperberry ( 126 mg )

3. Jambu biji ( 112 mg )

4. Strawberry ( 65 mg )

5. Kismis ( 42 mg )

6. Blackberry ( 95 mg )

7. Blueberry ( 60 mg )

8. Buah Kiwi ( 44 mg )

9. Buah ceri tua ( 45 mg )

10. Mangga ( 38 mg )

11. Pepaya ( 100 mg )

12. Alpukat ( 110 mg )

13. Buah labu parang atau labu biasa ( 50 mg )

Jenis Minyak Kaya Omega 3 :

1. Minyak canola

2. Minyak ikan COD

3. Minyak biji rami

4. Minyak zaitun

Aturan Minum Omega 3 :

Bagi orang dewasa, konsumsi omega 3 yang disarankan adalah 3 gr per hari. Dosis ini juga berlaku bagi ibu hamil dan menyusui. Konsumsi omega 3 yang lebih dari takaran 3 gr dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Kandungan zat berbahaya seperti poliklorinasi bifenil dan merkuri di dalamnya dapat berdampak negatif pada perkembangan janin, anak dan menyebabkan pendarahan.

Untuk omega 3 yang dikonsumsi dari sumber makanan secara langsung, dosis konsumsinya adalah 4 porsi ikan setiap minggu. Jika konsumsi asam lemak tersebut lebih dari 4 porsi maka dapat mengakibatkan gangguan pencernaan bahkan resiko serangan stroke.

Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan :

1. Membantu mencegah resiko penyakit jantung

Dalam sebuah study dinyatakan bahwa asam lemak omega 3 bermanfaat untuk mencgah resiko terjadinya serangan jantung serta beberapa penyakit kronis lainnya yang berkaitan dengan organ jantung. Hal ini karena zat penting omega 3 mampu meningkatkan elastisitas atau kekenyalan pembuluh arterial. Dengan demikian, berbagi resiko seperti detak jantung abnormal, hipertensi dan aritmia bisa diminimalisir.

Perlu diketahui bahwa, Aritmia merupakan sejenis penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan penderitanya sewaktu-waktu mengalami serangan mendadak dan beresiko pada kematian. Namun jika kebutuhan omega 3 dalam tubuh terpenuhi maka resiko ini bisa dikurangi.

2. Melawan depresi

Manfaat omega 3 selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mental. Asam lemak omega 3 mampu mencegah gejala depresi yang merupakan salah satu gejala gangguan mental yang sudah umum bagi kita. Dalam sebuah study disebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi minyak omega 3 entah dalam makanan maupun minyak ikan secara teratur dapat terhindar dari masalah depresi.

Manfaat omega 3 fish oil yang dikonsumsi secara cukup juga berperan penting untuk meredakan gejala depresi yang dialami seseorang. Sebuah penelitian menemukan bahwa omega 3 EPA memiliki manfaat yang sama dengan obat antidepresan.

3. Menurunkan Trigliserida

Bagi anda yang memiliki resiko serangan diabetes, ada baiknya untuk memenuhi kebutuhan omega 3 dalam tubuh. Anda bisa membiasakan diri untuk mengkonsumsi berbagai sumber omega 3 seperti ikan salmon, tuna, rumput laut dan berbagai sumber makanan lain yang anda suka. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen omega 3 seperti fish oil yang praktis dan hiegenis.

Manfaat fish oil omega 3 sangat ampuh untuk membantu menurunkan kadar trigliserida. Anda tidak perlu khawatir karena konsumsi asupan asam lemak ini tidak memiliki efek samping negatif yang terkait dengan kadar glikemik sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami diabetes.

4. Membantu mencegah resiko kanker

Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit kronis yang dapat menyebabkan kematian. Asam lemak tak jenuh omega 3 sudah sejak lama dipercaya ampuh untuk mengurangi resiko sakit kanker tertentu. Dalam sebuah study dinyatakan bahwa mereka yang memenuhi asupan omega 3 beresiko 55% lebih rendah mengalami kanker usus besar dibandingkan dengan mereka yang tidak. Manfaat omega 3 juga dikaitkan mampu menurunkan resiko kanker payudara bagi wanita dan kanker prostat bagi pria. Namun tidak semua study sepakat mengenai pernyataan tersebut.

5. Membantu meningkatkan daya ingat

Asam lemak omega 3 sangat bermanfaat untuk proses perkembangan membran sel dalam otak. Secara medis sudah disebutkan bahwa manfaat omega 3 sangat bagus untuk mengoptimalkan perkembangan memori otak baik bagi anak-anak maupun bagi orang dewasa. Oleh sebab itu, bagi anda yang merasa mudah lupa, anda harus perbanyak mengkonsumsi asupan omega 3 agar daya ingat anda semakin kuat.

Terlebih seiring dengan berjalannya waktu dan pertambahan usia, ukuran otak kita kian menyusut. Meskipun penyusutan otak merupakan hal yang wajar, namun hal ini bisa juga menjadi salah satu pemicu gejala penyakit serius seperti dimensia dan alzheimer.

6. Membantu memperbaiki kesehatan tulang

Arthritis dan osteoporosis merupakan dua penyakit yang terjadi pada bagian tulang tubuh. Dalam penelitian disebutkan bahwa asam lemak omega 3 berperan penting dalam memperbaiki kekuatan tulang. Manfaat omega 3 untuk tulang yang lain adalah meningkatkan jumlah kalsium. Secara otomatis bisa diambil kesimpulan bahwa omega 3 dapat mencegah resiko osteoporosis. Asam lemak tak jenuh ini juga dapat mengurangi efek arthritis. Misalnya seperti meningkatkan kekuatan pegangan dan mengurangi nyeri sendi.

Perlu diingat bahwa pengeroposan tulang menjadi salah satu penyakit yang sangat menyiksa terlebih saat usia kita sudah semakin tua. Oleh sebab itu, mari kita jaga kesehatan tulang kita sedari dini salah satunya dengan selalu memenuhi asupan omega 3 dalam tubuh.

7. Meningkatkan kecerdasan otak pada bayi

Omega 3 sangat berperan penting bagi tumbuh kembang otak bayi. Manfaat omega 3 ini dirasakan bayi bahkan sejak ia masih dalam kandungan. DHA menyumbang sekitar 40% asam lemak esensial ganda pada otak serta 60% pada retina mata. Oleh sebab itu, tak heran jika kita sering menjumpai bayi yang diberikan susu formula dengan DHA berpotensi memiliki penglihatan yang lebih tajam dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula non DHA.

Kebutuhan omega 3 yang tercukupi sejak masa kehamilan akan sangat bermanfaat bagi si jabang bayi. Beberapa manfaat oemga 3 yang dirasakan pada bayi yang lahir tersebut diantaranya memiliki kecerdasan yang tinggi, minim masalah yang berkaitan dengan perilaku, memiliki keterampilan sosial dan komunikasi yang baik, mengurangi resiko perkembangan mental yang lambat serta mengurangi resiko ADHD, cerebral palsy dan autisme.

8. Mencegah resiko pembekuan darah

Asam lemak omega 3 memiliki sifat antikoagulan yang menjadi zat ampuh untuk mengurangi resiko pembekuan darah. Sifat inilah yang juga diketahui mampu mempengaruhi trombosit dalam pembekuan darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar maka resiko pembekuan darah dapat diminimalisir dan terhindar dari resiko serangan stroke. Terpenuhinya asupan asam lemak omega 3 dalam tubuh menjadi salah satu upaya pencegahan yang sangat dianjurkan daripada harus mengobati saat tubuh sudah terlanjur terserang penyakit.

9. Membantu melawan peradangan

Pada umumnya terjadinya peradangan memiliki peranan yang cukup penting. Hal ini karena peradangan berfungsi untuk memperbaiki kerusakan pada tubuh akibat terjadinya infeksi. Namun, terkadang peradangan bisa terjadi dalam jangka panjang, bahkan tanpa adanya cedera maupun infeksi. Hal ini yang dinamakan dengan peradangan kronis (jangka panjang).

Peradangan kronis yang berlanjut dapat menjadi salah satu penyebab penyakit kronis, termasuk kanker dan juga jantung. Manfaat omega 3 dapat membantu mengurangi produksi zat dan molekul yang berkaitan dengan peradangan, seperti sitokin dan eicosanoids inflamasi. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan antara asupan asam lemak omega 3 yang tinggi dengan berkurangnya resiko peradangan.

10. Membantu melawan penyakit Autoimun

Dalam kasus penyakit autoimun, sistem imun dalam tubuh melakukan kesalahan yang menganggap sel baik sebagai sel asing dan akhirnya menimbulkan penyerangan sel. Salah satu contohnya adalah penderita penyakit diabetes tipe 1. Dalam kasus diabetes tipe 1 ini, sistem imun menyerang sel yang menghasilkan insulin pada pankreas.

Dalam penelitian disebutkan bahwa dengan menambah asupan asam lemak omega 3 selama tahun pertama kehidupan bayi, bermanfaat untuk mencegah resiko penyakit autoimun, termasuk resiko penyakit diabetes tipe 1, multiple sclerosis dan diabetes autoimun bagi orang dewasa. Manfaat omega 3 juga terbukti dapat membantu mengatasi penyakit Cronh, rheumatoid arthritis, lupus, kolitis ulserativa dan psoriasis.

Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Lainnya :

11. Mencegah risiko gangguan diabetic retinopathy

12. Membantu meningkatkan kesehatan penglihatan

13. Membantu mengurangi resiko penurunan mental

14. Mengurangi terjadinya gejala ADHD bagi anak

15. Meredakan kecemasan

16. Meredakan asma pada anak

17. Membantu mengurangi gejala sindrom metabolik

18. Membantu mengurangi lemak yang terdapat pada hati

19. Memperbaiki kualitas tidur

20. Membantu meredakan nyeri saat haid

21. Membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi

22. Mencegah resiko kanker kulit

23. Meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak

24. Mencegah resiko kanker ovarium

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Asam Folat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Omega 3 untuk Kecantikan :

1. Menjaga kesehatan kulit

DHA merupakan salah satu komponen struktural kulit yang memiliki tugas untuk membentuk kulit dan menjaga kesehatan membran sel. Selaput sel yang selalu sehat akan menjadikan kulit tetap lembab, lembut, lentur dan bebas kerutan. EPA juga berperan penting bagi kulit untuk mengatur hidrasi kulit, mengatur produksi minyak pada kulit dan mencegah terjadinya hiperkeratinisasi folikel rambut.

2. Mencegah penuaan dini

EPA juga memiliki peranan penting untuk membantu kita terhindar dari masalah penuaan dini, sehingga penampilan kita selalu nampak awet muda dan bercahaya.

3. Mencegah jerawat

Masalah jerawat menjadi masalah kulit yang amat sangat dihindari. Bukan saja terasa nyeri, namun saat jerawat muncul maka penampilan kita menjadi kurang maksimal. Oleh sebab itu, usahakan untuk memenuhi asupan omega 3 agar terhindar dari masalah jerawat yang sangat mengganggu.

4. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat omega 3 juga dapat dirasakan untuk melindungi kulit kita dari resiko kerusakan yang terjadi akibat paparan sinar matahari secara langsung. EPA mampu menghalangi pelepasan zat sekaligus mengurangi kolagen kulit yang terkena paparan sinar matahari.

5. Memperkuat kuku

Asam lemak omega 3 merupakan salah satu rahasia kesehatan kuku. Jika tubuh kita kekurangan asupan omega 3 maka kuku akan nampak kering dan menjadi rapuh. Oleh sebab itu, usahakan untuk menambah konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk melembabkan dan memelihara kesehatan kuku.

Manfaat Omega 3 untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menjaga penampilan tubuh

7. Menjadikan rambut lebih kuat dan bersinar

8. Mencerahkan kulit

9. Membuat kulit menjadi halus dan lembab

Efek Samping Omega 3 :

Beberapa efek samping yang timbul akibat dosis omega 3 yang berlebihan antara lain :

1. Pelapukan Tulang

Omega 3 memang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Namun jika dosis asam lemak ini berlebihan di dalam tubuh maka akan mengakibatkan penumpukan kalsium pada area tulang lunak. Hal ini dapat memicu pelapukan tulang bahkan saat tulang masih dalam masa pertumbuhan.

2. Melemahkan Imunitas

Sistem imun akan menjadi lemah jika terindikasi dengan adanya  omega 3 yang berpengaruh pada organ tubuh yang lain.

3. Kanker Pankreas

Kelebihan kadar omega 3 dapat memicu stres oksidatif yang merusak DNA tubuh. Bukan hanya merusak jaringan pada pankreas saja, namun asam lemak omega 3 yang berlebih juga dapat menyebabkan resiko kanker.

4. Kerusakan Hati

Liver merupakan salah satu organ yang sangat peka dengan pemakaian zat atau obat tertentu. Oleh sebab itu, jika minyak ikan digunakan secara berlebihan dapat berpengaruh pada kesehatan organ hati.

5. Kerontokan Rambut

Adanya minyak ikan yang berlebih pada bagian kepala dapat menjadi penyebab kerontokan rambut yang biasanya juga ditandai dengan gejala nyeri pada kepala.

Efek Samping Omega 3 Lainnya :

6. Pendarahan

7. Keracunan Vitamin

8. Alergi

9. Gangguan Jantung

10. Disfungsi Kelenjar Ludah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat ASI untuk Kesehatan Bayi, Anak, Ibu Serta Efek Samping

Meskipun manfaat omega 3 memiliki peranan yang penting bagi tubuh, namun omega 3 yang berlebihan juga dapat memberikan efek samping. Oleh sebab itu dalam memenuhi asupan omega 3 harus dalam  kadar yang secukupnya agar manfaat omega 3 dapat dirasakan secara maksimal.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top